Sunday

TIPS MENULIS BLOG DI TABLET ANDROID DENGAN AKSES PENUH

Tablet Android vs iPad
Sebuah Tablet adalah alternatif sebuah laptop dengan kelebihan: Ringan, cepat, simpel dan memiliki kamera bahkan kadang dapat dipergunakan buat nelpon juga jika kamu memilih tablet dengan sistem Android. Dan harganya juga cukup terjangkau.

BACA JUGA: TIGA TABLET PREMIUM LAMA YANG MASIH LAYAK BUAT NGEBLOG

Jika punya budget terbatas saya saankan kamu memilih tablet android dan jangan memilih iPad dengan alasan:

iPAD:
  • Jelas harganya mahal
  • Browser yang terpasang di sistem iOS tidak dapat atau sulit untuk membuka panel Blogger secara penuh alias full access, sehingga tidak bisa membuka blogger panel untuk pekerjaan merubah template blog, mengedit tampilan blog, mengedit HTML dst. Hanya bisa buat menulis postingan blog dan itupun harus dilakukan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga di App.store. Tidak bisa atau sulit dilakukan langsung melalui browser.
  • Asesories tambahan mahal, resmi dan jarang dijual di pasaran, jenis kabel flash yang dipakai kebanyakan tidak kompatibel dengan kebutuhan pengguna dengan badget murah dan terbatas.
Tablet Android:
  • Harga relatif lebih murah, lebih banyak pilihan
  • Browser yang dipasang di tablet Android biasanya memiliki kemampuan yang lebih dalam mengakses sehingga mendekati browser yang terpasang pada desktop/Laptop maupun Mcbook sehingga mudah digunakan untuk mengedit dan mengganti template blog, mengedit HTML dan bahkan membuat template.
  • Asesories murah dengan banyak pilihan misal kabel OTG yang selalu cocok dipakai walau dibuat oleh vendor tidak resmi, dapat dipasangkan dengan keyboard non bluetooth (keyboard pakai kabel tinggal membelikan kabel OTG seharga 30ribuan maka keyboard tanpa bluetooth dapat dipakai buat mengetik)
  • Kemampuan multitasking sebuah tablet android sampai saat ini masih lebih baik daripada sebuah iPad.
  • Tablet Android umumnya memilki opsi ruang simpan eksternal atau bisa ditambahkan dengan kartu micro sd ke dalam slot yang telah disediakan sedangkan iPad tidak walaupun iPad pada saat ini memiliki ruang simpan terkecil 32 GB dan yang terbesar 258GB namun harganya selangit.
Karena alasan lebih baik menulis browser semisal Firefox atau Google Chrome daripada menggunakan aplikasi blogger yang ada di Play Store (Android) dan App.Store (iOS untuk iPhone dan iPad), maka untuk blogger dan penulis saya sangat merekomendasikan tablet berbasis Android daripada sebuah iPad yang sama sama tablet namun berbasis iOS. Kebetulan saya memiliki kedua jenis tablet. Tablet Android kelas menengah sangat dapat diandalkan buat ngeblog.
Dengan tablet android kamu dapat melakukan banyak hal, diantaranya:
  • Melakukan penulisan dengan akses penuh layaknya pada latop, seperti melalkukan penggantian template blog, mengedit HTML blogger atau wordpress, membuat template baru dst. Sebuah hal yang sampai saat ini entah mengapa sangat sulit dilakukan oleh sebuah iPad (kecuali iPad pro yangharganya jauh melebihi sebuah laptop standard)
  • Membuat tablet android sebagai telpon sambil bekerja dan ngeblog kamu bisa menerima dan menelpon (tapi jangan memilih mipad karena entah bagaimana tablet produk xiomi ini malah meniru iPad, tidak bisa buat nelpon) hal - hal yang tidak mungkin dilakukan oelh sebuah iPad. 
  • Kamu dapat memasang kan asesories tambahan apa saja dengan mudah dan murah, misalnya USB OTG 16GB hanya seharga 100ribuan, menghubungkan tablet dengan keyboard pakai kabel layaknya PC desktop. Hal yang tdak mungkin dapat dilakukan oleh sebuah iPad dengan mudah dan murah.
  • Tablet Android juga dijual lebih murah dalam bentuk seken dengan garansi toko. Tablet Android seharga 5 Jutaan dengan mudah kita temukan dengan harga lebih separohnya di Batam namun dengan kondisi yang masih sangat baik.
Lalu bagaimana caranya memanfaatkan tablet sehingga kamu benar benar tidak membutuhkan laptop lagi samasekali? Saya memiliki sebuah iPad tapi hanya untuk membaca dan main game dan sesekali nonton video. Namun tablet android dalam 4 tahun terakhir benar benar berfungsi sebagai pengganti laptop bagi saya, apa yang saya lakukan adalau sebagai berikut:
  • Pertama saya memilih tablet Android dengan prosesor kuat chipset exynos dengan GPU octa core, mahal? tentu saja tidak banyak hape murah dua jutaan telah memakainya. Kedua saya memilih minimal RAM 3GB dengan ruang simpan 32GB. Untuk menyimpan file besar saya telah membeli kartu microSd berkapasitas 258GB via online. harga tablet total bersama asesoriesnya saya beli 2,7 jutaan.
  • Saya menghubungkan tablet saya dengan sebuah wiring keyboard seharga 80ribuan dengan bantuan kabel OTG seharga 25ribuan yakni pada saat saya menulis artikel dan melakukan pengeditan HTML template blog langsung melalui browser.
  • Saya memilih browser Chrome, karena chrome sangat kompatibel berjalan di tablet android dan kemampuannya adalah full akses seperti pada laptop atau desktop.
    wiring keyboard atau keyboard tanpa bluetooth
    Nah itulah cara memanfaatkan tablet Android buat ngeblog atau melakukan pekerjaan penulisan. Sistem android telah berkembang dengan sangat pesat, pengguna perangkat android adalah mayoritas penduduk dunia. 

5 comments:

Risna said...

Hmmm sepertinya muli asik dengan blogging hp CIE CIE

Ivlay Fus said...

Kalau ngeblog aku selalu pakai tablet atau iPad (kalau hanya sekedar buat postingan) Tapi kalau untuk pekerjaan gambar seperti AutoCad/AutoDesk ya aku pakai MacBook/Laptop soalnya membutuhkan detail dan perhitungan yang njelimet he he he

Anissa Auliasari said...

../(,”)\♥ ♥(“.)
… /♥\. = ./█\.
.._| |_ .._ | |_ ★
==============
……….(¯`v´¯)
………..`•.¸.•´
………(●̮̮̃•̃)..(●̮̮̃•̃)
……… /█\ ♥/█\
==============

Andi Nugraha said...

Aku sendiri pernah cek komen aja sih lewat tablet, tapi seru juga memang kalau dari tablet, bisa dimana aja ya..he
Asiknya lagi sembari nongkrong..
Tablet apapun itu yang penting beli sesuai kebutuhan, dan yang pasti sesuai kemampuan..

Ivlay Fus said...

+andi Nugraha betul tu

RESPONSIVE THEME

RESPONSIVE THEME
This theme is working 90% more speed on mobile