AdelinaSasa

because you are so priceless...

Tuesday

TAHUKAN KAMU PERAN LOGO DALAM DESAIN TEMPLATE WEB DAN BLOG?

LOGO vs TEMPLATE
Selamat pagi..
Terinspirasi dengan kesederhanaan, saya mencoba mendesain tampilan blog saya semaksimal mungkin. Maksimal dalam artian: Tampilan maksimal namun sederhana. Duh jangan jangan standardnya hanya menurut selera saya saja. Oleh karena itulah Logo adedansasa.com selalu berubah rubah walau huruf dan fontnya tetap sama.
salah satu rancangan LOGO adelinasasa 
Berbeda dengan membuat template yang harus mengikuti aturan dan kode kode legal HTML, CSS, dan javascript, membuat logo terdengar sederhana karena dapat dilakukan dengan menggunakan peralatan atau aplikasi yang telah ada baik di PC maupun di hape yang didalamnya telah terpadang aplikasi menggambar. Bahkan membuat sebuah logo dapat dilakukan secara manual dengan pensil atau pena setelah itu baru memasangkannya ke header templat yang telah tersedia.

Namun peranan sebuah LOGO tidak bisa disepelekan dalam mewakili image sebuah produk.

Dan walaupun membuat sebuah logo terdengar sederhana, namun tidak semua orang piawai dalam membuatnya, karena hal itu bersifat seni dan berada dalam bidangnya seni. Tidak heran kadang pembuatan logo dilakukan oleh tangan tangan yang memiliki talenta, seperti bakat para juru gambar dan pelukis.

SEKALI LAGI KESEDERHANAAN
Alasan mengapa kesederhanaan itu penting adalah, kita mudah melakukannya, tidak ribet, tenang dan bersih. Sama halnya ketika kita sedang berfikir: Berfikir sederhana akan mendatangkan ketenangan dan kenyamanan,namun pikiran yang rumit akan memakan energi, kalau tidak kuat bisa stress dan vertigo he he he. Lagipula hasil dari buah pikiran yang sederhana lebih dapat diterima oleh orang banyak ketimbang buah pikiran yang "rumit" yang tidak semua orang dapat mengerti, hal hal sederhana biasanya dapat mewakili banyak hal ketimbang hal hal yang rumit.


Mengapa LOGO? Karena logo dipasang di header, dikepala web atau blog anda. LOGO itu ibarat wajah yang akan mewakili web dan blog anda beserta misinya nanti.

MAKSIMALKAN BAKAT MENGGAMBAR DAN MENDESAIN LOGO ANDA
Dengan sedikit ketrampilan menggambar saya menerapkannya di PC tempat saya bekerja disela sela waktu istirihat, saya mencoba menggambar melalui tool Microsoft, termsuk Microsoft paint yang memang telah terpasang secara default di sebuah PC desktop. karena fokus blogger saya tidak lagi ke adsense yang sudah sepakat saya dan google "copot" total saya jadi banyak waktu luang belajar membuat template dan mendesain logo., misalnya LOGO adedansasa yang sekarang, tidak menjamin itu tetap saya pakai mungkin saja akan saya ganti lagi dengan yang lain he he he...dan tentu saja templat blog juga akan saya desain ulang dimulai dari memaksimalkan kecepatan, mengganti warna latar hingga mengedit link.
Tampilan dekstop/PC 

BERTANYALAH KEPADA ORANG LAIN UNTUK HASIL AKHIR
Setelah mengganti LOGO dan template blog biasanya saya akan bertanya kepada seorang teman yang notabene bukan blogger atau berminat terhadap blog, dia hanya pekerja yang fokus kepada pekerjaan dan mesin mesin perusahaan tempat kami bekerja. Saya tanya: Bagaimana bagus gak LOGO web yang saya pasang? jawabannya tentu saja tidak selalu sesuai dengan harapan saya, tetapi orang lain biasanya lebih jujur dan mewakili pendapat orang orang diluar diri kita.
Pada saat teman tadi memberikan masukan begini: "Bagaimana kalau bulannya diputar biar terlihat simetris?"

Saya faham jika ada orang yang berfikiran  seperti itu, maka saya jawab: "Lihatlah buah apel itu simetris bukan, namun kenapa LOGO Apple terlihat seperti menggunakan buah apel yang telah digigit?" Dia tertawa namun setuju. Dan Logo milik perusahaan Apple itu sungguh legenderis!
Tampilan mobile/hape 

LOGO ITU IDENTITAS WEB ATAU BLOG
LOGO itu penting dalam sebuah desain dia termasuk bagian final dan "The last impression" untuk sebuah identitas daripada web maupun blog yang sedang anda kelola...Coba perhatikan baik baik dalam ingatan apa yang pertama kita bayangkan ketika seseorang bertanya "Hape samsung itu seperti apa, sih?" Mudah sekali kita mengingat Logo samsung dan coba bayangkan apa yang ada di dalam benak kita ketika kita melihat logo buah apel digigit dibelakang laptop seseorang? Wow orang itu memakai MacBook, keren bukan? Begitu besar pengaruhnya pada sebuah produk bagi konsumen. Sekarang coba ingat seperti apa logo website KOMPAS, Detik, dan Okezone? berbeda beda, masing logo logo tersebut memberikan kesan kuat hingga kealam bawah sadar kita. Dan itu namanya mempengaruhi daya ingat alam bawah sadar pembacanya.

MEMBUAT LOGO ITU MUDAH. Syaratnya hanya bisa menggambar, punya talenta seni, mau belajar hal hal sederhana. Logo yang sedang saya pergunakan pada template blog yang sekarang adalah menggunakan sotware bawaan laptop atau PC windows yang bernama "paint" hanya dengan menggunakan tool yang sudah ada itu tercipta juga akhirnya logo logo seperti yang saya inginkan:

Perhatikan gambar diatas baik baik pasti anda yang sudah terbiasa bekerja dengan PC windows lama mengenalinya. Kalau misalnya PC windows terbaru tidak terdapat, tentu dengan mudah anda dapat mendonlotnya secara gratis melalui internet. Namun anda bisa menggunakan tool menggambar apa saja yang anda sukai termasuk autodesk misalnya.

Sekali lagi pada prinsipnya mendesain sebuah LOGO dapat dilakukan dengan aplikasi gambar apapun asalkan aplikasi tersebut memiliki tool "save as" karena dengan "save as" kita dapat menyimpan hasil rancangan dalam bentuk format tertentu misalnya GIF, PNG dan JPEG agar dapat di insert ke header templat apabila diperlukan atau menyimpannya ke file blogger untuk ditautkan linknya kedalam kode html.
Baca juga: LOGO WEB UNTUK BLOG HARUS TANPA BINGKAI

Selamat bekerja wahai para blogger, semoga sukses dan penghasilan adsensenya meningkat dari waktu ke waktu. Amin!

10 comments:

Adi Pradana said...

Logonya simpel dan jelas menggambarkan namanya, ade dan sasa

Ivlay Fus said...

Terimakasih,

Dody Purwanto said...

Hehehe...itu bagus kalau dikasih goresan warna emas logonya. Biar ada lambang kesuksesan dan kejayaan untuk blog.

Ivlay Fus said...

Kurang pede, soalnya terlihat kaya hhhh

Kang Nata said...

Logonya simple, sederhana namun manis dilihatnya, menurut saya sich..... :)

Ivlay Fus said...

Aduh makasih kang Nata yang baik...hhh

Kang Nata said...

kmaren warna latarbelakang menunya warna biru, sekarang sudah dirubah yach mas.... jadi merah, :)

Ivlay Fus said...

Hahahaha...benar !

Risna said...

Belom bisa buat.. cma asa hp 😅

Adelina Sasa said...

Aku buat auto 3 warna berubah setiap sepekan, hayo siapa bisa