ZAMANNYA TABLET, WAJIB MEMILIKI KEYBOARD BLUETOOTH


 iPad, tablet bahkan smartphone sekarang ini memiliki kekuatan yang semakin mendekati laptop. Walaupun belum 100% menggantikan pekerjaan laptop, namun karena didukung oleh Environmental aplikasi dan software yang menjamur, kepraktisan dan mobilitasnya jauh diatas laptop, sekali lagi saya menyarankan anda lebih baik menulis via tablet dengan keyboard tambahan. Apa yang bisa kita lakukan dengan sebuah tablet atau iPad dan bahkan smartphone sekalipun?

Mungkin sudah sering ditulis, dan saya akan mengulanginya: Hari ini anda dapat meninggalkan notebook jika sekedar kebutuhan anda hanya untuk menopang pekerjaan ringan karena:

  1.  Office gratis Mircrosoft telah tersedia baik di Android Store (Play Store) maupun di iOS (App.Store) Office ini terdiri dari Microsoft Excel, Microsoft Word dan Microsoft Power Point, anda dengan mudah dapat mengedit pekerjaan pekerjaan perkantoran menggunakan tablet, dan hape berlayar sedikit lebih besar.
  2. Aplikasi pengedit dan pengolah gambar juga semakin hari semakin kuat pada perangkat mobile seperti iPad, Tablet dan bahkan smartphone dengan layar kecil. Bahkan beberapa juru gambar dan pelukis dunia banyak yang jadi ngetop hanya dengan menggunakan iPad sebagai sarana dan alat menggambar mereka, mereka tidak perlu lagi kotor berlepotan cat minyak.
  3. Aplikasi berkirim email bahkan memiliki pilihan lebih banyak ketimbang di Aplikasi PC berplatform windows, kecuali kalau anda memilih menggunakan laptop Chrome dan Macbook.
  4. Dengan Tablet anda dapat membuat blog, mengedit kode kode dan menyusun program dengan html di website. Saya tidak akan menulis ini kalau saya belum melakukannya, blog saya dibuat dan diupdate sepenuhnya melalui Tablet dan kebanyakan tablet yang saya gunakan adalah tablet Android. Tidak ada kendala samasekali. Dari membuat konten, merobah tampilan blog, mengedit kode dan mengkompileknya, setting hosting dan domain, bahkan menulis kode kode dapat saya lakukan dengan tablet, terimakasih kepada pengembang aplikasi yang telah bekerja tiada henti menciptakan kemudahan melalui aplikasi buatan merka. Dulu kalau mau melakukan hal hal seperti ini saya sibuk mencari laptop dan PC.

Namun agar lebih mudah dalam melakukan penulisan pada saat menggunakan tablet baik itu iPad maupun tablet Android, saran saya sebaiknya anda memiliki sebuah papan ketik bluetooth, dan papan ketik bluetooth telah banyak dijual dipasaran dengan harga terjangkau. Tentu saja yang berkualitas agak mahal, dimasa lalu saya memiliki beberapa buah papan ketik bluetooth, namun akhirnya hanya satu papan ketik bluetooth yang kahirnya sangat cocok, maka walaupun tablet telah berganti, hari ini saya menggunakan iPad Mini dan tablet samsung Tab S2, saya tetap menggunakan keyboard yang terakhir ini. Saya menyukainya, anda tahu setiap orang memiliki cita rasa berbeda dan akan cocok dengan suatu barang yang berjodoh dengannya. Imungkin itu hanya karena lamanya saya telah memakainya hingga menjadi sangat terbiasa dengannya.
Hari ini beberapa model keyboard bluetooth untuk tablet telah hadir dipasaran, ada yang bisa dilipat sehingga bisa muat apabila dimasukan kedalam saku celana, ada yang langsung bisa menjadi cover penutup tablet saking tipisnya dibuat, semua keyboard itu memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Pada akhirnya semua tergantung ketrampilan mengetik anda.

Saya pernah hanya membawa keyboard bluetooth dalam suatu perjalanan, lalu timbul keinginan menulis akhirnya saya meminjam tablet ukuran 7inch seorang anak kenalan yang biasanya dia dunakan untuk main game, ketika itu hari sudah malam di Surabaya mereka tertidur saya masih duduk menulis artikel di kafe hotel menggunakan tablet dan keyboard bluetooh kesayangan saya. Dan saya berhasil menyelesaikan satu artikel untuk blog.

Jadi dengan sebuah keyboard menulis menjadi sangat cepat, terimakasih kepada kemajuan teknologi yang membuat sebuah keyboard bluetooth menjadi semakin nyaman dipakai, bukan hanya nyaman, akurasi koneksi bluetooth versi 3.0 keatas telah begitu sempurna nyaris tidak perlu menunggu lama untuk pairing atau menghubungkannya ke tablet manapun. 

Memilih keyboard bluetooth yang baik adalah mudah saja, dicoba dahulu apakah keyboardnya empuk dan responsive terhadap tekanan. Lalu pastikan mencoba menghubungkannya ke tablet yang disediakan di toko penjual, lakukan pengetikan beberapa kalimat, uji coba semua fungsi tuts atau tombol papan ketik bluetooth tersebut. Jangan lupa lihat mereknya apabila dibuat oleh produsen ternama maka bluetooth tersebut bisa bekerja dengan baik. Kecuali kalau anda tidak sengaja membeli barang palsu. Namun tidak terlalu menghawatirkan tidak banyak produsen abal abal yang tertarik memalsukan papan ketik bluetooth ini.


Comments