AdelinaSasa

because you are so priceless...

Thursday

TREND WUJUD SMARTPHONE 2019-2020, SEPERTI APA?

Pada tahun tahun sekarang apalagi pada tahun tahun tersebut hape tanpa bezel alias tanpa bingkai untuk layarnya yang tipis dan lebar sudah merupakan hal biasa, teknologi akan berjalan kepada trend berikutnya. Tetapi mengapa ya teknologi selalu  berubah cepat dalam segi model, fungsi dan gaya, berevolusi, dan apa arti perubahan itu?
Artinya alam semesta tetapbekerja, menyesuaikan segala bentuk dan fungsinya dan mengikuti kebutuhan manusia dari waktu ke waktu. Gak ada yang abadi di atas dunia ini. Saya sering membaca kekuatiran berlebihan orang orang dalam melihat arah kemajuan teknologi, padahal teknologi tidak semata mata mengerikan tapi juga menyenangkan. Tujuannya adalah menjawab tantangan yang terjadi di masa depan.
Hal ini juga terjadi pada smartphone yang dari waktu kewaktu wujudnya berubah, bukan tanpa arti. Saya teringat teman teman engineer di kantor berkata: bentuk mengikuti fungsi, apakah hal itu juga berlaku pada smartphone?

Mungkin saja jawabannya YA. Pada saat kekuatan prosesor dan mesin meningkat, dan pada saat kebutuhan sebuah hape masih dalam genggaman tangan orang orang mulai menyadari: mereka membutuhkan sebuah gagdet yang dapat membantu mereka beraktifitas dalam menjalankan kegiatan hidup sehari hari. Dan sebuah smartphone harus memiliki layar luas, lega dan nyaman di lihat namun....harus tetap bisa di genggam!
Bayangkan sebuah hape dengan bezel yang kasar bagai pigura pajangan photo sementara layar monitornya hanya beberapa inchi, terlalu boros memakan ruang genggaman dan terlalu sempit layar yang dapat di manfaatkan buat bereksplorasi, bukan hanya sekedar memberikan pengalaman berinteraksi dengan sebuah gagdet dalam genggaman. Tetapi butuh sesuatu yang nyaman di genggam, nayaman di lihat, tipis, ringan dan kuat. Kuat dalam segala hal: Kuat daya tahan batterynya, cepat dan gegas baik pada saat browsing maupun pada sat memainkan game.
Layar menjadi lebar dengan menghilangkan bezel sebuah smartphone tanpa perlu menambah ukuran dimensi gagdet itu sendiri. Tetapi hal itu ternyata tidak lagi cukup, di dorong oleh mimpi pasar dan persaingan inovasi baru, Samsung mulai membuat gagdet smartphone dengan kemampuan dilipat.

Kita tidak perlu memikirkan dari bahan apa gagdet tersebut dibuat, yang jelas inovasi ini pasti akan disertai dengan peningkatan fitur: Salah satunya, pada saat dilipat smartphone berubah menjadi smartphone dengan layar bolak balik. Dan pada saat tidak dilipat smarphone berubah menjadi sebuah tablet yang kuat dan dapat menggantikan fungsi laptop buat bekerja.
Bayangkan suatu hari kita memiliki sebuah smartphone, tablet dan laptop sekaligus didalam saku pakaian kita, namun syarat keberadaan gagdet seperti itu adalah:

  1. Gagdet harus tipis.
  2. Tanpa bezel.
  3. Dapat dilipat dan sangat elastis.
  4. Kekuatan prosesor kelas PC dengan teknologi nano.
  5. Memiliki aplikasi atau software sekuat PC.

1. TIPIS
Dimensi tipis sangat diperlukan pada gagdet smartphone lipat karena ketika sebuah bidang dilipat menjadi dua maka ketebalannya akan menjadi duakali lipat ditambah gap atau celah diantara lipatan. Teknologi ini telah memenuhi kriteria dalam tahun tahun belakangan

2. Tanpa bezel. Adalah cara memaksimalkan ukuran layar monitor tanpa mengorbankan kenyamanan karena harus membuat ukuran dimensi gagdet yang besar. Layar seolah menempel pada permukaan gagdet. Layar juga harus memiliki sifat elastis yang khusus, terbuat dari material olahan yang melibatkan teknik tinggi

3. Dapat dilipat dan sangat elastis. Tentu saja harus terbuat dari material khusus, dengan teknik engineer yang maju. Layar dapat dilipat pada beberapa titik tanpa meninggalkan bekas lipatan pada saat dibuka menjadi lebar agar smartphone bisa berfungsi sebagai tablet dan laptop

4. Prosesor Hape telah berkembang semakin kuat, pada saat nokia dengan sistem operasi awal seperti OS java dan symbian, pada saat itu tidaklah terbayangkan bahwa suatu hari sebuah hape membutuhkan sistem operasi yang mirip dengan PC dan memiliki prosesor atau mesin bertenaga hingga 4 core. Namun hari ini berkat teknologi, prosessor mobile berkembang semakin rumit, kuat dan cepat untuk menjalankan sistem operasi sebuah smartphone dan tablet sehingga nyaris menyamai sebuah PC.

5. Disamping sistem operasi (OS) Android dan iOS yang dewasa ini terus berkembang, aplikasi pendukung juga berkembang dan terus terupdate mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan pengguna. Di samping itu muncul para pengembang yang menciptakan aplikasi aplikasi baru atau mengembangkan aplikasi yang dulu hanya terdapat pada PC windows sehingga kini dapat di temukan pada hape iOS atau Android.


2 comments:

Risna said...

Hp ku banyak banget bezelnya Mz 😂😂

Nay Fus said...

Sabar say...demi waktu semuanya akan kita miliki ...hhhh