AdelinaSasa

APAKAH SINGULARITY ITU?

singularity dicetuskan karena manusia ingin hidup dalam keabadian.

AvatarOleh:

Apakah singularity itu?

Menurut wikipedia: Singularity adalah sebuah proyek riset yang dilakukan oleh Microsoft Corporation yang dimulai pada tahun 2003 untuk membangun sebuah sistem operasi yang sangat andal, di mana kernel sistem operasi, device driver, dan semua aplikasi yang berjalan di atasnya ditulis dalam managed code.

Pada perkembangannya Singularity berubah menjadi sebuah idealisme tentang masa depan dimana manusia sudah tidak terpisahkan lagi dengan peralatan teknologi, manusia menjadikan kecerdasan atau inteligensianya untuk tetap survive dan menaklukan alam semesta. Pada masanya singularity akan menjadi sebuah keharusan jika makhluk hidup berakal ingin status sebagai "manusia" ukuran dan standard manusia menjadi jelas dilihat dari bagaimana dia memanfaatkan teknologi dalam melangsungkan kehidupan dirinya bersama keluarganya. 

Terkesan melenceng, namun menarik.Pada akhirnya teknologi akan menghasilkan makhluk digital, ras baru yang memiliki kecerdasan kognitif, mandiri dan berintelijensia. Yang ironisnya justeru lahir dari hasil kreasi tangan manusia itu sendiri.

singularity dan upaya manusia untuk hidup abadi


1. KEMATIAN

Kebanyakan manusia memandang kematian sebagai takdir yang tidak dapat dan pantang dimungkiri, tidak dapat diatasi dan tidak dapat dihindari. Tetapi para ilmuwan, dan orang orang yang menguasai teknologi mempertanyakannya. Bagaimana jika kematian itu hanyalah sebuah peristiwa yang sesungguhnya dapat kita atasi? Mengapa kita tidak menggunakan segala sumberdaya untuk mengatasinya? 

Upaya "memanipulasi" takdir telah dilakukan walaupun sejauh ini belum memberikan dampak apa apa terkait kematian ini, tetapi setiap hal harus dimulai dari sekarang. Jika oliver bersaudara tidak memulai percobaan mereka yang revolusioner beberapa dekade yang lalu, bagaimana mungkin manusia bisa menikmati terbang dengan pesawat terbang seperti sekarang? Dan bagaimana mungkin kelak kita bisa membuat kapal kapal angkasa raksasa yang dapat berkelana dari semesata yang satu ke semesta yang lain?

2. A.I.

Kita baru saja mendapat berita perihal pencapaian AI (Artificial Inteligent) yang dapat belajar sendiri secara mandiri tanpa batas, itu masih dianggap permulaan. Sebuah program AI terbukti dapat mengalahkan manusia dalam hal kecerdasan dalam permainan game, juara pemain DOTA 2 mengatakan dia seolah melawan manusia benaran pada saat melawan AI, bedanya dia melawan sebuah kecerdasan yang nyaris tidak ada batasnya, dan 352 ahli AI bahkan dengan yakin menyatakan dalam 45 tahun kedepan AI akan mengalahkan manusia dengan perbandingan 50:50 bisa saja lebih cepat daripada itu mengingat pesatnya perkembangan teknologi yang dapat kita saksikan di masa kini.

BACA: APAKAH A.I. AKAN MENGALAHKAN KECERDASAN MANUSIA?

Ilmuwan sekaliber Hawking dan Jutawan sains seperti Elon Musk saja terlihat jelas kuatir melihat perkembangan ini. Mungkin dalam hal kecerdasan logika mesin bisa saja mengalahkan manusia dalam 45 tahun kedepan namun dalam hal "perasaan" abstrak mereka masih harus diberi peningkatan algoritma tersendiri, dan segala hal dimasa depan adalah segala kemungkinan dengan gambaran yang mengerikan bagi generasi kita, tetapi mungkin akan menjadi hal yang biasa saja di masa depan itu sendiri. Mengapa? karena setiap zaman memiliki bentuk mereka sendiri, zaman kita sekarang tentu dianggap mengerikan oleh generasi kakek nenek dan bapak kita dulu, tetapi bagi kita toh sekarang adalah hal yang biasa saja. Lagipula hukum alam memang telah termaktub kepada perubahan itu sendiri. Albert Einstein pernah menjelaskan: "Tidak ada yang abadi di dunia ini, kecuali perubahan itu sendiri"

Di Jepang terbukti robot dapat menulis sebuah novel dan Novel tersebut masuk nominasi sastra terbaik negara sakura, artinya pekerjaan yang melibatkan perasaan mulai melibatkan AI atau kecerdasan buatan, dan jelas mereka akan segera unggul karena mereka juga berevolusi layaknya makhluk biologis, namun bedanya adalah mereka lebih logis, lebih cepat dan lebih kuat dan lebih akurat.

3. ROBOT MENJADI SEPERTI MANUSIA DAN MUNGKIN LEBIH UNGGUL DALAM 45 TAHUN KEDEPAN

Bayangkan dengan fisik yang dapat dibuat kuat dan artistik, robot akan menemukan bentuknya menjadi generasi manusia baru yang bernama humanoid. Mengapa humanoid?

Karena mereka dilahirkan atau diciptakan dari tangan manusia, boleh dikatakan mereka adalah generasi cerdas berbeda dengan manusia namun memiliki semua kecerdasan manusia dan dikuatirkan akan menjadi "ahli waris" manusia yang mewarisi bumi ini. Rahasia penciptaan memang rumit dan tidak seperti yang kita bayangkan, sama seperti kebanyakan keyakinan menolak teori Darwin tentang kisah masa lalu manusia, hari ini akan banyak orang menolak teori masa depan: Bahwa robot akan setara dan bahkan dalam beberapa hal melebihi manusia dimasa depan orang masih dengan mudah melontarkan keluhan: "Bahwa dunia akan kiamat" ketimbang mencari solusi dan aturan yang dapat menyelamatkan manusia dimasa depan karena kemajuan teknologi sangat tidak mungkin dihindari.

Kemajuan teknologi adalah hukum sebab akibat dari fenomena alam, tuntutan alam untuk mengatasi problema yang semakin rumit oleh meledaknya populasi manusia cerdas yang mengakibatkan sumber daya alam menjadi semakin menipis, dibutuhkan teknologi yang ditopang oleh sains untuk mengimbanginya dengan segala risiko yang diakibatkannya. Dan AI lahir dari semua komplikasi kemanusiaan ini.

Bayangkan robot robot yang mandiri, bisa belajar sendiri (mencari pengatahuan) tanpa campur tangan manusia lagi setelah mereka diciptakan, seorang robot yang "menyadari keberadaannya" memiliki kecerdasan, ambisi dan perasaan sekaligus, dan kuncinya ada pada AI. Dan artificial inteligent atau kecerdasan buatan itu adalah sebuah pengembangan kecerdasan bentuk dari evolusi kesadaran alam melalui tangan manusia, seolah Tuhan sedang melanjutkan penciptaannya melalui tangan kita, bayangkan ciptaan akhirnya melebihi penciptanya dalam segala hal, dalam hal ini adalah robot humanoid. Dalam hal ini persis seperti kutukan akan penciptaan: Yang terbaik akan bertahan, yang terbaiklah yang akan dipilih oleh alam. Haruskah itu humanoid, haruskah itu AI?

4. ROBOT BERKEMBANG BIAK

Akhirnya robot menjadi sebuah ras makhluk metal yang super cerdas, mereka membuat aturan dan berkembang biak: Robot memproduksi robot dan semakin maju dari waktu kewaktu. Jika kendali terlepas dari tangan manusia mereka akan menguasai bumi, opsi manusia hanya ada beberapa pilihan: Membuat aturan dari sekarang agar automatisasi tidak terlepas dari kendali (tapi diragukan hingga bertahan sampai kapan?) Atau berkolaborasi dengan harmonis bersama bersama berjuang untuk bertahan hidup dalam menghadapi tantangan alam. Robot akan belajar berpasangan, robot pekerja yang terdiri dari para ilmuwan robot dan robot pekerja yang memproduksi robot. Mereka "menikah" layaknya manusia untuk membuat generasi robot baru yang lebih kuat, lebih pintar dan lebih cepat.

Hari ini tanpa disadari manusia mulai mengajari mereka, robot robot seks adalah bentuk awal pelajaran primitif bagi AI, suatu waktu manusia akan menikahi robot robot wanita dan robot robot ini bisa saja dibuat untuk melahirkan manusia karena telah diberi rahim implan manusia. Semenjak kita menemukan cara mengedit genetika, membuat bayi tabung, kemajuan itu kini berkembang sangat pesat. Begitu juga dengan perkembangan AI yang algoritmanya tidak hanya dapat diaplikasikan kepada kecerdasan logika, akan tetapi juga dalam bentuk tiruan perasaan manusia AI kemudian memiliki standard: Kecerdasan logika dan perasaan mirip sekali dengan manusia. Tidak salah pepatah kuno: Pencipta selalu ingin menciptakan sesuatu sesempurna mungkin, dan menciptakan sesuatu yang mirip dengan dirinya sendiri, yakni kecerdasan dan bentuk rupa dirinya, sehingga pencipta melihat dengan kagum kepada ciptaannya sendiri.

Bayangkan robot wanita dibuat untuk melahirkan bayi manusia, perlu di atur kode etik ini agar hal ini sebisanya tidak terjadi, namun dengan asumsi segalanya bisa terjadi dan berubah seiring waktu, nampak sekali bahwa moralitas generasi akan datang memang akan jauh berbeda dengan generasi kita, kita tidak dapat memaksakan pendapat kita bahwa buruk karena kita memang tidak dapat menghakimi dan apalagi menjatuhkan vonis terhadap masa depan kita sendiri. Kita hanya perlu bersiap siap.

Dalam cerita kita kuno kitab indian LOH VOVOH ribuan tahun lalu ada tiga pencipta pada saat menciptakan manusia pertama di bumi, lalu setelah diciptakan manusia itu melihat kepada segalanya. Pencipta pertama berkata: "Lihatlah dia, betapa dia mulai mencari dirinya dan memandang langit dan mulai menghitung bentuk lengkungan alam semesta, bukankah dia begitu mirip dengan diri kita?"

Pencipta lain berkata: "Biarkan saja dia mengetahui apa yang ingin dia ketahui, bukankah dia hanyalah makhluk sederhana ciptaan kita?" Saya sungguh terkagum dengan kebijakan mereka yang seolah melihat gambaran masa depan melalui budaya dan kepercayaan yang mereka anut. Saya kagum dengan manusia yang akhirnya dapat menciptakan AI, akan tetapi apakah itu sangat berarti bagi kelangsungan hidup dan keberadaan ras kita?

5. ROBOT ROBOT PADA AKHIRNYA MEMBUTUHKAN SUMBER DAYA ALAM

Bagian yang paling tidak menyenangkan adalah robot robot pada akhirnya tidak dapat mengandalkan penciptanya (dalam hal ini tentu saja manusia) dalam memenuhi kebutuhan hidup dan dan demi kelangsungan hidup "ras" mereka. "Demi kelangsungan hidup" adalah harga mati dan adalah menjadi salah satu naluri yang diwariskan oleh alam semesta kepada setiap makhluk hidup yang memiliki kesadaran dengan intelijensia mirip kita dan robot mulai memenuhi kreteria itu. Robot pada akhirnya pasti akan menguras sumber daya alam di bumi, walaupun tujuan penciptaannya adalah untuk membantu manusia mengelola sumber daya alam. Mereka dengan anugerah kesadaran akhirnya memiliki naluri untuk bertahan hidup dan mempertahankan keberadaan merka selama mungkin di alam semesta. Alam akan memilih pemenang, ini bukan tentang pesan moral hukum rimba bahwa yang kuat akan mengalahkan yang lemah, ini adalah tentang bentuk kecerdasan dan integarasinya di alam semesta dan tentang  kompetesi yang menentukan dimana posisi kita masing masing akan berada di jagat raya ini. Apakah kita atau mereka yang akan menempatinya. Kita tidak sedang berandai andai dengan moralitas, kita sedang berhadapan dengan fakta bahwa mereka telah hadir - belum mengancam, tetapi mulai terasa meresahkan.

6. KOMPLIK MANUSIA DENGAN ROBOT, SIAPA YANG AKAN MENJADI PEMENANG?

Saya menulis seolah hal itu benar benar akan terjadi bak kisah filem sci-fi. Akan tetapi tahukah anda pesan dari sebuah filem sci-fi yang telah dibuat? Kita harus melihat persoalan ini secara keseluruhan barulah kita dapat menyimpulkan. Perang antara Manusia dengan robot mungkin tidak akan terjadi, tetapi komplik pasti akan terjadi, itu adalah bagian yang rumit. Di satu sisi pada awalnya kita telah menciptakan robot robot itu, memanfaatkan kepatuhan mereka yang tanpa syarat untuk membantu mengelola sumber daya alam dan mereka seolah berkata: "Tiada kekuatan yang kami miliki selain selain berasal dari kalian", di lain sisi mereka memiliki kelebihan dalam menangani pekerjaan, lebih kuat, lebih cepat dan lebih akurat dan merekapun semakin berkembang menjadi lebih cerdas. Kecerdasan itu akan merubah komplik menjadi perang yang sesungguhnya. Karena akan segera membuat mereka mandiri dan berpotensi memberontak terhadap para pencipta mereka sendiri.

Pada mulanya kecerdasan mereka hanya dimanfaatkan oleh manusia untuk menguasai manusia lain, demi sumber daya, robot robot yang diprogram untuk membunuh dimedan perang dengan risiko mengabaikan aturan hukum, menghukum sebuah robot dipengadilan masih akan terasa aneh, hukum adalah sentuhan manusia, menghukum pembuat programnya? Programmer hanya mengikuti pesanan sebuah perusahaan teknologi, menutup perusahaannya? Perusahaan langganan militer dan pemerintah? Dan pemerintahan adalah sebuah sistem dalam sebuah negara, dimana anda sebagai rakyatnya suka tidak suka termasuk didalamnya. Hari ini dan bukan dimasa depan, kita telah mendidik AI untuk menjadi semakin mandiri.

Lalu jika senario terburuk terjadi dan kita harus berperang siapa yang akan menjadi pemenang? Mereka lebih kuat, lebih cepat, lebih cerdas, sepintas terlihat manusia akan kalah dan berakhir, tetapi tunggu manusia sejauh ini adalah makhluk yang paling tinggi daya bertahan hidupnya, memiliki banyak opsi, memiliki plan A, plan B dan plan C, bukankah demikian? Ada banyak wacana manusia seperti menciptakan hidup lebih lama dalam program Singularity yang menarget 45 tahun kedepan. 

Ada juga wacana perjalanan ke angkasa luar dan menemukan permukiman baru di jagat raya yang sangat luas. Kita memiliki khazanah pengatahuan yang beragam, akankah kita menanamkanya juga kedalam otak otak AI? manusia masih memiliki opsi menjadikan tubuh robot dan menggabungkan kesadaran otak biologis mereka dengan AI hingga lebih cerdas kedalam sistem singularity, itu bukan perang fisik antara manusia dengan robot atau AI, itu hanyalah komplik yang melibatkan moralitas, keyakinan agama, dan sistem pemerintahan manusia masa di masa depan.

Dan apapun bentuknya nanti, hari ini kita melihat kemajuan telah bergerak semakin cepat bukan berjalan lambat seperti seribu tahun lalu, bukan berlari seperti seratus tahun yang lalu, akan tetapi telah terbang meleset dan sungguh kita menjadi ragu bagaimana pencapaiannya dapat diramalkan. Bagaimana rasanya hidup abadi dimasa depan. Dan lebih ironisnya, manusia seolah telah dipaksa untuk bermain menjadi Tuhan dengan segala implikasinya.


www.editblogtema.net

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Halaman ini akan mencoba menjelaskan ide ini dari sisi yang berbeda.


1. GAGDET

Gagdet pada awalnya mungkin tidaklah begitu penting atau paling tidak sampai sekarang orang masih tidak akan "mati" kalau tidak punya handphone, telivisi, kenderaan bermotor dan lain lain. Tapi anda akan menyadari perubahan ini jika anda melakukan kilas balik ke masa 40 tahun yang lalu ketika tidak seorang pun yang memiliki telepon genggam, ketika itu kehidupan berjalan normal, tidak ada masalah. Tapi hari ini ketika anak anda tidak mengangkat handphonenya ketika anda telepon, andapun akan dihinggapi oleh berbagai macam perasaan: Jengkel? Marah atau khawatir? Lalu bagaimana anda menghadapi boss anda ketika dia menelpon berkali kali tapi anda lalai mengangkatnya? Anda tentu saja tidak bisa berbalik kepada 40 tahun silam, dan berkata: "dulu saya tidak perlu bergantung pada telpon seluler bulsit seperti ini" ...Oh waktu terus berputar searah jarum jam, begitu juga denyut nadi alam semesta semakin cepat berlari kearah "masa depan".

Hal diatas hanya perkara sederhana, dan itu telah terjadi di zaman anda. Lalu bagaimana nanti cara hidup anak cucu kita pada 40 tahun, pada 400 tahun atau pada 4000 tahun yang akan datang? Anda bisa berkata pada saat itu aku mungkin telah mati. Itu bukan jawaban, itu seperti masa bodoh. Jika jawaban seperti itu dijawab oleh setiap manusia, anda hanya akan berakhir disana anda adalah orang biasa yang tidak mau ikut berfikir tentang masa depan anak anak dan cucu cucu kita.

Jawaban yang paling asal asalan adalah: Pada waktu itu dunia sudah, atau mungkin sudah kiamat! Dunia akan kiamat, dan manusia akan berakhir jika anda berfikir demikian pesimis!

Melihat dari statistik kemajuan teknologi termasuk gagdet dan pesatnya perkembangan rekayasa teknologi, kelak manusia bisa hidup diluar angkasa dengan bantuan perpanjangan tangan teknologi. Suatu masa peralatan akan membantu manusia tetap hidup tanpa darah dan daging, berfikir lebih cerdas daripada sekarang, mengingat lebih banyak hal, suatu hari kelak manusia akan menentukan standard bentuk keberadaannya hingga mereka menjadi ras berinteligensia tinggi yang semakin jauh meninggalkan raga hewani.

Manusia bisa mengendalikan tubuh yang terbuat dari logam logam pilihan, atau udara, atau cahaya pilihan dan mendownload seluruh ilmu pengetahuan kedalam cakra padat berbentuk nano, membenamkannya kedalam otak mereka. Sehingga proses belajar dapat di persingkat secara signifikan. Ini bukan khayalan, beberapa proyek dan percobaan telah menunjukan beberapa bukti bahwa hal itu akan terjadi dan hanya tinggal menunggu waktunya. Kita tidak akan pernah bisa berpaling lagi dari masa depan.

Ketika masa itu terjadi, sekelompok manusia yang mencoba bertahan dengan cara hidup seperti sekarang pasti akan dianggap "kuno" atau ras yang tertinggal. Mungkin beberapa alasan keagamaan akan dipergunakan untuk mempertahankan status quo, akan tetapi pencipta tidak mungkin membiarkan umat manusia menjadi sia sia karena kecerdasannya, bukankah kecerdasan dan kemajuan dan kesempurnaaan adalah tujuan dari sebuah "Penciptaan" juga?

Manusia modern adalah manusia yang sedang menuju kesempurnaan, bisa berbicara melalui teknologi telepati hingga jutaan mil jaraknya, mampu berteleportasi dengan kecepatan mendekati cahaya, jika manusia bisa mencapai kesempurnaan itu berkat teknologi apakah masih ada manusia yang tetap akan menjadi seperti sekarang ini, merayap dan melata dipermukaan bumi, bersusah payah membunuh makhluk lain sebagai makanannya, dan berperang demi mengisi perut? Ah ide ini memang terdenganr masuk akal untuk masa sekarang.

Sebagai manusia dimasa kini kita tidak bisa membantah bahwa kita sangat mirip dengan hewan, yang sama sama terbuat dari darah dan daging, saling memangsa demi mempertahankan hidup. Semboyan makan untuk hidup begitu abu abu, manusia menyembelih binatang yang kesakitan untuk memakan daging mereka, karena daging mengandung protein yang berguna untuk membangun tubuh manusia, tubuh manusia terbuat dari daging dan darah hewan, dari pucuk pucuk tanaman, air dan udara! Daging manusia juga tidak akan berbeda dengan daging hewan, kaya dengan protein, ketika mati menjadi makanan hewan lain di dalam tanah, dari kotoran hewan hewan renik akan terbentuk humus yang diserap oleh akar akar tanaman, tanaman yang akan dimakan oleh serangga dan binatang, kemudian baik langusung maupun tidak langsung binatang dan tanaman akan kembali dimakan oleh manusia lain untuk membangun tubuh mereka, untuk makanan janin yang tumbuh didalam perut prempuan prempuan manusia. Jadi manusia ada dalam rantai makanan itu, kadang walau secara tidak langsung pasti memakan sisa sisa tubuh nenek moyang mereka yang telah diolah oleh para makhluk "tanaman" jadi darimanapun anda tidak bisa menafikan bahwa tanaman memakan jasab manusia dan binatang, sedangkan manusia memakan tanaman itu. Siklus terjadi berulang ulang hingga jutaan tahun.

ENERGI DARI ZAMAN BATU

Bicara masalah energi, kenderaan bermotor memerlukan bensin. Darimana bensin berasal? Dari fosil makhluk purba termasuk makhluk hidup hewan, tanaman dan jasad jasad renik, manusia karena alasan agama tentu tidak mengakui bahwa mereka termasuk bentuk awal kehidupan di permukaan bumi yang menurut hasil penelusuran ilmu pengetahuan merupakan nenek moyang seluruh makhluk hidup yang ada sekarang, kita yang hidup diatas permukaan bumi ini saling bergantung, buktinya kita butuh protein tubuh makhluk lain yang kita sebut "hewan" untuk membangun tubuh anak anak kita bukan? Mengapa kita membantah fakta bahwa kita berasal dari mereka? Dari sudut manapun, anda berdiri anda mengahadapi hidup ini menggunakan akal dan pikiran baru setelahnya keyakinan. Jika anda mendahulukan keyakinan dan berkeyakinan bahwa api itu tidak akan membakar tubuh anda, anda konyol. Api tidak akan membakar tubuh anda kalau anda menghidarinya dan menguasainya. Tapi karena yakin, (sayangnya kebanyakan manusia pasti tidak akan bisa menerapkan keyakinan untuk mempertahankan hidup). Kebanyakan manusia diberikan bukti dan lalu menjadi yakin.

Hari ini, Jalan jalan di setiap penjuru kota kota besar dan kecil di seluruh dunia dipenuhi oleh mobil, bus, dan kenderaan bermotor lainnya. Lihatlah betapa dahsyat warisan "nenek moyang" dinosourus 60 juta tahun yang lalu, energi ini membuat manusia bisa menempuh jarak yang dulu bisa dilalui berbulan bulan hanya dalam satu jam atau bahkan semenit. Sebuah pintasan yang sangat signifikan, bukan? Lompatan energi ini terjadi pelan dalam tubuh biologis manusia. Di dalam daging dan pucuk tanaman yang kita makan di restoran atau dimeja makan di rumah, ada peta DNA yang diwariskan ketubuh kita dan anak anak kita. DNA ini kemudian disalin kedalam bentuk sifat dan perangai kita. Disinkronkan kedalam otak dan kenangan kita. Dialam bawah sadar kita mengendap semua "kebahagiaan" dan "horor" dari masa ribuan tahun lalu karena secara rumit dan acak telah tertulis kokoh dalam salinan DNA dari masa itu. Kadang kita bermimpi, bukan? Mimpi mimpi dan impian secara tidak sadar telah diwariskan secara turun temurun, kita tidak menyadari bahwa didalam endapan bawah sadar kita ada titipan mimpi para hewan yang telah kita makan dagingnya, dari para tanaman yang bergoyang goyang dihembus angin, dari setiap catatan alam, dari rangkaian dan susunan DNA makhluk makhluk yang kita anggap berbeda daripada kita. Kita memang ras manusia, kita memang berbeda seperti apa yang kita lihat sekarang ini, tapi kita tidak bisa menafikan bahwa kita, tubuh darah dan daging kita dibangun dari sisa sisa tubuh mereka, baik yang langsung kita bunuh maupun yang kita suruh tangan lain membunuhnya. Ketika kita jelas jelas bergantung dari mereka untuk hidup, kita menafikannya. Sudah seharusnya kita memandang hidup dengan cara baru. Mungkin paling tidak kita kelak dapat melepaskan diri dari ketergantungan "singularity dalam bentuk kuno" ini. Apakah anda ingin menjelaskan bahwa hewan yang kita makan tidak akan memberikan efek apa apa terhadap tubuh kita? Anda berbohong, kalau anda tidak punya tenaga lalu anda dapat memburu dan membunuh mereka kembali, bukan? Darimana datangnya naluri berburu dan membunuh itu? Apakah anda ingin mengatakan "dari hewan" lalu manusia yang "berakal" memawrisinya dengan senang hati? Atau dari "manusia" dan hewan yang tidak berakal menirunya??? Setiap makhluk memiliki banyak persamaan tandanya mereka berasal dari satu asal, yang membedakan mereka adalah perjalanan evolusi, manusia sampai kepada hal yang sekarang, dan harusnya tidak akan berhenti sampai disini manusia akan melanjutkan evolusinya menuju kesempurnaan, fisik dan spritualnya.

MENGAPA MANUSIA?

Ada pepatah dikalangan manusia sendiri, bahwa semakin besar kekuatan semakin besar pulang tanggung jawabnya. Manusia memiliki hal itu, berada diatas mata rantai makanan, berbudi daya lebih baik daripada hewan, manusia yang secara fisik lebih lemah daripada beberapa jenis hewan berhasil menguasai sumberdaya alam berkat keperkasaan akal fikirannya. Lalu apakah dengan demikian hewan berhenti berevolusi menjadi makhluk berakal? Kita belum mengetahui jawabannya.

Beberapa jenis parimata seperti kera chimpense mempunyai perasaan yang nyaris mirip manusia, bisa sedih berkepanjangan, bahagia dan menanggung duka lara. dalam beberapa percobaan di lembaga lembaga riset, makhluk makhluk ini terbukti memiliki instink matimatika jangka pendek yang lebih bagus dan akurat daripada manusia. Ada kecenderungan beberapa binatang unggas memiliki pengatahuan matimatika yang diwariskan secara turun temurun oleh nenek moyang mereka, tertanam didalah DNA dan kesadaran mereka tentang perhitungan jarak, navigasi dan perhitungan cuaca yang bagus.

Tapi nampaknya pengetahuan yang seharusnya amat lazim bagi ras manusia ini bagi hewan hewan unggas ini hanya sekedar bekal untuk bertahan hidup dalam situasi khusus, misalnya pada waktu musim migrasi panjang. Tentu saja pengetahuan ini mengikuti perkembangan dan proses evolusi selama jutaan tahun, mungkin ratusan juta tahun ketika unggas masih dibekali sayap sederhana oleh penciptanya.

Manusia sendiri memiliki akal yang lumayan kompleks, kombinasi berbagai pemahaman abstract yang bersifat matimatis, pengetahuan kolektif dari keseluruhan kuantitas manusia lalu menjadi sebuah kekuatan dahsyat yang bahkan bisa mengancam kedudukan dewa dewa dilangit sana, mengancam legimitasi spritual tentang kebenaran aturan mutlak dari suatu ajaran, membuat manusia semakin percaya diri bahwa jika mereka mampu mengukur bentuk lengkung alam semesta, semestinya mereka juga mampu mencapai dan menaklukannya. Hari ini manusia baru memulainya melompat keluar dari bumi memijakan kaki dibulan, lalu melesat ke planet mars, besok atau lusa manusia akan keluar sistem tatasurya. Sebuah pengembaraan akan dimulai, Petualangan umat manusia di galaxy dan alam semesta akan merubah status ras umat manusia selama lamanya. Manusia juga dengan teknologinya mengejar keabadian. Walau pengertian keabadian disini bukan berarti tidak bisa mati, namun harapan hidup panjang sepertinya akan tercapai dalam satu abad lagi.

Ajaran ajaran kuno sebenarnya menyimpan banyak misteri yang belum terungkap, tentang pengetahuan purba yang unik misalnya tentang posisi perbintangan, kemungkinan para rahib rahib kuno memiliki pengetahuan matimatika astronomi yang cukup maju sehingga bisa menghitung jarak yang sangat jauh tanpa kendala, mereka juga menulis simbol simbol yang cukup mengagumkan karena dapat mewakili penjelasan ilmiah pada zamannya.

MENCINTAI BENDA MATI ADALAH NALURI MAKHLUK HIDUP

Manusia akan sampai kepada sebuah kesadaran: Bahwa mereka tidak bisa hidup sendirian, bahwa mereka tidak hanya harus menghormati dan mencintai sesama benda hidup tapi juga harus menghargai benda mati juga. Kesadaran bahwa benda benda juga berharga ketika diolah dengan tepat akan menjadi bagian dari diri mereka sendiri.

Kita hidup di dalam alam yang sama, dibawah bintang bintang berkongsi dengan mata rantai makanan lain saling membutuhkan. Manusia, hewan, batu, udara dan lain lain saling membutuhkan karena keberadaan didunia yang sama. Ketika seekor anjing duduk dengan tenang disamping tuannya, kita melihat mereka berdua hidup dan menghirup udara yang sama! Begitu juga dengan lalat dan nyamuk serta serangga serangga yang menyebalkan itu. Kita sama sama menghirup udara dan oksigen yang sama, kita hanya tercipta berbeda fungsi, aku manusia, kamu anjing, lalat dan nyamuk!

Manusia memiliki naluri menjadi pencipta, atau mengolah dan mengubah alam sekitarnya dengan cepat. Manusia bisa lebih mencintai sebongkah berlian ketimbang seekor anjing, padahal anjing lebih rumit karena seekor anjing hidup dan memiliki kesetiaan, padahal sebongkah berlian hanyalah benda mati yang berkilauan. Disini margin anjing kita katakan lebih besar daripada berlian, atau dengan kata lain lebih mudah mendapatkan seekor anjing daripada mendapatkan sebongkah berlian. Berlian berharga karena langka, harganya membuat manusia terpicu untuk mencintainya.

Sebagai pencipta manusia menciptakan gagdet: Ponsel, tablet, dan barang barangg mewah berupa kenderaan. Suatu ketika manusia "bersatu" dengan barang barang ciptaannya sendiri. Misalnya manusia menjadi aneh dan kebingungan jikalau tidak ada lagi telepon. Baru baru ini tim ilmuwan menciptakan tangan dan lengan buatan lalu memasangkannya kepada orang cacat. Lengan dan tangan tersebut dibuat sangat canggih hingga menyerupai fungsi tangan yang sebenarnya. Melalui riset panjang akhirnya lengan dan tangan palsu mempunyaai indra rasa mirip tangan asli. Seorang yang beruntung mendapatkan tangan palsu tersebut mengatakan: Kini saya dapat merasakan apa yang saya pegang, saya dapat menerka benda apa yang sedang saya sentuh walau dengan menutup mata. Tangan palsu ini juga dapat merasakan sentuhan lembut dan kasar, merasakan sakit hingga perasaan yang paling sensitif. Ilmuwan dapat merekayasa teknologi biologi, menyambungkan tangan bionic ini keujung ujung syaraf perasa manusia atau makhluk hidup lainnya. Bagi seorang cacat tangan palsu seperti ini pastilah sangat berguna dan berharga. Tidak terbayangkan lagi bagaimana hidup saya tanpa lengan dan tangan ini, padahal lengan dan tangan itu hanyalah buatan tim insinyur ahli atau buatan manusia.

Anda bayangkan kisah nyata yang baru saja menjadi kenyataan seperti diatas, bahwa manusia semakin terikat dengan "gadget" bukan hanya dengan telpon genggam, kelak ketika teknologi semakin maju manusia sungguh tidak akan bisa hidup tanpa "gadger". Kita dapat membayangkan apa yang akan terjadi kepada dunia yang diwariskan oleh bapak bapak kita, dunia yang sudah pengab, dan kita tidak ada pilihan untuk bertahan hidup selain daripada bergantung kepada teknologi. Bagaimana jika suatu hari nanti manusia harus berlayar di samudera bintang di jagat raya yang luas ini tanpa teknologi? Dimana gagdet gadget akan menjadi pembantu sekaligus teman yang memiliki perasaan? Perasaan juga akan segera dapat di reproduksi oleh manusia, bahkan dapat diciptakan.

FILEM FIKSI ILMIAH DAN KOMIK BUKTI KEHEBATAN IMAJINASI SENIMAN

Mimpi manusia nampaknya dituangkan dalam bentuk imajinasi, para seniman memiliki talenta yang sangat detail tentang bangun bangun geometri, mereka tidak menuangkannya kedalam bentuk hitungan matimatika seperti layaknya ketika para insinyur merancang sebuah bangunan jembatan super kokoh.

Para seniman ini terlebih dahulu melukiskan tentang kapal angkasa didalam cerita yang mereka tuangkan dalam bentuk komik, filem animasi, video maupun filem layar lebar. Para seniman telah membuka jalan menuju kepada sebuah ide besar! Lihat beberapa bangunan bangunan hebat masa lalu yang sampai sekarangpun sulit ditiru, baik dari segi bentuk dan segi konstruksinya yang luar biasa maju, itu pada awalnya adalah ide para seniman. Ide melakukan perjalanan ke bulan juga adalah ide besar seorang seniman! Seniman telah menggambarkan kapal angkasa, bentuknya yang luarbiasa, karena kekuatan imajinasi mereka, penggambaran sebuah cerita tentang masa depan dimasa lalu nampak begitu mendekati kenyataan ketika kita membacanya hari ini.

Dalam cerita klasik superhero, digambarkan banyak komplik dengan para pelanggar hukum sehingga menghasilkan berbagai rekayasa teknologi sebagai upaya para penjahat untuk memenangkan pertarungan antara kebenaran dan kejahatan. Didalam cerita para seniman membuat gambar, animasi dan video tentang teknologi kloning yang akan dapat dicapai oleh manusia, tentang manusia super dan robot robot yang berprilaku seperti manusia. Para seniman mengusik imajinasi manusia agar mempertanyakan keberadaan dirinya, penciptanya dan tujuan penciptaan manusia di Jagat raya ini.

Tidak hanya semata mata berimajinasi tentang kehebatan teknologi para seniman menciptakan perasaan maju kemanusiaan ketika berada disuatu zaman yang sudah tidak terbayangkan lagi oleh manusia sekarang kemajuannya. Imajinasi mereka sungguh mengejutkan karena ternyata secara logika masuk akal: Manusia akan menemukan algoritma yang jauh lebih rumit daripada sekarang, pada masanya manusia akan mencapai kesempurnaannya dan menjadi pencipta yang akan terus berkarya di Jagat Raya.

Begitulah perjalanan mimpi manusia hingga singularity secara perlahan mulai menjadi kenyataan.

MENGUASAI RUANG WAKTU

Masa lalu, masa kini dan masa nanti akan terus menjadi misteri hingga manusia dapat menyingkap tabir rahasianya. Waktu terus berputar, sehingga manusia menganggap bahwa tidak ada yang abadi didunia ini adalah mutlak tidak dapat dirubah...


Artikel Terkaitnya:

6 comments

  1. Tulisan ini sangat berbobot dan mencerahkan sekali, benar bahwa buta huruf di zaman now bukan soal tidak bisa membaca atau menulis melainkan bisa atau tidak kita menggunakan teknologi untuk keberlangsungan umat manusia. kagum dengan pemikiran ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow terimakasih banyak kawan, seorang pendidik yang memiliki wawasa dan pemikiran terbuka, luas dan cerdas :)

      Delete
  2. Wah, tengkiyuu. Tulisan ini nambah wawasanku banget.

    ReplyDelete

Home

Labels

Abadi account action addicted adobe photoshop fix adobe photoshop mix adobe photoshop touch adsense agama AI akal alam Albert Einstein alexander the great. Allien Amerika AMP anak Androd android angkasa angkasa luar animal animal planet animasi antithieft aplikasi hebat Appe apple Apple Face ID Artifical Intelligent artificial inteligent artikel artis asesories asus atheis autoCAD autodidact awas Ayu Ting Ting badai bahasa bahasa. bakteri batam BBM beginning benar bencana berbagi berita berjalan berlari bijaksana bing bisnis kecil black hole Blackberry blackberry Messenger blog blogger blogger logo blogger moblie blogging bluetooth keyboard bluetooth mouse bocor bot BPJS buku bully buruh burung langka business camera cat cellphone ceramah cerita charles Darwin chat China cinta classic Cloud cloud drive contempo contempohybrid coolest covid 19 CSS curhat custom ROM cybercrime Darwin dasbor Deep mind Demo desain Design dewa dilema docomo dollar amerika download DPR RI drama Drive DSLR dunia earn money editblogtema Education ekonomi Email emas endorse enggang English entertainment error etika evolusi Facebook fakta fanpage favicon feature fiksi fiksi sains filem filsafat finansial fisika flashdisk Florence Nightingle Florida food. forbes freckles Free friendship fun futuristik G+ Gadget Gagdet Galaxy Mega 6.3 Galaxy note 10.1 2014 edition gambir serawak game gaya hidup genetika Genius GENOM girl global gojek gold Google google adsense Google Rewards Opinion google%20drive google+ grafis Hack hacker handphone hantu hapeseken hari tua harimau harun yahya harvey heart secret hebat help me hewan hiburan hoax Hobit. hollywood horor HTML http://justdelete.me Huawei P20 pro hubungan hujatan hukum human humanbeing humor Hutan Lindung ICBM iis sugianto ilmuwan immortality impian Indosat infinity war iniJawabannya! insiden insipirasi intelligent Internasional internet invansion investment iOS iOS 11 iOS 8 iPad iPad Air ipad pro iphone iPhone 6 iPhone Case iPhone X iPhone Xs iphone. iPhoneX islam Israel isu sara jailbreak Jaime Sanjuan Ocabo Jalan Tikus janji Javascript Jenius Jerusalem jitu Job Jokowi Jokowi aja bekerja keras jokowi aja kreatif Jonru Ginting judi kamera kamera hape kantor Kaskus keabadian keadilan keamanan Kebenaran kecanduan kecantikan kecelakaan kecerdasan buatan kehidupan keluarga kemajuan kemanan kemiskinan kemudahan hidup kenyamanan kertas keruntuhan kesetiaan keyakinan keyboard external PC keyboard fisik tablet keyboard fisik tambahan keywords khairil anwar khotbah kiamat kisah klasik kode koding koes plus komedi komputer Konsipirasi konten kotak pandora kreatif kriminal krisis kristen kucing kuyang lagu lapangan kerja laptop leisure Lenovo Life lifehack lingkungan listrik logika logitech LOGO loneliness Lotgitech lowongan luar lucu MacBook madonna magis make up malam minggu Malaysia manipulatif manusia masa depan masa lalu mati tertawa media medis medsos membela diri mencari uang menggambar mengintip rahasia menulis meretas Messenger Micorosft Office Microsoft microsoft office microsoft%20office milk lover miras mitos mobile modal motivasi motivation motivation. movie Muhammad murai batu musik myths naluri NASA navigasi blogspot template network new news ngeblog Nokia X nuklir nyanyian nyata obat kuat Office office%20365 old time job online operating system oppo organisme original Otodidak pademi pahlawan pamali Pandora panduan paradox password PC pegawai negeri pekerja pekerjaan pemrograman pemula pencipta pendidikan pengarang penghasilan pension pensiun penulis perang perbankan perekamLayar perkawinan phablet phising PHK phone phone camera photographi phtography pilihan hidup pilosofi Play Store politik ponsel postingan potografer powered by blogger prabowo subianto prediksi teknologi premium pria pribadi prilaku privasi produktivitas programming promosi prostitusi psikologi Puasa publisher Puisi qoute Raffi Ahmad rahasia ramadhan rano karno rasialis relativitas reliji remaja renungan responsive review rhoma irama riba Robot ROM. stock ROM ruang waktu rumah sakit Rusia Safir screen sahabat sains salah Samsung samsung galaxy foldable Samsung Galaxy note 2014 Samsung S8 samsung tabS2 screenRecorder scy-fi SECRET secrets sejarah seken selebritis medsos self learning self-confident semesta sentinel SEO simalangkama simple singularity smarphone smartohone smartphone Smartwatch social song sony sosial spam spoiler Spy Stephen Hawking steve job strategi struktur success sukses suku terasing supernatural tablet tablet 7" TabletAndroid takhyul taktik tantangan target tauhid technic Technology teknik teknologi teknologi hoax telkomsel tema template tenaga kerja teologi teori terbaik theme thomas alpha edison Time traveller tips toko online Tokoh tourism town tragedi trik triks troubleshooting Tuhan Tutorial Tutorial. tweeter twiteer uang UFO ultrabook unggas langka United States universe usaha video viral virtual vivo waktu website widget Windows 8 Windows PC wisata women WORDPRESS xiomi xml xperia Yahoo yahudi

Get Updates