ASIKNYA BEKERJA DENGAN TABLET

Pada masa sekarang, tablet bukanlah barang yang mahal, tablet tablet lokal seharga dibawah satu jutaan juga sangat mudah ditemukan dipasaran. Hanya saja tablet masih terbatas digunakan untuk hiburan, main game atau nonton video dan menjepret photo. Keunggulan tablet adalah sifat mobilitasnya yang tinggi. Dipasaran telah beredar berbagai tipe dan ukuran tablet. Tablet berukuran 7 inch yang masih muat dalam kantong celana belakang bahkan masih sangat populer.

Anda dapat menggabungkan tablet tablet ini dengan accesories layaknya ponsel, terutama headset untuk mendengarkan musik, tapi kalau anda ingin berproduktivitas dan terbiasa menggunakan PC konvensional, tidak ada salahnya mencari keyboard atau papan ketik portable yang tipis untuk tablet, kalau ingin nyaman tidak apa apa menggunakan yang lebih besar, artinya tablet kecil papan ketik besar yang penting menunjang produktivitas.
Berbagai ukuran keyboard telah dijual dipasaran
Saya lebih memilih keyboard terpisah agak besar dan nyaman ketika melakukan pengetikan, prinsipnya keyboard ini di gunakan hanya ketika melakukan pengetikan pekerjaan yang membutuhkan waktu, misalnya menulis di blog ini. Saya membeli tiga macam keyboard nyatanya yang paling sering saya pakai adalah keyboard yang paling besar, walau kadang hanya menggunakan tablet berlayar 7"

Ilustrasi 
Kita juga dapat menggunakan bluetooth mouse jika telah terbiasa dengan PC, tapi menurut hemat saya, dengan kelebihan layar sentuhnya, tablet tidak memerlukan mouse. Cukup sentuh geser, cubit, tekan kita dapat memberikan perintah yang kita inginkan ke tablet kita.

APLIKASI PERKANTORAN

Di PC kita mengenal Microsoft office yang legendaris tapi harganya mahal, maklum digunakan oleh kalangan korporat. (Namun sekarang Microsoft office mulai di gratiskan penggunaan dasarnya di iPad dan ponsel). Seiring kebutuhan berkomputasi yang semakin luas dikalangan masyarakat orang mulai mencari office gratis sebagai alternatif office buatan microsoft yang berbayar. Ditablet android dengan mudah kita mendapatkan hal tersebut dan kualitasnya tidak bisa dipandang remeh, apalagi developernya juga selalu menyediakan pembaharuan software aplikasi aplikasi perkantoran ini. Salah satunya adalah Polaris yang dengan mudah dapat kita unduh di google play, biasanya tablet android yang kita beli tidak lupa menyediakan aplikasi office gratis di tablet mereka, saya pernah mencoba sebuah tablet seharga dibawah satu jutaan, sudah memakai aplikasi polaris atau olive yang cukup lengkap, ketika dicobakan spreadsheetnya ke microsoft office ternyata kompatibel

Gambar polaris office ditablet android sudah terpasang secara default
Polaris dan aplikasi office gratisan yang lain semakin lengkap dan mudah digunakan berkat penyempurnaan yang terus menerus oleh developernya masing masing, menopang kemampuan layar sentuh yang menakjubkan, simple dan standard kodenya yang terbuka. Jika kita lihat microsoft office yang sekarang juga dapat kita miliki secara otomatis jika kita membeli tablet surface yang telah dilengkapi keyboard tipis,  jelas kelihatan microsoft tidak mau ketinggalan dengan ide office layar sentuh ini. Sayangnya harganya masih sangat mahal.
Tablet surface Microsoft dengan keyboard buatan mereka sendiri


Polaris menyediakan panduan cara menggunakannya ketika kita membukanya, polaris terdiri dari:

  • Spreadsheet, sama seperti excel di Microsoft office, kemampuan spreadsheet ini juga tidak beda, terdiri dari cell untuk mengetikan huruf dan angka yang dapat memerintahkan formula bekerja, baik melakukan penjumlahan maupun menyingkronkan track track bersifat perintah dalam kesatuan database.
  • Word, sama seperti microsoft word di microsoft office untuk melakukan pengetikan dokumen, surat menyurat dan catatan catatan penting yang bersifat dokumentasi.
  • Presentation, sama juga seperti yang ada di Microsot presentation. Bisa membuat lembar presentasi yang akan kita presentasikan keruang rapat. Kemampuan lembar ini juga tidak berbeda dengan Microsoft office presentation, mengubah tampilan slide, insert gambar, drawing, tabel dan untuk mempresentasikan data dalam bentuk grafik.
Polaris menyediakan panduan cara penggunaannya
(Artikel ini sepenuhnya ditulis melalui tablet yang dihubungkan ke papan ketik portable.)




Comments