Monday

REVIEW: LOGITECH "PAPAN KETIK" BLUETOOTH YANG PAS BUAT NGEBLOG

Selama tiga tahun saya telah membeli lebih selusin keyboard atau "papan ketik" buat bekerja dan menulis melalui tablet dan ponsel android juga buat menulis di iPad. Enam diantaranya adalah keyboard dengan koneksi bluetooth, enam lagi adalah keyboard dengan colokan USB yang pas buat colokan hape.
Beberapa papan ketik bluetooth milik saya seiring usia kemudian menjadi error, entah sebab apa kadang menghapus sendiri tulisan yang dengan susah payah saya tulis, atau tidak akurat lagi pada saat melakukan pengetikan, mungkin salah satu penyebabnya adalah masalah kualitas akan tetapi salah satu keyboard yang error justeru yang saya beli mahal dan dibuat oleh pabrikan ternama (gak usah sebut manufakturnya).

Lalu akhirnya setelah mikir menggunakan papan ketik yang sudah ada saya pergi ke toko dan melihat sebuah papan ketik bluetooth merek Logitech, saya berfikir untuk mencoba sebab Logitech adalah produsen ternama dunia dan ahli dalam membuat papan ketik bluetooth maupun papan ketik USB buat PC dan Tablet Android maupun perangkat iOS yang berkualitas tinggi.

Adapun syarat sebuah papan ketik dizaman now idealnya adalah:

  • Mudah digunakan, muat dalam tas sehingga nyaman apabila dibawa bepergian
  • stylist, artinya gaya dan kuat pada saat diletakan di meja licin tidak mudah bergeser dan goyang, pokoknya mantap.
  • Nyaman digunakan, artinya tutsnya lembut pada saat disentuh buat melahirkan huruf demi huruf, angka demi angka, kalimat demi kalimat. Bisa digunakan buat menulis artikel pada saat ngeblog, bisa juga buat membuat naskah panjang seperti novel, makalah dan kertas kerja digital.
  • Anti slip apalagi error
Setelah timbang timbang akhirnya saya memutuskan mencoba tipe termurah logitech K380 warna hitam, ketika diangkat lumayan tipis dan bentuknya cukup memperhatikan kesehatan ergonomic tangan manusia. Agak berat namun mantap pada saat diletakan diatas meja licin sekalipun tidak akan mudah bergeser dan bergerak ketika tangan penulis menari nari memencet mencet tutsnya gna melahirkan huruf demi huruf yang akan menghasilkan uang di Google adsence.
Saya perhatikan pada papan ketik sudah dilengkapi dengan tombol volume suara sehingga ketika dihubungkan ke tablet atau ponsel android berfungis sebagai alat kontrol volume musik, telepon dsb. Selain itu tombol cap lock, alt, tab dan shift semuanya berfungsi dengan sangat memuaskan, terasa seperti menggunakan desktop PC di kantor.

Kelebihan lain adalah pada 3 barisan tombol kontrol warna kuning terdapat: Bluetooth 1, bluetooth 2 dan bluetooth 3 yang artinya papan ketik ini mampu bertugas mengontrol tiga perangkat Android sekaligus! Misalnya kita menggunakan bletooth 1 untuk tablet pada saat lain kita mau mengetik sms di hape tinggal kita pencet bluetooth 2 maka akan terhubung dengan segera ke hape begitu seterusnya.
Syukur berkat kemajuan zaman kebutuhan itu nyaris terpenuhi oleh beberapa jenis produk, diantaranya oleh merek ternama seperti logitech yang sekarang sedang saya gunakan buat melakukanpenulisan pada saat duduk di sebuah cafe sederhana yang menyediakan fasilitas wi fi gratis pula, jadi saya pikir mengapa tidak dimanfaatkan saja. Harga papan ketik ini pada waktu saya beli tanggal 5 Mei 2018 adalah RP. 350 ribuan dapat dibeli via online atau langsung ke toko terdekat di kota anda. Dan bentuk tombolnya yang bulat bulat mengingatkan saya kepada tombol mekanis mesin ketik zaman bapak saya dulu. Kenangan akhirnya begitu menggoda saya dan akhirnya saya memilikinya.

Setiap kelebihan tentu ada kekurangannya, walaupun nampak papan ketik ini dibuat mempertimbangkan faktor kesehatan anggota badan alias faktor ergonomic namun panjangnya yang terbatas mungkin masih membuat itu terasa berbeda dengan papan ketik PC di meja kantor. Akan tetapi bentuknya yang terbatas itu membuatnya sepadan dengan perangkat tablet dan iPad, namun pada iPad beberapa fungsi tombol untuk menampilkan multi windows tentu saja tidak akan bekerja Sebaliknya tombol tersebut dapat berfungsi dangat baik pada tablet tablet android. Jadi saya rekomendasikan keyboard ini buat dipakai untuk melengkapi tablet android.

Bentuk yang tipis dan kecil lebih menguntungkan buat para traveller, dan blogger petualang, terutama blogger mobile yang biasa menulis konten menggunakan perangkat mobile seperti tablet dan ponsel tanpa PC dan Laptop. Kebutuhan menulis cepat rasanya terpenuhi oleh keyboard yang satu ini. Lagipula keyboard ini dapat dengan mudah dicemplungkan kedalam tas ukuran kecil bersama ponsel, tablet dan power bank.

Bagaimanapun bagi saya papan ketik yang satu ini telah memenuhi katergori saya sebagai sebuah papan ketik yang nyaman, komplet dan mudah dibawa kemana mana bersama tablet dan kamera.


6 comments:

Risna said...

Kayaknya Serius mau nulis di hp ni Mz xixixi

Ivlay Fus said...

kayaknya terinsirasi dari site sukaraja

Tika said...

3 bluetooth? Menarik nih...

ramadani idaham said...

Kayaknya pengen mencoba papan ketik gitu hehe

Ivlay Fus said...

coba coba ayo kalau boleh aku mau jadi makelar papan ketik bluetooth ha ha ha

Dody Purwanto said...

Harganya masih tergolong mahal untuk ukuran rata-rata orang Indonesia. Apalagi jika digunakan oleh pelajar atau mahasiswa. Apa ga bisa diturunin harganya menjadi 100 ribu misalnya? Hehehe...nawar dot com

RESPONSIVE THEME

RESPONSIVE THEME
This theme is working 90% more speed on mobile