AdelinaSasa

Privacy Perihal kami Coba Template kami
×
Skip to main content

MANFAATKAN TABLETMU UNTUK NGEBLOG DAN BEKERJA!

Judul diatas terkesan maksa? gak juga. Contohnya AdelinaSasa ini ditulis sepenuhnya menggunakan Galaxy Note 10.1 Android 4.1.2. Dari meng"create" pertama kali, memilih dan mengganti templat, memasang  adsense dan menulis script java semua dapat dilakukan dengan tablet Android. Saya memasang dua browser Firefox dan Google Chrome dengan mengunduhnya dari Play Store, dan saya menulis blog ini melalui kedua browser bergantian, tergantung kebutuhan. Mengapa harus lewat browser, bukankah di Play store juga tersedia aplikasi instan Blogger dan Wordpress?

Ilustrasi bekerja menggunakan tablet yang dilengkapi dengan keyboard tambahan
Aplikasi yang tersedia di Play Store tersebut memang bagus kalau kita hanya membuat sebuah tulisan di halaman blog, akan tetapi aplikasi tersebut tidak support pengaturan tata letak gambar dan "caption" seperti layaknya kalau kita bekerja di browser. Aplikasi tersebut juga tidak support apabila kita ingin meletakan atau mengganti templat, tidak menampilkan tataletak halaman, tidak bisa dengan mudah menyisipkan kode script. Untuk sementara itulah alasan mengapa walau di tablet saya lebih suka menulis dan mengupdate blog di Browser dengan opsi deskstop site.

Nah agar nyaman bekerja menggunakan tablet ada tiga asesories tambahan:

1. KEYBOARD TAMBAHAN

Tidak seperti tablet Windows 8 surface milik Microsoft atau tablet ukuran 7inch Acer bersistem sama, kedua tablet tersebut diatas telah dilengkapi dengan keyboard tambahan yang tipis dan nyaman, bahkan tablet windows 8 Ativ besutan samsung juga menyertakan sebuah keyboard yang berfungsi sebagai dock untuk membuat tablet berdiri horisontal atau vertikal, maka tablet android kebanyakan tidak di jual dengan asosories itu dengan pertimbangan keyboard sentuh virtual telah tersedia dan muncul secara otomatis begitu lembaran kerja di sentuh. Namun bagi kita yang masih belum bisa melepaskan diri dari pradigma bekerja di PC dan masih nyaman dengan teknik menulis konvensional laptop dan dekstop yang tradisional, kita dapat mencari keyboard buat tablet android kita.

Keyboard yang baik adalah terbuat dari bahan berkualitas
Di pasaran terutama di kota Batam penulis melihat banyak dijual berbagai jenis keyboard, ada yang khusus buat iPad Mini, iPad2 dan ada juga keyboard android "sapu jagat" bisa dipakai disemua jenis perangkat berbagai merek android. Umumnya keyboard yang diperuntukan buat tablet ini terbuat dari plastik harganya murah tapi kulaitasnya kurang meyakinkan, melalui pengujian beberapa jenis keyboard plastik ini melakukan kesalahan "error" ketika dipakai buat mengetik, membrant dan sering menulis hurup ganda, misal kalau kita menulis kota, akan terketik kootaa.

Samsung sebenarnya juga mengeluarkan keyboard khusus buat galaxy tab dan galaxy note mereka namun sayang penjualannya tidak meluas dan terbatas disamping harganya pasti mahal. Kebetulan waktu browsing saya melihat jenis keyboard alumunium yang nampak bagus dan penawaran harganya cukup murah yakni RP. 275.000,- (Bandingkan dengan harga keyboard samsung asli RP. 1 juta, itupun nyarinya susah). Jadi sayapun transaksi melalui salah satu toko Online terbesar di Indonesia itu, setelah diibayar  via PayPal, barangnya datang seminggu kemudian dan sampai sekarang keyboard tersebut setia menemani saya bekerja hingga larut malam dengan Tablet Galaxy note, siang harinya dia juga ikut masuk kedalam ransel saya ketempat kerja atau kalau liburan berkeliling mencari photo photo unik. Dan keyboard ini juga yang sekarang saya pakai buat menulis artikel ini.

Semua jenis keyboard ini terhubung melalui koneksi bluetooth, responnya tidak mengecewakan, tidak ada bedanya dengan keyboard PC dekstop dan laptop.

2. DOCK atau STAND UNTUK DUDUKAN TABLET

Mengapa membutuhkan dock secara terpisah jika keyboard sebenarnya juga berfungsi sebagai dock tablet anda? Sayangnya walau benar, docck keyboard tidak dapat menopang keseimbangan tablet ketika didirikan secara vertikal, dock yang melengkapi keyboard tersebut hanya difungsikan buat posisi horisontal (landscap). Terkadang posisi vertikal (portrait) lebih nyaman untuk menampilkan baris tulisan yang lebih banyak, walau mengorbankan luas halaman.
Ilustrasi dudukan atau dock tablet dengan berbagai sudut berdirinya.

Dengan dudukan diatas tablet menjadi stabil dan tidak mudah goyang sama seperti layaknya layar monitor laptop atau dekstop di kantor dan di rumah anda, bukan? Saya melihat bayak sekali sekarang jenis jenis dudukan seperti ini di jual murah di pasaran di mulai harga 25ribu hingga 80ribuan bahkan bentuknya sudah sangat banyak variasinya, ada yang transparan sehingga dudukan nayris tidak kelihatan. Dengan dudukan ini anda hanya tinggal meletakan keyboard dihadapan tablet anda dan bekerja berjam jam, karena tidak seperti laptop battery tablet mampu bertahan sampai sepuluh jam jika hanya untuk memeriksa email, menulis laporan dan melakukan kegiatan bisnis online.

3. BACKPACK ATAU RANSEL MUNGIL

Percayalah kadang bekerja dan mencari rejeki sama seperti sebuah petualangan, karena bekerja dan bermain dengan tablet dapat dilakukan bersamaan, maka anda membutuhkan ransel ini. Tidak sebesar ransel yang dibutuhkan oleh laptop, cukup ransel atau tas dengan dimensi sedang yang dapat memuat tablet berikut kedua asoseries tambahan diatas kedalam kantongnya, mungkin anda tidak membutuhkan kamera karena bagian depan dan belakang tablet juga sudah tersedia kamera 5 megapixel plus 2 atau kamera VGA di bagian depannya.
Ilustrasi: Bekerja lebih mobile dengan tablet perjalanan bukanlah penghalang

Ini tidak akan terbatas pada orang muda, orang dengan semua usia dapat melakukan ini "officeless" bekerja tanpa kantor dan makmur! Tablet sifatnya sangat mobile, tentu saja jika anda hanya memerlukannya untuk mengedit photo, berkirim email, membuat draft gambar (walaupun semisal autoCAD) karena perkembangan tablet jauh lebih cepat berkembang teknologinya sehingga dari tahun ketahun semakin bertenaga dan, tipis dan praktis. Saya menulis artikel ini disebuah cafe kawasan Batu Ampar Batam sambil ngobrol bareng teman teman. Menulis jalan, ngobrol jalan, main game juga, dan ada masukan pula.
Jadi tabletnya jangan cuma buat main game, chatting di FB, tweeter, dan Pinterest. Manfaatkan dan maksimalkan juga buat bekerja. Hey terakhir salam dari saya, SELAMAT BERAKTIVITAS, DAN TIDAK LUPA MENGUCAPKAN: SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA!

Comments

Popular Minggu ini:

TAHUKAH KAMU BEDANYA iPhone BEKAS JEPANG DENGAN SINGAPORE?

Pernah dengar Rumor iPhone rakitan Jepang dan Singapore?
Terutama anda yang domisili di batam yang masih sebagai "sorganya" elektronik, kali ini khusus seken. Dari hasil pantauan saya dilapangan peminat ponsel pintar bekas semakin meningkat terutama iPhone. Well, anda datang ketempat yang benar: BATAM.

Harga sebuah iPhone 5, 5c seken sekarang hanya berkisar 900 - satu jutaan disini. Kualitas tentu saja dijamin oleh toko penjual.

Mengapa batam? Karena Batam begitu dekat dengan singapore, hanya berjarak 45 menit (aktualnya hanya 25 menit, namun karena ada peraturan kecepatan di laut perbatasan dalam kecepatan tertentu maka dipatoklah 45 menit) perjalanan santai naik ferry laut, banyak celah dan peluang bisnis, salah satunya adalah bisnis ponsel bekas ini. Jangan anda remehkan ya, omsetnya bisa mencapai ratusan juta rupiah perbulan.  Kembali kepada topik: Perbedaan iPhone seken asal Jepang dan singapore.
Secara fisik, fitur dan kemampuan tidak ada perbedaan yang essensial. Nam…

APA BEDA SONY XPERIA ZR DOCOMO DENGAN GLOBAL?

Di Indonesia terutama di Batam sedang diserbu oleh produk hape bekas besutan sony keluarga xperia, saya juga tidak mengerti mengapa seken hape ini bisa sampai banjir di negara kita yang seluas ini, kalau mau dibilang produk hape ini sudah terbilang lawas di rilis dikisaran waktu 2013 - 2015, namun speknya masih terbilang bagus, dengan kamera beresolusi 13 - 20,7 Megapixel RAM 2GB, ruang simpan yang cukup lega dikisaran 8 - 32GB, tentu sangat menarik apalagi (kalau di Batam) harganya sangat murah berkisar antara RP. 550.000,- hingga RP.800ribuan, sangat terjangkau. Dan penjualnya memberikan garansi toko, bisa juga dibeli secara online, (kamu bisa mencari nama nama toko di Facebook seperti: Putra siregar seken singapore, atau bang Juju karena nama nama ini sudah terjamin kredibilitas bisnis mereka di Batam, Putra siregar bahkan telah memiliki beberapa cabang, Pekanbaru, Jakarta, Bali dll)

Satu hal yang kamu harus tahu: baik docomo maupun global keduanya sama sama asli besutan Sony, sama…

5 SIGNS WHY YOU ARE GENIUS

IF YOU CAN USE YOUR SMARTPHONE BY RIGHT when you confuse what shall be bought a laptop or a smartphone? Just consider the bugdet that you have for now, then I guess you will buying a phone, Am I right?  But why? Because with a smarthphone you can call your mom by dial her number, or you can texting your friends and send them some messages, so many fun in just one hand. Further more a phone does have networking capacity as laptop does have, so you can also chat with your friends through the internet.
Oh yes! I can't count how many times you can use it for get pictures with your friends and send them into social media like Facebook, IG, and GPlus? That are the ordinary people way to use their phones.

Why we call you are genius one is when you can use your smartphone more than a phone. You can use it for some productivity work such as: Blogging, support working, support learning, and for some excercises. When you so curious, here we go:

Signs 1. BLOGGING
You can use your smartphone fo…