CARA MEMANFAATKAN TABLET SEBAGAI PENGGANTI LAPTOP


Gambar iPad
Penurunan penjualan Laptop/PC diseluruh dunia salah satunya adalah dikarenakan oleh semakin meningkatnya penggunaan ponsel dan tablet sebagai alat bekerja terutama untuk perorangan dan juga perkantoran. Adapun kelebihan ponsel dan Tablet jika dibanding dengan laptop adalah sebagai berikut:

  1. Tablet/ponsel lebih tipis, ringan dan portable sehingga mudah dimasukan kedalam ransel maupun saku celana.
  2. Tablet/ponsel telah di lengkapi dengan RAM, prosesor dan Internal harddisk yang semakin mendekati PC/Laptop konvensional sehingga memang cukup powerful ketika di gunakan untuk bekerja.
  3. Perkembangan teknologi tablet dan ponsel lebih cepat ketimbang laptop. Setiap tahun akan terjadi perubahan model dan peningkatan spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunaknya, tidak salah kalau pengamat teknologi memprediksi bahwa kelak penjualan laptop dan PC konvensional akan menurun tajam karena sedikitnya pengguna umum. Mungkin Laptop dan PC konvensional masih akan dipakai namun hanya untuk pekerjaan berat dan terbatas
  4. Portabilitas ponsel dan tablet yang fisiknya semakin tipis dan enteng dari tahun ketahun terbukti berguna bagi blogger ketika akan membuat karya tulis, oleh karena kameranya semakin berkualitas dan mumpuni, baik ponsel maupun tablet dapat dipergunakan sekaligus sebagai kamera untuk pengambilan gambar yang berguna untuk melengkapi karya tulis. 
  5. Sokongan software yang semakin banyak dan jauh melampui PC Windows, ekosistem ini telah tersistematisasi sebagai misal, melalui Play Store nya Android dan App Store milik Apple/iOS. Bandingkan dengan Storenya windows 8, yang aplikasinya sangat terbatas. 
  6. Aplikasi officenya bahkan melampui aplikasi yang tersedia di laptop dan PC konvensional yang sekarang anda sedang pakai di kantor. Bahkan Microsoft Office yang legendaris itu akhirnya menggratiskan penggunaan Microsoft office dasar di iPad demi membuat aplikasi perkantoran tsb tidak ketinggalan sebagai aplikasi yang mampu bekerja di lintas platform (selama ini MS hanya diperuntukan untuk Windows, sekarang MS telah berjalan di iOS dan tahun depan (2015) akan berjalan di Android. Baik di Play Store maupun App Store tersedia WS, Polaris, Office Suit, Google spreadsheet yang tidak kalah bagus dengan Microosoft Office dan gratis semua. Dengan aplikasi aplikasi ini pekerjaan pekerjaan perkantoran seperti akuntansi, statistik, dan pekerjaan yang memerlukan spreadsheet Microsoft Excel, Word dan presentation dapat di selesaikan dengan baik dan sempurna. Bahkan jika Microsoft tidak menggratiskan aplikasi berbayar mereka kemungkinan orang akan berpaling kepada aplikasi aplikasi perkantoran alternatif yang sudah semakin sempurna. Alih alih berharap aplikasi aplikasi ini mati, malah google sebagai rajanya aplikasi gratis menyempurnakan aplikasi perkantoran mereka menjadi mudah dipergunakan namun sangat berkualitas! Nah, lo
PONSEL/TABLET ANDROID vs PONSEL DAN iPADnya iOS/Apple, MANA YANG LEBIH BAIK DIGUNAKAN UNTUK BEKERJA?
Mana yang lebih baik ketika digunakan buat bekerja? Tablet dan ponsel Android di wakili oleh Samsung sebagai vendor terbesar yang menggunakan Android sebagai sistem operasinya sedangkan iPhone dan iPad mewakili iOSnya Apple.

1. MENULIS
Tablet Android dengan posisi
portrait diatas dudukannya
Ketika melakukan penulisan kedua perangkat setara. Kedua perangkat dapat dilengkapi dengan dudukan dan keyboard bluetooth. Mengetik pada tablet baik Android dan iOS sama nyamannya dengan mengetik dilaptop dan PC dekstop dengan pertimbangan anda harus membeli keyboard fisik yang berkualitas satu kali saja. Keyboard ini dihubungkan melalui bluetooth. Anda bisa membeli keyboard dengan berbagai pilihan ukuran, warna hingga model. Ini penting untuk kenyamanan dalam melakukan pengetikan. Tidak ada salahnya mencoba terlebih dahulu kecepatan koneksi, kelembutan tuts keyboard, dan pertimbangkan ergonomic tangan juga pada saat melakukan pengetikan. Berbeda dengan PC maupun laptop yang keyboardnya sudah terpasang default sebagai hardware bawaan, pada tablet maupun ponsel kita dapat menentukan pilihan dengan pertimbangan selera, kenyamanan dan portabilitas. (Keyboard portable bluetooth ini biasanya juga bekerja sangat baik untuk ponsel)
Mengerjakan pekerjaan dengan keyboard fisik dilakukan dengan pertimbangan kita sudah terbiasa dengan cara tradisional melakukan pengetikan dengan laptop dan PC dekstop. Keyboard layar sentuh juga sebenarnya cukup bagus dipergunakan, hanya saja mungkin kita perlu membiasakan diri. Memanfaatkan mengetik dengan keyboard layar sentuh dapat mengurangi beaya daripada membeli keyboard fisik walaupun harganya terbilang tidak mahal (150rb-300ribuan)

2. MEMINDAHKAN DATA, DOKUMEN DAN GAMBAR KEPERANGKAT PENYIMPANAN DAN PERANGKAT LAIN
Gambar OTG dengan lubang kartu MacroSD
Nah disini letak perbedaannya. Umumnya ponsel dan Tablet Android menyokong konektivitas USB OTG, sedangkan iOS sangat ekslussive sehingga nyaris semua akses tertutup untuk koneksi kepada perangkat lain. Misal ketika kita bermaksud memindahkan atau memasukan gambar dari iPad ke USB, tidak ada USB OTG yang benar benar kompatibel dengan perangkat iOS baik iPhone maupun iPad ini. Beberapa USB OTG yang dijual dipasaran biasanya suatu ketika perangkat iOS mengalami pembaharuan perangkat lunak, akan gagal membaca dokumen dari perangkat OTG seperti USB yang disambungkan melalui kabel OTG ini. Jadi pertama beli waktu dites bisa, setelah peningkatan perangkat lunak dilayar tertulis: "Perangkat ini tidak bersertifikat dan malfunction" jika itu hanya sekedar peringatan saja sudah cukup mengganggu, apalagi kalau ternyata akhirnya memang tidak berfungsi samasekali.
Disamping itu berbeda dengan Ponsel dan tablet Android, umumnya iPad dan iPhone tidak support ruang penyimpanan tambahan seperti kartu microSD card, apabila iPad atau iPhone anda hanya berkapasitas 16 Giga, maka sebatas itulah ruang simpan yang tersedia bagi perangkat tersebut. Memang, ada beberapa vendor yang membuat USB khusus bersertififkat iOS ini namun harganya sangat mahal dan belum dijual secara luas. Seperti iStick yang masih terbatas dipasarkan di Amerika bentuk desainnya bagus terbuat dari fisik logam, namun mungkin karena harganya diatas 3 jutaan untuk ruang simpan 32GB, perangkat tersebut tampaknya tidak begitu diminati.
OTG ini dapat dihubungkan ke tablet android dan di colokan kartu microSD, USB dll
Satu satunya cara mentransfer data dan dokumen kerja (dalam hal ini iOS setara dengan Android) adalah melalui sistem penyimpanan Cloud. Baik iOS maupun Android entu saja memiliki kesamaan dalam hal ini. Di kios Online mereka masing masing dapat di donlot Google Drive, DropBox, OneDrivenya Microsoft dll. Melalui aplikasi cloud ini kita dapat membuat dan mengedit dokumen dan dapat mengeditnya melalui perangkat flain seperti Ponsel dan Laptop maupun PC dekstop di rumah, dikantor dan dimana saja diseluruh permukaan bumi ini.
Tentu saja keunggulan Tablet dan ponsel Android dalam hal transfer data ini tidak berhenti sampai disitu,  Ketika anda ingin memindahkan photo atau gambar dari satu perangkat keras keperangkat keras lain dengan instan tanpa melalui web atau cloud (misal ketika tidak ada koneksi internet di tempat terpencil), kemampuan Tablet dan ponsel android membaca perangkat OTG dengan sempurna ini sangatlah membantu. Katakan saja ketika anda menggunakan kamera DSLR untuk pengambilan gambar besar dan berkualitas, anda tentu kesulitan memasukan kartu kamera ke iPad maupun iPhone via OTG jika iPad dan iPhone tidak mau membaca OTG "abal abal" dipasaran. Sifat tertutup sistem iOS ini sangat menyulitkan produktivitas ketika kita harus memanfaatkan iPad dan iPhone sebagai perangkat kerja.
Dalam hal ini Tablet Android menang telak. Karena dipasaran tersedia kabel kabel OTG yang dapat membaca USB, sdCard dan miniSDCard. Tablet Android terkini mampu membaca hampir semua format gambar dan video dari perangkat lain. Sokongan software dengan koding koding lengkap tersedia di Play store.

3. MENGEDIT GAMBAR
Kedua perangkat baik iOS dan Android punya kemampuan yang bahkan tidak pernah dimiliki oleh Laptop dan PC dekstop dalam hal mengedit gambar dengan instan dan cepat. Tidak ada zaman semudah sekarang, anak anak kecilpun bisa menggunakan Adobe Photoshop sentuh ditablet, iPad dan iPhone! Walau kemampuannya masih dasar namun dalam hal kepraktisannya tidak pernah dapat dilakukan di Laptop dan PC besar sebelumnya!

4.BERKIRIM EMAIL
Kedua perangkat setara. Kita dapat membaca email dengan nyaman terutama di Tablet dan iPad karena layarnya yang lebih lega ketimbang iPhone dan Ponsel android. Ada sebuah ramalan yang menyiratkan bahwa perangkat portable ini kelak akan menggantikan fungsi laptop diperkantoran terutama ketika orang harus memeriksa email setiap waktu dan bergerak keberbagai tempat. Kelak Server akan berubah orientasi kepada mobilitas yang lebih tinggi ketimbng sekarang. Untuk masa sekarang kita melihat staf perkantoran mulai menggunakan ponsel mereka ketika memeriksa, membuat dan menjawab email ketika berada dikantin, didalam kenderaan atau ketika sdang bertugas dilpangan dan diluar tempat kerja.

5. KONEKTIVITAS.

Kedua perangkat setara. Tablet dan Ponsel umumnya telah menyokong WiFi dan Mobile network karena telah terpasang kartu seluler didalamnya. Kecepatan networknya tergantung perangkat dan kartu operator yang menyokongnya, umumnya Tablet telah menyokong 3G dan 4G. Jika anda memiliki tablet atau iPad, tentu saja ada yang hanya support wi fi tanpa kartu seluler. Harga tablet tablet ini tergolong murah namun dengan speks setara dengan yang memiliki koneksi mobile network berkartu seluler. Anda cukup membeli alat wi fi portable seharga 300ribuan memasukan kartu seluler kedalamnya dan menghidupkannya, maka perangkat iPad dan Tablet anda segera terhubung ke internet yang kencang! Besar fisik Wifi portable ini hanya sebesar kotak korek api.

6. DUDUKAN
Menghadap kelayar tablet ketika melakukan pengetikan lebih nyaman jika membuatnya berdiri seperti layar laptoop atau PC dekstop. Anda membutuhkan dudukan ini yang harganya berkisar 20rb - 25ribuan. Pertimbangkan tempat mendudukan iPad dan Tablet ini jangan sampai menyulitkan anda membawanya. Saya membeli sebuah dudukan yang sangat
tepat menurut saya pribadi, di Batam harganya hanya 20ribuan. Mendudukan tablet dan iPad lebih baik daripada dudukan posisi laptop dan dekstop. Posisi duduk tablet atau iPad bisa kita letkan secara landscape atau secara portrait sesuai selera anda.

0 Response to "CARA MEMANFAATKAN TABLET SEBAGAI PENGGANTI LAPTOP"

Post a Comment

Iklan dipasang oleh pihak ketiga, kami hanya menyediakan slot/kavling kosong, jika ada yang kurang berkenan bagi pembaca silahkan hubungi kami, kami akan menyampaikannya kembali ke pihak Google via email

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel