Skip to main content

RUMAH HOBBIT DI BATAM

Mungkin Anda pernah mendengar lokasi wisata Tebing langit Sekupang Batam? Benar disana terdapat objek wisata dengan tema Rumah hobit. Lokasinya mudah ditemukan dengan cara naik kenderaan umum atau transportasi online yang sekarang mudah di dapatkan di mana mana. Saya tidak akan membahas hal ini lagi.


Akan tetapi Kalau Anda pergi ke Batam dan kebetulan ada niat pergi ke Telaga Punggur maka Anda akan melewati jalan Hasanuddin dari bundaran simpang empatnya menuju ke Telaga Punggur, melewati jalan berlajur dua, di sebelah kanan dan kiri Anda ada hutan lindung dan hutan milik kawasan Air Port Hang Nadim B. besar...dan juga sebelah kanan adalah hutan lindung milik daerah.

Kalau Anda perhatikan hutan yang sudah berpagar itu ternyata banyak "pintu pintu" liar sebagai akses iligel masuk kedalam kawasan hutan tersebut, mengapa saya berani bilang iligel? Karena kawasan hutan tersebut telah di kelilingi pagar berkawat dan kini pagar itu di "rusak" oleh pintu pintu tersebut, ayo siapa yang memberikan ijin? Bukan urusan saya memang, tapi urusan kita semua! Nah ketika saya mencoba mengintip dan menyelinap masuk melalui pintu tersebut ternyata disalam hutan ada gubuk gubuk atau rumah rumah seadanya telah dibangun.
Perhatikan gambar dibawah ini:
Rumah hobbit
Gambar Gerbang pintu menuju rumah Hobit di hutan lindung kota Batam 
Legenda hobit sendiri adalah legenda tentang makhluk cebol yang hidup dalam dunia berbeda dengan kita manusia normal dan oleh kebanyakan manusia modern dianggap tidak pernah ada alias hanya dongeng. Namun menjadi manusia hobit di zaman sekarang adalah sebuah pilihan dan ironi. Orang orang dengan tidak punya pilihan untuk hidup dan dimana tinggal.

Kalau kita lihat rumah hobit yang asli menurut legenda juga hampir sama, tersembunyi oleh tanaman hutan dan rumput atau di bangun di bawah tanah. Bahkan konsep rumah hobit benar benar ada di Selandia Baru seperti pada gambar di bawah ini:
Rumah hobbit
Rumah Hobit di Selandia Baru 
Tidak ada salahnya menempati rumah Hobit asalkan itu legal, yang menjadi masalah adalah jika rumah rumah liar telah di tertibkan dan rumah rumah hobit menjadi "trend" baru akan lebih merugikan pemerintah dari segi penataan lingkungan, terutama terhadap perlindungan lahan hutan lindung sebagai cagar alam asli.

Kita telah menyaksikan, kerusakan hutan, sampai ke hutan hutan tepi pantai dengan tanaman bakau akibat exploitasi lahan industri, mungkin tidak begitu menjadi masalah dari segi hukum karena tujuannya adalah memajukan perekonomian daerah termasuk menyediakan lapangan kerja. Rumah hobit bisa menjadi hal yang kurang menarik perhatian dibanding kasus rumah liar yang nyata nyata kasat mata merusak pemandangan lingkungan tata kota. Rumah hobit tersembunyi dan pemerintah daerah bisa saja tidak terganggu karena kurangnya di publikasikan ke media massa.

Namun jangan lupa apabila rumah hobit kelak menjadi "trend" kita tidak belum dapat memprediksi sebarapa jauh kerusakan yang akan ditimbulkannya. Saya telah mengingatkan hal ini melalui blog ini atau melalui apapun yang saya bisa.

Sent from Windows 8.1 tablet by Sufyan Yaan

Comments

Populer

TAHUKAH KAMU BEDANYA iPhone BEKAS JEPANG DENGAN SINGAPORE?

iPhone 5C digemari karena bodynya yang berwarna warni Pernah dengar Rumor iPhone rakitan Jepang dan Singapore? Terutama anda yang domisili di batam yang masih sebagai "sorganya" elektronik, kali ini khusus seken. Dari hasil pantauan saya dilapangan peminat ponsel pintar bekas semakin meningkat terutama iPhone. Well, anda datang ketempat yang benar: BATAM. Harga sebuah iPhone 5, 5c seken sekarang hanya berkisar 900 - satu jutaan disini. Kualitas tentu saja dijamin oleh toko penjual. Mengapa batam? Karena Batam begitu dekat dengan singapore, hanya berjarak 45 menit (aktualnya hanya 25 menit, namun karena ada peraturan kecepatan di laut perbatasan dalam kecepatan tertentu maka dipatoklah 45 menit) perjalanan santai naik ferry laut, banyak celah dan peluang bisnis, salah satunya adalah bisnis ponsel bekas ini. Jangan anda remehkan ya, omsetnya bisa mencapai ratusan juta rupiah perbulan.  Kembali kepada topik: Perbedaan iPhone seken asal Jepang dan singapore. Secara fis

KEHEBATAN TEMPLATE CONTEMPO BLOGGER SETELAH DIBERI SENTUHAN MODIFIKASI

Adalah empat template terbaru blogger yang sangat mudah dimodifikasi dengan cara kombinasi melalui opsi blog desainer maupun edit HTML melalui dasbor blogger. ke empat tema tersebut adalah: CONTEMPO, SOHO, EMPORIO dan NOTABLE (atau Terkemuka). Ke empatnya tidak memerlukan opsi setting mobile sudah cocok buat tampilan PC desktop dan hape/seluler sekaligus. Artinya ya responsive dan mobile friendly. Kali ini saya pilih contoh hasil pengeditan contempo, anggaplah sebagai update dari tema bawaan, lalu apa yang baru? Menambahkan tombol "back to top" yang terlihat dengan tulisan "Keatas" sebagai scroll otomatis halaman pada saat di scroll ke bawah pada saat mau mengembalikannya ke atas. Menambahkan Related post di tengah postingan dengan efek font awsome. Menambahkan elemen font awsome, agar fa fa awsome dapat bekerja pada blog ( walaupun tidak semua browser dapat menampilkan font awsome, namun pada umumnya browser-browser besar dan kuat memiliki kemampuan ini) Me

AWAS GAMBIR SERAWAK BISA BERBAHAYA

Gambir ini populer di tempat aku bekerja karena kebetulan ada pekerja asal malaysia, sering kali bawa oleh oleh "Gambir Serawak". Mulanya saya kurang jelas jenis gambir apa setelah sekian tahun hanya mendengar tentang gambir tersebut barulah saya melihat langsung bentuknya kecil kecil pipih dan di masukan kedalam kemasan plastik obat sebesar telapak tangan. Kebetulan ditempat kerja kisah gambir serawak nyaris melegenda, bukan karena bentuknya yang luarbiasa tapi karena orang orang percaya khasiatnya dapat menambah kejantanan kaum lelaki. Aku bukanlah orang yang mudah mempercayai segala hal tanpa melalui logika, jadi aku mulai mencari cari referensi medis dan tulisan tulisan di internet. Tulisan di internet juga kurang lebih sama: Menyokong bahwa Gambir Serawak itu mampu membuat "TOPCER" kaum adam. Setelah menelusuri asal muasal tanaman yang menghasilkan gambir serawak akhirnya aku menemukan titik terang: gambir serawak atau bahasa ilmiahnya disebut 'uncaria g
'Copyright© @ create by Adelina Sofyan