AdelinaSasa

Privacy Perihal kami Coba Template kami
×
Skip to main content

DEMO KENAIKAN UPAH VS KENAIKAN HARGA KEBUTUHAN HIDUP

Kenaikan upah bagi buruh adalah harapan untuk meningkatkan daya beli, meningkatnya daya beli berarti meningkatkan taraf hidup keluarga. Untuk mencapai itu buruh melakukan upaya "berdarah" melakukan demo yang terkadang harus menghadapi tantangan keras dari pengusaha, yang jujur saja tidak akan mau keuntungannya begitu saja di gerus oleh kenaikan upah. Pemerintah sebagai pengelola negara berusaha mengambil jalan terbaik dengan mendekatkan semua pihak untuk duduk berunding. Perundingan berjalan alot ditengah tengah sanggahan para pengusaha bahwa kenaikan upah tidaklah perlu sealot ini jika pemerintah tegas menegakan peraturan yang jelas, transparan dan menindak pungutan pungutan yang memberatkan pengusaha. Walaupun ada undang undang yang telah mengatur masalah ketenaga kerjaan termasuk aturan upah, benturan tetap terjadi dan jarang dapat memuaskan semua pihak.
Demo tolak upah murah
Adapun yang terjadi kemudian adalah kenaikan upah diikuti dan dibayang bayangi oleh kenaikan harga harga kebutuhan pokok, harga barang produksi yang meningkat sampai melebihi batas rasio  kenaikan upah itu sendiri. Ketika upah yang tadinya 2,2 juta menjadi 3,0 juta kenaikan yang hampir 50% ternyata tidak mampu menaikan daya beli para buruh, mengapa? Sentimen pasar bereaksi negetif terhadap harapan para buruh yang berharap dengan kenaikan upah bisa hidup lebih layak daripada biasanya, harga barang tiba tiba naik melebihi ambang kenaikan gaji. Orang bilang begitu palu kenaikan gaji diketuk, dan buruh belum menerima gaji pertamanya, barang sudah naik, dan akan naik lagi begitu buruh sudah menerima gaji mereka. Jadi harapan sebagian kaum buruh untuk dapat meringankan beban hidup dan melunasi hutang hutangnya pupuslah sudah.

Kenaikan upah hasil "demo"  ternyata tidak pernah sesuai harapan, dan itu terjadi hampir setiap tahun berkejar kejaran dengan inflasi dan kenaikan harga kebutuhan pokok. Pengusaha sendiri kemudian setelah "dibebani" keharusan membayar kenaikan upah, menaikan harga jual hasil produksinya dan itu diikuti oleh hampir semua sektor industri. Kenaikan upah tahunan tentu saja lebih membantu mengurangi beban kebutuhan para buruh untuk menopang kehidupan keluarga jika tidak dibarengai inflasi yang lebih tinggi, jika tidak kenaikan tahunan tidak lebih seperti fatamorgana seekor keledai yang berlari mengejar padi yang diikat didepan hidung dan moncongnya.

Dan pertanyaan yang paling mendasar bagi kita semua, bagi semua pihak, mana yang lebih perlu harga barang yang tetap stabil dipasaran yang artinya ekonomi stabil ataukah setiap tahun demo minta kenaikan upah??? Kenaikan upah tentu harus dilakukan, pertanyaan itu dikemukakan adalah karena kenaikan harga barang barang kebutuhan hidup yang seolah tidak akan terkendali terutama apabila upah buruh dinaikan...


Comments

Popular Minggu ini:

TAHUKAH KAMU BEDANYA iPhone BEKAS JEPANG DENGAN SINGAPORE?

Pernah dengar Rumor iPhone rakitan Jepang dan Singapore?
Terutama anda yang domisili di batam yang masih sebagai "sorganya" elektronik, kali ini khusus seken. Dari hasil pantauan saya dilapangan peminat ponsel pintar bekas semakin meningkat terutama iPhone. Well, anda datang ketempat yang benar: BATAM.

Harga sebuah iPhone 5, 5c seken sekarang hanya berkisar 900 - satu jutaan disini. Kualitas tentu saja dijamin oleh toko penjual.

Mengapa batam? Karena Batam begitu dekat dengan singapore, hanya berjarak 45 menit (aktualnya hanya 25 menit, namun karena ada peraturan kecepatan di laut perbatasan dalam kecepatan tertentu maka dipatoklah 45 menit) perjalanan santai naik ferry laut, banyak celah dan peluang bisnis, salah satunya adalah bisnis ponsel bekas ini. Jangan anda remehkan ya, omsetnya bisa mencapai ratusan juta rupiah perbulan.  Kembali kepada topik: Perbedaan iPhone seken asal Jepang dan singapore.
Secara fisik, fitur dan kemampuan tidak ada perbedaan yang essensial. Nam…

APA BEDA SONY XPERIA ZR DOCOMO DENGAN GLOBAL?

Di Indonesia terutama di Batam sedang diserbu oleh produk hape bekas besutan sony keluarga xperia, saya juga tidak mengerti mengapa seken hape ini bisa sampai banjir di negara kita yang seluas ini, kalau mau dibilang produk hape ini sudah terbilang lawas di rilis dikisaran waktu 2013 - 2015, namun speknya masih terbilang bagus, dengan kamera beresolusi 13 - 20,7 Megapixel RAM 2GB, ruang simpan yang cukup lega dikisaran 8 - 32GB, tentu sangat menarik apalagi (kalau di Batam) harganya sangat murah berkisar antara RP. 550.000,- hingga RP.800ribuan, sangat terjangkau. Dan penjualnya memberikan garansi toko, bisa juga dibeli secara online, (kamu bisa mencari nama nama toko di Facebook seperti: Putra siregar seken singapore, atau bang Juju karena nama nama ini sudah terjamin kredibilitas bisnis mereka di Batam, Putra siregar bahkan telah memiliki beberapa cabang, Pekanbaru, Jakarta, Bali dll)

Satu hal yang kamu harus tahu: baik docomo maupun global keduanya sama sama asli besutan Sony, sama…

5 SIGNS WHY YOU ARE GENIUS

IF YOU CAN USE YOUR SMARTPHONE BY RIGHT when you confuse what shall be bought a laptop or a smartphone? Just consider the bugdet that you have for now, then I guess you will buying a phone, Am I right?  But why? Because with a smarthphone you can call your mom by dial her number, or you can texting your friends and send them some messages, so many fun in just one hand. Further more a phone does have networking capacity as laptop does have, so you can also chat with your friends through the internet.
Oh yes! I can't count how many times you can use it for get pictures with your friends and send them into social media like Facebook, IG, and GPlus? That are the ordinary people way to use their phones.

Why we call you are genius one is when you can use your smartphone more than a phone. You can use it for some productivity work such as: Blogging, support working, support learning, and for some excercises. When you so curious, here we go:

Signs 1. BLOGGING
You can use your smartphone fo…