Wednesday

BAGAIMANA KITA BERDIRI TEGAK DI TENGAH HIRUK PIKUKNYA KERAMAIAN?

Menurut blogpress, di Amerika ada 16 juta orang sedang menjalani pendidikan blogging. Mereka menulis beragam topik blog dan setiap website, setiap blog yang kita buat telah menyumbang berbagai dasar ilmu pengatahuan dan informasi penting secara online yang di butuhkan oleh orang orang zaman sekarang pada saat mereka berkunjung ke halaman website online. Dan nampaknya sumber informasi yang paling banyak di kunjungi oleh manusia pada saat sekarang adalah melalui internet. Dan juga blog.
Dan, seorang blogger pemula akan menghadapi hal ini: Mencoba berdiri di tengah hiruk pikuknya keramaian, menghadapi persaingan sengit, persahabatan, antipati dan simpati para pembaca.

Jangan sedih pada saat website dan blog anda sepi, sepanjang anda telah mencoba menulis dengan sebaik yang anda bisa anda telah menyumbangkan sesuatu kepada dunia. Johannes Kepler seorang imuwan dan cendikiawan besar pernah mengalami hal yang sangat suram pada saat menerbitkan penemuannya yang dia tuangkan kedalam sebuah buku astronomi: "Buku telah aku tulis! Aku tidak perduli biar seratus tahun lagi baru menemukan pembacanya"



Hari terakhir ketika semua kekuasaan menentang buah pikiran dan penemuannya hingga kuburannya di obrak abrik oleh para fanatik, Kepler tetap dikenang dan abadi, pusaranya adalah buah pikiran dan penemuannya yang telah dia tuangkan kedalam bukunya. Dia dikenang sebagai seorang ilmuwan yang paling berpengaruh dalam bidang astronomi dan telah merobah pandangan manusia hari ini tentang alam semesta.


1. JADIKAN BLOG ANDA SUMBER INFORMASI TERPERCAYA

Penulis hoax mungkin dapat menjadikan bahan tulisan hoaxnya menjadi sensasi dan mendatangkan pengunjung yang ramai, akan tetapi ketika kebohongan terbongkar dia akan cepat ditinggalkan dan dilupakan. Itu bukan sebuah pekerjaan jangka panjang bagi seorang blogger sejati, sebaliknya informasi hoax juga akan mendatangkan risiko hukum yang serius dalam jangka panjang.

NO HOAX


Sebaiknya anda mulai dari minat, keahlian dan hobi anda. Misalnya jika anda jago koding, mengapa tidak menulis tutorial koding dengan gaya tulisan lugas, sederhana dan gampang difahami? Jika anda berminat terhadap peternakan anda dapat menulis topik tersebut dengan bahasa yang sederhana, mudah dicerna dan dimengerti oleh pengunjung. Hobi juga kadang bisa mendatangkan pengunjung dari para pengunjung dengan minat yagn sama. Jika anda hobi mengutak utik gagdet mengapa tidak menuliskannya sebagai tips dan tutorial bagi penggemar yang sama?


2. SETIALAH TERHADAP PEMIRSA ATAU PENGUNJUNG ANDA.
Pengunjung adalah seperti pelanggan dalam perdagangan dan jual beli. Mereka hanya datang untuk mengambil apa yang mereka butuhkan. Jangan kuatir, di dunia ada 2 milyar pengguna internet, ratusan ribu orang berpotensi menjadi pengunjung anda. Anda dapat memilih topik yang akan anda bahas bersama mereka. Beberapa kesalahan yang harus anda hindari:

  • Tidak konsisten. Blogging setengah hati. Pada saat ada mood baru blogging sedangkan anda tahu yang namanya mood, insipirasi dan semangat itu tidak akan datang setiap waktu yang anda harapkan. Blogging yang tiba tiba lari dari topik yang selama ini setia anda posting juga berpengaruh terhadap motivasi para pengunjung untuk bertandang. Untuk menjadi blogger yang baik dan sukses tidak perlu menulis setiap hari, tetapi menulis dengan teratur itu sangat penting karena tulisan adalah denyut nadi kehidupan blog anda.
  • Yang paling fatal adalah ketika anda berhenti blogging hingga waktu lama, ini bisa mengakibatkan traffik blogging menurun drastis, hampir tidak ada keajaiban yang dapat menolong blog anda dalam menarik pengunjung pada saat anda "absen", ibarat sebuah toko yang tutup dalam jangka waktu lama pelanggan tentunya mencari toko lain untuk membeli kebutuhan mereka.
  • Malas memposting artikel. Ini adalah kesalahan fatal, rasa malas harus dilawan. Blogging itu adalah pekerjaan, sama sseperti pekerjaan lain jika anda malas pekerjaan akan menurun baik kualitas maupun penghasilannya. Jika anda bekerja di perusahaan dan anda malas, apa yang akan terjadi?
3. BLOGGER BUKAN HANYA KITA

Blogging akhir akhir ini begitu ramainya di internet, dari anak SMP, SMA hingga orang orang dewasa yang menjadikan blogging sebagai hobi, penopang bisnis, profesi telah ikut meramaikan dunia blogging. Di tanah air saja untuk masa sekarang bersumber dari berita Antara ada sekitar 3 jutaan blogger tanah air, atau dengan penjelasan: Sampai akhir tahun 2017 tercatat 3,5% dari 88,1 juta pengguna internet di Indonesia.

Di dunia tercatat 1,5 milyar pengguna internet dengan 200 juta orang adalah blogger. Jumlah ini setara dengan 6,7 kali lipat penduduk negara Malaysia.

Keramaian ini tentu saja mendatangkan persaingan ketat anda diharuskan menunjukan kualitas blog anda termsauk kesederhanaan disegala sisi, jika yang anda target adalah trafik yang tinggi saya masih percaya blog perpenampilan sederhana namun berkualitas masih berpotensi meraih kesuksesan.

4. KESEDERHANAAN
Kesederhanaan dapat kita jadikan andalan untuk membuat sebuah blog menjadi menarik bagi banyak orang. Kesederhanaan blog bukan hanya mempercepat interaksi dengan pengunjung yang kebanyakan adalah kalangan biasa tetapi juga mampu mempercepat blog tampil di mesin pencari. Beberapa hal sederhana yang dapat anda terapkan:
  • Kesederhanaan dalam berbahasa. Anda dapat memikirkan, orang kebanyakan membaca hal yang sangat mudah mereka cerna. kesederhanaan berbahasa tidak lantas mengurangi bobot tulisan tapi justeru mempercepat penyampaiannya kedalam diri pengunjung. Para pengunjung adalah kalangan berbeda dalam hal kecerdasan, wawasan dan ilmu pengeatahuan namun mungkin saja memiliki minat yang sama sehingga mereka mengunjungi halaman web anda. Bagi orang kebanyakan bahasa yang rumit akan menyulitkan mereka mengerti isi tulisan anda. Sementara bagi orang terpelajar bahasa sederhana tidak akan mengurangi kesan mereka terhadap bobot tulisan anda. Ini hanyalah tentang bagaimana menyederhanakan suatu interaksi anda dengan pengunjung.
  • Kesederhanaan tampilan web atau blog. Kesederhaan tampilan sebuah blog erat kaitannya dengan theme atau templat yang akan anda pilih sesuai selera anda. Tampilan sederhana tidak banyak widget dan warna warni biasanya jauh lebih ringan dan mempercepat loading internet. Tentu saja sangat menjengkelkan membuka sebuah halaman web namun loadingnya memakan waktu yang lama 
5. JADI DIMANA DAN BAGAIMANA KITA BERDIRI?

Kita hanya perlu menjadi sesuatu untuk menunjukan diri kita, begitu pula dengan blogging. Banyak penulis yang menyarankan, jadikan blog anda menjadi sebuah blog yang unik, tetapi anda jangan lupa anda sendiri adalah makhluk yang unik di atas dunia, ketika seseorang mendekati diri anda dan semakin jauh mengenal anda, mereka akan melihat bahwa anda adalah unik dan tidak ada seorangpun yang menyamai anda. Apakah artinya itu?

Artinya jadilah diri kita sendiri. Karena sekeras apapun anda mencoba menjadi unik ujung ujungnya hanya terperangkap menjadi orang lain dan itu tidak akan pernah selamanya menyenangkan. Menulis adalah cerminan diri kita. Sebuah tulisan-jika tidak menjiplak-pastilah berasal dari dalam diri kita.


Di dalam diri kita terbentuk kepribadian, pengalaman dan pemikiran yang dapat kita tuangkan kedalam bentuk tulisan. Dan kita dapat memperkenalkan diri kita melalui interaksi dengan pengunjung. Memposting tulisan orisional, asli dan unik dari dalam diri kita sendiri. Jangan pernah melihat hebatnya milik orang lain karena kita tidak pernah benar benar tahu tentang mereka dari balik penampilan mereka yang aduhai.


Kami hanya mencoba menjelaskan dan meluruskan cerita dalam hidup

2 comments:

Kang Nata said...

iya berdirinya ditempat teduh yang dekat dengan jualan es Parut Mbak,,,biar ngk kepanasan. Betul. :)

begitupun juga dng ngeblog,,nulis saja yg bikin kita happy dan nyaman.beresss dech...:)

ohy....tulisannya klu di buka via dekstop kecil sekali Mbak..... saya sedikit kurang nyaman membacany.

Padahal apa yg mbak tulis sangat menarik......

Anissa said...

kang Nata ada usul buat memperbesar tulisannya? he he he makasih sebelumnya

RESPONSIVE THEME

RESPONSIVE THEME
This theme is working 90% more speed on mobile