BAHASA DI WEB.

Di bawah ini kita akan menjelaskan secara singkat empat bahasa web. namun jika kamu ingin mengetahui lebih jauh tentang bahasa bahasa ini klik saja link topik awal yang sudah saya lengkapi dengan link, memang dalam bahasa inggris, kalau kesulitan kamu bisa menggunakan translator.
Ilustrasi gambar 
Pernah baca istilah Bahasa di WEB? Bagi kamu yang sedang belajar bahasa program dan suka nulis dan nempelin script ke halaman tema web maka kamu tentulah sudah tahu istilah tersebut sudah tidak asing lagi, Namun hari segini istilah bahasa di web bukanlah semata untuk konsumsi pelajar programming, namun telah menjadi santapan para pencinta browsing di internet. Kalau belum tahu dibawah ini adalah 4 bahasa web yang sangat populer atau paling tidak pernah sangat populer di website modern:

  1. HTML. kependekan dari Hypertext Markup language. Merupakan bahasa perograman untuk membuat halaman web. Bahasa web ini dikembangkan di CERN Swiss. Kini World Wide Web Consortium (W3C) telah menetapkan standard baru untuk web, yakni HTML5. Nah dengan HTML5 ini kamu pasti gak akan kesulitan buka video youtube di website tidak perlu lagi instal plug in flash di browser. Disamping HTML ada XML (atau extensible mark up language) namun tidak baku seperti HTML.
  2. CSS. kependekan dari Cascading Style Sheets. Bahasa ini berfungsi untuk mengontrol tampilan dari sebuah halaman website. Berguna untuk mendesain tampilan web kamu. Atau dengan kata lain, CSS juga merupakan mekanisme sederhana untuk menambahkan style pada halaman web, contohnya huruf, warna teks dan spasi. Bahkan kalau bikin template kamu bisa memanfaatkan CSS untuk membuat Tampilan menu, widget dsb.
  3. JavaScript. JavaScript siapa yang tidak mengenal bahasa pemrograman yang legendaris ini? Bahasa pemrograman khusus agar halaman web kamu menjadi lebih hidup. Sering digunakan pada banner iklan, bahasa pemrograman yang satu ini bekerja pada banyak browser seperti Internet Explorer (IE), Modzilla Firefox. Javascript dikembangkan oleh Sun Microsystem Menurut wikipedia, JavaScript merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis. JavaScript populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer seperti Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. Kode JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT.

    Data dari Stack Overflow Developer Survey menunjukkan bahwa sebanyak 62,5% developer di dunia menggunakan JavaScript. Hal ini menjadikan JavaScript sebagai bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan oleh developer di dunia, termasuk anda yang suka bikin template blogger he he he. Dengan JavaScript, Anda bisa membangun website lebih interaktif, dan merupakan salah satu tool paling dasar dalam membangun sebuah web selain HTML dan CSS.

    Jika Anda ingin membuat berbagai macam hal interaktif di web, maka gunakanlah JavaScript. Anda akan melihat hasil langsung dari kodingan-mu hanya dengan sedikit tool. Selain itu, penggunaan JavaScript sudah melebar seperti mobile app development, game development, dan desktop app development.
  4. FLASH. (1996-2015) Marcomedia Flash adalah program yang populer untuk membuat dan memanipulasi grafik dan animasi pada halaman web. Selain itu software yang dikenal dengan adobe flash ini juga sering digunakan untuk membuat video player dan aplikasi audio streaming. Namun pada perkembangan modern para desiner mulai meninggalkan program ini karena cukup membebani load dan menggantikannya dengan program HTML 5. Bahkan banyak programmer yang telah mengucapkan "RIP" kepada program adobe flash.
Nah itu lah empat bahasa di web, hari ini orang mulai mengurangi/meminimalkan penggunaan Javascript dan telah meninggalkan program flash untuk program animasi web dan menjadikan HTML5 sebagai standard mereka, mudah mudahan sekarang kalian mengerti....
Salam: SF


Comments

  1. ngertinya html buat bikin template blog hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saja mengerti tu...tinggal memahami fungsinya lebih jauh..

      Delete
    2. bukan ngerti cara buat template blognya lo mz ... kalau itu masih bikin pusing.. cuma tau nama html aja xixii

      Delete
  2. html yang sering aku lihat bahasanya

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. cie cie ada yang lagi kasmaran nih keknya

      Delete
    2. Dia memang sedang....sama orang dari seberang ...(sekalian aja di bongkar rahasianya dalam sebuah cerpen berikutnya ha ha ha - bcanda sori sori nona nona)

      Delete

Post a Comment