SISTEM OPERASI ANDROID AKAN SEGERA MENGALAHKAN SISTEM OPERASI WINDOWS

Judul diatas terasa panjang dan asing. Anda yang tahu sistem android itu sudah sangat populer di kalangan pengguna ponsel dan tablet, iOS, sistem operasi besutan Apple juga sangat populer terutama bagi pengguna iPad dan iPhone, akan tetapi dalam hal jumlah pengguna Android mengalahkan iOS lebih 75% pengguna ponsel di didunia menggunakannya, belum terhitung pengguna tablet yang terus merangkak naik, dalam hal pertumbuhan juga Android mengalahkan iPhone karena perbandingan prosentasi tumbuh android cenderung meningkat di banding iOS.

Gambar sistem Android
Yang lebih seru lagi adalah bahwa sistem android terasa lebih mobile dan praktis dan ekosistemnyay lebih kaya. Contohnya semakin banyak generasi sekarang meninggalkan netbook dan kenyataan bahwa netbook memang akhirnya ditinggalkan adalah hal yang wajar karena mobilitas dan kepraktisannya selama ini kurang didukung oleh powerful perangkat lunaknya misalnya sistemnya yang hanya didukung oleh intel atom, keterbatasan kemampuan memainkan game dan multi media yang sedikit berat dimulai dari pelaku bisnis sampingan hingga yang agak serius telah beralih menggunakan sistem android ketimbang tetap bertahan menggunakan netbook - yang artinya menggunakan windows, sekalipun segelintir orang ada yang memakai OS terbuka seperti linux, tapi gaungnya tidak berarti. Android bukan hanya sekedar OS alternative, tapi benar benar akan menjadi OS andalan di masa depan.
JIka kita melihat kecenderungan masa sekarang (termasuk penulis yang mulai lebih sering menggunakan tablet untuk ngeblog, ketimbang notebook) dan kenyataan grafik di bursa ekonomi, kita akan melihat kenyataan bahwa penjualan laptop konvensional dengan sistem OS windows cenderung menurun atau stagnan sementara penjualan tablet android terus merangkak dengan cepat. Bahkan vendor vendor laptop ternama seperti samsung, asus, acer dll, mulai berlomba lomba membuat dan memasarkan  laptop hybrid bersistem android, mereka bersemboyan  "100% android" dan kenyataan bahwa penjualan tablet tablet semi laptop ini ternyata cukup laris cukup mengesankan vendor vendor teknologi gagdet yang lain untuk meniru langkah ini.

Salah satu icon OS windows
Apa sih kelebihan sistem Android dibanding sistem windows?
Dan rasanya jika kita masih berada di tahun 2010 yang lalu, mustahil membandingkan kedua sistem ini. Betapa tidak, windows adalah sistem yang mapan dan dipakai secara luas dikalangan korporat, entartain dan kalangan biasa. Windows komersial, stabil rasanya sudah berusia mapan, sementara android baru lahir masih versi eclair, gingerbeard. Sementara windows dengan windows 7nya berkibar di atas permukaan bumi, sekilas tidak akan yang sanggup menggoyahkannya, bahkan sistem terbuka dan gratis seperti linux dan variannya harus mengakui windows adalah kaisar didunia sistem operasi komputer, sang pendiri adalah manusia paling kaya di permukaan bumi ini, Bill Gates.

Tapi kenyataan Android muncul, masih berbasiskan linux, namun dengan sentuhan google yang sangat inovatif, akhirnya dapat membuat microsoft kalabakan, sistem yang mulanya hanya diperuntukan buat sistem operasi mobile, seperti ponsel dan tablet ini, kini berdiri seperti raksasa dan sangat mengancam kebaradaan windows, microsoft tentu saja tidak tinggal diam. Strategi pertama adalah merilis penyempurnaan windows yakni dengan merilis windows 8 sebagai penerus windows 7. Windows 8 ini, tidak seperti pendahulunya yakni windows 7 yang kurang sempurna untuk layar sentuh, windows penerus ini bahkan sama seperti android cocok untuk layar sentuh tablet. Langkah seterusnya kita melihat microsoft membuat tablet surface bersistem windows 8 RT dan professional. Disamping itu microsoft bekerjasama dengan Nokia dan vendor vendor besar pembuat ponsel ternama lainnya untuk membendung Android dan iOS, terakhir mereka menyadari ancaman yang paling nyata justeru datang dari sistem Android!

Sistem android ini dibesarkan oleh pelaku network dan website berkaliber planet, yakni Google, terus melakukan penyempurnaan, android lebih cepat berubah menuju penyempurnaan dibanding windows, lihatlah, dalam jangka kurang 2 tahun google telah melakukan update tidak kuurang dari 4 kali! Sampai tulisan ini diturunkan, saya masih memakai sistem android 4.2.1 yang disebut Jelly bean, saya masih menunggu untuk mencicipi sistem update terbaru, 4.2.2 dan yang terakhir adalah Lime Pie 5.0.
Setiap update baru pasti akan membawa perubahan yang signifikan. Kelebihan android adalah gratis dan ekosistemnya dengan software yang melimpah jauh melampaui windows dan mulai mendekati iOS.

Bagi kita yang awam dengan istilah ekosistem dalam kaitannya dengan sistem operasi yang kita pakai sehari hari adalah: Microsoft misalnya punya segala software yang dibuat sendiri maupun oleh pengembang (developer) untuk melengkapi pengoperasian sistem operasi mereka, misalnya untuk pekerjaan perkantoran microsoft mempunyai software Microsoft Office yang dapat berjalan atau kompatible dengan sistem lain. Jangan anda kira android tidak meiliki hal yang sama, bahkan android menaroh sistem sistem tersebut baik yang berbayar maupun yang gratis di market place atau google play mereka yang terintegrasi dengan gagdet yang kita pakai, anda tinggal masuk ke market itu dan mengunduh sistem yang cocok dan yang memang anda butuhkan.
Nah dalam hal ini google dengan androidnya jauh mengalahkan microsoft dengan windowsnya, terus terang ketika saya membutuhkan banyak hiburan, internet, aplikasi games, rasanya memakai android jauh lebih nyaman ketimbang memakai windows yang telah bertahun saya pakai untuk bekerja. Karena itu saya mulai mencoba mengerjakan pekerjaan penulisan, input dan membuat dokumen dengan menggunakan sistem baru ini. Well, saya mulai terbiasa.

Bekerja menggunakan tablet android

Kesimpulan:
  1. Walaupun masih terasa mentah, sistem android jelas akan menggantikan sistem windows bagi sebagian penduduk bumi dimasa depan karena stabil lebih banyak dan luasnya jangkauan ekosistemnya
  2. Walaupun microsoft mencoba mengantisipasi kemajuan android yang begitu cepat, rasanya selagi google masih eksis sebagai perusahaan raksasa internet dan pengembang website paling berpengaruh di planet bumi, ambisi microsft untuk bertahan abadi akan hanya menjadi khayalan (memang tidak ada yang abadi didunia, kecuali perubahan)
  3. Sistem android terbuka dan gratis, sehingga pengembang (penulis program, pembuat aplikasi dan game) lebih nyaman mencari uang dengan menciptakan aplikasi yang dapat berjalan disistem android ketimbang sistem windows yang protokoler, tertutup. Walaupun microsoft kemudian membuka sebagian pintu code source mereka untuk para developer, android telah memberikan lebih banyak dan lebih jauh daripada itu.
  4. Penjualan PC dunia lesu, artinya perangkat keras yang selama ini pendukung windows mulai berkurang dan vendornya mulai berpaling ke sistem android yang lebih laku di pasar.
(Tulisan ini 100% saya buat dengan tablet android, yang saya hubungkan ke papan ketik logitech seharga 375rb, memakai mouse bluetooth sony vaio seharga 500rb saya membuka dan meng"create", mengedit hingga membagi bagikannya ke google +, FB dan Tweeter melalui tablet melalui browser Google Chrome for Android)




Comments