Monday

TUTORIAL MEMBUAT LOGO KEREN DI BLOG PONSEL

Sebelum saya lanjutkan menulis tutorial membuat Logo untuk website yang bernama blogger ini ada baiknya kamu membaca mengapa membuat LOGO itu penting. Baca juga: TAHUKAH KAMU PERAN LOGO DALAM DESAIN TEMPLATE?
Jika kamu sudah membacanya maka kami akan mencoba menyarankan sebuah cara membuat dan memasang logo keren pada templat blog yang dapat kamu lakukan walau tanpa sebuah laptop, berterimakasihlah kepada kemajuan zaman!

1. MEMBUAT DAN MENYIAPKAN SEBUAH LOGO BUAT BLOG.

Karena zaman sekarang ini kebanyakan orang ngeblog itu melalui hape, tablet dan lalu disusul dengan laptop, maka saya akan mengutamakan tutorial ini buat yang ngeblog menggunakan hape dan tablet android.

Sebelumnya harus kamu sadari sebuah logo keren akan "menjual" lebih banyak konten blog kamu kehadapan lebih banyak pemirsa dan kamu juga akan menyadari sebuah logo bahkan mampu membuat sebuah templat blog yang "biasa bisasa" saja menjadi tampak lebih premium dan professional, itulah sebabnya tidak sedikit orang berbisnis membuat dan menjual jasa membuat logo baik real maupun online. Ada beberapa situs membuat logo berbayar, akan tetapi jika kamu mau bersabar dan berkreasi sendiri dalam membuat logo, saya yakin 100% kamu pasti bisa. Lain cerita jika kamu malas, ya kamu bisa minta tolong atau bahkan membayar jasa membuat logo.

Tapi dengan membeli atau minta tolong tentu logo yang kamu harapkan terbatas dengan selera pembuatnya bisa jadi bukan seperti yang kamu harapkan. Membuat logo itu ada tiga hal yang harus kamu perhatikan:

(1) Sederhana, lihat logo Apple hanya sebuah apple tanpa warna namun jadi logo yang legendaris, bukan.
(2) Mengandung pesan, dari logo saja orang mengerti dan juga panasaran apa isi blog kamu.
(3) Sesuai dengan tema. Jadi kalau blog kamu membahas tomat, tidak ada salahnya logo kamu melambangkan buah tomat, bukan?

2. MEMBUAT LOGO DENGAN APLIKASI ANDROID

Pada hape android kamu, masuk ke Play Store. Atau langsung saja klik tautan ini untuk langsung memasuki dan mendonlot Aplikasinya: LOGOPIT PLUS
Tentu saja masih banyak aplikasi pembuat logo lain, tetapi kita fokus ke satu aplikasi saja kali ini ya. Jika sudah selesai mendonlot buka aplikasinya, akan muncul lembar atau kanvas gambar buat kamu berkreasi. perhatikan baik baik , jangan lupa pilih ukuran kanvas terlebih dahulu atau lembaran kerja dan saya sarankan jangan terlalu besar pilih saja antara kisaran 300x200:

Setelah itu kamu siap menambahkan gambar logo yang telah tersedia dengan menekan tombol + namun terlebih dahulu pilih logo karena kalau memilih huruf maka huruf yang akan tampil di kanvas.
Lingkaran merah apabila kamu tekan akan menampilkan gambar logo yang dapat kamu pilih dan kamu edit warna, hingga tetaletaknya, sedangkan warna biru apabila kamu tekan berarti kamu memilih font atau huruf buat menulis keterangan pada logo, dibawahnya ada tanda + yang akan membuat baik logo maupun huruf yang telah kamu pilih tampil di kanvas gambar. Logo logo sangat banyak jumlahnya dapat kamu pilih salah satunya dengan menekannya:
Ada logo "gelas biru" kotak pandora disana, bukan? itu adalah logo yang dipergunakan oleh mbak Anissa buat logo dan favicon blognya yang bertajuk "kotak pandora" he he he

Setelah memilih salah satu logo misalnya maka kamu dapat merobah baik ukuran, tataletak dan warnanya:
Nah kamu tinggal pilih salah satu warna yang paling sesuai dengan selera kamu, sekarang kita mulai menambahkan huruf font agar logo terlihat sempurna, font dapat kamu pilih sesuai dengan selera memperbesar dan memperkecil huruf cukup dengan sentuhan cubit dan merenggangkan jari.
Logo telah dibuat! Simpan photo ada dalam dua pilihan JPG atau PNG maka sebaiknya kamu pilih PNG karena sifat PNG yang transparan sehingga logo dapat kamu letakan tanpa warna latar apa apa cocok sekali buat segala warna header, simpannya otomatis di album ponsel atau tablet dan PC kamu.

3. MEMASANG LOGO PADA TEMPLAT

Baik templat bawaan, maupun templat custom premium yang kamu beli tidak menyediakan Logo yang sesuai dengan misi blog kita, jadi kitalah yang harus membuatnya sendiri. Banyak cara orang dalam membuat dan mendapatkan logo. Misalnya dengan memesan, atau membuatnya melalui laptop melalui aplikasi pengedit gambar. Bahkan di network terdapat penjualan logo secara online dengan harga yang tidak murah. Ada juga yang gratis tapi bentuknya kurang premium dan terkadang disertai dengan cap watermark yang apabila dipasang ke header blog tentu tidak mengesankan.

Langkah 1: Masuk ke pengaturan blogger, lalu pilih pengaturan atau layout kemudian pilih tombol "edit header"
Setelah itu kita akan melihat kotak dialog atau kotak perintah sebagai berikut:
Kotak perintah itu dapat diisikan dengan Judul blog misal: Adelinasasa, lalu deskripsi blog, misal: Gossip Sains & Teknologi. Penempatan gambar bisa melalui dua cara:

 (1) Dari web yaitu cara insert atau memasukan gambar dari web tinggal kopi paste alamat gambar di web lalu pastekan ke dalam kotak perintah, cara ini dapat dilakukan apabila gambar tersebut telah diupload atau di unggah terlebih dahulu kedalam sebuah halaman website, misalnya kedalam halaman laman blog dengan ukuran 300x200 misalnya (jangan terlalu besar).

(2)Langsung insert atau unduh dari komputer, hape atau tablet kamu (saya lebih menyarankan ini, namun terlebih dahulu siapkan gambar logonya dan simpan di album hape atau tablet atau PC kamu.

(3) Saya sarankan kamu pilih conteng tempatkan keterangan setelah gambar

Silahkan baca juga: INI SEBABNYA MENGAPA KAMU HARUS MEMBUAT LOGO DAN FAVICON

4. MEMBUAT FAVICON
Kamu juga bisa membuat favicon dengan aplikasi yang saya tunjukan diatas, ingat ukuran sebuah favicon tidak boleh lebih dari dimensi 100x100 dan harus persegi bujursangkar yang akurat. caranya sama dengan memasang logo pada kepala blog yakni masuk ke settingan dan layout lalu pilih "edit favicon"
Cara membuat favicon ini mudah kita tinggal memilih corping pengedit gambar  bawaan hape, lalu membuat skala 100x100 dengan aplikasi corping jika ingin mengganti favicon blogger dengan favicon buatan kamu sendiri robah mode browser chrome di hape android kamu menjadi "dekstop site" tujuannya  supaya blog dapat membaca ukuran gambar dengan akurat, karena jika tidak dirobah ke mode dekstop, blogger akan keliru membaca ukuran file gambar dengan "too large" atau terlalu besar.
Kamu juga dapat membaca artikel ini dalam versi aslinya berbahasa inggris yang di tulis oleh Anissa Auliasari: HOW TO CREATE COOLEST LOGO IN A BLOG

7 comments:

Tyas innez said...

Bagus dan saya akan coba. Terima kasih

Ivlay Fus said...

sama sama, gan

Risna said...

Jafi pengen ganti logo Mz hihi, cuman header tema ku gak bisa di ganti logo Mz gimana ya ?

Ivlay Fus said...

Bisa tapi itu logo asal asalkan, mending kita buat dengan perencanaan

Risna said...

Udah sempet buat sih cuman di tema ku gk bisa di pasang logonya 😢

Ivlay Fus said...

Coba pakai cara URL, simpan dan publish saja dulu image di Page baru.

Risna said...

Udah di coba juga Mz tapi gak bisa nampil

RESPONSIVE THEME

RESPONSIVE THEME
This theme is working 90% more speed on mobile