AdelinaSasa

Privacy Perihal kami Coba Template kami
×
Skip to main content

KISAH BUTIRAN WAKTU

KISAH BUTIRAN WAKTU

Kedua laki laki muda berbadan kurus kering nampak berjalan tertatih tatih di tengah hutan yang gelap, gerimis berjatuhan didedaunan masa lalu dan kilatan petir seperti amarah dibelakang mereka. Terlihat jelas salah seorang memapah yang lain yang nampak terluka parah. Pakaian mereka terlihat compang camping.

"Yusuf, bertahanlah. Yusuf!!" teriak pemuda berperawakan jangkung berambut cepak yang sedang memapah "Tentara Jepang itu tidak akan berhenti mengejar dan mencari kita"
Tapi tenaga Yusuf temannya berambut hitam ikal dan gondrong itu terlihat semakin melemah.
"Aku tak kuat, kaki dan pinggulku sakit" keluh pemuda usia 18 tahun dan berhidung mancung itu lirih.

Isa, mencari pohon besar yang terlindung belukar dan menurunkan tubuh Yusuf. Tubuh itu disandarkan kepohon pulai besar. Dia memeriksa bekas cambukan dipinggul dan luka bekas tembakan dipaha kiri yang terus saja berdarah walau sudah dibalut dengan kaos dalam. Dia memandang wajah temannya, yang menatapnya sendu.
"Kita harus terus bergerak!"katanya mengguncangkan tubuh Yusuf. "kalau tertangkap kita mati"
Pemuda terluka itu menggelengkan kepalanya. rambut gondrong ikalnya tergerai bebas dibahunya. Garis muka itu terlihat tegas walau tatapan matanya semakin meredup.
"Kamu pergilah, jika ada waktu dan selamat, mampirlah ke kampung sungai ular. Berikan ini pada Aisya...dan jaga dia baik baik untukku" tangannya gemetar membuka genggamannya, sebentuk cincin kotor dari perak. Isa mengambilnya. Pemuda jangkung itu melihat samar samar airmata diwajah sahabatnya itu. Jika dalam situasi normal ingin sekali dia tinggal atau menggendong tubuh lemah itu untuk pulang bersama sama. Dalam hati dia menangis: "Maafkan aku sahabatku"

"Pergilah cepat! Jangan biarkan kita mati berdua!"Bentak Yusuf.
Dengan ragu Isa berdiri dan memandang mata sahabatnya yang bersinar dalam kesedihah dan penuh harap. Dari kejauhan terdengar bunyi tembakan dan suara anjing menggonggong. Dia menoleh lalu berlari menghilang dikegelapan hutan ditengah hujan yang mulai turun deras.

Yusuf tertinggal sendirian, mata berkaca kaca. Bibirnya bergumam mengucapkan nama Tuhan. Dia tahu sebentar lagi tentara Jepang itu akan menemukannya. Terbayang kekejaman mereka pagi tadi ketika awal terjadi peristiwa kekacauan ditempat kerja paksa romusha. Seorang pekerja baru berlari menghadap seorang tentara Jepang melaporkan seorang pekerja romusha terjatuh dari jembatan ketika sedang memikul beban pekerjaannya. Pekerja itu terlalu lemah karena perutnya lapar. Si tentara Jepang mengikuti kebibir jurang dekat Jembatan gantung darurat itu dibuat dan memandang tubuh yang terkapar nyaris hancur didasar Jurang. Namun dengan bahasa Indonesia kasar dia berkata: "Banyak mati, banyak bagus naaaa.." 

Sipekerja terkejut mendengar itu dan pekerja lain mulai berdatangan marah...kekacauan terjadi, beberapa orang ditembak mati dan disiksa hingga terdengar suara darah mencrat dan suara gemeratak tulang patah, yang lainnya berusaha melarikan diri sebisanya termasuk dia dan teman baiknya Isa.

Dan benar tembakan dan gonggongan anjing semakin jelas terdengar disela sela suara hujan deras dan kilatan petir, belum sempat dia berfikir lebih jauh tiba tiba dia merasa pundaknya bagai dicengkram oleh gigitan yang sangat menyakitkan. Anjing anjing terlatih itu telah sampai menerkamnya dengan gigi gigi kematian yang tajam menghunjam, disusul ujung sangkur berkarat menembus bahu kirinya darah masih mencurah walau sedari tadi tidak berhenti mengalir bercampur air. Dalam derita tak terperikan dia tengadah mengucapkan nama Tuhan dan melihat untaian air hujan bagai permata yang dijatuhkan dari langit. Yusuf meninggal seketika dikelilingi oleh enam orang tentara Jepang yang gigih mengejar selembar nyawanya. 
Dan hujan semakin deras bagai nyanyian ketika mereka meninggalkan jasad itu tersandar di antara akar pohon pulai dan semak belukar, dalam sepi dan gelapnya hutan kedinginan yang menggigilkan menyelimutinya hingga ketulang. Aku bagai melihat nyata peristiwa itu ketika kakekku Isa menceritanya kembali, aku malu karena sempat malas pergi bersekolah. Kakekku akhirnya menikahi gadis bernama Aisya yang waktu itu masih berusia 16 tahun yang kini rambutnya sudah putih dan memiliki 24 orang cucu, berkut 3 orang cicit.

Aku juga teringat untaian syair Khairil Anwar ini untuk mengenang Yusuf sahabat kakekku.

"ANTARA KERAWANG DAN BEKASI

Kami mati muda. Yang tinggal tulang diliputi debu.
Kenang, kenanglah kami.
Kami sudah coba apa yang kami bisa
Tapi kerja belum selesai, belum bisa memperhitungkan arti 4-5 ribu nyawa
Kami cuma tulang-tulang berserakan
Tapi adalah kepunyaanmu
Kaulah lagi yang tentukan nilai tulang-tulang berserakan
Atau jiwa kami melayang untuk kemerdekaan kemenangan dan harapan
atau tidak untuk apa-apa,
Kami tidak tahu, kami tidak lagi bisa berkata
Kaulah sekarang yang berkata
Kami bicara padamu dalam hening di malam sepi
Jika ada rasa hampa dan jam dinding yang berdetak
Kenang, kenanglah kami
Teruskan, teruskan jiwa kami"
 
(Kisah ini diceritakan oleh almarhum kakekku sendiri dengan bahasa bebas oleh penulis)
Dari Adelinasasa
Kunjungi halaman kami: di 
Adelinasasa

Comments

Popular Minggu ini:

TAHUKAH KAMU BEDANYA iPhone BEKAS JEPANG DENGAN SINGAPORE?

Pernah dengar Rumor iPhone rakitan Jepang dan Singapore?
Terutama anda yang domisili di batam yang masih sebagai "sorganya" elektronik, kali ini khusus seken. Dari hasil pantauan saya dilapangan peminat ponsel pintar bekas semakin meningkat terutama iPhone. Well, anda datang ketempat yang benar: BATAM.

Harga sebuah iPhone 5, 5c seken sekarang hanya berkisar 900 - satu jutaan disini. Kualitas tentu saja dijamin oleh toko penjual.

Mengapa batam? Karena Batam begitu dekat dengan singapore, hanya berjarak 45 menit (aktualnya hanya 25 menit, namun karena ada peraturan kecepatan di laut perbatasan dalam kecepatan tertentu maka dipatoklah 45 menit) perjalanan santai naik ferry laut, banyak celah dan peluang bisnis, salah satunya adalah bisnis ponsel bekas ini. Jangan anda remehkan ya, omsetnya bisa mencapai ratusan juta rupiah perbulan.  Kembali kepada topik: Perbedaan iPhone seken asal Jepang dan singapore.
Secara fisik, fitur dan kemampuan tidak ada perbedaan yang essensial. Nam…

APA BEDA SONY XPERIA ZR DOCOMO DENGAN GLOBAL?

Di Indonesia terutama di Batam sedang diserbu oleh produk hape bekas besutan sony keluarga xperia, saya juga tidak mengerti mengapa seken hape ini bisa sampai banjir di negara kita yang seluas ini, kalau mau dibilang produk hape ini sudah terbilang lawas di rilis dikisaran waktu 2013 - 2015, namun speknya masih terbilang bagus, dengan kamera beresolusi 13 - 20,7 Megapixel RAM 2GB, ruang simpan yang cukup lega dikisaran 8 - 32GB, tentu sangat menarik apalagi (kalau di Batam) harganya sangat murah berkisar antara RP. 550.000,- hingga RP.800ribuan, sangat terjangkau. Dan penjualnya memberikan garansi toko, bisa juga dibeli secara online, (kamu bisa mencari nama nama toko di Facebook seperti: Putra siregar seken singapore, atau bang Juju karena nama nama ini sudah terjamin kredibilitas bisnis mereka di Batam, Putra siregar bahkan telah memiliki beberapa cabang, Pekanbaru, Jakarta, Bali dll)

Satu hal yang kamu harus tahu: baik docomo maupun global keduanya sama sama asli besutan Sony, sama…

5 SIGNS WHY YOU ARE GENIUS

IF YOU CAN USE YOUR SMARTPHONE BY RIGHT when you confuse what shall be bought a laptop or a smartphone? Just consider the bugdet that you have for now, then I guess you will buying a phone, Am I right?  But why? Because with a smarthphone you can call your mom by dial her number, or you can texting your friends and send them some messages, so many fun in just one hand. Further more a phone does have networking capacity as laptop does have, so you can also chat with your friends through the internet.
Oh yes! I can't count how many times you can use it for get pictures with your friends and send them into social media like Facebook, IG, and GPlus? That are the ordinary people way to use their phones.

Why we call you are genius one is when you can use your smartphone more than a phone. You can use it for some productivity work such as: Blogging, support working, support learning, and for some excercises. When you so curious, here we go:

Signs 1. BLOGGING
You can use your smartphone fo…