SETELAH WINDOWS 8, GILIRAN MICROSOFT OFFICE YANG "DITENDANG" OLEHPEMERINTAH CINA

china_office_ban
Tanpa ragu Pemerintah Cina melarang memakai sistem operasi windows 8 dinegara tirai bambu tersebut, hal itu terjadi beberapa bulan yang lalu dan kali ini dunia terperanjat: Cina melarang pemakaian sebuah aplikasi yang hampir diterima oleh pemerintah dan orang orang diseluruh dunia: Microsoft Office!! Siapa yang tidak tahu Microsoft Excel, Microsoft Word dan Microsoft Presentation yang sangat dibutuhkan dalam pekerjaan perkantoran tersebut? Saya bilang Wow dengan mulut ternganga terkejut sekaligus kagum: Saya tidak akan pernah bermimpi Indonesia atau bahkan Amerika sekalipun tidak akan mengambil risiko melarang pemakaian sebuah aplikasi yang sudah begitu jauh dan dalam terlibat dalam pekerjaan dan kegiatan dan juga sistem Manajemen, bisnis, politik , entertain hingga merasuk ke sistem manajemen militer dunia seperti Pentagon dan Moskow.

Mungkin Zaman berubah dan Cina mulai mendominasi dunia bahkan sedikit banyak Eropa bergantung pada pengaruh kekuatan ekonomi negara tirai bambu tersebut, Cina dengan dalih sedang melakukan counter attack mengatakan: Aplikasi office legenderis Microsoft ini telah disusupi oleh unsur spionase Amerika dan mungkin juga Inggris. Dimanapun ketika alasan keamanan negara diletakan diatas prioritas negara bahkan bersedia menyatakan "perang" secara fisik terhadap negara manapun. Dan Cina memenuhi semua kapasitas itu: Pertahanan dan anggaran militer yang kuat, ekonomi kelas atas dunia dan politik yang stabil dan espansif.

Bagi microsoft sendiri ini adalah pertama sebuah negara menyatakan melarang dan pengaruhnya akan sangat berdampak cukup signifikan terhadap kepercayaan pelanggan mereka siseluruh dunia. Para kompetitor akan melihat peluang untuk menciptakan aplikasi yang sama dan menawarkannya kepada salah satu pasar paling potensial didunia: Pasarnya negara Tiongkok yang menampung milyaran manusia. Microsoft sendiri telah berjuang dengan susah payah merebut pasar negara itu. Tapi isu tentang penyadapatan melalui software pasca Snowden memang memberi pengaruh yang sangat menyulitkan terhadap perusahaan software berbau Amerika. Ada yang berani mengatakan, era Barat akan berakhir karena krisis kepercayaan ini.

Bagi kita yang hidup di era "Apple dan Samsung Mobile" kita dapat melihat memang Microsoft Office bukan lagi satu satunya aplikasi perkantoran, kita melihat di toko aplikasi bertebaran aplikasi serupa seperti: Google Spreadsheet, Quick Office, Polaris dll yang semakin lengkap dan canggih bahkan kemudahannya nyaris mengalahkan Microsoft Office yang konvensional. Beberapa aplikasi penting lahir dari karya tangan tangan anak anak muda Asia bukan Eropa lagi. Dan pemerintah cina memang mulai membuat sistem operasi sebagai tandingan Windows 8 dan juga mulai membuat aplikasi Office atau perkantoran sendiri yang akan digratiskan, jadi tidak perlu beli seperti Microsoft Office.

Anda tidak perlu berkiblat ke Eropa lagi dalam hal teknologi, mereka mulai goyah oleh dominasi sebuah negara raksasa asia yang bernama: China.



Comments