Skip to main content

MENGATASI EROR KEYBOARD UNTUK PERANGKAT TABLET DAN WINDOWS8

Masih ingat? Minggu lalu saya menerbitkan tulisan di blog ini tentang pengalaman pertama memakai keyboard fisik buat tablet android galaxy note 10.1 dengan tujuan agar mengetik lebih nyaman, apalagi bila hal itu sudah menjadi kegiatan rutin kita. Pada saat pertama menggunakannya saya sempat kecewa karena mengetik dengan tablet ini tidak sempurna alias "cacat" karena ketika bermaksud mengetik karakter @, untuk penulisan alamat email, (contoh: sufyanyaan@gmail.com) karakter yang muncul malahan ", maka karena panasaran saya mencoba mengetik karakter ", eh yang muncul adalah karakter @.



Saya sampai mengutak atik kode, tapi tidak ketemu akar masalah, kiranya kesalahan ini terjadi karena setting bahasa, karena saya orang Indonesia (Aku cinta Indonesia, coy) saya men-setting tablet ini menggunakan bahasa Indonesia, karena sang tablet menyediakan pilihan tersebut, jadi saya gak salah kan? Mana saya tahu sebelumnya kalau hal ini malahan menjadi masalah pada saat pengetikan menggunakan keyboard fisik tambahan, bagi saya akurasi papan ketik itu penting karena berhubungan langsung dengan produktivitas dan pekerjaan. Jadi saya tidak bisa berlaku seolah hal ini 'no big deal'

Saya membaca artikel microsoft mengenai windows8 baik yang versi professional maupun yang versi windows8 RTnya, disana bule bule itu mengeluh tentang keyboard tablet surface yang juga suka rada rada eror, saya mencari jawaban mikocok (eh, microsoft) jawabannya hal itu ada hubungannya dengan setting bahasa. Eh buru buru saya tutup artikel berbahasa Inggris itu, dan meraih tablet note 10.1 saya, saya periksa setting, ternyata sejak awal saya telah memilih bahasa Indonesia, segera saya rubah setting menjadi bahasa Inggris (dalam hal ini saya lebih familiar bahasa Inggris aksen Amerika, karena keseringan nonton filem hollywood, kali ya... Jadi saya pilih: English US)

Saya tutup setting, saya buka halaman blog saya ketik karakter @ pada keyboard, ternyata sekarang jadi lempang, saya uji seluruh tombol ketik, sekarang baru sempurna! Sialan kesalahan penulisan karakter tersebut hanya karena kesalahan setting bahasa! Padahal seharusnya bahasa tu bersifat universal.
Untuk jelasnya lihat screenshot yang saya lampirkan dibawah ini:

Gambar setting bahasa di tablet, hal ini juga harus dilakukan di PC bersistem windows8
Kebetulan juga saya teringat seorang teman pernah menginstal windows8 pada laptopnya, dan saya menanyakan tentang bagian error, ternyata dia mengalami hal yang sama, dia mengatasi hal tersebut dengan menginstall ulang OS windows8 tersebut perbaikan terjadi karena dengan menginstal ulang berarti secara otomatis mereset bahasa.

Sebenarnya menginstal ulang tidak perlu dilakukan jika hanya untuk membuat keyboard berfungsi normal di windows8, cukup dengan mengatur setting bahasa yang dapat dilakukan melalui program atau dengan mengklik kanan My Komputer. Pada kolom pertanyaan saya akan menjawab pertanyaan seputar hal tersebut....

Comments

Popular posts from this blog

TAHUKAH KAMU BEDANYA iPhone BEKAS JEPANG DENGAN SINGAPORE?

Pernah dengar Rumor iPhone rakitan Jepang dan Singapore?

iPhone 5c digemari karena bodynya yang warna warni
Terutama anda yang domisili di batam yang masih sebagai "sorganya" elektronik, kali ini khusus seken. Dari hasil pantauan saya dilapangan peminat ponsel pintar bekas semakin meningkat terutama iPhone. Well, anda datang ketempat yang benar: BATAM.
Harga sebuah iPhone 5, 5c seken sekarang hanya berkisar 900 - satu jutaan disini. Kualitas tentu saja dijamin oleh toko penjual.

Mengapa batam? Karena Batam begitu dekat dengan singapore, hanya berjarak 45 menit (aktualnya hanya 25 menit, namun karena ada peraturan kecepatan di laut perbatasan dalam kecepatan tertentu maka dipatoklah 45 menit) perjalanan santai naik ferry laut, banyak celah dan peluang bisnis, salah satunya adalah bisnis ponsel bekas ini. Jangan anda remehkan ya, omsetnya bisa mencapai ratusan juta rupiah perbulan.  Kembali kepada topik: Perbedaan iPhone seken asal Jepang dan singapore.
Secara fisik, fitur dan…

5 SIGNS WHY YOU ARE GENIUS

IF YOU CAN USE YOUR SMARTPHONE BY RIGHT when you confuse what shall be bought a laptop or a smartphone? Just consider the bugdet that you have for now, then I guess you will buying a phone, Am I right?  But why? Because with a smarthphone you can call your mom by dial her number, or you can texting your friends and send them some messages, so many fun in just one hand. Further more a phone does have networking capacity as laptop does have, so you can also chat with your friends through the internet.
Oh yes! I can't count how many times you can use it for get pictures with your friends and send them into social media like Facebook, IG, and GPlus? That are the ordinary people way to use their phones.

Why we call you are genius one is when you can use your smartphone more than a phone. You can use it for some productivity work such as: Blogging, support working, support learning, and for some excercises. When you so curious, here we go:

Signs 1. BLOGGING
You can use your smartphone fo…

KETAHUILAH! MEDSOS ADALAH MATA MATA YANG PALING MEMATIKAN BAGI PRIVASI ANDA.

Anda para wanita bilang anda tidak memasang photo asli pada profile medsos, jadi apakah anda merasa aman? Jika anda berfikir medsos itu aman bagi privasi anda maka kami akan menjelaskan, mengapa sebenarnnya anda keliru besar. Tidak hanya menjadi potensi bahaya bagi terbongkarnya rahasia privasi kita pada saat kita bersosial media di Facebook, instagram, dan sejenisnya, dan kita memang pada masa ini tidak begitu perduli dengan ruang dan keberadaan privasi kita. Pernahkah anda melihat iklan yang begitu menarik bagi anda dihalaman facebook tetapi tidak dilihat oleh orang lain pada saat mereka membuka halaman yang sama? Karena mereka disuguhi iklan lain yang sesuai dengan minat mereka masing masing. Itu hanyalah pertanda kecil yang harus dipertanyakan, tetapi sekali lagi apabila kita menganggap hal itu tidak berbahaya sebaiknya tunggu dulu, baca artikel ini sampai habis.

Sistem A.I. sekarang begitu pintar dimana sistem ini tertanam pada setiap platform medsos dengan tujuan tertentu: untu…