Skip to main content

APAKAH SMARTWATCH ANDA PERLUKAN???

Untuk masa sekarang apakah anda membutuhkan smartwatch alias jam pintar? Istilah smart watch sendiri terkesan "membuntuti"  smartphone. Kalau smartphone dibekali sistem operasi seperti android, iOS dan mobile windows, maka dapat dipastikan smartwatc juga akan akan mengikuti "panutannya" ini. Lalu apa sih  masalahnya?

Oke, tarohlah smartwatch pada awalnya dilengkapi dengan layar 2-3 inch, berbekal sistem android versi Jellybean, berprosesor dualcore (gak usah mikir quadcore dulu) berkamera 2-5megapixel, mampu memutar musik mp3, video berformat mp4, bisa digunakan untuk browsing internet agar anda terhubung ke facebook, gooogle+, tweeter, drupal dll. Hebat bkan? Selain itu barangkali smartwatch akan bisa digunakan buat sms dan juga menelpon?
Sekarang pertanyaannya fungsi utamanya apakah masih sebagai jam tangan? Jangan jangan nanti akan muncul jam dinding pintar alias "Smartwallwatch" he he he..eh tapi tunggu dulu ini juga ide yang bagus. Jam dinding bisa dibuat lebih gede sampai 14 inch berlayar sentuh, bersistem operasi android, bisa buat nelpon, bisa buat nonton menggantikan fungsi televisi...oke oke..kita kembali ke smartwatch.
Dengan memiliki sistem operasi yang dapat menjalankan perintah software dan menjalankan banyak aplikasi, pertnyaannya berapa lama batterynya dapat bertahan? Bukankah fungsi jam tangan adalah identik dengan ketahanan battery sampai bertahun tahun? Sangat tidak lucu jika anda harus selalu mencharge atau mencas jam tangan setiap 8 jam, fungsi smartwatch akan menjadi seperti smartphone, bukan?
Baru baru ini samsung telah mengumumkan akan merilis sebuah jam tangan pintar yang diberi nama Samsung Galaxy Gear dengan bocoran specs: layar berjenis OLED 2.5 inch resolusi 320x320 pixel. Prosesornya dualcore 1.5 GHz, RAM 1GB, ada speaker, acccelerometer, bluetooth 40 LE, dan android jelly bean.
Jam tangan pintar ini juga dilengkapi dengan kamera bersensor 4 megapixel dengan kemampuan menghasilkan photo resolusi 730p. Kapasitas penyimpanannya 8-16GB.
Nah yang jadi masalah kemudian seperti kecurigaan, ternyata daya batterynya disinyalir hanya mampu bertahan paling lama 10 jam. Tidak disebutkan kalau penggunanya sering sering melakukan browsing, mungkin bakal lebih singkat lagi.
KESIMPULAN DAN SARAN PENULIS:
Untuk saat ini rasanya belum ada jenis battery konvensional yang mampu bertahan bertahun tahun untuk sebuah smartwatch atau jam pintar yang menanggung begitu banyak "beban" aplikasi dan aktivitas sistem yang hampir sama dengan smartphone dalam hal menguras daya. Sebelum inovasi baru ditemukan pada hari esok, sebaiknya tidak berharap smartwatch berfungsi sebagai jam tangan konvensional yang daya hidup nya di tenagai oleh battery "abadi" seperti layaknya jam tangan biasa.
Untuk produsen smartwatch sebaiknya memikirkan hal ini sebagai strategi pemasaran agar tidak mengecewakan konsumen. Mungkin jam tangan pintar perlu di tenagai oleh hawa panas tubuh yang keluar dari tubuh pemakainya atau energi cahaya matahari. Teknologi bisa meniru bulu bulu kucing yang mampu menyerap panas ketika bermanja manja dengan manusia dan kemudian menggunakan hawa panas yang tersimpan tersebut bilamana sudah diperlukan. Energi energi ini difungsikan mencharge battery hingga dapat digunakan apabila jam tangan pintar dilepas dari tangan dan apabiila malam tiba tanpa matahari.

Comments

Popular posts from this blog

TAHUKAH KAMU BEDANYA iPhone BEKAS JEPANG DENGAN SINGAPORE?

Pernah dengar Rumor iPhone rakitan Jepang dan Singapore?

iPhone 5c digemari karena bodynya yang warna warni
Terutama anda yang domisili di batam yang masih sebagai "sorganya" elektronik, kali ini khusus seken. Dari hasil pantauan saya dilapangan peminat ponsel pintar bekas semakin meningkat terutama iPhone. Well, anda datang ketempat yang benar: BATAM.
Harga sebuah iPhone 5, 5c seken sekarang hanya berkisar 900 - satu jutaan disini. Kualitas tentu saja dijamin oleh toko penjual.

Mengapa batam? Karena Batam begitu dekat dengan singapore, hanya berjarak 45 menit (aktualnya hanya 25 menit, namun karena ada peraturan kecepatan di laut perbatasan dalam kecepatan tertentu maka dipatoklah 45 menit) perjalanan santai naik ferry laut, banyak celah dan peluang bisnis, salah satunya adalah bisnis ponsel bekas ini. Jangan anda remehkan ya, omsetnya bisa mencapai ratusan juta rupiah perbulan.  Kembali kepada topik: Perbedaan iPhone seken asal Jepang dan singapore.
Secara fisik, fitur dan…

5 SIGNS WHY YOU ARE GENIUS

IF YOU CAN USE YOUR SMARTPHONE BY RIGHT when you confuse what shall be bought a laptop or a smartphone? Just consider the bugdet that you have for now, then I guess you will buying a phone, Am I right?  But why? Because with a smarthphone you can call your mom by dial her number, or you can texting your friends and send them some messages, so many fun in just one hand. Further more a phone does have networking capacity as laptop does have, so you can also chat with your friends through the internet.
Oh yes! I can't count how many times you can use it for get pictures with your friends and send them into social media like Facebook, IG, and GPlus? That are the ordinary people way to use their phones.

Why we call you are genius one is when you can use your smartphone more than a phone. You can use it for some productivity work such as: Blogging, support working, support learning, and for some excercises. When you so curious, here we go:

Signs 1. BLOGGING
You can use your smartphone fo…

KETAHUILAH! MEDSOS ADALAH MATA MATA YANG PALING MEMATIKAN BAGI PRIVASI ANDA.

Anda para wanita bilang anda tidak memasang photo asli pada profile medsos, jadi apakah anda merasa aman? Jika anda berfikir medsos itu aman bagi privasi anda maka kami akan menjelaskan, mengapa sebenarnnya anda keliru besar. Tidak hanya menjadi potensi bahaya bagi terbongkarnya rahasia privasi kita pada saat kita bersosial media di Facebook, instagram, dan sejenisnya, dan kita memang pada masa ini tidak begitu perduli dengan ruang dan keberadaan privasi kita. Pernahkah anda melihat iklan yang begitu menarik bagi anda dihalaman facebook tetapi tidak dilihat oleh orang lain pada saat mereka membuka halaman yang sama? Karena mereka disuguhi iklan lain yang sesuai dengan minat mereka masing masing. Itu hanyalah pertanda kecil yang harus dipertanyakan, tetapi sekali lagi apabila kita menganggap hal itu tidak berbahaya sebaiknya tunggu dulu, baca artikel ini sampai habis.

Sistem A.I. sekarang begitu pintar dimana sistem ini tertanam pada setiap platform medsos dengan tujuan tertentu: untu…