Skip to main content

SELANGKAH LAGI DIMASA DEPAN, PERLUKAH MANUSIA MENCETAK BUKU DENGAN KERTAS?

Judul diatas sebenarnya karena saya bingung memilih judul buat tulisan kali ini, terasa provokatif tapi karena prosesnya sedang terjadi dan dimulai oleh generasi kita, saya nekat menulisnya. Belum berapa lama kita agaknya tidak terkejut ketika membaca bahwa beberapa media massa dunia berjatuhan bangkrut, setelah di lakukan investigasi, ternyata terdapat fakta...Los Angeles Times contohnya. (saya sempat mengernyitkan dahi membaca tulisan yang mengatakan koran raksasa tersebut bangkrut karena terlalu bebas mengekspos gambar "panas", lalu kenapa majalah playboy semakin laku?)
Ebook di tablet Samsung

Setelah di cari penyebabnya, dan setelah para pengamat mengeluarkan berbagai pendapat, diketahui, teknologi internet adalah penyebab utamanya. Betapa tidak? Generasi tua yang gemar membaca koran cetak dari kertas mulai tiada, sementara generasi muda lebih memilih membaca memalui Online internet, hal ini berdampak pada penurunan oplah cetak dan kerugian penjualan karena pembeli koran di kalangan generasi muda semakin sedikit. Saya sempat merasa aneh ketika mengamati anak anak muda yang hanya melihat koran sekilas tanpa membeli, saya mendekati salah seorang mereka. Apa jawabannya?
"Kami akan ke taman Wi fi, dan membacanya di Notebook" Saya hampir percaya kita akan berfikiran yang sama. LA times akhirnya memilih mengikuti arus zaman untuk menghindari kerugian yang lebih besar. Pabrik cetak konvensional lalu ditutup, mesin mesin cetak jadi scrap alias besi tua. Sama seperti era mesin tik manual mulai hilang digantikan oleh komputer dekstop, yang sebentar lagi juga akan digantikan oleh sabak sabak digital yang lebih praktis.

Dahulu kita masih membaca komik, hari lain trend berubah ketika generasi yang lahir di era 80-an mulai lebih banyak menonton video dan filem kartun, Era komik konvensional jadi megap megap, untunglah akhirnya muncul orang orang kreatif yang mengelolanya lewat media digital. Hari ini saya mulai berhenti membeli buku yang dicetak diatas kertas karena saya memiliki sebuah tablet yang dapat mempunyai ruang 32 gigabyte. Saya dapat mengunduh buku ebook apa saja dengan mudah kedalam tablet dan membacanya bila masa ada waktu luang. Misalnya, jika harus mencari buku cetak konvensional "Origin of Man" Charles Darwin tentu sulit dan mahal, mana membutuhkan lemari buku lagi, nah kebetulan Sistem android menggratiskan banyak buku buku klasik, saya beruntung karena sejak kecil bermimpi membaca buku buku tebal ini. Kini impian saya terlaksana dengan mudah. Saya memiliki ribuan buku, dari kategori ilmiah, agama agama, fiksi, novel dll. Semuanya dalam bahasa Inggris.

Kita tahu mempunyai buku di rak Digital sangatlah mudah, tidak butuh maintenace, buku akan tersusun rapi secara otomatik, buku juga tidak akan pernah hilang jadi property pribadi kita karena sistem back up telah bekerja secara otomatis di cloud computing milik penyelenggaranya asalkan account kita terdaftar dan selalu tersinkronisasi. Saya dua kali mengganti tablet. ketika tablet lama di format karena di jual, saya mengeset tablet baru dengan account lama saya hanya butuh waktu satu jam seluruh software berikut perpustakaan saya "pindah otomatis" ke tablet baru saya. Bukan saya yang melakukannya, tapi sistem yang tersinkronisasi oleh account lama saya yang melakukannya.

Itulah sebabnya saya percaya Tablet yang semakin tahun semakin tipis karena penemuan baru yang terus improve, akan menggantikan buku konvesional, bahkan telah ada tablet berkemampuan komputer dekstop tapi hanya setipis kertas! Bayangkan dimasa depan, masih perlukah manusia mencetak buku?

Comments

Popular posts from this blog

TAHUKAH KAMU BEDANYA iPhone BEKAS JEPANG DENGAN SINGAPORE?

Pernah dengar Rumor iPhone rakitan Jepang dan Singapore?

iPhone 5c digemari karena bodynya yang warna warni
Terutama anda yang domisili di batam yang masih sebagai "sorganya" elektronik, kali ini khusus seken. Dari hasil pantauan saya dilapangan peminat ponsel pintar bekas semakin meningkat terutama iPhone. Well, anda datang ketempat yang benar: BATAM.
Harga sebuah iPhone 5, 5c seken sekarang hanya berkisar 900 - satu jutaan disini. Kualitas tentu saja dijamin oleh toko penjual.

Mengapa batam? Karena Batam begitu dekat dengan singapore, hanya berjarak 45 menit (aktualnya hanya 25 menit, namun karena ada peraturan kecepatan di laut perbatasan dalam kecepatan tertentu maka dipatoklah 45 menit) perjalanan santai naik ferry laut, banyak celah dan peluang bisnis, salah satunya adalah bisnis ponsel bekas ini. Jangan anda remehkan ya, omsetnya bisa mencapai ratusan juta rupiah perbulan.  Kembali kepada topik: Perbedaan iPhone seken asal Jepang dan singapore.
Secara fisik, fitur dan…

5 SIGNS WHY YOU ARE GENIUS

IF YOU CAN USE YOUR SMARTPHONE BY RIGHT when you confuse what shall be bought a laptop or a smartphone? Just consider the bugdet that you have for now, then I guess you will buying a phone, Am I right?  But why? Because with a smarthphone you can call your mom by dial her number, or you can texting your friends and send them some messages, so many fun in just one hand. Further more a phone does have networking capacity as laptop does have, so you can also chat with your friends through the internet.
Oh yes! I can't count how many times you can use it for get pictures with your friends and send them into social media like Facebook, IG, and GPlus? That are the ordinary people way to use their phones.

Why we call you are genius one is when you can use your smartphone more than a phone. You can use it for some productivity work such as: Blogging, support working, support learning, and for some excercises. When you so curious, here we go:

Signs 1. BLOGGING
You can use your smartphone fo…

KETAHUILAH! MEDSOS ADALAH MATA MATA YANG PALING MEMATIKAN BAGI PRIVASI ANDA.

Anda para wanita bilang anda tidak memasang photo asli pada profile medsos, jadi apakah anda merasa aman? Jika anda berfikir medsos itu aman bagi privasi anda maka kami akan menjelaskan, mengapa sebenarnnya anda keliru besar. Tidak hanya menjadi potensi bahaya bagi terbongkarnya rahasia privasi kita pada saat kita bersosial media di Facebook, instagram, dan sejenisnya, dan kita memang pada masa ini tidak begitu perduli dengan ruang dan keberadaan privasi kita. Pernahkah anda melihat iklan yang begitu menarik bagi anda dihalaman facebook tetapi tidak dilihat oleh orang lain pada saat mereka membuka halaman yang sama? Karena mereka disuguhi iklan lain yang sesuai dengan minat mereka masing masing. Itu hanyalah pertanda kecil yang harus dipertanyakan, tetapi sekali lagi apabila kita menganggap hal itu tidak berbahaya sebaiknya tunggu dulu, baca artikel ini sampai habis.

Sistem A.I. sekarang begitu pintar dimana sistem ini tertanam pada setiap platform medsos dengan tujuan tertentu: untu…