HORE AKHIRNYA MICROSOFT OFFICE VERSI KOMPLIT HADIR DI ANDROID!

Tunggu dulu, hari ini bicara tentang aplikasi kantor yang sudah semakin banyak dan menjamur di setiap Store Aplikasi baik Android maupun iOS, sudah tidak menarik? Belum tentu! Bicara tentang Microsoft Office di Android kita tentu telah mengetahui sebelumnya aplikasi serupa telah tersedia di App Store iOS milik Apple untuk iPad. Sebagaimana telah diketahui oleh orang orang, aplikasi office tersebut telah di donlot puluhan juta kali hanya dalam beberapa bulan setelah dirilis untuk iOS. Artinya sambutan pengguna tidak buruk samasekali. Microsoft Office tetaplah menjadi primadona orang ketika mereka berproduktivitas menggunakan tablet.


Tampilan Microsoft Office asli di Tablet Android 

Android dan iOS tentu saja adalah dua platform yang berbeda, pencinta android sekarang sedang menantikan kehadiran aplikasi perkantoran legendaris tesebut akan seperti apa tampilan dan bentuknya ketika berjalan di platform robot hijau?

Kebetulan saya beruntung dapat menjadi penguji Aplikasi ini. Di tablet Android sama halnya seperti di iPad, Microsoft office akan hadir dalam bentuk tiga aplikasi terpisah: Microsoft Excel, Microsoft Word dan Microsoft Presentation. Ketiga Aplikasi sangat berbeda dengan aplikasi Microsoft Office 365 pada iPhone, ponsel Windows dan Ponsel Android, pada tablet dan iPad semua fungsi dan kemampuan aplikasi Office ini berjalan persis sama seperti Microsoft Office pada PC laptop maupun Dekstop konvensional. Perbedaannya dalam bentuk pengoperasian: Jika pada PC laptop dan Dekstop kita terbiasa menggunakan mouse sebagai navigasi, maka pada layar sentuh tablet Android dan iPad kemampuan layar sentuh sudah lebih dari cukup untuk menggantikan fungsi mouse! Jadi mana yang lebih baik?

Seperti yang kita ketahui teknologi terus berkembang, nampaknya para developer teknologi seperti microsoft juga tidak mau kehilangan kesempatan memodifikasi software legendaris mereka agar terus bertahan mengikuti persaingan yang semakin kuat dan sengit di dunia, dalam hal ini termasuk dalam hal produktivitas. Google dan pengembang pengembang software serupa telah mengembangkan aplikasi aplikasi perkantoran yang terus disempurnakan. Celakanya-terutama dalam hal ini Google menggratiskan aplikasi perkantoran mereka sebagai bagian dari ekosistem Android. Microsoft sepertinya "trepaksa" mengikuti trend ini agar tidak ditinggalkan. Sebut saja aplikasi Microsoft Office di iPad yang dapat dipergunakan secara gratis tanpa harus mengikuti prosedur memiliki akun Microsoft terlebih dahulu seperti di PC. Kita tahu jika selama ini Aplikasi perkantoran Microsoft office ini adalah berbeli dan tidak bisa dikatakan murah.

Tapi hari ini berbeda! Aplikasi legendaris ini digratiskan dan di modififkasi agar dapat berjalan tidak hanya mengikuti tradisi platform windows akan tetapi menjadi multi platform. Hari ini kita melihat Microsoft Office berjalan di iOS dan Android dengan kekuatan setara ketika ia berjalan di platform windows!

Gambar tampilan Excel di monitor iPad Air (posisi portrait) 

Penggunaan aplikasi Office Microsoft ini pada iOS (iPad) dan pada Tablet Android sedikit berbeda pada UI (User Interface)nya, misal ketika saya melakukan penjumlahan pada iPad, tradisi penggunaan keyboard layar sentuh keduanya berbeda jauh: Pada iPad keyboard displit jadi dua berdempetan, sebelah kanan huruf sedang sebelah kiri angka, fungsi SUM (auto SUM) sudah tertera pada tuts keyboard, sehingga ketika kita memasukan angka angka pada sel sel spreadsheet dan memilih sel kosong lalu memencet icon tersebut angka angka akan menjumlah secara otomatis mengkalkulasikannya. Terlihat Tampilan pada lembar Excel dengan tool tool dasar yang berfungsi sebagaimana layaknya ketika kita melakukan pekerjaan menggunakan PC Laptop maupun dekstop dikantor dan dirumah. Namun ini akan memberikan pengalaman yang berbeda ketika kita bekerja menggunakan aplikasi perkantoran karena kita kali ini menggunakan perangkat mobile dengan kemampuan layar sentuh yang hebat.

Pada Tablet Android sendiri karena perbedaan UI dengan iOS justeru akan memberikan pengalaman baru yang berbeda. Masing masing perangkat tentu saja berbeda. PCLaptop dan Dekstop melalui layar monitor dipandu oleh navigasi mouse. Sedangkan pada iPad dan Tablet Android Layar monitor dengan kemampuan navigasi sentuhan. Saya memperhatikan trend ini: Ketika aplikasi aplikasi serupa Offcie dan lain lain untuk berproduktivitas mulai beramai ramai "bermigrasi" ke perangkat "end point" yang lebih mobile seperti ponsel, Tablet Android dan iPad, ini bisa saja merupakan "pertanda" akan berakhirnya zaman laptop dan dekstop setelah sekian tahun mendominasi dunia perkantoran.


Gambar tampilan Excel pada Tablet Android (posisi portrait) 

Kita melihat google yang tidak mengharuskan karyawannya datang kekantor untuk melakukan pekerjaan, mereka dapat melakukan pekerjaan mereka di taman, di pantai, di kafe dan didalam kamar di rumah mereka yang sepi, lalu mengirimkan hasil lembar kerja ke cloud, ini masih serupa dengan sistem perkantoran konvensional yang terpusat dengan server dikantor, hanya saja mungkin terdengar lebih liar. Bekerja tanpa masuk kantor? (officeless)?

Kembali kita membicarakan perbedaan UI (User Interface) pada tampilan office di Android dan iOs. Pada tablet Android Keyboard layar sentuhnya dibuat mirip dengan keyboard fisik pada PC laptop dan Dekstop, kita sebut saja ini adalah bentuk yang konvensional. Barisan huruf dibawah, sementara deretan angka diletakan disebelah atasnya. Namun ada yang berbeda pada tampilan spreadsheet versi preview Android dengan versi rilisnya di iPad. Di Android semua tools terlihat hadir dan lengkap seperti tampilan aslinya di PC Laptop dan Dekstop. Android tidak menyediakan tombol SUM seperti terdapat pada iPad, namun hal tersebut dapat dilakukan secara otomatis dengan mengklik ikon yang terdapat pada tools bagian atas tampilan spreadsheet excelnya. Beberapa kelebihan juga terlihat pada tampilan UInya misal, untuk menghapus konten yang terlanjur diketik pada setiap sel pada tampilan kiri setiap sel yang telah tertulis akan selalu muncul kotak dialog dengan opsi pilihan: hapus, copy, paste dll.

Setidaknya untuk masa sekarang Microsoft masih hanya menghadirkan versi Preview secara terbatas pada tablet tablet Android, masih tidak menutup kemungkinan beberapa device mengalami masalah karena alasan kompatibilitas perangkat. Memang ada beberapa persyaratan khusus baik dari segi perangkat keras maupun dukungan update perangkat lunak pada jenis jenis tertentu tablet untuk bisa menjalankan aplikasi ini. Yang jelas Microsoft Office for Android tidak akan kompatibel dengan perangkat ponsel!

Saya memastikan, terutama untuk perangkat tablet note 10.1 2014 aplikasi ini untuk sementara berjalan sempurna. Dilain waktu saya akan membahas kompatibilitas Mirosoft Word dan Presentation di android.


Comments