Sunday

TEMUAN TEKNOLOGI YANG PERNAH MENJADI EUFORIA HOAX DI INDONESIA

Bahkan seorang presiden dan seorang menteri sempat 2 kali terjebak hoax hoax ini.

Tidak jelas mengapa berita hoax begitu cepat menyebar, bahkan ajaibnya sempat dipercayai oleh para pemimpin tinggi Indonesia, mungkin karena berita berita hoax biasanya tidak pernah tanggung: selalu luarbiasa dan memancing perhatian orang orang yang haus sensasi dan ingin memuaskan rasa ingin tahu dari berita berita yang berbeda.

1. NUTRISI SAPUTRA
Pada tahun 2006 seorang lelaki bernama Umar Hasan Saputra sempat membuat malu presiden SBY karena pupuk ajaib hasil penemuannya. Pupuk ajaib ini disebutkan mampu melipatkan gandakan produksi pertanian dengan sangat signifikan karena pupuk tersebut mengandung nutrisi yang sangat tinggi. Presiden SBY tentu saja bangga dan memberikan instruksi kepada menterinya agar membantu Umar mengembangkan teknologi hasil temuannya. Karena kalau benar nama Indonesia juga akan harum di antero dunia. Tetapi setelah tim turun kelapangan terungkap temuan saputra hanyalah omong kosong alias HOAX saja.

2. PLTH (Pembangkit Listrik Tenaga Hampa)
Di kota Malang Mbah Embing yang nama aslinya Slamet Haryanto pernah membuat menteri Dahlan Iskan kepincut dan bermaksud membeli hasil penemuannya. Betapa tidak, Mbah Embing menemukan sebuah penemuan ajaib: Dia menciptakan sebuah generator yang tidak memerlukan energi apapun (benar benar melawan hukum fisika ya, dan herannya seorang pribadi sekelas menteri tidak terfikir seperti apa hukum fisika energi dasar). Jika temuan itu benar maka gugurlah hukum kekekalan energi fisika. Dan benar juga penemuan itu akhirnya diketahui sebagai hoax atau kebohongan belaka karena si Mbah akhirnya ketahuan menyambungkan aliran listrik diam diam melalui tanah dibawahnya ke generator tersebut.
BERITA LISTRIK TENAGA HAMPA

3. PADI SUPER TOY HL-2
Sama seperti temuan si Umar, kali ini presiden SBY lagi lagi terjebak dengan sebuah penemuan hebat yang bakal mengguncang dunia dan seisinya, sebuah temuan yang mampu membuat hasil panen menjadi 3 kali lipat daripada padi normal. Ini bisa meningkatkan swasambeda nasional, dan kalau benar Thailand akan tengkurap ke bumi karena kalah bersaing dengan Indonesia.

Kita tidak bisa menyalahkan SBY dan para menterinya yang kemudian bergerak untuk membantu pembiayaan proyek padi "super gila" ini. Namun sayangnya menjelang masa panen padi padi super toy tersebut bertumbangan menjadi padi super letoy, tentu saja SBY dan para menterinya kecewa dan juga malu sekaligus.
SUPER TOY MENJADI SUPER LETOY

4. IRON MAN BALI
Entah apa yang dipikirkan oleh pemuda lelaki tukang las ini, dia membuat sebuah lengan robotik dari barang bekas dan rongsokan yang mampu membantu tangannya yang "menderita lumpuh" bekerja dengan cekatan. Beritanya bahkan sampai keluar negeri. Memang bukan salah si Tawan - nama lelaki tukang las itu- kalau akhirnya beritanya menyebar ke seantero negeri salahnya media massa dong, tapi gak juga ya, memang sudah tugasnya media massa memberitakan segala hal. Bahkan Gubernur bali memberikan bantuan untuk mungkin dengan maksud memotivasi kepada si Jenius otodidak Tawan agar meneruskan proyek menciptakan lengan Iron Man-nya.
JARVIS SAJA KALAH

Namun sayangnya tidak ada seorang dokterpun yang pernah menyatakan lengan si Tawan "lumpuh" dan para ahli kemudian turun langsung melakukan penelitian terhadap karya hebat si Tawan, bukan hanya nyambung sistem konektivitasnya aneh, bukan membanding banding sama teknologi nano canggih Amerika yang belum mampu menyamai kecanggihan temuan si Tawan, yang jelas pada akhirnya ditemukan: ternyata temuan Tawan tidak masuk akal alias hoax belaka...

5. PENEMUAN LISTRIK KEDONDONG
Mungkin ini tidak termasuk hoax jika pembaca tidak menaruh harapan terlalu besar kepada bocah bernama Naufal Raziq, Naufal patut diacungkan jempol karena di usia semuda itu telah memiliki inisiatif dalam melakukan percobaan dan mungkin juga penelitian.
Akan tetapi, sebenarnya Naufal bukanlah orang pertama yang menemukan bahwa pepohonan memiliki sumber daya energi listrik dalam jumlah terbatas. Temuan itu telah ditinggalkan oleh para peneliti karena tidak membuahkan hasil apa apa. Akhirnya BPPT (Badan Pusat Pengkajian Teknologi) pun angkat bicara: Pada dasarnya semua jenis makanan mengandung asam yang dapat menjadi sumber energi battery, artinya bukan hanya pohon kedongdong, semua pohon memiliki sumber energi yang sama. Walhasil temuan Naufal belum bisa menghasilkan energi listrik dalam jumlah mencukupi kebutuhan, tidak akan pernah stabil dan dan tidak akan bertahan dalam pemakaian jangka panjang.
Jadi nasib temuan Naufal walaupun bukan hoax berakhir sama: Tenggelam bersama euforia dan dianggap hanya hoax oleh sebagian orang.
TEMUAN LISTRIK KEDONDONG

Kesimpulannya bukan hanya kita yang mudah percaya kepada berita hoax, para pemimpin ternyata juga sama. Namun kita tidak boleh menilai orang lain seburuk prasangka apabila kita memang memiliki prasangka buruk, para pemimpin juga adalah MANUSIA BIASA.

Kami hanya mencoba menjelaskan dan meluruskan cerita dalam hidup

4 comments:

Sugeng Janggut said...

Hoax memang enak, seperti makanan cepat saji

ALDIRA KREDIT said...

Kalau menurut saya yang terakhir itu walaupun orang orang terlalu berlebihan ekspektasinya, si Naufal boleh juga, ada kemamuan jadi penemu soalnya dibanding sama bapak bapak diatasnya dia masih kecil mana tau jadi penemu beneran suatu hari kelak, temuannya memang untuk sekarang "jauh daripada berguna" secara praktis tetapi semangatnya itu lho...

Korban cintamu said...

wah wah malu maluin, gue sempat pecaya dulu tuh...

bet ax said...

verry helpfull post thnx for sharing www.fooday.info

RESPONSIVE THEME

RESPONSIVE THEME
This theme is working 90% more speed on mobile