10 TEKNOLOGI MASA DEPAN YANG AKAN SANGAT BERGUNA BAGI KEHIDUPAN

Berikut adalah 10 teknologi masa depan dibawah ini akan membuat orang orang tua zaman dulu bilang: Dunia sudah dekat kiamat jika mereka masih hidup

1. Wi Fi semprotan. Chamtech Enterprise dari Amerika mengembangkan cairan yang mengandung jutaan nano transistor. Satu semprotan cairan tersebut pada satu permukaan berkhasiat membuat permukaan tersebut menerima dan mengirimkan sinyal elektromagnetik jauh lebih baik dibandingkan dengan antena konvensional yang lazim kita pakai sekarang ini. Dengan teknologi ini kelak, sekalipun dinding rumah anda akan bisa menggantikan router Wi-Fi, bahkan bisa menjadi berkekuatan penuh seperti sebuah menara radio besar!
Ilustrasi Wi-Fi semprotan
2. Komputer Quantum. D-wave berhasil mengembangkan komputer quantum komersial pertama. Google dan NASA adalah dua pembelinya. Kedua perusahaan itu segera melanjutkannya dengan mengembangkan lebih jauh dengan penyempurnaan artificial inteligent atau A.I.  (kecerdasan buatan) menggunakan komputer quantum.

Ilustrasi komputer quantum
3. Password PIL. Pada konferensi D11, Motorola memperkenalkan metode membuat password dengan menggunakan perangkat mini dalam bentul pil. Pil tersebut memancarkan "kunci atau Password" 18 bit ketika berada dalam perut manusia. Kunci itu di terima receiver eksternal yang mentransfer ke PC.

Ilustrasi Password dalam bentuk pil untuk ditelan


4. PRINTER 3D. Makerbot, perusahaan AS, membuat printer 3D semakin membumi. Printer yang saat ini dibuat dan dijual dengan harga sekitar US$2.700 pada tahun 2013 itu bisa digunakan untuk membuat banyak benda, mulai barang barang keperluan sehari hari hingga peralatan medis tiruan. Bahkan printer 3D ini berpotensi mengkopi senjata canggih militer tidak ubahnya seperti aslinya baik dari segi kualitas hingga fungsinya.
Ilustrasi Printer 3D


5. TROTOAR BERTENAGA SURYA. Atau disebut dengan Solar Roadway, orang orang zaman unta pasti gak kebayang punya troatoar seperti ini, yakni trotoar yang dibuat dan dikembangkan dari panel surya!. Proyek panel surya ini akan segera dimulai tahun ini dengan dana US$750.000 di Amerika Serikat. Panel surya itu dilengkapi dengan LED yang bisa menampilkan rambu rambu lalu lintas yang sangat komunikatif dengan penggunanya. Gak ada lampu merah lagi coy, mungkin gak perlu polisi lalin juga kali ya.
Ilustrasi Trotoar Panel Surya
6. EXOSKELETON. Ekso Bionics menciptakan sebuah mesin atau robot pelari yang sangat berguna membantu para penderita penyakit lumpuh untuk berjalan dan bergerak dengan kecepatan 3KM/jam. Pada akhir tahun ini teknologi tersebut akan segara tersedia di pasaran. Dengan alat ini orang tidak memerlukan kursi roda lagi karena mesin atau robot tersebut mampu bergerak dan berjalan layaknya manusia.

Ilustrasi Exoskeleton

7. LENSA KONTAK DENGAN ZOOM. Sekelompok peneliti dari AS dan Swiss sedang membuat lensa kontak dengan ketebalan 1.17 mm dan memliki kemampuan zoom 3x mungkin dalam tahap pengembangan berikutnya bisa zoom lebih jauh lagi (Jadi teringat filem Six Million Dollarman). Walaupun masih dalam tahap eksprimen namun akan segera tersedia dipasaran dalam beberapa tahun kedepan. Lensa ini akan berguna bagi penderita degenerasimakula dan penyakit mata.



Ilustrasi Lensa Kontak dengan kemampuan zoom
8. TENAGA UNTUK OTAK AGAR MENJADI SUPER. Kita tahu foc.us Headset seharga US$250 dengan kemampuan merangsang otak melalui kejutan listrik ringan dengan tujuan meningkatkan kerja responsive otak. Pertama aplikasi ini dibuat adalah untuk gamer agar cepat bereaksi ketika memainkan game game berat, Alat ini terbukti efektip membantu daya tanggap otak saat memecahkan masalah para gamer. Dalam perkembangannya alat ini kemudian ternyata dapat di kembangkan untuk kebutuhan diluar game, seperti pelajar dan orang yang "lemah" dalam berfikir.

Ilustrasi gambar headset foc.us

9. BATTERY SUPER. Ini termasuk yang di idamkan pemilik tablet dan netbook, biar dapat terus online berjam jam atau berhari hari jika perlu. Sayangnya batterai sekarang masih kurang memenuhi harapan itu. Apalagi netbook batterai cepat habis apalagi kalau main game berat.

Jangan khawatir, sebentar lagi setelah para peneliti di Universitas Illinois mengembangkan batterai kecil yang sangat bertenaga maka impian ini akan segera terwujud dalam waktu dekat ini. Contoh aplikasinya, para peneliti itu menggambarkan sebuah smartphone yang bisa menghidupkan sebuah mobil rusak. Durasi pengisian batterai ini juga luar biasa, hanya beberapa detik charge!!! sudah tahan lama ngecasnya cepat pula!

Ilustrasi Batterai Super

10. MOBIL OTOMATIS. Tabrak belakang adalah salah satu kecelakaan mobil yang paling sering terjadi. Mobil otomatis di masa depan ciptaan Google adalah solusinya. Sejak tahun 2012, mobil otomatis google sukses diuji coba di jalan jalan umum AS. Mobil ini memiliki sensor sensor canggih kalau tidak bisa dikatakan punya kecerdasan buatan. Menyetir tanpa manusia memutuskan kapan mengerem, mengelak dan kapan harus "ngebut" dan kapan harus berjalan pelan. Semua fungsi sopir manusia dapat diambil alih oleh "kecerdasan" buatan yang ditanamkan kedalam mobil ini. Wah bisa bisa gak perlu sopir lagi di masa depan ya...

Ilustrasi Mobil Pintar Google
Demikianlah sepuluh teknologi masa depan yang kira kira akan hadir tidak lama lagi dihadapan mata kita...


Comments