MENJADI PENULIS, APA YANG HARUS DITULIS?

Menjadi seorang Penulis adalah sebuah pilihan. Menulis dapat kita jadikan sebagai profesi atau sekedar hobi. Biasanya dinegeri orang sana orang mulai menulis ketika mereka sudah tua. Namun sebaiknya menulis itu dimulai sejak dini ketika masih muda. Dizaman sekarang menulis terasa lebih mudah betapa tidak? Kalau pada zaman dulu orang menulis diatas batu dengan memahatkan tulisan tersebut dapatlah kita bayangkan betapa sulitnya hal itu apabila harus kita lakukan pada zaman sekarang. Namun tulisan mereka itu kini telah menjadi prasasti yang abadi. 


Dizaman kita telah tersedia berbagai peralatan menulis yang bagus bagus: Dari kertas dan pena hingga laptop yang canggih, namun tidak cukup sampai disitu kini gagdet gagdet semakin kuat, dari ponsel dengan arsitektur 64 bit hingga tablet yang powerful yang dapat digunakan untuk berproduktif, misalnya membuat karya tulis berbentuk novel atau buku. Menulis akan menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan. Namun apa saja yang akan kita tulis?

1. ARTIKEL 
Menulis artikel tentunya terdengar mudah, ya mudah dengan kemauan yang kuat. Artikel yang bisa ditulis di website akhir akhir ini sangat beragam, fashion, trend teknologi, gagdet, sport, wisata alam hingga kuliner. Anda bisa memilih salah satu yang memang menjadi minat anda dan anda menguasai materinya, sebab jika anda menulis sesuatu yang tidak anda kuasai artikelnya pasti lucu dan akhirnya ketika dikirim hanya akan masuk kedalam "rubbish bin" alias tong sampah.
Anda bisa menjadi pengulas, menulis artikel tentang produk dan meriview buku. Pekerjaan menulis artikel ini dapat menghasilkan uang. Anda dapat memeriksa website mana yang menerima artikel dan akan membayar tulisan anda: coba lihat di: http://www.rangking10.com/2015/03/top-10-website-terbaik-yang-membayar-penulis-artikel.html

2. NOVEL
Jika anda tertarik menulis novel pasti anda sudah mengetahui benar bahwa menulis sebuah novel membutuhkan pengatahuan sastra, budaya dan teknik penulisan alur cerita yang menarik agar kelak karya    kita dapat di terima oleh pembaca. Disini gaya dan teknik penulisan sangat berperan penting. Menulis sebuah novel yang mendekati sebuah karya sastra akan menguras banyak tenaga, pikiran dan waktu anda. Untuk masa sekarang novel yang berbentuk buku masih banyak dijual di pasaran, artinya secara konvensional pembaca masih suka buku novel dalam bentuk cetak. Namun kedepannya konsep konvensional ini akan segera bergeser perlahan tapi pasti akan beralih kepada cara membaca digital melalui tablet. Keunggulan novel yang dapat dibaca melalui tablet mungkin dari gambar gambar yang akan dapat di"attach" secara animasi dan lebih menarik. Jika hal itu terjadi cara penerbitannya juga harus dikaji ulang, seorang penulis dapat mengirimkan naskahnya secara online dan novelnya akan terbit secara online dalam bentuk buku digital.
Novel atau karya sastra juga sangat banyak variasinya, kriminal, romantisme, realistis dsb.

3. BUKU
Mungkin anda ingin menulis buku, seorang yang memiliki ide dan menuliskan idenya kedalam buku saya rasa sangat luarbisa. Dunia ini berubah karena buah pikiran para jenius yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Pernah membaca bukunya Principa Newton, Calculus integral hingga Man originnya Darwin? Buku buku yang sangat berpengaruh! Saya membaca "Beyond The universe" hingga berulang ulang dan berfikir betapa luasnya daya jelajah pemikiran sang penulis, betapa bijak dan jauhnya dia memandang kehidupan di alam semesta. 
Tentunya untuk menjadi seorang penulis buku ilmiah, teknik, pendidikan dll anda harus memiliki setidaknya minat untuk belajar secara sistematis, lalu minat itu menjadi keahlian anda sesuai bidang yang ingin anda tekuni. Tidak menutup kemungkinan anda akan menjadi seorang penulis beken karena menekuninya, proses menulis juga membutuhkan waktu dan pembelajaran.

4. REVIEW PRODUK DAN PENULISAN IKLAN
Menulis review suatu produk seperti buku, produk kesehatan, elektronik dall sepertinya pada saat sekarang dapat dijadikan kegiatan paroh waktu, beberapa perusahaan menawarkan jasa ini, yakni supaya anda menulis dan mempublikasikan review produk tertentu di webistet hingga menyerupai iklan yang terselubung. Anda akan dibawar sesuai dengan perjanjian.

Demikianlah sedikit uraian saya mengenai artikel menulis anda bisa mengunjungi situs situs di internet yang menerima tulisan tulisan sesuai dengan minat anda, atau anda dapat menulis sesuai permintaan mereka.



Comments