Skip to main content

HOREE, ADA MICROSOFT OFFICE ASLI DI ANDROID!

Microsoft office di Android phone atau Tablet

Ini berita baik bagi pemilik tablet yang ingin mengoptimalkan kegunaan tabletnya dalam menggantikan fungsi laptop, cloudon dapat anda unduh di: CLOUDON ON PLAY STORE
 Walaupun bukan berita baru, tetapi update terakhir daripada aplikasi ini telah membawa penyempurnaan yang dapat membuat kita lebih nyaman bekerja ditablet mempergunakan aplikasi office Microsoft. Sebelumnya kita tahu banyak sekali aplikasi perkantoran yang dapat kita pakai untuk melakukan pekerjaan serupa, tapi menurut beberapa responden, banyak sekali format Microsoft office yang tidak didukung oleh aplikasi aplikasi tersebut. Ketika akan mengedit dokumen di PC misalnya ternyata forfmat tidak di support, kita tentu saja lebih baik tidak memilih aplikasi apabila kita harus capek capek meng "kovert"nya selalu apabila akan di edit oleh perangkat dan sistem yang berbeda.

Jika anda telah memiliki akun ditablet anda bisa mempergunakan aplikasi cloudon ini untuk mengakses gudang gudang penyimpanan anda di awan sana. Saya pribadi misalnya memiliki banyak akun untuk store store berbeda: Google Drive miliknya google, Skydrive miliknya Microsoft, Drobbox, Box, SugaSync dll. Semua penyimpanan itu sangat berguna, ketimbang saya harus membeli harddrive penyimpanan yang bisa saja berisiko rusak dan hilang, saya telah menggunakan store store di awan dan meng "integrasikan"nya ke setiap tablet yang saya pakai, kalau di hitung hitung, saya punya 50 gigabyte di Drop, punya 7giga di Google drive, punya 10 giga di Skydrive. Saya lupa berapa besar gudang penyimpanan saya di sugar sync dan Dropbox. Saya belum bermaksud meluaskan gudang gudang itu karena dokumen saya masih sedikit dalam bentuk data data, kode kode dan software, naskah mentah dan juga beberapa photo yang saya anggap berharga untuk disimpan di cloud.

Kembali ke CloudOn, aplikasi ini sangat membantu ketika saya mengedit dan mengolah data dalam bentuk dokumen: Excel untuk keuangan, Word untuk naskah kadang juga untuk salinan sementara daripada kode kode aplikasi yang masih mati (alias belum dihidupin) yang saya tulis agar tidak lupa. Presentasi, sekalipun jarang saya gunakan tapi karena bentuk formatnya yang benar benar mirip versi desktopnya saya benar benar "Jatuh cinta" pada aplikasi yang satu ini.

Tentu saja anda membutuhkan sambungan internet untuk dapat menggunakannya, karena dokumen yang anda edit juga tidak disimpan didalam tablet, secara praktis tidak akan membebani ruang simpan tablet. Anda bisa pergi ke hostpot untuk menghemat qouta internet. Itu mungkin kelemahan bagi sementara orang yang tidak memasang Wi Fi di rumah, karena harus pergi ke kafe atau kedai kedai kopi yang sekarang umumnya telah menyediakan wi fi di Batam.
 Kelemahan lain daripada aplikasi ini adalah karena dihilangkannya fungsi Macro pada excel, tapi bagi sebagian orang yang hanya sekedar membuat dan mengedit dokumen spreadsheet dasar, ini sudah jauh dari cukup. Saya senang ketika menemukan excel versi CloudOn dapat melakukan split halaman, mengenali simbol mata uang sampai ke Rupiah Indonesia, ini lengkap untuk saya memonitor pergerakan keuangan saya yang hanya berputar putar dari rekening ke rekening lain hingga ke perut (he he he). Tentu saja motivasi saya adalah karena saya punya sedikit bisnis kecil yang harus di rekod dan di monitor melalui spreadsheet yang legendaris bernama Microsoft excel.

Gambar dibawah ini adalah screen capture dari halaman awal tablet android tiga langkah awal membuka CloudOn:
 1. Screen biru dimana ada icon CloudOn yang pertama saya klik
 2. Muncul tampilan "Welcome toCloudO
3. Selanjutnya CloudOn menampilkan beberapa "Gudang gudang Penyimpanan" di    Cloud antara lain Skydrive, google drive, box dan dropbox milik saya:



Saya klik google drive untuk membuka salah satu gudang di awan tempat saya menyimpan dokumen maka akan keluar tampilan di layar monitor tablet:

1. Adalah tampilan folder di Google drive saya
 2. Adalah dokumen yang saya buat dan edit dengan microsoft excel ketika berada di rumah makan
 3.& 4. Format excel tidak berbeda seperti yang terdapat pada desktp PC biasa.

Disamping kekurangan dengan tidak diaktifkannya fungsi macro seperti apabila kita bekerja di Monitor desktop, bekerja ditablet jauh lebih mobile, fiturnya juga berlayar sentuh "full" lagipula jika anda ingin bela belain juga memasukan fungsi macrosnya, anda bisa melakukannya nanti jika sudah membuka laptop dikantor. Tapi kekurangan ini saya rasa tidak akan berlangsung lama fungsi 'macros' pun toh akan melengkapi Microsoft office versi cloud full touchsreen ini pada update update yang akan diberikan berikutnya.

n/b: Ada pertanyaan menarik dari seorang pembaca melalui inbox: Mengapa tidak ada SugarSync di CloudOn yang anda tampilkan? Ini kemungkinan karena saya tidak memasukan akun SugarSync ke dalam akun ditablet saya.
 Lakukan eksperimen anda, kita tidak tahu kalau belum mencobanya....:D

Comments

Popular posts from this blog

TAHUKAH KAMU BEDANYA iPhone BEKAS JEPANG DENGAN SINGAPORE?

Pernah dengar Rumor iPhone rakitan Jepang dan Singapore?

iPhone 5c digemari karena bodynya yang warna warni
Terutama anda yang domisili di batam yang masih sebagai "sorganya" elektronik, kali ini khusus seken. Dari hasil pantauan saya dilapangan peminat ponsel pintar bekas semakin meningkat terutama iPhone. Well, anda datang ketempat yang benar: BATAM.
Harga sebuah iPhone 5, 5c seken sekarang hanya berkisar 900 - satu jutaan disini. Kualitas tentu saja dijamin oleh toko penjual.

Mengapa batam? Karena Batam begitu dekat dengan singapore, hanya berjarak 45 menit (aktualnya hanya 25 menit, namun karena ada peraturan kecepatan di laut perbatasan dalam kecepatan tertentu maka dipatoklah 45 menit) perjalanan santai naik ferry laut, banyak celah dan peluang bisnis, salah satunya adalah bisnis ponsel bekas ini. Jangan anda remehkan ya, omsetnya bisa mencapai ratusan juta rupiah perbulan.  Kembali kepada topik: Perbedaan iPhone seken asal Jepang dan singapore.
Secara fisik, fitur dan…

5 SIGNS WHY YOU ARE GENIUS

IF YOU CAN USE YOUR SMARTPHONE BY RIGHT when you confuse what shall be bought a laptop or a smartphone? Just consider the bugdet that you have for now, then I guess you will buying a phone, Am I right?  But why? Because with a smarthphone you can call your mom by dial her number, or you can texting your friends and send them some messages, so many fun in just one hand. Further more a phone does have networking capacity as laptop does have, so you can also chat with your friends through the internet.
Oh yes! I can't count how many times you can use it for get pictures with your friends and send them into social media like Facebook, IG, and GPlus? That are the ordinary people way to use their phones.

Why we call you are genius one is when you can use your smartphone more than a phone. You can use it for some productivity work such as: Blogging, support working, support learning, and for some excercises. When you so curious, here we go:

Signs 1. BLOGGING
You can use your smartphone fo…

KETAHUILAH! MEDSOS ADALAH MATA MATA YANG PALING MEMATIKAN BAGI PRIVASI ANDA.

Anda para wanita bilang anda tidak memasang photo asli pada profile medsos, jadi apakah anda merasa aman? Jika anda berfikir medsos itu aman bagi privasi anda maka kami akan menjelaskan, mengapa sebenarnnya anda keliru besar. Tidak hanya menjadi potensi bahaya bagi terbongkarnya rahasia privasi kita pada saat kita bersosial media di Facebook, instagram, dan sejenisnya, dan kita memang pada masa ini tidak begitu perduli dengan ruang dan keberadaan privasi kita. Pernahkah anda melihat iklan yang begitu menarik bagi anda dihalaman facebook tetapi tidak dilihat oleh orang lain pada saat mereka membuka halaman yang sama? Karena mereka disuguhi iklan lain yang sesuai dengan minat mereka masing masing. Itu hanyalah pertanda kecil yang harus dipertanyakan, tetapi sekali lagi apabila kita menganggap hal itu tidak berbahaya sebaiknya tunggu dulu, baca artikel ini sampai habis.

Sistem A.I. sekarang begitu pintar dimana sistem ini tertanam pada setiap platform medsos dengan tujuan tertentu: untu…