Featured Posts

Wednesday

APA BEDA SONY XPERIA ZR DOCOMO DENGAN GLOBAL?

RELATED:
Di Indonesia terutama di Batam sedang diserbu oleh produk hape bekas besutan sony keluarga xperia, saya juga tidak mengerti mengapa seken hape ini bisa sampai banjir di negara kita yang seluas ini, kalau mau dibilang produk hape ini sudah terbilang lawas di rilis dikisaran waktu 2013 - 2015, namun speknya masih terbilang bagus, dengan kamera beresolusi 13 - 20,7 Megapixel RAM 2GB, ruang simpan yang cukup lega dikisaran 8 - 32GB, tentu sangat menarik apalagi (kalau di Batam) harganya sangat murah berkisar antara RP. 550.000,- hingga RP.800ribuan, sangat terjangkau. Dan penjualnya memberikan garansi toko, bisa juga dibeli secara online, (kamu bisa mencari nama nama toko di Facebook seperti: Putra siregar seken singapore, atau bang Juju karena nama nama ini sudah terjamin kredibilitas bisnis mereka di Batam, Putra siregar bahkan telah memiliki beberapa cabang, Pekanbaru, Jakarta, Bali dll)

Satu hal yang kamu harus tahu: baik docomo maupun global keduanya sama sama asli besutan Sony, sama sama ori dan dapat dipergunakan dengan normal di Indonesia - misalnya ketika kamu pasangkan kartu telkomsel, xl, tri dll tetap saja sama mantapnya buat nelpon, buat internet, buat chatting dll. Jadi kamu yang punya docomo gak usah pusing dengan fungsi diatas. Namun karena namanya sudah beda: yang satu docomo dan yang lainnya global saya sebutkan beberapa perbedaannya dibawah ini:
Ciri ciri Xperia ZR DOCOMO:
1. fisik sama dengan Xperia Global, namun ada terdapat antena tersembunyi disebelah lobang jack headphonenya, antena ini kalau di Jepang sana berfungsi untuk menerima siaran telivisi lokal, namun di indonesia antena ini jadi tidak berfungsi.

2. Ada tulisan Docomo baik disebelah atas layar maupun dibelakang body, Docomo adalah layanan telkomnya jepang sama seperti Telkomsel, mereka menjual Xperia yang telah dibundling dengan layanan operator Docomo, namun kamu jangan kuatir, bundling itu mudah dilepas kok, biasanya pihak penjual telah mengunlocknya.

3. Ruang simpan internal hape Sony Xperia Docomo berbeda dengan Ruang simpan hape Sony Xperia Global. Docomo karena khusus untuk konsumsi masyarakat Jepang menyediakan ruang simpan 32GB, sedangkan yang Global umumnya hanya 8GB. Ada memang yang DOCOMO terlihat ruang simpannya hanya 8GB, namun sebenarnya adalah 32GB, tinggal di "unlock" maka ruang simpan 32GB akan terlihat dan bisa dipergunakan.

4. Xperia ZR Docomo awalnya sudah dilengkapi jaringan 4G LTE pada versi Android 4.1.2 Jelly Beans, namun apabila diupgrade ke versi 5.1.0 Lolipop fungsi 4G LTE terkadang akan hilang, dibutuhkan "root" untuk mengembalikan fungsi jaringan LTE tersebut namun dengan risiko ditanggung sendiri.

5. Jenis xperia Docomo sebenarnya tidak dijual untuk pasar global, namun setelah menjadi barang bekas hape hape ini menyebar ke negara negara lain, terutama INDONESIA.

Ciri ciri Xperia ZR Global:
1. Fisik sama dengan Xperia Docomo kecuali tidak memiliki antena tersembunyi.

2. Tidak ada tulisan Docomo pada fisiknya hanya ada "Sony Xperia"

3. Ruang simpan Xperia Globa hanya 8GB (walaupun ada yang 32GB namun jarang)

4. Xperia ZR Global telah dilengkapi dengan kemampuan jaringan 4G LTE

5. Jenis Xperia ZR Global memang untuk dipasarkan di luar Jepang atau dunia.


Bagaimana, kamu sudah mengerti? Pilih mana, Docomo yang ruang simpannya gede, atau yang global yang gak ada tulisan docomonya? Atau kamu masih punya info dan mengetahui perbedaan yang lain, silahkan tambahkan di komentar ya...

5 comments:

  1. Dua bulan yang lalu ane ada beli z5 compact docomo, hampir semuanya lancar jaya dan ruar biasa, hanya ada satu masalah namun vital, "kernel".

    Ya kernelnya ga bisa diotak atik, jadi gabisa root, gabisa cusrom, gabisa global, pokoknya dipaksa pake rom software bundle docomo.

    Sampe sekarang ane blm nemu solusinya, masalahnya di indonesia itu kernel bikin boros baterai, hadeeeh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa hape percobaan saya docomo juga, sinyal kartu halo selalu ada tanda "R"

      Itu memang problem docomo

      Delete
  2. Terimakasih atas informasinya, Silahkan Kunjungi website kami ^^
    Fauzia Herbal

    ReplyDelete
  3. Mas ini saya punya hp sony xperia zr, dan ngak tau ini docomo atau global, soalnya ngak ada tulisan docomonya, dan mau di sebut global ada antenanya, sebenernya ini global.atau docomo??

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar aku yang jawab: itu docomo tapi mungkin sudah di custom, jadi gak ada masalah

      Delete

Labels

AI (15) atheis (3) English (8) sains (32) tablet (23) Technology (17)