LOMPATAN TEKNOLOGI YANG SEMAKIN MENGEJUTKAN

Dibanding 4 ribu tahun zaman Romawi hingga zaman Keruntuhan kerajaan Turki, zaman dijajahnya negara negara Asia, dan permulaan kebangkitan Eropa, cara hidup manusia tidak banyak berubah. Orang pergi naik haji sampai membutuhkan waktu 6 bulan lamanya dari Asia tenggara ke Timur tengah dimana Mekkahnya umat islam berdiri. 4 ribu tahun sama dengan 48 ribu bulan orang tetap naik kuda, selama itu orang tetap setia dengan model fashion berpakaian yang sama. Anak anak muda tidak sedinamis sekarang. Pasar dipenuhi oleh kereta dan pedati. 4 ribu tahun manusia melakukan hal yang sama: memandang dunia dengan panasaran dan mencoba menembus batas mereka. Waktu sungguh berjalan lambat, namun walau behitu, ramalan tentang kiamat bermunculan.
 
Orang orang melakukan perjalanan dan harus betah berlama lama melintasi padang pasir, hutan dan kota kota diatas gerobak kuda, pedati dan kuda atau bahkan berjalan kaki. 4 ribu tahun dari generasi ke generasi mengarungi samudera luas dengan kapal pinisi dan kano, membawa perbekalan yang banyak, bermalam dan memasak makanan, semua itu sungguh tidak terbayangkan sekarang, mereka beribadah, berdoa dan melakukan ritual ritual keselamatan yang panjang, hidup kita tergantung nasib. Sampai penghujung abad ke 18, tidak ada tanda tanda perubahan berarti. Agama agama tetap sama, manusia tetap beriman atau tidak beriman, tidak ada hal yang tampak menjadi kandidat kuat membuat manusia dan kemanusiaan berobah total.

Waktu yang panjang akhirnya membawa manusia kepada terobosan teknologi, merobah manusia selamanya karena walaupun andaikata seluruh karya teknologi didunia ini hancur pada zaman sekarang ini manusia pasti akan cepat bangkit membuatnya kembali karena informasinya telah tersedia, karena pengetahuannya memang telah terpatri kuat dikepala manusia dan juga didalam catatan ekstradrive, teknologi membuat manusia melihat kepada dirinya, kepada kesadaran akan keberadaan dirinya.

1. LOMPATAN TEKNOLOGI DAN RAHASIA KOTAK PANDORA

Mengejutkan, ketika lahir sains dalam bentuk matimatika, muncul manusia manusia dengan rasa panasaran kuat untuk melakukan pembuktian kebenaran berbasis logika -  inilah awal perobahan itu: orang orang mulai melanggar tabu, hal hal tadinya dianggap tabu karena larangan agama, manusia yang bernama ilmuwan mulai mengutak atiknya, mengapa harus ditabukan? Mengapa harus takut kepada kotak pandora? Tuhan dan para dewa hanya cemas manusia mengetahui rahasia dan mendekati mereka, manusia mulai mencari tahu bagaimana tubuhnya diciptakan, bagaimana otak sesungguhnya bekerja. Para ilmuwan bekerja mengkloning hewan dan mungkin juga manusia yang rasanya tidak mungkin akan mendapatkan izin dari gereja, biara biara dan mesjid mesjid. Para pemuka agama selalu memberikan peringatan: Jangan bermain seperti Tuhan! Itu pekerjaan iblis. Tiba tiba saja impian ini semakin dekat, manusia melihat diri dan keberadaan mereka diluar diri mereka sendiri, sehingga membentuk kesadaran ilahiah.

Akan tetapi para ilmuwan berpendapat berbeda: Alam ini diciptakan untuk di eksplorasi, manusia tidak mungkin selamanya hidup dizaman kuda gigit besi. Jika Tuhan dan para dewa melarang manusia maju, mengapa mereka sengaja menciptakan akal pikiran yang dari waktu ke waktu bahkan berkembang tumbuh semakin cerdas? Kecerdasan ini tidak bisa diabaikan atau dimubazirkan dalam kemalasan. Kecerdasan suatu bangsa terbukti membuat suatu bangsa menjadi kuat dan makmur, bukan itu adalah salah satu tujuan penciptaan?

Teknologi juga pastinya menjadi pisau bermata dua: manusia mampu menciptakan pesawat terbang dan memotong perjalanan berlayar selama 3 bulan naik perahu layar ke Mekkah menjadi hanya 7 jam dan akan terus menjadi singkat dimasa yang akan datang. Namun dilain pihak teknologi juga menghasilkan bom atom yang meluluhlantakan dua buah kota besar dan padat: Hiroshima dan Nagasaki. Sekalipun kehancuran itu terjadi, bukan berarti tidak bermakna apa apa, itu juga akan menjadi pelajaran pahit dalam sejarah, menjadi hukuman bagi yang terkena bom dan juga bagi yang melakukan pengeboman. 

Para ilmuwan tidak berhenti melanggar hal hal tabu, menggali kuburan kuburan kuno dan keramat untuk mencari tahu rahasia kemanusiaan, namun pekerjaan dan pengorbanan mereka juga berimbas kepada kemajuan manusia, kita semakin jauh dari hewan, inteligensia yang membedakan kita, teknologi membuktikannya. Semut dan lebah mungkin membuat sarang dengan arsitektur rumit seperti yang diajarkan oleh alam, namun mereka tidak berobah, jika mereka berobah berarti mereka mengikuti jejak manusia - berinteligensia.

Para dewa aztec dan maya dalam kitab Loh Popoh pernah berkata kepada dewa lainnya: "Lihatlah itu manusia yang baru saja sedetik kita ciptakan mereka telah mulai menghitung hitung bentuk lengkung langit, lihatlah betapa miripnya mereka itu dengan kita."

Maka dewa lainnya berkata:"mereka hanyalah makhluk sederhana ciptaan kita, biarkan saja mereka mengetahui apa yang ingin mereka ketahui, namun semuanya hanya sebatas yang dapat mereka ketahui"

2. TENTANG AKHIR ZAMAN

Dengan lompatan teknologi manusia benar benar mampu menekuk ruang dan waktu menjadi semakin singkat, sempit dan cepat. Manusia mulai melihat bentuk lengkungan alam semesta. Sementara para ilmuwan sains semakin bersemangat menggali rahasia Tuhan, para pemuka agama manapun didunia ini menjadi semakin cemas karena melihat nubuat ramalan akhir zaman semakin dekat. didalam kitab Nasrani dan islam Akhir zaman pertanda akhirnya peradaban. Jika kita melihat lompatan demi lompatan teknologi yang semakin cepat tidak lagi berjalan normal layaknya hitungan deret hitung 1,2,3,4,5...dst, tapi kini telah menjadi hitungan deret ukur 2,4,8,16,32...dst, maka kitapun akan percaya bahwa hal hal besar bagi kemanusiaan akan segera terjadi didepan mata kita dimasa yang akan datang. Teknologi benar benar menjadi sebuah kebocoran bagi rahasia ilahi, tentang terbukanya kotak pandora dengan rahasia mengerikan didalamnya: Kehancuran dahsyat.

Akan tetapi mungkin saja era kemanusiaan yang sekarang memang akan segera berakhir dengan munculnya era baru: Peradaban antar planet, peradaban baru. Sejarah kemanusiaan lama yang kita lakoni akan segera "kiamat" dan berakhir. Namun tidak melalui kehancuran fisik melainkan peralihan peradaban besar besaran. Setiap zaman pasti akan berakhir dan berganti Zaman baru.

Jika kita bicara tentang kehancuran peradaban, kehancuran ras dan kepunahan jenis makhluk hidup, dinosorous adalah contoh yang baik. Berfisik kuat dan besar menjulang tidak menjamin mereka bertahan hidup melewati evolusi. Hidup ini seolah ajang penciptaan dan percobaan Tuhan, manusia juga rasanya tidak akan mungkin berhenti berevolusi menjadi makhluk yang lebih adapttive terhadap perubahan. 

Jika kita menyangka dinosorous tidak berjasa dan punya andil terhadap gaya hidup modern secara nyata, maka kita salah. Anda mengenderai mobil, naik pesawat terbang dan mampu pergi ke Mekkah hanya dalam waktu 7 jam dari kalimantan hal yang tidak pernah di mimpikan oleh kaum dinosorous 60 juta tahun yang lalu, bukan? 
Kini anda harus mengerti, anda terbang dengan kecepatan tinggi karena anda memanfaatkan fosil atau peninggalan tubuh dinosourus yang pernah hidup 60 jutaan tahun yang lalu!
Kita jelas jelas menggunakan bahan bakar minyak untuk menjalankan mobil, pesawat terbang dan semua mesin industri kita.

Minyak itu terkubur dalam bumi, kuburannya para dinosourus yang telah memfosil dan menjadi minyak mentah, lalu anda juga harus mengerti bahwa hewan hewan anda memakan pucuk pucuk tanaman, tanaman tanaman itu menggunakan akarnya untuk mencari makanan didalam tanah yang berhumus. Dan tanah adalah kuburan segala makhluk hidup dipermukaan bumi, termasuk jasad renik dan jasad nenek moyang kita yang seluruh bagian tubuh mereka diantar oleh akar akaran untuk menjadi makanan jasad renik dan akhirnya menjadi makanan tanaman walaupun berasal dari dalam kuburan, menjadi makanan yang akhirnya diantarkan oleh jasad jasad renik yang berkelana kepada pohon phonan dan tumbuh tumbuhan. Semua tumbuhan hanyalah penyampai informasi yang mengandung catatan informasi genom bagi mansuia dan hewan dirantai makanan teratas. Kita semua kembali memakan tanaman dan daging hewan, kita hanyalah perpanjangan kehidupan dari seluruh mata rantai kehidupan: dari dalam tanah tercatat semua entri kehidupan, asam yang menjadi modal hidup itu mengandung semua peta dan cetakan kita lalu dimakan oleh jasad renik, jasad renik membusuk menyediakan makanan dan humus tanah nan subur untuk tanaman tanaman entah dmelalui kesadaran apa meneruskan informasi penciptaan kepada hewan dan manusia yang memakan pucuk pucuk dan buahnya, manusia juga memakan hewan yang didalamnya ada protein, protein juga mengandung informasi penting untuk membangun tubuh manusia sesuai mouldingnya, kita hanya saling meneruskan, naluri bertahan hidup disisakan kepada setiap makhluk agar singa tetap mengaum menerkam mangsa, agar kijang menghindari pemangsa dan agar manusia memakan setiap buah yang diketahuinya dapat dimakannya. Semua itu: naluri rasa takut, cinta, kebencian, kecemasan hanyalah instrumen kemakhlukan yang dimiliki bukan hanya manusia tetapi juga hewan dan tanaman. Yang dapat kita nikmati dalam hidup ini hanyalah denyut waktu dan waktu yang tersedia ketika kita menjadi sesuatu, selebihnya kita akan kembali kedalam lautan kehidupan dari dalam lumpur yang paling busuk  hingga keawan komulus yang tinggi.

3. IBLIS, MALAIKAT DAN IMAN (KEBAIKAN VERSUS KEBURUKAN)

Didalam genom kita terbukti tersimpan semua informasi informasi penting kehidupan ini: Kita ini adalah ras dari jasad renik, pepohonan dan hewan hewan. Kini ilmu genetik telah mencapai kemajuan hebat, hampir sebagian besar rahasia penciptaan diri kita telah terkuak, menjadi mendebarkan, menakutkan sekaligus menyenangkan. Kita pada akhirnya melanggar hal hal tabu. Para pemuka agama selalu berpesan agar hidup ini dijalani seimbang antara kebaikan dan keburukan. 

Jika anda membayangkan hidup bisa berjalan tanpa hal hal buruk mungkin anda salah juga. Anda tidak mungkin memandang sebuah konsep seperti secara utuh: jika anda merasa diri anda cantik karena anda merasa orang lain jelek, artinya jika tidak ada orang jelek itu bagaimana mungkin ada penilaian bahwa anda cantik? Jika ada orang yang lebih cantik lagi maka anda pasti akan dikatakan jelek. Namun setiap orang juga dilengkapi dengan pribadi subjektif, kalau saya mengatakan anda cantik itu karena anggapan dan memori kenangan saya terbentuk untuk memandang orang seperti anda adalah "cantik" tetapi bagi orang lain mungkin memandang anda berbeda karena dia punya ukuran standard tentang kecantikan yang berbeda dengan saya. Tetapi akan lebih mudah mengatakan, seandainya didunia tidak pernah ada gelap dan yang ada hanya terang maka orang tidak akan membandingkan siang dengan malam, mungkin manusia tidak akan mengenal keduanya, walaupun dunia siang selamanya. Karena tidak terdapat pembandingnya. Hidup ini hanyalah bergerak tanpa henti.

Jika anda membenci tikus, lalat dan hama mematikan itu karena anda takut. Anda diciptakan memang dengan perasaan takut agar bisa bertahan hidup, namun baik tikus, lalat dan hama diciptakan untuk menguraikan beberapa hal, lalat harus membantu kuman menyebar melalui kaki kakinya yang berbulu halus, sebagian kuman kuman itu berguna menguraikan sampah agar lebih cepat membusuk, jika sampah lambat membusuk dunia akan mengkristal dalam hitungan 4 ribu tahun yang lalu, kulit manusia mungkin tidak akan berevolusi selembut sekarang, jasa lalat besar! Namun anda tetap membencinya, karena memang didalam syaraf anda telah dipasang sensor kebencian tersebut agar anda dapat menghindari "paradox" lalat ini. Tikus menjadi makanan ular, makhluk peronda got dan parit parit kotor ini hidup dimata rantai makanan dan kehidupan yang benar. Begitu pula tidak akan ada bedanya jika anda membenci babi, anjing dan kucing atau mencitai mereka. Semuanya tersusun dalam konsep "baik dan buruk" dalam pikiran manusia dan pandangan bertahan hidup para hewan. Sama saja seperti ketika seekor rusa benci bertemu harimau, namun mereka semua harus ada "demi kehidupan" begitu juga Iblis, Malaikat dan 
Tuhan dalam pandangan spritual manusia. Dunia juga akan hancur ketika kebaikan dan keburukan hancur. Dunia seperti tidak punya alasan untuk "ada" jika Kebaikan dan Keburukan tidak berperang. Kedamaian terjadi ketika keduanya berjalan seimbang. 

Iblis disimbolkan sebagai makhluk durjana, spesialis kejahatan, sedangkan malaikat adalah simbol kebaikan. Dalam hal kekuatan keduanya setara, sama sama "sengaja" diciptakan oleh Tuhan. Manusia perlu bijak menyikapi hal ini. Dalam kehidupan religi sepertinya kata iblis, setan menjadi basis untuk mengenali yang buruk, sedangkan Malaikat adalah basis untuk memahami kebajikan. Bajik dan buruk, positif dan negetive tidak akan terpisahkan dalam kehidupan, sebagai profesinya sang Iblis pasti tidak keberatan dengan atribut jahatnya, sebaliknya malaikat tidak ambil pusing dengan lakonannya sebagai representative kebajikan. Keduanya mengalirkan kekuatan agar roda kehidupan bergerak, energi itu dibutuhkan untuk mendatangkan perubahan kearah: Kecenderungan buruk dan kecenderungan Baik. Namun kehilangan salah satu energi, dunia tidak akan bergerak, kehilangan dinamika dan warnanya dimata manusia.

4. LOMPATAN TEKNOLOGI

Akhirnya kita yang lahir pada generasi 70 - 80an telah menyaksikan lompatan teknologi dipermukaan bumi. Dari telepon genggam, telivisi led hingga pesawat angkasa mencapai planet merah. Dan lompata teknologi ini akan mempengaruhi cara pandang umat manusia terhadap segala aspek kehidupan karena pengaruhnya merubah cara hidup kita. Kita terasa semakin jauh dari fisik dan cara hidup hewan hewan, dimasa depan 25 -40 tahun dari sekarang akan terjadi hal hal ini:

1. Transportasi super cepat, jarak ribuan mil akan ditempuh secara massal dalam hitungan menit atau detik
2. Kloning manusia, manusia akan semakin lama hidupnya dan jarang memutuskan untuk berketurunan
3. Download pikiran. Pikiran atau otak manusia dapat di donlot, seluruh kenangan dan inteligensia akan dapat dihidupkan kembali
4. Interaksi dengan kecerdasan buatan, komputer dan robot robot menjadi mandiri dan punya pribadi dan kecerdasan mirip manusia.
5. Koloni antar planet
6. Curiosity akan menjadi kenyataan.
7. Printer 3D mampu mencetak secara utuh dan detail setiap benda yang di scanningnya.
8. Dll


Comments