Saturday, December 30, 2017

(KESALAHAN BLOGGER 2) JANGAN ABAIKAN BLOGGER MOBILE: CARA MENAMPILKAN WIDGET BLOGGER PADA LAYAR HAPE

Hari ini zamannya berinternet lewat mobile (hape atau handphone) benar tidak? Ada benarnya, tapi resminya orang pada ninggalin membaca blog melalui dekstop dan laptop saya tidak tahu, karena orang orang masih bekerja dikantor memakai laptop dan destop PC, benar gak? Tapi jumlah pekerja ini tidak lagi sebanding dengan pengguna gagdet mobile (hape atau handphone) yang dipakai oleh sejuta umat, bukan? 

Baik untuk gambaran jelasnya mari kita lihat hasil survey dari comScore dibawah ini, dan ini baru  untuk tanah air lho:


  • Ada 63,6 juta audiens pengguna internet yang kalau di Indonesia sering disebut netizens angka tersebut dihimpun sepanjang tahun 2017, ini baru yang tercatat masih banyak yang belum terdata.
  • Tercatat sebanyak 51,7 juta orang mengakses internet melalui hape atau heandphone.
  • Sisanya 21,2 juta masih setia mengakses internet melalui laptop dan PC desktop
Dari catatan diatas kita dapat menyimpulkan: Jika pada awalnya orang mengakses internet melalui PC (laptop/desktop) maka trend berangsur angsur berubah menggunakan hape/handphone. Hal ini tidak mengherankan karena produksi handphone yang semakin beragam dan murah, disamping harga yang terjangkau ukurannya yang sangat "mobile" dapat selalu dibawa kemana mana didalam genggaman. Juga kemudahan berinternet via mobile turut mempercepat penurunan penggunaan PC dalam mengakses internet. Artinya ini adalah peluang para blogger untuk mendesain tampilan blog mobile agar mudah di akses melalui hape atau handphone para netizens.

Masih kurang? Secara global hasil riset dibawah ini bersumber dari youthmanual.com dan GSMA inteligence:
  • Ada 2.9 milyar pengguna jejaring sosial di dunia dan 2.6 milyar orang mengakses internetnya adalah memalui mobile (hape/handphone)! Hanya 0.3 milyar manusia masih menggunakan laptop/PC dekstop untuk mengakses medsos, apa artinya hal itu bagi anda? Masih mengira PC dekstop dan laptop lebih penting daripada mobile?
  • Lebih lanjut berdasarkan GSMA inteligence pengguna internet mobile di dunia (mengakses internet melalui hape/handphone) telah mencapai 4,9 milyar dan sebentarlagi akan mencapai angka ciamik 5 milyar! Itu telah mencapai angka 93% total pengguna intenet, artinya hanya tinggal 7% pengguna mengakses internet melalui laptop atau PC desktop.
  • Trend ini terus berkembang. Hari ini memang menandakan zamannya mobile, sudah hampir di penghujung milenium"selamat tinggal laptop dan PC desktop"
Jadi jika anda masih terpaku dan hanya fokus kepada ngeblog cara laptop/PC desktop tidak heran pengunjung anda akan sangat kecil. Maksud saya jika anda mengabaikan tampilan mobile untuk antarmuka blog anda dan lebih memilih tampilan laptop/desktop saja niscaya situs blog anda akan ditinggalkan perlahan lahan.

JADI MARI MEMBAHAS BLOGGING MOBILE...
Pikirkan kembali bagaimana caranya menampilkan widget blog yang biasanya hanya tampil di layar PC termasuk iklan adsense yang mendatangkan penghasilan itu pada tampilan mobile (hape atau handphone)? Artinya sangat beralasan jika anda mulai mendesain template blogger mobile tidak perduli anda menggunakan platform Blogger, Wordpress, Drupal, Weibo dll. Beberapa platform blogger telah lengkap dengan desaign template atau theme mobile yang responsive seperti Jimdo dan Weibo, akan tetapi apabila kita ingin berbicara perihal platform besar seperti Blogger dan Wordpress maka kita harus mengkostumisasi dan meng maksimalkan tampilan sendiri tampilan blogger mobile kita. Antara lain bagaimana menampilkan tayangan iklan yang pas pada tampilan ponsel ketika postingan kita mendarat di layar hape para pemirsa.

Dan untungnya Blogger  memberikan opsi untuk tampilan responsive mobile yang menampilkan iklan supaya kita tidak terjebak melakukan pelanggaran aturan penayangan iklan dari google

Ada beberapa cara yang bisa kita cobakan, misalnya kita bisa masuk kepada pengaturan blogger, pilih theme atau template, kemudian pilih "edit HTML" dengan catatan widget ini hanya berlaku untuk kode HTML terbaru yakni HTML15
Pada barisan menu HTML terbaru cari "Jump To Widget" klik itu. Dan cari kode dibawah ini:


<b;widget id="Label1 locked='false'title='Categories' type='Label" visible='true'>

Kode diatas hanya akan tampil dan mendarat dilayar monitor besar seperti PC desktop dan Laptop. Agar supaya widget yang ditunjukan oleh kode diatas tampil dan mendarat di layar hape, anda harus menambahkan kalimat: "mobile='yes" pada barisan kode diatas dan kalimatnya menjadi:


<b:widget id='Label1' locked='false' mobile=yes' title='Categories' type=Label" visible='true">

Ulangi kalimat diatas (silahkan copy saja kodenya) pada setiap widget yang anda inginkan agar tampil pada mobile, lalu save theme atau template. Disebelah kanan pada pengaturan template mobile ada roda kecil bergerigi dibawahnya klik gear atau roda bergerigi tersebut. Akan keluar dialog: "Yes show mobile theme on mobile device" dan "No. show desktop theme on mobile device" pilih "Yes show mobile theme on mobile device" lalu klik "custom" dan save template/theme
Langkah ini akan membuat widget seperti populer post dan bahkan iklan google adsense akan tampil mendarat di layar hape pemirsa.

Catatan: jika kode yang terdapat pada template anda masih seperti dibawah:

<b:widget id='Label1' locked='false' title='Labels' type='Label'>

Maka cara diatas tidak berlaku alias hanya akan menghasilkan error pada template, saya akan memposting cara mengatasinya minggu depan...


Kami hanya mencoba menjelaskan dan meluruskan cerita dalam hidup

No comments: