CLOUD COMPUTING: QUICK OFFICCE PALING KOMPITABEL BUAT GOOGLE DRIVE

Quickoffice di PlayStore
  Siapa yang belum tahu tentang Google Drive? Baik saya jelaskan sedikit. Kalau anda bekerja dikantor pakai dekstop atau laptop sedangkan pekerjaan anda adalah menginput data, baik itu statistik, catatan keuangan, skedul maintenance, anda pasti sangat familiar dengan aplikasi microsoft Office, bukan? Itu lho yang ada disetiap menu wajib komputer mencakup: Microsoft Office excel, Microsoft Word, Presetation dst. Ini adalah aplikasi produktive dan digunakan secara luas untuk versi dekstop dan laptop.
Microsoft Office Excel, Words, Presentation, dll
Lalu perkembangan teknologi komputer mendapatkan moment baru dengan dirilisnya tablet tablet yang cukup powerful dan didukung oleh ratusan ribu aplikasi yang dapat dengan mudah di donlot di Play Store untuk Android, atau di App Storenya iOS, rasanya nyaris hampir tidak ada pekerjaan yang tidak dapat dilakukan oleh tablet tablet zaman sekarang, lihatlah contoh di Play Store, disana telah tersedia applikasi applikasi seperti Office layaknya Microsoft Office, adobe photoshop pengedit gambar dan phto hingga AutoCard, masa sih? Anda dapat buktikan kalau anda saat ini memegang happe Android atau iOS, dan bukalah Play Store atau App Store mereka ini. (Inilah alasan mengapa blackberry akhirnya begitu membosankan pada sebagian besar pencinta gagdet teknologi, pasar aplikasi yang sedikit, layar yang sempit untuk berkreasi, dan dukungan kecanggihan hardware yang minim)

Nah kalau anda sudah memahami bahwa bekerja di PC akan sangat memerlukan  ruang penyimpanan internal PC itu sendiri, sehingga kiita membeli laptop dengan kapasitas ruang simpan 500Giga misalnya, guna menyimpan dokumen dalam bentu spreadsheet excel, words maupun materi materi untuk presentasi. Dan untuk melakukan pekerjaan kitapun mengerti bahwa kita memerlukan Microsoft Office. Jadi dari apa yang di jelaskan diatas kita dapatkan dua hal: Ruang harddisk + Microsoft Excel = US$.....? Alias mahal banget, baru baru ini Microsoft mengumumkan cara baru untuk menggantikan atau sebagai alternative transisi  bekerja dengan cloud agar tidak ketinggalan trend dimana Google Drive telah menawarkan diri dengan sistem ini sejak lama. Yakni Microsoft office 365, dengan perubahan yang cukup signifikan, aplikasi ini dapat dipakai tanpa perlu full instalasi tetapi lebih menekankan kepada sistem penyimpanan cloud (alias di "awan" ) ketimbang penyimpanan di harddisk, contoh seperti cloud service milik microsoft Skydrive milik mereka.
Gambar layar tablet dengan pintasan applikasi, diantaranya terlihat Quick Office disamping Google drive.
Sementara Google Drive sendiri kemudian menyediakan jasa olah dokumen office gratisan yang dapat dilakukan ketika kita online di Web mereka (Google Drive)  fungsi pengolah data  google juga tidak jauh berbeda dengan Microosoft Office bedanya hanya google menggratiskannya sementara anda harus merogoh uang senilai jutaan rupiah jika ingin memiliki Microsoft office. Terakhir Google kemudian membeli aplikasi pengolah data Quickoffice dan menggratiskannya,  disinilah pradigma bahwa kita harus melakukan pekerjaan semisal pekerjaan perkantoran dalam hal mengolah data, mengedit gambar dan melakukan presentasi harus segera berubah!
Ketika Quickoffice dibuka akan muncul menu menu dookumen, yang paling menarik adalah disana juga disertai dengan menu google drive, dengan mengklik menu, kita dapat melihat dan mengedit dokument tersebut dan menyimpannya secara otomatik ke google drive
Mengapa? Google drive ada di Play Store, lalu Quick office juga telah hadir. Gabungan kedua applikasi yang keduanya adalah gratis ini nyaris membuat tablet sempurna jika digunakan untuk bekerja! Apa sih yang tidak dapat kita lakukan, yang penting membiasakan diri. Tadinya saya ragu ketika membuat blog dengan tablet android tetapi kemudian secara keseluruhan blog "AdelinaSasa" ini hadir ditengah tengah gegap gempitanya dunia maya dan website, walau masih tertatih tatih, AdedanSasa akan bergerak terus meramaikan dunia blogger, Semua tulisan,artikel dll yang di tulis di blog bermerk AdelinaSasa ditulis dan diedit dengan menggunakan Tablet Android, mungkin lusa saya akan mencoba menulis dengan iPad.
Gambar menu dokumen pribadi di tablet penulis
Dengan mengunduh Google Drive dan Quick Office disamping aplikasi perkantoran lain yang mungkin telah terpasang secara default di perangkat ponsel atau tablet anda, maka hampir 90% kebutuhan anda terpenuhi ketika anda akan melakukan pekerjaan perkantoran, untuk itu tablet tidak perlu mempunyai penyimpanan tambahan karena hasil pekerjaan anda langsung disimpan kedalam Google Drive bukan kedalam tablet, jika misalnya suatu hari tablet anda rusak atau hilang, dokumen, photo photo dan materi materi presentasi anda tetap tersimpan aman di google drive yang segera dapat anda akses melalui warnet, komputer dekstop kantor atau dimanapun jika anda mau.
Zaman akan segera berlalu dan selalu meninggalkan perubahan, kita telah melihat penjualan PC konvensional seperti dekstop dan laptop mulai menurun digerus oleh pasar tablet, ini adalah pertanda bahwa tablet mulai menggantikan sebagian besar fungsi manusia dalam berkomputasi. Orang boleh berkata, tablet belum bisa menggantikan komputer konvensional sepenuhnya. Tetapi seperti halnya dengankematian netbook, komputer konvensionalpun sepertinya hanya tinggal menunggu waktu.


Comments