TEKNOLOGI TEKNOLOGI YANG AKAN MEROBAH CARA KERJA TI DI MASA DEPAN

Seperti kata pepatah, tidak ada yang abadi di dunia ini, kecuali PERUBAHAN! Nah apalagi dunia IT yang sekarang notabene gagdetnya masih terpusat pada komputer konvensional, baik dekstop maupun laptop. Tetapi sebagai penulis dan pengamat saya meramalkan hal itu akan segera berubah total dalam beberapa tahun lagi! para TI atau IT muda harus bersiap agar tidak terlambat menindak lanjuti perubahan ini, atau kalian akan tertinggal. Anggaplah ini peluang yang bagus. Oh ya sebaiknya mengingatkan perusahaan tempat anda bekerja tentang dampak perubahan teknologi yang lajunya nyaris sudah tidak terbendung lagi.
Hal hal yang akan merobah pola dan sistem kerja TI diantaranya adalah karena disebabkan oleh:

1. GAGDET SMARTPHONE DAN TABLET - KOMPUTASI DIMANA MANA
Terutama smartphone pada saat ini nyaris tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita, kita boleh mencela dampak negetivenya karena merobah beberapa prilaku sosial banyak orang, orang mulai suka jalan menunduk, duduk menunduk karena menekuni layar sentuhnya. Tapi didalam smartphone memang terdapat banyak "ilmu pengetahuan" berkat koneksi internetnya yang cepat karena sistem kompresinya yang tinggi, itu memang sedang dibutuhkan oleh manusia modern. Mengenai prilaku sosial yang berubah kita menyinggungnya sedikit disini, manusia memang terus berevolusi menuju kepada sesuatu yang benar, walau terlihat sedikit merugikan. Namun dimasa depan, jika anda masih hidup, kebiasaan yang tadinya anda cela justeru sangat lumrah dizaman anak cucu kita. Mereka dapat menerimanya. Generasi kita juga pernah sangat di hawatirkan oleh orang orang tua pada zaman sebelum kita, bukan? Mereka mengatakan: "Anak anak muda sekarang begini, kami dulu begitu" Namun sangat mustahil menahan waktu jalan ditempat dan mempertahankan agar generasi masa depan seperti kita selamanya, dunia mau jadi apa? Statis, jalan ditempat dan membosankan. Jangan pernah berpikiran status qou, sikapi perubahan dengan pikiran maju dan positip.

Jauh jauh hari saya pernah menulis di blog lain bahwa smartphone dapat digunakan untuk meringankan pekerjaan, mengedit hasil karya, gambar, berkirim email hingga berkomunikasi secara efektip. Potensi ini masih belum dilirik/dilihat oleh sebuah perusahaan. Suatu hari jaringan yang kuat akan terintegrasi pada sekelompok smartphone, tablet dan bukan lagi dekstop atau laptop. Dekstop hanya sekedar melakukan pekerjaan berat dan jarang jarang dilakukan, namun pekerjaan rutin dapat dilakukan lebih cepat menggunakan smartphone dan tablet. Saya perhatikan dukungan aplikasi aplikasi perkantoran pada smartphone dan tablet seperti iPad nyaris sangat bervariasi, software dan aplikasi aplikasi ini lebih berkembang pesat di Play Store Android dan App Store iOS ketimbang di Windows Store, cobalah anda buka store aplikasinya windows milik microsoft, terkadang begitu mengecewakan karena  minimnya sokongan aplikasi aplikasi perkantoran, utility dan game. 
Bicara tentang aplikasi perkantoran bahkan di iPad anda dapat menggunakan aplikasi perkantoran milik microsoft seperti Excel, word dan presentation secara gratis, sepanjang hanya untuk kebutuhan mengedit pekerjaan dasar. Disamping itu banyak sekali aplikasi perkantoran serupa telah dikembangkan baik oleh google maupun para developer software, Google tidak tanggung tanggung, aplikasi mereka di gratiskan dan pembesut software seperti google jangan jangan dapat mengalahkan aplikasi Microsoft dalam hal komplisitasnya. Hal ini berdampak positif bagi pengguna tablet, Microsoft dipaksa "menggratiskan" aplikasi perkantoran mereka yang sangat mahal tersebut apabila dipergunakan di dekstop maupun laptop konvensional.
Nah, perubahan penggunaan perangkat akan berdampak merubah sistem, termasuk server yang berisikan paket sekuritas TI, penyesuaian ini membutuhkan pelatihan bertahap bagi seorang TI jika tidak bila masa itu datang anda akan gagap menghadapinya. Intinya jangan pernah berfikir bahwa sesuatu dapat bertahan lama. Komputasi dimana mana dengan gagdet ponsel tentu saja kedengaran "liar" dan sulit dikontrol, ini tantangan Manajemen agar tidak kehilangan kontrol pada pengguna pengguna yang menggunakan perangkat "end point" ini. Mau tidak mau seluruh sistem kelak harus beradaptasi dengan ini.
Satu hal lagi, komputasi dimana mana dengan smartphone dan tablet sebagai gagdetnya akan menjadi lawan berbahaya bagi komputasi saat ini yang terpusat atau terfokus pada semua perangkat. Anda sebagai TI, pasti mengerti "ancaman" ini karenanya kita harus merobah pola pikir kita dan berorientasi kepada kemajuan TI dimasa depan yang semakin dekat. (Saya meramalkan paling lama hanya 5 tahun lagi)

2. TIBA TIBA INTERNET MENJADI HARTA YANG SANGAT BERHARGA.
Tidak terbayang dimasa lalu, orang dapat bertransaksi dengan mudah melalui internet. Dari jual beli, bayar rekening listrik, transfer uang hingga menukar mata uang virtual dalam bentuk nominal nyata. Well, saya ikut meramalkan, Google wallet, PayPal akan menjadi hal biasa dan paling masuk akal buat bertransaksi dimasa depan! Anda cukup memabawa ponsel artinya anda membawa serta dompet virtual anda dan membayar belanjaan anda melalui jaringan, tidak perduli untuk makan, minum, belanja pakaian dan kebutuhan sembako, semuanya akan menjadi normal. Disini peran IT menjadi penting. Dunia IT akan semakin luas dan kompleks. IT yang bekerja dibelakang layar sebagai designer aplikasi tertentu untuk kebutuhan sehari hari, hingga technical support yang dapat mengatasi troubleshooting secara instan. Anda bingung dengan penjelasan saya? Saya hanya seorang blogger dan pengamat Teknologi gagdet termasuk software software, Saya sekarang mempunyai blog untuk menulis dan berbagi, blog saya terhubung ke PayPal untuk menerima bayaran dalam beberapa hal jika itu memungkinkan, artinya blog ini adalah property atau harta saya. Apalagi bagi sebuah perusahaan yang menggantungkan kebutuhannya pada jaringan dimasa depan, dari sistem keuangan, transaksi dan kumpulan data data virtual untuk menggantikan kertas yang semakin "langka" karena peraturan lingkungan hidup?
Hal ini dapat menjadi ancaman pada sistem yang ada sekarang jika kita terlambat menyadarinya.

3. KOMPUTASI DI AWAN
Lagi lagi pada smartphonelah komputasi diawan ini mendapatkan momennya. Sebuah smartphone atau tablet yang terinstall Dropbox, OneNote, atau Skydrive mempunyai keuntungan pada penyimpanannya. Photo photo berukuran besar dapat anda sinkronkan ke cloud melalui wi fi dan perusahaan dapat memanfaatkan smartphone yang dibagi bagikan kepada karyawan staf untuk mengambil data data berupa gambar dilapangan dan mensinkronkan gambar tersebut di folder "diawan" seperti OneDrive atau DropBox, anda dapat mengeditnya melalui smartphone berikut atau tablet berikutnya. Memang persoalan akses pada orang yang berwenang mengakses adalah masalah keamanan yang cukup serius, namun pihak jasa pengelola penyimpanan cloud seperti microsoft dan google telah menyikapi hal ini melalui "password password" pintar mereka.
Well, saya menulis di blog ini menggunakan iPad, melalui iPad saya dapat mengakses lebih sepuluh ribuan photo yang saya simpan di oneDrive saya yang berkapasitas satu terrabyte, atau DropBox saya yang berkapasitas ruang simpan 54 Gigabyte, itu belum termasuk Google Drive dan Box. Jujur untuk sekedar menulis dan membuat laporan keuangan pribadi selama beberapa tahun terakhir saya sudah tidak menggunakan laptop lagi. Laptop saya pakai hanya apabila iPad dan hape saya bermasalah. Lebih 85% dokumen saya tersimpan di Cloud (atau di awan) dan saya mengedit, mengolah dan mensharingnya melalui smartphone Android atau iPad saya. Ini hanya contoh kecil manfaat yang saya coba tunjukan.

4. ROBOT DAN MESIN PINTAR
Robot sekarang semakin canggih dengan kecerdasan buatan dan algoritmanya semakin canggih dan kompleks. hal mengenai robot ini adalah tantangan TI yang paling berat. Robot berintelijensia sekarang telah mulai bekerja secara terbatas pada beberapa pusat penelitian di Amerika, Jepang, Cina dan beberapa negara Eropa dan Asia. Robot berkembang semakin cepat melalui program google tentang robot yang dapat memahami lingkungan, belajar untuk kecerdasan mereka sendiri dan bertindak secara otonom penuh! Pada kasus dunia kerja mereka justeru didesain dan akhirnya menjadi terlalu pintar dan cerdas untuk di  kontrol secara virtual oleh pelaku IT.
Mereka akan menjadi penasihat berintelijensia tinggi berkat Artificial Inteligent (AI) bertalenta matimatik yang pastinya tidak dapat diragukan lagi. lalu apa gunanya TI? TI tetap berguna sepanjang robot masih belum dapat menyamai manusia dalam hal kompleknya "perasaan" atau kecerdasan dalam bentuk lain, walaupun robot kemungkinan akan menyamai manusia dalam segala hal atau melebihinya termasuk berperasaan ini, akan tetapi hal itu tidak akan terjadi dalam waktu yang dekat. Bahkan Gartner seorang pengamat TI percaya mesin pintar yang bernama robot inilah yang kelak akan sangat mengganggu dalam sejarah TI.

5. RISIKO KEAMANAN

Keamanan akan menjadi sangat penting dimasa depan, disini peran TI akan sangat diperlukan, mungkin juga keamanan dapat di atasi oleh mesin pintar seperti robot seperti yang telah kita singgung diatas. Namun sebesar apapun masalah kemanan tidak akan bisa menghentikan kemajuan, era baru akan datang tanpa dapat terbendung. Tidak mungkin memberikan jaminan 100% untuk keamanan, selalu akan ada celah yang dapat dengan mudah di ekspos oleh penjahat cyber. Penilaian risiko (risk assesment) akan menjadi penting pada saat ini dalam membangun sistem kemananan yang tepat kepada setiap aplikasi..

LAIN LAIN

Web web berskala TI seperti FB dan Google, misalnya kelak bisa saja menjadi layanan cloud yang akan menjadi pesaing TI secara serius dimasa depan. Dan juga layanan cloud dari software yang dikonfigurasikan melalui panggilan API dan masih banyak yang akan terjadi dimasa depan...







Comments