7 PROFESI YANG AKAN MEMBUAT NAMAMU DICATAT DALAM SEJARAH

Percaya tidak hampir 7 milyar penghuni dunia yang disebut ras manusia, dan hanya beberapa ratus juta orang akhirnya dicatat oleh sejarah setelah kematian mereka, yang lainnya adalah orang biasa, orang kebanyakan yang kemudian hilang untuk dilupakan bagaikan debu yang lenyap dihembus oleh badai sejarah. Manusia yang memiliki kesadaran akan keberadaan dirinya ini melakukan berbagai profesi namun sebagian besar adalah karena terpaksa bekerja untuk menghidupi diri mereka agar tetap bertahan hidup di atas satu satunya permukaan bumi yang berpenghuni makhluk spesis manusia ini.

Ada dorongan kesadaran ingin hidup abadi, atau diingat dan dikenang apabila memang harus mati, namun tidak semua manusia beruntung memilikinya. Hidup memang tidak sesederhana yang kita pikirkan. Nah profesi profesi dibawah ini sering mengantarkan manusia hingga ke gerbang SEJARAH. Namun harus diingat, walau apapun profesi kamu jika kamu tidak gigih, memiliki semangat dan kekuatan personal kamu hanya akan tenggelam di strata dibawah karir tanpa kenaikan gemilang walau apapun profesi dan bagusnya kesempatan, kamu hanyalah akan menjadi orang biasa yang kelak akan mati dan dilupakan.

1. MILITER
Didalam sejarah mencatat militansi berawal sejak lama sekali, benturan antar kelompok menciptakan klan, kelompok yang bersatu yang melatih diri dengan pengalaman berperang, bertahan dan akhirnya menghasilkan pemimpin militan yang hebat, mereka menjadi pemimpin mutlak dengan disiplin dan kesetiaan tak bisa ditawar.
Didalam sejarah bermunculan nama nama legendaris dan abadi: Jenghis Khan, Alexander The Great, Napoleon Bonaparte dll, mereka berawal dari karir militer yang mereka jadikan sebagai alat untuk merebut puncak kekuasaan. Kekuasan yang mereka miliki adalah kekuasaan mutlak terhadap semua sisi kehidupan jutaan orang lain di atas permukaan bumi.

2. POLITIK
Pemimpin politik awalnya juga berasal dari para militer, namun sejak beberapa abad wajah politik berubah, orang orang kalangan sipil biasa dapat memulai karir politik mereka. Alasan karir politik menjadi karir yang hebat adalah jika kamu sampai kepada kedudukan seorang menteri hingga ke presiden maka namamu akan dicatat dalam sejarah! Abraham Lincoln, John F Kennedy, Nelson Mandela rasanya tidak mungkin lagi dilupakan orang di permukaan bumi ini. Sekali lagi untuk mencapai karir di satu profesi kamu harus benar benar orang yang istemewa. Barack Obama pernah menjadi orang biasa saja dan tinggal di Jakarta, malahan karir politik kemudian membawanya ke tampuk pimpinan tertinggi sebuah negara Adi Daya.

Alasan mengapa seorang pemimpin bisa menjadi begitu berpengaruh adalah karena ditangan mereka biasanya terletak keputusan keputusan besar yang menyangkut nasib jutaan manusia.

3. PEMIMPIN SPRITUAL
Siapa yang menyangkal nabi Muhammad, Isa Almasih, Mahatma Gandhi dan Ayatolah Rohullah Khomeini itu tertulis dan dikenang sangat kuat dalam catatan sejarah dan ingatan manusia? Di cintai dan di benci, dikultuskan dan dikutuk adalah hal yang lumrah dalam peri kehidupan manusia di atas bulatan dunia ini. Karena ketika kamu menjadi seorang pemimpin spritual, maka kharismamu akan menjadi sangat kuat dikalangan orang yang mengikutimu. Pun pada akhirnya seorang pemimpin spritual yang berpengaruh akan dapat mempengaruhi arah politik sebuah negara dan bahkan dunia. Sebut saja nabi Muhammad, beliau bukan hanya seorang pemimpin spritual, tapi juga panglima perang, pemimpin bangsa Arab yang dikuasai oleh orang beragama Islam, Ayatollah Khomeini menolak jabatan presiden namun semua orang tahu di Iran seorang presiden harus tunduk kepada  sang Ayatollah, walaupun Mahatma Gandhi tidak langsung berkecimpung di dunia politik di India, namun pengaruhnya mampu menjadi pukulan dan tekanan yang amat kuat terhadap penguasa Inggris pada waktu itu.

Walaupun misalnya seorang pemimpin tidak memiliki kekuasaan potik apapun, namun pengaruhnya kepada jutaan manusia merasuk hingga kedalam hati sanubari mereka yang terdalam dan nama mereka tidak akan mudah dihapus oleh sejarah..

4. PENGARANG dan PENULIS atau SASTRAWAN,
Lihat William Shakeaspeare dengan tulisan tulisannya yang abadi, ingat juga HC. Andersen dan terakhir JK Rowling sang penulis Harry Potter yang terkenal itu. Alasan penulis dan pengarang akan abadi namanya dalam sejarah adalah tidak terlepas daripada ide ide didalam tulisan mereka yang akhirnya mampu merobah cara pandang hidup manusia, mempengaruhi mereka hingga ke sendi sendi intelektual mereka. Beberapa buku bahkan menjadi pegangan didunia pendidikan. Tafsir Al-Azharnya Hamka sampai sekarang masih menjadi referensi di beberapa perguruan tinggi di Kairo.
Namun tidak terbatas kepada penulis ilmiah adalah penulis politik juga paling banyak mendapatkan tempat dalam sejarah. Macheivelli yang menulis buku politik tentang The Prince dipercaya mampu melahirkan Benito Mussolini sang Tirani atau Hitler sang Fuhrer nazi yang begitu terkenal kejam dalam sejarah, buku buku the principia dan calculus Newton, bahkan buku kunonya Euclades Elemen yang mengupas Geometri tetap bertahan mempengaruhi peri kehidupan intelektual kemanusiaan hingga saat ini, belum lagi tercatat bukunya Charles Darwin yang berjudul Origin of Man yang mampu merobah pandangan hidup kita tentang kenyataan dan filosopi hidup di dunia ini.

5. PENGUSAHA
Seorang pengusaha akan memiliki uang dan kekuatan untuk mempengaruhi orang orang di dunia politik, beberapa perusahaan terkenal dunia masa kini bahkan tidak mudah disentuh oleh penguasa, sebut saja Google, Apple, Samsung, Coca cola dll. Perusahaan yang dikenal sangat dekat dan mampu mempengaruhi dan memberi tekanan situasi politik dunia adalah Rockefeller yang didirikan pada tahun 1870 jadi sudah lama sekali dan pemiliknya pada masa itu dianggap sebagai pebisnis paling berkuasa di dunia dan selalu berada dibalik peristiwa peristiwa besar dunia pada masanya.

6. ILMUWAN PENEMU
Tidak diragukan lagi nama nama seperti Socrates, Euclades ahli matimatika zaman Yunani kuno tetap dikenang dalam sejarah. Siapa pula yang dapat menyangkal Einstein dan Newton? Banyak lagi nama nama yang begitu terkenal dan tidak asing ditelinga kita. Mengapa? Karena mereka mereka merobah sejarah dengan penemuan mereka. Contoh yang paling dramatis adalah Charles Darwin yang sudah meninggal lebih seratus tahun yang lalu, walau apapun kontroversi yang telah dia buat akibat penemuannya, namun kini benar benar membuat cara pandang manusia terhadap dunia dan dirinya sendiri berubah drastis. Apa yang ditemukannya bahkan kini di nikmati oleh bahkan oleh kalangan yang paling membencinya tanpa sadar, manfaatnya merasuki keseluruh sendi sendi kehidupan. Darimana datangnya pengatahuan dan pengertian perihal tanaman dan bibit unggul, peternakan dan pengobatan tanpa sumbangsih dari ilmu pengatahuan yang dirintisnya? Walaupun mungkin tidak semua teorinya akhirnya benar, paling tidak dia telah meletakan dasar dasar pengatahuan yang logis untuk kita memahami seperti apa sebenarnya dunia.

Pun begitu juga contoh penemuan penerangan listrik tidak datang dari rumah rumah ibadah tetapi datang dari ide cemerlang yang sempat ditentang oleh beberapa kelompok pemeluk keyakinan, namun kini masuk menjadi penerangan yang lumrah di mesjid, kuil dan gereja.

7. SENIMAN DAN OLAHRAGAWAN

Walau tidak memiliki pengaruh dalam artian merobah cara pandang hidup kemanusiaan, namun Dunia seniman dan Olahraga dapat mengantarkan seseorang kepelataran halaman sejarah tersendiri.

Nama nama seperti Bethoven, Michael Jackson, Maradona, Muhammad Ali dan Tyson menjadi tidak asing karena nama mereka di tulis dalam media. Walaupun profesi sebagai Seniman dan Olahragawan tidak begitu berpengaruh terhadap sendi sendi kehidupan dalam artian profesi itu telah ada seribu tahun lalu hingga sekarang namun hanya sedikit berubah, nama nama orang orang berprestasi di bidang ini  tetap akan di kenang dalam sejarah. Walaupun seorang olahragawan akan sulit mempengaruhi keputusan politik, tidak seperti seorang penulis yang mampu mempengaruhi cara pandang manusia secara mendalam atau seorang pemimpin spritual yang kharismatik, seorang olahragawan tidak mungkin melakukan hal tersebut dengan profesinya KECUALI KALAU DIA MEMILIKI SALAH SATU PROFESI lain DIATAS. Itulah sebabnya mengapa Manny Pacciao bisa beruntung jika terjun ke dunia politik. Begitu juga seniman sulit rasanya mempengaruhi suatu keputusan politis dengan profesi mereka, berbeda dengan pengusaha yang memiliki uang dan mampu membayar, para seniman adalah individu yang mencari uang dan walaupun kelak memiliki uang yang melimpah, namun pengaruh terhadap perobahan terhadap sendi sendi kehidupan umat manusia sebagai penopang nama besar mereka tidak terdapat pada mereka.

Nah kamu sudah tahu bukan, namun memilih suatu profesi tidaklah semudah yang kamu bayangkan, kadang kamu harus memiliki talenta tertentu, kemauan, disiplin dan kerja keras. Pokoknya kamu harus memiliki nilai lebih dari manusia kebanyakan. Lalu profesi apa yang dapat kamu pilih agar selalu dikenang dan diingat manusia? Atau namamu tidak akan dicatat dalam sejarah? Ataukah seperti manusia kebanyakan, hanya dilahirkan, dibesarkan, menikah, menjadi tua dan lalu mati? Setelah itu dilupakan!

Ada lebih 6 Milyar manusia diatas permukaan bumi ini, dan teramat mudah untuk tidak menjadi apa apa atau untuk menjadi orang yang dilupakan.....


0 Response to "7 PROFESI YANG AKAN MEMBUAT NAMAMU DICATAT DALAM SEJARAH"

Post a Comment

Iklan dipasang oleh pihak ketiga, kami hanya menyediakan slot/kavling kosong, jika ada yang kurang berkenan bagi pembaca silahkan hubungi kami, kami akan menyampaikannya kembali ke pihak Google via email

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel