HAI, TAHUKAH KAMU APA BEDANYA 4G DAN LTE?

Sekarang sedang zaman 4G/LTE kata penjual Hape di counter counter Batam. Pernahkah kamu bertanya apa bedanya LTE dengan 4G. Aha, jangan jangan kamu pikir itu sama saja atau tidak ada bedanya. Yang penting zamannya jaringan GPRS, EDGE, 2G dan 3G sudah mulai lewat pikir kalian, sekarang zamannya hape 4G, jadi supaya gak merasa rugi kamu akan bertanya kepada pemilik counter sebelum membeli Hape Android: "Bos, hapenya sudah 4G gak?" 
Jawabannya pasti: "PASTIIIIII" Pada kenyataannya hape dibawah satu jutaanpun sekarang di klaim sebagai hape 4G, benarkah?

Swear, benar benar Batam deh. 4G jadi penting, takut ntar 3G gak diurus sama operator jaringan karena mereka menjadikan 4G sebagai primadona bisnis baru :D. Baiklah saya akan mulai dari 4G.
Iphone 5 keluaran 2013 sudah 4G
4G adalah kepanjangan FOURTH GENERATION TECHNOLOGY yang menggunakan pita jaringan ultra lebar dan mampu menyediakan kecepatan berlipat lipat ganda dan jauh lebih cepat dari generasi pendahulunya yang kita kenal sebagai 3G (third generation technology) jadi memang gak salah 3G itu menjadi lawas dan kuno jika dibanding generasi 4G. 

Perhatikan Pada layar iPhone 5 saya kamu bisa melihat tangkapan layar 4G diatas layar kirimu itu pertanda jaringan 4G bekerja pada generasi iPhone lawas yang dirilis pada tahun 2013 lampau itu murni 4G.
Artinya iPhone telah mengadopsi teknologi jaringan itu sejak tahun 2013 yang lampau, namun oleh karena jaringan operator di Indonesia masih belum mendukung, pengguna iPhone hanya bisa menikmati jaringan 3G pada saat bersilancar di internet jika berada di Indonesia.

Bandingkan dengan tangkapan layar Android Sony xperia yang sama sama keluaran 2013 pada tangkapan layar bagian atas kanan kamu akan melihat tanda LTE, 
 
Sony Xperia 2013 LTE
Lau apakah bedanya dengan 4G? LTE memang lebih cepat dibanding 3G,  LTE adalah singkatan dari LONG TERM EVOLUTION tidak lain adalah teknologi 3GPP merupakan standar komunikasi nirkabel yang menggunakan basis jaringan GSM/EDGE, dan juga UMTS/HSDPA. Teknologi ini digunakan untuk mengakses data dengan kecepatan tinggi pada telepon seluler ataupun perangkat mobile yang lainnya. LTE sendiri mengklaim mampu menawarkan kecepatan download hingga 300 Mbps. Teknologi LTE ini memang memiliki kemampuan yang jauh lebih baik dari teknologi 2G ataupun 3G. Oleh karena itu, masyarakat banyak berharap pada kemampuan LTE untuk mendapatkan kecepatan akses download yang maksimal. Meskipun pada kenyataannya, kecepatan download LTE masih jauh dari apa yang ditawarkan. Jadi LTE sesungguhnya berbeda dengan 4G, 4G jauh lebih cepat baik untuk mendownload maupun untuk mengupload data data besar, namun pada paket penjualan jasanya di Indonesia operator selalu membundle jasa dengan menyatukan kedua istilah yang berbeda itu dengan "4G/LTE"

Merujuk pada kesepakatan International Telecomunication Union-Radio (ITU-R), sebuah badan yang mengurusi tentang jaringan telekomunikasi internasional, teknologi 4G haruslah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan sebelumnya. Salah satu persyaratan tersebut adalah aturan mengenai kecepatan download pada perangkat mobile yang sedang dalam posisi bergerak (misalnya mendownload menggunakan smartphone dalam mobil yang melaju), yaitu minimal mencapai 100Mb/detik. Sedangkan kecepatan download pada perangkat mobile dalam kondisi diam (misalnya mendownload dengan menggunakan smartphone dalam kondisi duduk), minimal kecepatannya adalah 1GB/detik.

Walaupun kecepatan download jaringan LTE pada telepon seluler ataupun perangkat mobile lainnya tidak mampu mencapai kecepatan standar 4G, namun ITU-R tetap menempatkan LTE sebagai teknologi 4G. Karena jika dibandingkan dengan teknologi 3G, LTE teknologinya jauh lebih bagus dengan berbagai pembaruan yang dilakukan. Ini juga yang menjadi alasan mengapa LTE sering disebut pula dengan 4G LTE. Meskipun begitu, kecepatan download LTE yang masih di bawah kecepatan download 4G pada prakteknya di lapangan menjadi salah satu bentuk perbedaan 4G dan LTE.

Yang perlu kamu cermati adalah, operator seperti Telkomsel, memisahkan paket layanan 3G dengan 4G pada penjualannya, artinya ketika kamu menggunakan paket 4G pada saat berselancar di internet maka paket 3G kamu tidak terpakai alias awet. Begitu juga sebaliknya pada saat kamu menggunakan paket 3G, maka paket 4G kamu tidak akan terpotong. Sayangnya pada hape Android yang diklaim sebagai handphone 4G sebenarnya hanya menggunakan jaringan LTE, ketika kamu menggunakan jaringan 4G melaluinya, paket 3G kamu akan terus dipotong untuk browser data. Perbedaan inilah yang membedakan jaringan iOS IPhone dengan hape hape Android. Kecuali Android high end yang dirilis di negara negara maju.

Jadi tidak heran kalau iPhone memakai standar asli 4G karena basis penggunanya memang negara negara maju, dan Android cukup menggunakan LTE yang di tempatkan sebagai 4G karena sasaran pasar Android kebanyakan adalah negara negara berkembang...

0 Response to "HAI, TAHUKAH KAMU APA BEDANYA 4G DAN LTE?"

Post a Comment

Iklan dipasang oleh pihak ketiga, kami hanya menyediakan slot/kavling kosong, jika ada yang kurang berkenan bagi pembaca silahkan hubungi kami, kami akan menyampaikannya kembali ke pihak Google via email

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel