PLUS MINUS TABLET ANDROID DAN IPAD UNTUK PRODUKTIVITAS

A. JANGAN BELI IPAD JIKA ANDA MERASA HAL HAL DIBAWAH INI PENTING:

Ketika saya memiliki sebuah iPad saya berharap itu adalah sebuah tablet yang selain dapat saya pergunakan untuk bermain game, chatting, menulis, blogging, berkirim email, saya juga dapat memanfaatkannya buat menelpon dan menerima sms. Tetapi nyatanya tidak! Namun bukan berarti iPad tidak hebat, iPad sangat bagus secara fisik diakui sangat premium dan sisi kinerja performa mesin juga memuaskan, namun pada iPad air dan iPad mini saya mendapatkan kelemahan kelemahannya begini:


  1. iPad mini maupun iPad biasa walaupun telah dilengkapi dengan koneksi wifi dan seluler sekaligus tidak akan bisa dipakai untuk menelpon. kedua jaringan koneksi hanya bisa digunakan agar kita terhubung ke internet, setelah ke internet anda akan dibawa masuk untuk mengakses aplikasi dan konten konten internet, anda memang bisa menelpon melalui aplikasi voip, call messenger, namun menelpon dengan cara itu tidak dapat dapat digunakan untuk panggilan yang bersifat darurat.
  2. aplikasi mobile untuk perbankan tidak dapat digunakan di iPad, misal jika anda memasang aplikasi mobile banking untuk mengakses transaksi dan rekening seperti sms banking, karena ketika anda masuk ke Mandiri Mobile, aplikasi akan memindai bahwa perangkat anda tidak kompatibel, jika anda masuk anda diminta verifikasi sms dari perangkat dan iPad tidak akan mampu melakukannya. Anda butuh iPhone untuk itu, ini berbeda dengan tablet android yang memiliki kemampuan menerima telapon dan sms.
  3. OTG kabel yang langka. Bagaimanapun sampai saat ini tidak mudah mendapatkan OTG yang murah untuk sebuah perangkat iPhone dan iPad, dimana tablet Android memilikinya dipasaran. ketika anda ingin menghubungkan tablet keperangkat USB biasa dengan mudah anda membutuhkan kabel USB OTG sehingga perangkat tablet lebih menyerupai laptop atau PC konvesional. 
  4. Untuk masa sekarang, jika tujuan anda hanya untuk blogging, menulis, dan mengedit pekerjaan perkantoran, iPad dapat melakukannya dengan baik, akan tetapi ketika anda harus bertransaksi, darurat menelpon, bertransaksi mobile banking anda akan kecewa, perangkat iPad tidak bisa untuk menelpon layaknya telepon, dan aplikasi mobile banking tidak bisa digunakan, anda bisa bertransaksi dengan netbanking namun tetap membutuhkan fungsi sms konvensional sebagai verifikasinya, iPad tidak bisa difungsikan untuk menerima apalagi mengirim sms, walaupun misalnya anda dapat menerima sms melalui iPhone, tetap saja anda butuh dua perangkat: iPad dan iPhone atau handphone lain sekaligus untuk melakukannya

gambar: iPad

B. MUNGKIN ANDA AKAN MEMPERTIMBANGKAN MEMBELI TABLET ANDROID APABILA ANDA MERASA HAL HAL DIBAWAH INI PENTING:

Tablet Android seperti samsung tab s2 8 berdimensi mirip iPad yakni mengadopsi layar rasio 4:3 seukuran 7,9", persis iPad mini, atau tablet mipad sekuran iPad 9,7" - jika anda suka dan terbiasa dengan dimensi iPad, keluarga tablet Android sesungguhnya mempunyai banyak sekali variasi karena vendornya yang banyak. Akhir akhir ini kompetisi diantara produsen perangkat mobile android cukup ketat dan hal tersebut menghasilkan hal yang posisif: Kualitas perangkat keras dan perangkat lunak yang semakin mumpuni. Berbeda dengan iPad tablet Android dapat di rekayasa untuk menjalankan whatsapp yang biasanya hanya berjalan di ponsel, arti berjalan disini tidak semata mata melalui koneksi web dengan menghubungkan pemindai whatsapp di ponsel ke web, tapi tablet android benar benar dapat berfungsi layaknya telepon normal, hanya layarnya yang besarlah yang membuat orang merasa canggung menggunakannya buat menelpon.

Lebih lengkapnya begini:
  1. Sebagian besar tablet android bisa buat menelpon, menulis dan berkirim sms, kecuali tablet bversi wifi tanpa seluler dan tablet mipadnya pabrikan xiomi, umumnya tablet android yang telah dilengkapi jaringan wifi dan seluler sekaligus mampu buat menelpon bahkan dengan suara speaker yang lebih terang, jelas dan detil. Fungsi telepon dan sms inilah yang membuat beberapa aplikasi yang tidak berjalan di ipad namun berjalan di iPhone justeru bisa berjalan dengan sangat baik di tablet android: Misalnya whatsApp, mobile banking dll.
  2. Kebanyakan tablet Android lebih mudah extend ke penyimpanan eksternal portable dengan menyambungkan kabel OTG yang ketersediaannya benar benar banyak dipasaran. Hal ini tentu saja memudahkan anda mengelola ruang kerja jika anda bekerja dengan data yang besar, maka dengan mudah anda dapat memindahkan data android ke penyimpanan terpisah. Bahkan beberapa tablet android masih menggunakan opsi ruang penyimpanan external kartu microsd yang dapat dibongkar pasang setiap waktu.
  3. Tablet android dalam banyak hal mempunyai kemampuan sama dengan sebuah iPad, namun dengan kelebihan nomor satu dan nomor dua diatas, anda dapat membayangkan: Anda dapat blogging, menulis novel, browsing sekalgus chat dengan whatsapp atau messenger, anda juga dapat dial telepon sambil bekerja, menelpon dan menerima panggilan telepon dari keluarga atau mengirim dan menerima sms untuk verifikasi pengaktifan kemanan pada saat mengakses mobile banking, anda dapat dengan bebas menggunakannya sebagai pengganti ponsel anda sekaligus. Hal mana tidak bisa dilakukan oleh sebuah iPad hingga sekarang
gambar: Tablet Android

Saya mengerti setiap orang berbeda kebutuhannya, tidak sedikit orang berpendapat, untuk apa juga menggunakan sebuah tablet sebagai telepon. Dan saya sadar perusahaan seperti Apple yang memproduksi iPad yang indah itu adalah perusahaan yang paling inovatif di dunia, mereka akan merubah cara pandang dan bahkan cara orang berkomunikasi didunia, mereka akan membuat semua aplikasi bekerja di perangkat ipad tanpa butuh verifikasi sms misalnya. Tetapi bagi saya android memiliki kelebihan dengan memenuhi kebutuhan orang orang kebanyakan pada saat ini, pada saat orang masih membutuhkannya Android merakyat, sementara Apple akan merobah paradigma dan cara orang berkomunikasi dan bertransaksi dimasa akan datang. Androidpun pasti akan begitu namun Apple bekerja dengan disiplin dan filosofinya sendiri. Sementara karena banyaknya vedor yang berkompetisi didalamnya Android akan selalu melihat peluang pasar

Walaupun misalnya tulisan ini dibaca oleh pihak Apple, tidak akan berpengaruh apa apa terhadap cara pandang Apple terhadap inovasi yang cenderung melihat kedepan, ketimbang memenuhi kebutuhan masa sekarang.






Comments