AdelinaSasa

because you are so priceless...

Saturday

KOTA WISATA DAN IMPIAN DI MASA DEPAN

Masa depan masih jauh, akan tetapi konsep kotanya yang ideal telah dibuat oleh manusia dengan mempertimbangkan dampak sebuah permukiman dan tata kota modern terhadap lingkungan hidup di masa depan.

Siapakah yang tidak ingin hidup disebuah kota yang indah, nyaman dan damai?
Kota kota ini mengambang di atas permukaan laut, di bawah laut dan ditepi pantai, atau setengah mengambang di udara dan mampu menghidupi dirinya sendiri beserta seluruh isi penghuninya yang  berjumlah hingga diatas 50.000 (limapuluh ribu) kepala keluarga. Konsep ini di cetuskan pada tahun 2008 atau sepuluh tahun yang lalu oleh Vincent Callebaut arsitektur asal Belgia,  seorang arsitektur yang bercita cita membangun gedung gedung yang terintegrasi dengan  sebuah kota berdasarkan konsep alam semula jadi.

Tentu saja untuk merealisasikan kota kota impian ini membutuhkan beaya pada awalnya dan beaya itu tentu saja tidak sedikit. Seperti apakah kota kota impian nan permai ini, baiklah kita akan melihat diantaranya:

1. THE 5 FARMING BRIDGE
Bak sebuah kota Alien, rancangan kota ini menyulap daerah mosul Irak tepatnya di pinggiran Sungai Tigris menjadi sebuah kota dengan perumahan yang mampu mengolah 55ribu energi plus. Apakah itu? Kita dapat membayangkan modul modul perumahan yang berbeda dari biasa yang diklaim dapat dibangun dengan cepat dan murah dan memanfaatkan energi dari alam sekitar.
Sumber photo vincent callebaut org
Kota jembatan ini di liputi oleh pemandangan hijau dari tanaman yang berarti tempat tinggal yang terintegrasi dengan pertanian dan sistem irigasi sungai Tigris memakai hukum Archimides, dan nampaknya dibangun mengikuti konsep kota mistis Taman bergantung kuno Babylonia dengan konsep sistem irigasi yang modern. Jembatan itu mampu memproses air dingin untuk keperluan sehari sehari secara alami buat dikonsumsi penduduk hingga untuk keperluan bercocok tanam. Kita juga melihat drone yang terus melayang di atas kota, bisa jadi berguna sebagai alat penguat telekomunikasi dan broadcasting.

Bagi orang orang timur tengah yang umumnya beragama islam kota ini sangat ideal karena menyediakan tempat ibadah Mesjid yang cantik dan sejuk, rumah sakit yang lengkap dengan peralatan alam yang canggih.

Silahkan kunjungi Sumber lengkap: VINCET CALLEBAUT PROJECT DI SUNGAI TIGRIS

2. KOTA BUNGA LILI (LILYPAD)
Dari The 5 farming Bridge mari kita berkunjung ke kota Bunga Lili. Kota ini terapung di laut. Jadi jika suatu hari kelak daratan semakin tenggelam kedalam air, model kota ini adalah solusi yang paling masuk akal untuk dihuni dengan nyaman. Walaupun menurut hukum Archimedis melelehnya es kutub tidak akan menaikan permukaan air laut, sama seperti melelehnya bongkahan es didalam mangkok tidak akan membuat air meluber melewati permukaan mangkok tersebut. Namun berada dipermukaan laut tanpa tenggelam adalah sebuah pengalaman hidup yang cukup menarik bagi manusia.
sumber photo vincent callebaut org
Kota ini dibangun berdasarkan konsep bunga lili, kota ini dapat menampung 55ribu penduduk dan bebas dari emisi atau pencemaran udara, kota kota ini dapat dibangun sepanjang perairan di dunia terutama dari Monaco Eropa hingga Polinesia. Kota ini akrab dengan lingkungan karena didalamnya dikembangkan kehidupan flora dan fauna desainnya modern sehingga dapat mengatasi pengaruh buruk pemanasan global, dapat memproses gas CO2 sendiri, memanfaat kan energi solar matahari, biomass dan gelombang laut.
Untuk lebih lengkapnya kunjungi sumber lengkap KOTA BUNGA LILI

3. AEQUOAREA
Kota ini terletak di Rio de Jeneiro Brazil mengapung dilautan, dibangun seluas 1.35KM persegi dengan 25 ribu program perumahan, taman koral, lahan pertanian, pusat sains, pendidikan, komunitas, perkebunan dsb. Tentu saja sama sama memiliki kelebihan dengan kota kota lain yang konsepnya juga dekat kepada alam, tidak merusak lingkungan dan memanfaatkan energi alami dilingkungan.
Sumber vincent callebaut org
Namun walau nampak sepintas sama kota ini sebenarnya berbeda dengan kota bunga lili, kota lilypad atau kota bunga lili itu terapung dan dapat berpindah di sepanjang lautan sedangkan aequoarea itu seperti memiliki akar hingga di kedalaman laut dan nampak tidak berpindah jaraknya dekat kepada kota di daratan, dibawah dasarnya masih terdapat beberapa fungsi kota yang bekerja secara terpadu kepada sistem kota.
Untuk lebih lengkapnya kunjungi sumber lengkap AEQUOREA

Masih sangat banyak lagi konsep kota menarik dari vincent callebaut. Nampaknya untuk model perkotaan, Cina menjadi lokasi yang paling banyak dijadikan tujuan projek, disamping India, Eropa, Timteng hingga Asia tenggara.

No comments: