Sunday

SUKSES NGEBLOG: FAKTA ATAU MITOS?

Pertama kita melihat keadaan dunia website dan bloging masa sekarang. Semenjak tahun 2014 lebih dari 968.882.453 padahal menurut sumber dari website pada tahun 1991 di dunia ini hanya terdapat satu website saja. Semenjak itu jumlah blog dan web bertambah pada setiap 1 detik! Bayangkan di tahun 2018 jika kita hitung dengan deret ukur maka pertambahannya semakin cepat menjadi lebih kurang 0,43 detik! Tetapi tidak juga karena kadang web dan blog tampak menurun, penurunan terbesar terjadi di tahun 2010 yakin 3% tidak diketahui persis apa penyebabnya.
Kita sudah tahu penduduk bumi sekarang adalah 7,264,623,793 (Tujuh milyar duaratus enampuluh empat juta enamratus duapuluh tiga ribu tujuh ratus sembilanpuluh tiga jiwa) dan di taksir pada tahun 2014 saja pengguna internet aktif adalah 3,079,339,857 (3 milyar tujupuluh sembilan juta tigaratus tigapuluh sembilan ribu delapan ratus limapuluh tujuh jiwa). Semenjak itu terus bertambah pada setiap 1 menit. Bagaimana update terbaru di tahun 2018? telah menyumbang tambahan lebih seperempatnya.

Disatu sisi jumlah itu adalah pangsa pasar yang sangat  besar, disisi lain berarti kompetisi liar dan ganas di ranah teknologi blogging. Bagi seorang blogger yang telah sukses karena telah menguasai waktu alias 'timing" kesuksesan dunia blogging tentunya bukan hal yang mustahil, tetapi bagi blogger seperti saya yang baru mulai pertengahan tahun 2017 lalu, terasa banyak sekali tantangan yang kasat mata yang harus diatasi, mulai dari pengatahuan dasar ngeblog yang belum dikuasai hingga mengantisipasi perubahan regulasi dari provider platform blog, perubahan kode kode tertentu saja secara teknis sudah cukup memusingkan kepala, tapi disanalah letaknya seni menghadapi tantangan, bukan?

Pertanyaannya mengapa kita ngeblog? Jawaban hasil survey independent menghasilkan jawaban yang kompak: "To earn money" alias untuk mendapatkan dan mendatangkan penghasilan.

Hal ini dulu tidak terjadi karena para blogger waktu itu benar benar murni ngeblog karena "hobi" dan ingin menyampaikan sesuatu melalui buku harian yang bernama "blog" terang saja karena waktu itu tidak ada cara memonetisi halaman web seperti masa sekarang.

Sekarang mari kita bahas bagaimana jalan sukses melalui blogging (tulisan ini di adopsi dari artikel pendek berbahasa Inggris postingan Anissa Auliasari di blog terbarunya Kotak Pandora:
WHAT A GIRL CAN DO FOR EARN MONEY IN A BLOG?


  • NGEBLOG

Pertama orang ngeblog dan memonetisi blognya, tapi untuk mendatangkan penghasilan diperlukan usaha keras, sangat keras dan keras sekali dan berhati hati dengan potensi kekecewaan misalnya terkena gantung dan terkena ban, mulai dari mendaftar adsense hingga mengkustom tampilan blog mereka agar mudah di akses dan dikunjungi oleh pemirsa, persaingannya semakin besar termasuk para wanita.

Di seluruh dunia telah terdaftar lebih separoh jumlah blogger itu justeru kaum hawa dikisaran usia 18 hingga 34 tahunan dan wanita dewasa yang lebih tua memanfaatkan blog untuk mendatangkan penghasilan dari rumah dengan menulis dan membagikan konten mereka pada awalnya. jumlah blogger Indonesia saja ditengarai melebihi 5 juta orang jumlahnya.

 Kita berteriak dan suara kita hilang ditengah hiruk pikuknya teriakan yang lain yang bergemuruh. Ya, internet itu sudah seperti corong pengeras suara. Bersiaplah kecewa ketika penghasilan menjadi stagnan dan lalu menurun drastis

Ngeblog itu awalnya adalah diary pribadi yang ditunjukan kepada orang orang di dunia maya, "diary"nya bisa dibaca namun kadang bloggernya menggunakan nama samaran agar tidak terekspose kehidupan pribadinya, tetapi seiring waktu blogging lebih mirip dengan website klasik hampi hampir menjadi media informasi yang menulis tentang berbagai hal: dari teknologi, fashion, gagdet, pertanian, dan sebagainya. Beberapa blog berkembang dengan niche niche khusus, blog blog seperti inilah yang kelak beruah menjadi ladang bisnis: Jualan online.


  • BLOG BERUBAH MENJADI PENOPANG BISNIS ONLINE.

Blogger yang berhasil itu meninggalkan sektor nyaman yang hanya melulu menulis dan membagikan konten, cara ini di peraktikan untuk menjaring uang melalui tayangan iklan adsense, kadang dibutuhkan membuat beberapa blog dan sangat sulit melakukan update bagi halaman blog yang berbeda beda, membutuhkan dan menyita banyak waktu, itupun tidak akan semua blog bisa di monetisi, membuat banyak blog juga berbahaya jika tidak berhati hati akan terperangkap traffik iligel yang diterjamahkan oleh mesin pencari google sebagai iligel karena blog blog yang di tulis dan dimiliki oleh orang yang sama terkadang tanpa sengaja terhubung dan membahayakan sistem monetisi google adsense atau provider penayangan iklan lainnya.

Meninggalkan sektor nyaman tidak berarti berhenti membuat konten malahan akan menambah bobot dan kualitas konten kita menjadi meningkat karena postingan berisikan data real dari usaha kita sendiri.  Contohnya sebuah blog yang rajin memposting gagdet hape dan memiliki niche sejenis itu pada akhirnya berbisnis menjual hape hape bekas dan menjadi terkenal di suatu daerah. Blog itu kini di kelola oleh adminya dengan membayar penulis yang juga merangkap sebagai karyawan toko onlinenya.

Ketika itulah sebuah blog mulai bertransformasi menjadi penopang bisnis real, membawakan promosi promosi produknya kehadapan para pemirsanya yang sudah berjubel di dunia nyata. Blog penopang seperti ini biasanya memiliki trafik yang tinggi dan pengunjung organik yang asli bagai emas 24 karat. Mengapa bisa demikian? Karena blog telah dikelola untuk menopang bisnis real dan telah memiliki update yang teratur. Penulisnya telah mampu membayar karyawan yang bergantian mengupdate dan membuat konten yang related dengan kebutuhan pelanggan.

Saya ingin sekali menujukan contoh para orang muda yang sukses berjualan hape seken dan barang barang elektronik di Batam, dan juga para gadis muda yang sukses meraup rupiah karena sukses mempromosikan jualan produk kecantikan, tas hingga asesories gagdet yang berawal dari sebuah blog yang terus mereka update walau tanpa monetisi. Kini mereka memiliki semua kebutuhan ini: Toko online, rumah yang layak dan mobil yang standar untuk bekerja.

Beberapa blogger juga terbukti meninggalkan basis ngeblog semata mata posting melulu, mereka sudah mulai menggunakannya sebagai sarana pemasaran, misalnya jualan template,  menawarkan jasa pelatihan khusus, mengajar dsb.


  • SAATNYA MENABUNG DAN BERINVESTASI

Terus apakah perjuangan sudah berakhir? Seharusnya tidak. Dan begitulah tantangannya. Pada teman teman cewek yang sudah sukses itu mereka nampak tidak lagi menulis dihalaman blog atau web mereka, tetapi mengapa postingan tetap teratur ada? Karena mereka kini memiliki jaringan bisnis, saling membayar untuk sebuah harga daripada artikel dan postingan yang related atau terkait dengan bisnis mereka, kebanyakan adalah artikel yang bersifat informatif. Tentu saja hampir semua pelanggan mereka menunggu informasi informasi terbaru. Mesin pencari bertengger di halaman web mereka dan trafik mereka terus naik.

Akan tetapi bisnis harus selalu bersifat inovatif dalam hal menjalankan strateginya. penghasilan tidak selalu menjulang dan menggunung dari sumber daya yang sudah ada. Maka diperlukan langkah langkah berjaga jaga dengan menyisihkan penghasilan menjadi tabungan dan juga ber "investasi" di beberapa sektor bisnis yang berbeda.

Beberapa mantan blogger itu kini memiliki dua tiga usaha: Dari perkebunan, transfortasi hingga jasa travel
Itulah sebabnya mengapa kini sebagian mereka "menghilang" hanya ada dua sebabnya: Gagal dan putus asa atau sukses menapaki jenjang yang lebih tinggi. Anda yang tinggal boleh jadi karena "stagnan" hanya bisa berjalan ditempat atau....seperti Anissa selalu katakan kepada saya: Terlalu cinta sehingga sulit meninggalkan.

Tetapi itu hanya asumsi, anda akan membantahnya pada hari ini, tetapi ketika anda juga berhasil mencapai target itu anda akan ingat kepada atikel ini: Mungkin lima atau sepuluh tahun lagi, siapa tahu?

Jadi sebenarnya begitulah  seharusnya tujuan ngeblog: "To Earn Money" walau dapatnya tidak seberapa yang penting halal, namun target dan impian anda jangan dilupakan.

9 comments:

ramadani idaham said...

Alasan gua ngeblog bukan karena uang, tapi karena pengen try to be funny aja ckck

Ivlay Fus said...

Dengan alasa itu ngeblog tidak akan membebani pikiran

Hanisah Alin said...

karena mungkin belum ketemu jalannya

Ivlay Fus said...

Makasih Hanisah

Hanisah Alin said...

I love you bang Ivlay 😁😁😁

Idris Hasibuan said...

Gue juga ngeblog bukan karena uang, hanya ingin berbagi destinasi di indonesia dan pikiran absurd gue

Ivlay Fus said...

Gue juga gak begitu amat sih, tapi kalau bisa buat kaya mengapa tidak ? Hehehehe..peace..

Dody Purwanto said...

Uang dan passion, itu gue banget gitu lho...hehehe

Anissa Auliasari said...

Uang itu penting sekali walau bukan segalanya

RESPONSIVE THEME

RESPONSIVE THEME
This theme is working 90% more speed on mobile