Skip to main content

ANAK ANAK CERDAS CENDERUNG MENJADI ATHEIST

New York – Sebuah studi mengklaim bahwa semakin cerdas seseorang, maka kepercayaannya kepada Tuhan semakin sedikit. Psikolog Miron Zuckerman dan Jordan Silberman dari Universitas Rochester, New York, serta Judith Hall dari Universitas Northeastern, Boston, telah menerbitkan review mereka dari 63 studi yang dilakukan antara tahun 1928 dan 2012 dalam Personality and Social Psychology Review.
Ilustrasi otak

Penelitian ini bukanlah penelitian baru. Para peneliti memulai analisis sistematis dalam rentang waktu sekitar seratus tahun untuk menemukan korelasi antara kecerdasan dan religiusitas seseorang. “Mereka menemukan, ateisme tersebar luas di kalangan orang-orang pintar,” tulis Daily Mail, Senin, 12 Agustus 2013.
Kecerdasan didefinisikans sebagai kemampuan untuk berpikir, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami ide-ide yang kompleks, belajar dengan cepat, dan belajar dari pengalaman. Di sisi lain, religiusitas didefinisikan sebagai kepercayaan supranatural yang diaplikasikan melalui ritual-ritual untuk menegaskan keyakinan mereka.
Studi ini dikuatkan dengan penelitian Lewis Terman dari Universitas Stanford pada tahun 1921 di Amerika, Inggris, dan Kanada. Dalam studi tersebut, Terman merekrut 1.500 anak-anak yang memiliki IQ melebihi 135 pada usia 10 tahun. Data ini kembali diperiksa oleh Robin Sears di Universitas Columbia pada tahun 1995 dan oleh Michael McCullough dari Universitas Miami pada tahun 2005.
Kesimpulan keseluruhan dari kedua para pengulas adalah bahwa anak-anak cerdas ini ternyata kurang religius bila dibandingkan dengan anak yang IQ-nya lebih rendah.
Namun, terlepas dari keateisan mereka, ternyata sebanyak 60 persen anak-anak justru dibesarkan di keluarga yang sangat taat pada agama.Peneliti menduga orang-orang cerdas cenderung untuk menyesuaikan diri sehingga mereka lebih mungkin menolak dogma-dogma keagamaan. Penjelasan yang paling umum adalah bahwa orang-orang cerdas tidak ingin menerima keyakinan yang tidak dapat diuji.
Fakta ini menjadi buah simalangkama bagi orang tua yang selalu menginginkan anaknya selalu cerdas. Pada penelitian walaupun seorang anak cerdas dididik secara keras akan ajaran agama, pada akhirnya logika mendominasi hidup mereka dan perlahan menjadikan mereka atheist secara diam diam. Padahal tidak ada seorang tuapun didunia ini menginginkan anaknya menjadi bodoh, bukan?
Sumber: http://m.tempo.co/read/news/2013/08/13/061504083/Orang-Cerdas-Cenderung-Jadi-Ateis

Comments

  1. Mungkin karena anak cerdas selalu berpikir dan mencari jawaban scr logis, sedangan agama berdasarkan iman yg percaya pada hal yg belum terjadi dan seringkali nggak ketemu kalo dipikir scr nalar.

    ReplyDelete

Post a Comment

Populer

TAHUKAH KAMU BEDANYA iPhone BEKAS JEPANG DENGAN SINGAPORE?

iPhone 5C digemari karena bodynya yang berwarna warni Pernah dengar Rumor iPhone rakitan Jepang dan Singapore? Terutama anda yang domisili di batam yang masih sebagai "sorganya" elektronik, kali ini khusus seken. Dari hasil pantauan saya dilapangan peminat ponsel pintar bekas semakin meningkat terutama iPhone. Well, anda datang ketempat yang benar: BATAM. Harga sebuah iPhone 5, 5c seken sekarang hanya berkisar 900 - satu jutaan disini. Kualitas tentu saja dijamin oleh toko penjual. Mengapa batam? Karena Batam begitu dekat dengan singapore, hanya berjarak 45 menit (aktualnya hanya 25 menit, namun karena ada peraturan kecepatan di laut perbatasan dalam kecepatan tertentu maka dipatoklah 45 menit) perjalanan santai naik ferry laut, banyak celah dan peluang bisnis, salah satunya adalah bisnis ponsel bekas ini. Jangan anda remehkan ya, omsetnya bisa mencapai ratusan juta rupiah perbulan.  Kembali kepada topik: Perbedaan iPhone seken asal Jepang dan singapore. Secara fis

KEHEBATAN TEMPLATE CONTEMPO BLOGGER SETELAH DIBERI SENTUHAN MODIFIKASI

Adalah empat template terbaru blogger yang sangat mudah dimodifikasi dengan cara kombinasi melalui opsi blog desainer maupun edit HTML melalui dasbor blogger. ke empat tema tersebut adalah: CONTEMPO, SOHO, EMPORIO dan NOTABLE (atau Terkemuka). Ke empatnya tidak memerlukan opsi setting mobile sudah cocok buat tampilan PC desktop dan hape/seluler sekaligus. Artinya ya responsive dan mobile friendly. Kali ini saya pilih contoh hasil pengeditan contempo, anggaplah sebagai update dari tema bawaan, lalu apa yang baru? Menambahkan tombol "back to top" yang terlihat dengan tulisan "Keatas" sebagai scroll otomatis halaman pada saat di scroll ke bawah pada saat mau mengembalikannya ke atas. Menambahkan Related post di tengah postingan dengan efek font awsome. Menambahkan elemen font awsome, agar fa fa awsome dapat bekerja pada blog ( walaupun tidak semua browser dapat menampilkan font awsome, namun pada umumnya browser-browser besar dan kuat memiliki kemampuan ini) Me

AWAS GAMBIR SERAWAK BISA BERBAHAYA

Gambir ini populer di tempat aku bekerja karena kebetulan ada pekerja asal malaysia, sering kali bawa oleh oleh "Gambir Serawak". Mulanya saya kurang jelas jenis gambir apa setelah sekian tahun hanya mendengar tentang gambir tersebut barulah saya melihat langsung bentuknya kecil kecil pipih dan di masukan kedalam kemasan plastik obat sebesar telapak tangan. Kebetulan ditempat kerja kisah gambir serawak nyaris melegenda, bukan karena bentuknya yang luarbiasa tapi karena orang orang percaya khasiatnya dapat menambah kejantanan kaum lelaki. Aku bukanlah orang yang mudah mempercayai segala hal tanpa melalui logika, jadi aku mulai mencari cari referensi medis dan tulisan tulisan di internet. Tulisan di internet juga kurang lebih sama: Menyokong bahwa Gambir Serawak itu mampu membuat "TOPCER" kaum adam. Setelah menelusuri asal muasal tanaman yang menghasilkan gambir serawak akhirnya aku menemukan titik terang: gambir serawak atau bahasa ilmiahnya disebut 'uncaria g
'Copyright© @ create by Adelina Sofyan