INI SEJARAH TIGA HAPE DENGAN KAMERA PEMBUNUH KAMERA SAKU

Bicara masalah kamera tentunya sebagai seorang yang tertarik potografi baik untuk profesi maupun hanya sekedar bersenang senang seperti saya,...(cieee) tentu anda ingin kamera yang berkualitas tinggi, praktis dan murah. Nah murahnya ini lantas menjadi relatif, ketika dunia potret memotret tidak serumit zaman dahulu kala, ketika teknologi yang berkembang pesat memberikan pilihan, mari kita mempertimbangkan harga "murah" tapi praktis berkualitas sebagai pilihan kita. tapi kemudian semua terpulang kepada pilihan anda.
Apa itu kamera DSLR, apa kamera saku dan apa itu kamera ponsel, apa kelebihan masing masing? Saya tidak akan menjelaskannya secara detail, karena pertimbangan harga maka:

DSLR mahal, sama seperti kamera saku dan ponsel seiring waktu harganya juga bakalan berjatuhan karena tertinggal teknologi. Biasanya tidak sampai berumur satu tahun akan muncul DSLR baru yang dengan fitur lebih lengkap, kemampuan lensa tele semakin jauh dan daya tangkap macro semakin kuat, titik fokus semakin tajam dan banyak  dan harganya lebih miring daripada yang telah anda beli tahun lalu, sebagai perbandingan, anda dapat membeli kamera DSLR standard keluaran tahun lalu dibawah 4 jutaan, padahal pada awal keluar harganya lebih 5 jutaan. Kamera DSLR mempunyai settingan lengkap dan pilihan menu yang banyak, jika anda potograper profesional, atau hobi potograpi anda bisa memillihnya, jika masalah berat dan ukurannya yang besar bukan masalah bagi anda, anda cocok dengannya. 

Kamera saku lebih praktis dan memang dirancang ukuran saku, standar resulosinya masih dibawah 20 MP, apalagi bukaan aperturenya pasti dibawah DSLR dan daya jangkau zoom masih di bawah 20x zoom, filter pencitraan tentu saja jauh dibawah DSLR, kamera ini praktis mudah dibawa dan cocok untuk kegunaan mengabdikan momen momen sederhana sekeluarga, seiring di awal tahun 2010 hingga 2013 yang lampau kamera kamera ini keberadaannya mulai terancam oleh kemunculan kamera kamera ponsel yang teknologi nya berkembang pesat melebihi kamera saku.

Kamera smartphone, kamera inilah yang sekarang paling banyak dipakai untuk memotret momen momen sederhana sampai sedikit rumit dan paling banyak di gunakan sebagai alat mengabadikan gambar karena begitu mudahnya (instant) digunakan untuk berbagi di web atau jejaring jejaring sosial.  Nah kita akan segera membahasnya secara singkat didalam blog ini. Pada tahun tahun itulah kamera saku mulai kehilangan peminatnya, ketika ditangan para anak anak muda memengan hape dengan kamera yang terus berevolusi semakin maju dan pintar.

1.NOKIA PUREVIEW
Beberapa tahun yang lampau antara tahun 2011 - 2014 ditengah lesunya sistem operasi mobile syimbian, pada tahun 2012 February, Nokia mengumumkan kelahiran ponsel syimbian berkamera "monster" berkekuatan 41 megapixel pureview. Kamera ponsel tersebut sempat menimbulkan kontroversi, kehadirannya memukau begitu banyak orang namun banyak kalangan tidak mempercayainya. 

Tapi kemudian terungkap, teknologi yang dibenamkan kedalam kamera tersebut terbilang baru (walaupun telah digunakan sebagai kamera satelit pencitraan) menggunakan teknik oversampling, memampatkan jutaan pixel kedalam bentuk pencitraan sehingga mampu menyaring cahaya dan warna berlipat ganda melebihi teknologi kamera konvensional, kamera ini masih di lengkapi dengan lensa carl zeiss yang legendaris. Hasil bidikan kamera memang terbukti sangat tajam melebihi kamera saku yang pernah ada. Hasil zoom digital dari kamera ini tidak membuat kualitas gambar berkurang! Pokoknya menurutku yang pada waktu itu punya kamera saku canon, benar benar membuat kamera sakuku menjadi terasa jadul puluhan tahun!
Gambar ponsel Nokia Pureview bersistem operasi syimbian Belle.k 

Kelebihan ponsel kamera tentu saja pada kemampuan teleponi dan browsing internetnya yang semakin cepat jika dibanding hape sekelasnya, dalam satu genggaman anda mempunyai kesempatan menjadi seorang photographer, blogger dan berkomunikasi di jejaring di berbagai jejaring sosial. Layar ponsel juga lebih kokoh dan tahan gores karena di lindungi oleh layar super amoled dengan corning glass atau gorrila glass yang terbukti efektip melindungi layar ponsel, selain itu resolusi layar yang padat bahkan melebihi layar kamera DSLR, settingan serba sentuh yang interaktif benar benar memudahkan penggunanya. Pada waktu itu saya berfikir lebih baik saya buang saja ke laut kamera saku saya setelah membandingkan hasi jepretan kamera Nokia Preview tersebut.
Sayangnya ketika sistem operasi syimbian yang telah malang melintang menguasai pasar ponsel bersama Nokia, produksi smartphone ini dihentikan, anda dapat melihat spek hape ini di NOKIA PureView 

2.NOKIA LUMIA 1020
Tahun 2013 tepatnya di Bulan Juli, generasi terbaru Nokia mengunggulkan sistem Windows8 mobile sebagai sistem operasi mereka telah di rilis, yang walaupun terengah engah menghadapi kompetisi ditengah dominasi sistem mobile Android Samsung dan juga iOSnya iPhone, tidak berarti Nokia kalah dalah hal melahirkan ponsel ponsel berkualitas, beberapa hari kemudian Nokia mengumumkan pre-order Nokia Lumia 1020 bersistem windows 8, berprosessor snapgon 800, RAM 2 Giga berlari dikecepatan 1,6 GHZ layar super amoled yang dilindungi corning glass generasi ke 3 jelas merupakan sebuah ponsel high end yang memenuhi harapan, resulosi kepadatan pixel layar mencapai 441 ppi sangat jernih. Hebatnya lagi ponsel pintar ini di lengkapi dengan teknologi kamera PureView dengan tambahan beberapa penyempurnaan pada settingannya sehingga lebih mendekati kamera DSLR daripada kamera konvensional biasa.
Gambar Lumia 1020 PureView 

Hasil kamera Lumia ini diklaim sebagai yang tertajam diantara semua kamera ponsel dan saku terbaik saat itu. Dari beberapa bukti hasil jepretan yang telah diunggah ke flicker, hasil kamera ponsel ini memang sangat tajam, baik hasil zoom maupun hasil bidikan macronya terlihat sempurna. Di Amerika setelah dibundling ATT, ponsel ini dijual seharga 299, lebih kurang 3 jutaan rupiah.
Namun sekali sayang kehadiran Nokia berbasis windows mobil ini juga gagal menyelamatkan perusahaan Nokia yang pernah menjadi legenda ponsel dunia tersebut.

3.SAMSUNG GALAXY S4 zoom
Ini adalah variant dari keluarga samsung galaxy S4, dengan specs quadcore, speknya memang sedikit dibawah S4 pertama, ketajaman layar juga dibawah S4, tapi masih diatas rata rata kebanyakan ponsel pintar lainnya, yang diandalkan ponsel ini adalah kemampuan kamera beresolusi 16 megapiixel dengan lensa optical zoom sampai 10x, jelas menyaingi kamera saku.

Kelebihan kamera yang diumumkan pada bulan Juni tahun 2013 ini tentu saja pada settingan yang berlayar sentuh dan sistemnya yang berlari pada Android terbaru 4.2.2 Jelly Bean, dengan fitur pengolah gambar yang kaya yang tidak mungkin anda temukan pada kamera saku biasa. Lensanya juga dibuat oleh teknologi tidak main main, yakni Samsung lens yang tebukti bagus menyaring cahaya dan warna.

Samsung s4 zoom 

Perhatikan gambar diatas, samsung s4 adalah ponsel dengan kemampuan kamera diatas rata rata, hasil bidikan juga sangat tajam dan jernih, beberapa detail kemampuan pengaturan ISO menunjukan bahwa ponsel ini bukanlah ponsel kamera biasa. Tentu saja untuk penangkapan gambar pada malam hari Lumia Pureview masih memenangi kompetisi kamera ini, akan tetapi bagi anda yang menginginkan ponsel bersistem android yang kaya fitur dan environment luas sekaligus kamera hebat dan praktis tentu saja ponsel ini layak dipertimbangkan. Harga ponsel kamera samsung ini sekitar 7,3 jutaan. Tentu saja sekarang setelah 5 tahun berlalu hape kamera ini sudah tinggal sejarah dan tidak diproduksi lagi.


Namun bagi anda yang masih sayang pada ponsel lama dengan kamera yang masih dirasa sangat bagus anda masih punya pilihan meningkatkan kemampuan kamera kamera ponsel tersebut dengan membeli lensa lensa tambahan untuk ponsel. Seperti lensa tele dan zoom untuk menangkap gambar jarak jauh, atau lensa macro untuk menangkap gambar focus jarak dekat. Lihat contoh gambar lensa tambahan untuk kamera ponsel dibawah ini, di Batam telah dijual secara umum di kkios kios elektronik:


Gambar Lensa tambahan untuk kamera ponsel 

Satu hal yang perlu di perhatikan, lensa tambahan tidak lantas meningkatkan kualitas gambar atau memperbesar filter bawaan gambar. Jika kamera ponsel anda 5 megapixel ya hanya sebatas itu resolusi yang akan anda dapatkan. Akan tetapi lensa tambahan mampu menambah kekuatan daya jangkau kamera ketika mengambil gambar jarak jauh, dan mampu membidik fokus lebih tajam ketika mengambil objek kecil dari dekat. Ada juga lensa tambahan fish eye yang membuat tangkapan gambar jadi unik seperti pada pandangan mata ikan.

Jadilah photographer hanya dengan perangkat ini, memotret, menelpon, berbagi, ngeblog, sekaligus berbisnis. Tapi semua terpulang pada minat anda. Saya hanya menyarankan hal hal praktis, dengan target besar didepan anda. Anda bisa menjadi yang terhebat berkat hobi.
Tahun 2018 sudah tidak terbilang hape hape dengan kamera dengan kualitas 3-4 kali kamera jadul yang saya sebutkan diatas. Namun tanpa sejarah apalah arti sekarang, tanpa adanya tangan dingin para inventor zaman dulu apakah kamera hape akan secanggih sekarang?


Comments

  1. Mungkin, tahun-tahun kedepan fungsi kamera smartphone bisa mengungguli kamera dslr.
    Who knows, karena tehnologi dan kompetitor brand selalu inovatif mengeluarkan fitur-fitur tercanggihnha.

    ReplyDelete
  2. Hahaha ... betul banget! Jaman sekarang kamera hape bisa lebih cangih dari kamera saku. Udah gitu, bisa langsung diedit dan diupload ke medsos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi kalau bisa beli hape premium sekelas s9 atau huawei p20 keren abis

      Delete

Post a Comment