AdelinaSasa

Privacy Perihal kami Coba Template kami
×
Skip to main content

MENGAPA ORANG TERTIDUR PADA SAAT MENDENGARKAN KHOTBAH?

Tidur adalah kebutuhan setiap makhluk hidup, dan setiap orang berbeda kebutuhan akan tidurnya. Ada orang yang mempunyai kebiasaan tidur siang, ada yang mempunyai penyakit turunan suka "ketiduran" pada saat bekerja walau tidak perduli seberapa panaspun cuaca. Namun apa yang terjadi kalau anda suka tertidur setiap mendengarkan ceramah agama atau khotbah solat Jum'at di mesjid atau Khotbah minggu pada saat ibadah di Gereja?
 

Antara fakta dan Keyakinan.

Agama menekankan bahwa mendengarkan khotbah adalah bagian dari ritual keagamaan yang harus diikuti. Jika anda tidak mengikutinya bukan hanya tidak pantas tapi "berdosa". Dan dikalangan orang beragama tidur pada waktu ibadah artinya 'ditidurdkan' oleh setan. Benarkah? Jika benar pasti setan hanya menidurkan orang orang disalah satu agama, misal pada saat orang mendengarkan khotbah solat Jumat saja atau menidurkan orang orang didalam gereja saja pada saat mereka mendengarkan khotbah Minggu. Tapi pada kenyataannya, hasil survey yang di gabung dari kedua tempat ibadah rata rata menghasilkan fakta yang sama. Kedua pemeluk agama memiliki orang orang yang mengantuk dan tertidur dalam prosentasi yang nyaris sama pada saat mendengarkan khotbah baik di mesjid maupun digereja. Dan cukup mengejutkan, hal ini terjadi juga di kampus pada saat dosen memberikan mata kuliah atau ditempat kerja pada saat briefing panjang.

MENGAPA MEREKA MENGANTUK DAN AKHIRNYA TERTIDUR?

Jika sudah mengantuk dan tidak mendapatkan gangguan atau dicegah jangan sampai tertidur, manusia dan hewan pada akhirnya jatuh kedalam opsi "tertidur". Itu terjadi di tempat tempat ibadah pada saat ritual keagamaan dimana anggota tubuh duduk ditempat rileks. Manusia cenderung tidak mau mendengarkan hal hal terus dikatakan berulang ulang seperti yang disampaikan dalam khutbah. Tempat ibadah dengan suasana yang sama, tenang, suara datar pengkhotbah akan menjadi support buat mengantuk dan tidur. Pak ustad atau pak Pandeta atau bahkan pak dosen pernah bilang: "coba kalau pergi nite club, sampai pagi juga gak bakalan mengantuk atau tertidur"

Ya pasti, suasananya beda. Tubuh bergerak, gangguan warna warni lampu, rangsangan psikologis andrenalin tidak akan memberi kesempatan tubuh mengingat kantuk! Namun pada pengalaman orang yang bekerja di nite klub tersebut, suasana pekerjaan menjadi hal yang rutin atau menjadi rutinitas. Beberapa pekerja mengaku merasa bosan dan mengantuk berada di nite club! Sekali lagi rutinitas, hal yang diulang ulang adalah salah satu faktor yang membuat audience mengantuk.

Namun dalam beberapa kasus, beberapa orang juru khotbah mampu menyampaikan khotbah menarik dan mempesona, mereka ini mampu "menawan" perhatian audience. Hukum publisitas nampaknya berlaku sama didunia bisnis.

Tidak bermaksud mengesampingkan keyakinan bahwa setan penyebab kantuk baik yang dimesjid dan yang digereja sama sama menjadi "korban" dari senjata setan yang bernama "kantuk" namun bagi pengkhotbah atau badan badan yang bertanggung jawab terhadap penyampaian materi khotbah tentu tidak akan mengkesampingkan "Ilmu dan teknik" khotbah agar bisa sampai ketelinga audiencenya masing dan bermanfaat!

Salam...

Batam Center, 29 May 2016

Comments

Popular Minggu ini:

TAHUKAH KAMU BEDANYA iPhone BEKAS JEPANG DENGAN SINGAPORE?

Pernah dengar Rumor iPhone rakitan Jepang dan Singapore?
Terutama anda yang domisili di batam yang masih sebagai "sorganya" elektronik, kali ini khusus seken. Dari hasil pantauan saya dilapangan peminat ponsel pintar bekas semakin meningkat terutama iPhone. Well, anda datang ketempat yang benar: BATAM.

Harga sebuah iPhone 5, 5c seken sekarang hanya berkisar 900 - satu jutaan disini. Kualitas tentu saja dijamin oleh toko penjual.

Mengapa batam? Karena Batam begitu dekat dengan singapore, hanya berjarak 45 menit (aktualnya hanya 25 menit, namun karena ada peraturan kecepatan di laut perbatasan dalam kecepatan tertentu maka dipatoklah 45 menit) perjalanan santai naik ferry laut, banyak celah dan peluang bisnis, salah satunya adalah bisnis ponsel bekas ini. Jangan anda remehkan ya, omsetnya bisa mencapai ratusan juta rupiah perbulan.  Kembali kepada topik: Perbedaan iPhone seken asal Jepang dan singapore.
Secara fisik, fitur dan kemampuan tidak ada perbedaan yang essensial. Nam…

APA BEDA SONY XPERIA ZR DOCOMO DENGAN GLOBAL?

Di Indonesia terutama di Batam sedang diserbu oleh produk hape bekas besutan sony keluarga xperia, saya juga tidak mengerti mengapa seken hape ini bisa sampai banjir di negara kita yang seluas ini, kalau mau dibilang produk hape ini sudah terbilang lawas di rilis dikisaran waktu 2013 - 2015, namun speknya masih terbilang bagus, dengan kamera beresolusi 13 - 20,7 Megapixel RAM 2GB, ruang simpan yang cukup lega dikisaran 8 - 32GB, tentu sangat menarik apalagi (kalau di Batam) harganya sangat murah berkisar antara RP. 550.000,- hingga RP.800ribuan, sangat terjangkau. Dan penjualnya memberikan garansi toko, bisa juga dibeli secara online, (kamu bisa mencari nama nama toko di Facebook seperti: Putra siregar seken singapore, atau bang Juju karena nama nama ini sudah terjamin kredibilitas bisnis mereka di Batam, Putra siregar bahkan telah memiliki beberapa cabang, Pekanbaru, Jakarta, Bali dll)

Satu hal yang kamu harus tahu: baik docomo maupun global keduanya sama sama asli besutan Sony, sama…

5 SIGNS WHY YOU ARE GENIUS

IF YOU CAN USE YOUR SMARTPHONE BY RIGHT when you confuse what shall be bought a laptop or a smartphone? Just consider the bugdet that you have for now, then I guess you will buying a phone, Am I right?  But why? Because with a smarthphone you can call your mom by dial her number, or you can texting your friends and send them some messages, so many fun in just one hand. Further more a phone does have networking capacity as laptop does have, so you can also chat with your friends through the internet.
Oh yes! I can't count how many times you can use it for get pictures with your friends and send them into social media like Facebook, IG, and GPlus? That are the ordinary people way to use their phones.

Why we call you are genius one is when you can use your smartphone more than a phone. You can use it for some productivity work such as: Blogging, support working, support learning, and for some excercises. When you so curious, here we go:

Signs 1. BLOGGING
You can use your smartphone fo…