GUNAKAN IPAD / IPHONE UNTUK CARI DUIT!

Tablet terus berkembang dengan kecepatan daya jual melebihi PC dan Laptop, disamping itu kemampuannya pun terus mendekati kedua perangkat baik Laptop maupun PC konvensional bahkan diramalkan akan melebihinya dalam hal kepraktisan dan kemudahan pada saat dipergunakan untuk bekerja. Steve Job pernah membuat tamsil perihal penggunaan PC dekstop dan laptop untuk bekerja lalu muncul smartphone yang tiba tiba saja berubah menjadi tablet pc dalam sekejap. Menurut Steve Job selama ini orang bepergian menggunakan truk dan truk sebenarnya memang bisa digunakan untuk melakukan perjalanan apa saja dan kemana saja - hanya saja tidak terlalu praktis, karena truk didesain untuk melakukan pekerjaan berat. Lalu mengapa orang tidak menggunakan mobil atau sepeda motor saja? Mobil sedan lebih cepat dan dapat membawa penumpang dan keluarga, ibaratnya sebuah tablet yang tipis. Dan sepeda motor mampu membawa dua orang berkendera dengan tujuan perjalanan yang sama, ibaratnya sebuah smartphone.

Dan kita sebenarnnya tidak memerlukan sebuah truk untuk mengunjungi keluarga, kita tidak membutuhkannya jika kita tidak memiliki suatu usaha dan pekerjaan berat. Kita hanya membutuhkan mobil atau sepeda motor. Steve Job benar, tablet dan ponsel kemudian mulai dilibatkan sebagai alat inventoris dalam dunia bisnis: Berkirim email, mengedit dokumen, blog, hingga bisnis online. Bahkan mulai terlihat jika seseorang memiliki sebuah usaha yang tidak membutuhkan sebuah laptop, maka sebuah tablet atau iPad sudah lebih daripada cukup. Penulis selalu menulis artikel di internet memakai iPad hampir tidak pernah lagi menggunakan laptop. Dan itu telah terjadi dalam 5 tahun belakangan.

Menggunakan iPad apalagi yang jenis mini sungguh terasa nyaman karena mudahnya menyimpannya dalam tas kecil berisi dokumen lain, namun apa saja yang anda butuhkan agar penulisan menjadi cepat dan nyaman?

Ini dia mungkin yang anda butuhkan:

  1. Sebuah iPad mini/pro/original iPad (terserah anda). Ipad mini 2 masih cukup responsif dan cepat dalam hal kecepatan, harganya juga sudah terbilang murah, setelah bermunculan model terbaru generasi iPad mini, maka dengan modal 3 jutaan anda dapat membawa iPad mini 2 berlayar retina yang tajam dengan prosesor yang cepat
  2. Sebuah keyboard bluetooth. Anda beruntung hidup dan berada dizaman digital. Seiring menjamurnya perangkat tablet berlayar sentuh dengan keyboard sentuh, namun keberadaan keyboard fisik seperti yang terdapat pada laptop dan dekstop masih terasa perlu untuk melakukan penulisan cepat, apalagi kalau anda harus menulis sebuah makalah, cerpen dan novel di iPad, anda pasti sangat membutuhkan yang namanya alat bantu keyboard fisik ini. Nah, untuk iPad telah tersedia keyboard bluetooth yang dapat dihubungkan ke iPad melalui koneksi bluetooth. Memilih keyboard bluetooth tidaklah terlalu spesifik atau terlalu tergantung merek. Penulis mencoba banyak keyboard bluetooth untuk iPad dan tablet android dari yang mahal hingga yang paling murah, anehnya saya akhirnya merasa nyaman dengan sebuah keyboard seharga 180 ribuan rupiah karena nyamannya digunakan melebihi keyboard laptop (mungkin karena mudahnya merobah posisi keyboard yang tidak menyatu dengan tablet - beda dengan laptop, keyboardnya menempel disana) 
  3. Dudukan tablet. Tidak seperti laptop yang layarnya terus menghadap kedepan kita, tablet tidak bisa diposisikan seperti itu tanpa bantuan dudukan. Nah saya membeli dudukan tablet seharga 20 - 25ribuan yang banyak dijual di Mall-Mall di Batam 
Nah setelah memiliki ketiga hal itu anda hanya perlu memasukannya kedalam tas kecil dalam perjalanan anda. Alasan saya memilih iPad mini yang lebih kecil adalah karena alasan praktis, lagipula saya dapat menggunakan kameranya untuk pengambilan gambar guna melengkapi dokumen atau tulisan saya dimanapun dan kapanpun. Hari ini pengambilan gambar menggunakan iPahone atau smartphone dan tablet bukanlah hal yang aneh lagi. Lagipula anda sedang "berproduksi atau bekerja" dengan menggunakan perangkat tersebut bukan sekedar berchatting dan bermain game bukan?

Lalu apa saja yang dapat anda lakukan dengan memiliki iPad atau tablet dengan asesories pelengkap seperti diatas? 

  1. Ngeblog, website, internet. Apa itu? Anda bisa menjadi penulis online. Sungguh tidak main main, anda bisa membangun karir anda di internet menjadi penulis dan mengelola website, menulis naskah, atau bahkan menulis novel online. Anda bisa juga menjadi penulis revisi produk produk dan mencari alamat perusahaan yang membutuhkan produknya di revisi dan dimana websitenya untuk menuliskan revisi tersebut di internet, dengan cara itu anda bisa menghasilkan uang. Percayalah, semua pemula membutuhkan proses tidak ada yang mudah jika anda tidak berusaha dan menikmati proses perjuangan anda. Hari ini ketika kegiatan di internet terus berkembang, anda memiliki peluang yang semakin besar untuk menjadi diri anda sendiri disana. Cobalah memulainya hari ini.
  2. Membuat dan mengupload video ke youtube. Peluang anda besar, anda dapat menggunakan kamera bawaan iPad mini dan smartphone anda sebagai tambahan untuk membuat video video unik anda dapat mengunggahnya dan memonothesinya agar menjadi uang dan penghasilan. Untuk lebih lanjut bagaimana cara mencari uang di youtube anda dapat melakukan pencarian di google. Coalah membuat video sederhana namun penuh makna.
  3. Membuat makalah, skripsi dan pekerjaan perkantoran. Jika anda seorang mahasiswa, anda dapat mengetik dan membuat skripsi atau makalah yang bagus didalam kamar anda yang sepi sambil mendengarkan musik dari iTunes di iPad mini anda. Kebetulan aplikasi aplikasi office telah melimpah di App Store tempat mendownload aplikasi di iPad atau iOS. Anda dapat mendownload Microsoft office gratis yang sudah dilengkapi dengan Microsoft Excel, Microsoft Word dan Microsoft Presentation. Atau aplikasi aplikasi office serupa seperti Polaris, Suite Office dengan kelengkapan tool office yang mengagumkan atau bahkan iOS telah memiliki aplikasi office serupa ciptaan Apple sendiri seperti Number, Keynote dan Pages.
Yuk nonton video sederhana yang saya unggah hanya sekedar menunjukan bagaimana sebuah iPad mini atau tablet digunakan untuk bekerja dan produktivitas.




Comments