Thursday

MANFAATKAN KOMENTAR JAHAT PADA POSTINGAN ARTIKEL ANDA

Sebenarnya hal ini berlaku tidak hanya pada postingan di blog, di web atau di forum tapi juga berlaku di Facebook tweeter, instagram dan medsos lainnya. Anda mengira komentar jahat, membully itu mungkin tidak bermanfaat atau bahkan merusak reputasi website anda. Anda benar jika yang anda maksud karena anda memposting hal hal yang memang pantas di "bully" tapi anda juga salah jika ternyata anda hanya di bully karena kampanye terselubung pihak pihak yang tidak senang melihat anda maju. Sifat manusia adalah kompleks: Ada yang suka memuji, ada yang suka membully, ada juga yang suka menghakimi orang lain tanpa bukti konkret, ada yang suka terpengaruh oleh opini yang menggiringnya untuk memandang anda pada sisi buruk belaka. Anda dapat melihat sifat mereka pada komen komen di postingan anda jika suatu hari website berkonten artikel yang anda bangun telah menjadi populer.

Ada beberapa hal yang menyebabkan anda di kritik, diolok olok, dibully dan dicaci maki:

MUNGKINKAH ANDA TELAH MELAKUKAN KESALAHAN KONYOL DALAM POSTINGAN



1. Postingan/artikel yang benar namun ditempat yang salah.



Artikel yang anda posting boleh jadi telah benar dan berkualitas tetapi mungkin anda salah menempatkannya, anda secara sengaja atau tidak sengaja menempatkannya atau menyuguhkannya kepada pemirsa yang salah. Pemirsa yang salah adalah mereka yang tidak berminat atau membenci artikel sejenis yang anda posting. Anda harus mengerti tidak setiap orang di atas dunia ini memiliki minat yang sama dan menyukai hal yang sama. Anda tetap berhak membuat dan menerbitkan artikel anda namun risikonya adalah: Artikel anda tidak dibaca, atau artikel anda dibaca karena anda dan website sudah dikenal orang dan mereka mencelanya karena tidak menyukai tulisan yang sedang anda suguhkan.

Bukan hanya kebetulan, kadang anda harus memberikan tag yang jelas perihal postingan apa yang sedang anda suguhkan kehadapan pemirsa sehingga mereka bisa memutuskan untuk membaca atau tidak membacanya. Anda jangan menempatkan postingan diforum forum yang tidak memiliki minat dengan konten yang sedang anda suguhkan. Sebagai penulis yang pintar anda harus bisa memilih pemirsa anda. Untungnya hari ini banyak cara untuk mengetahui minat para pembaca warganet.




2. Artikel yang anda tulis tidak bermutu, tidak jelas dan terkesan tidak masuk akal.

Penulisan yang buruk. Ini bisa bukan hanya bisa membuat blog anda menjadi sepi, tapi juga bisa berakibat anda mendapat kecaman dan olok olokan. Sekali seorang komentator terkenal yang memiliki reputasi hebat dalam membully apabila berkomentar, akan memancing komentator komentator buruk lainya membully atau mengolok olok anda. Komentar buruk akan menurunkan reputasi blog anda ke level rendah dan akhirnya akan diabaikan oleh mesin pencarian.

Dan yang paling buruk adalah tulisan copy paste, tulisan mencontek (Kita akui banyak tulisan yang mirip dan sama namun sengaja mencontek adalah sebuah pelanggaran serius dalam dunia blogging, penulisan artikel dst). Google dapat mendeteksi tulisan copy paste dengan mudah, itu bisa berakibat website atau blog anda masuk kedalam blacklist mesin pencarian.

3. Sengaja memposting hal bersifat menyerang penguasa, lembaga sosial keagamaan atau postingan melanggar hukum lainnya.

Jelas sekali sangat bersiko menimbulkan banjir hujatan jika anda melakukan hal hal contoh diatas. Beberapa pihak memutuskan menyerang pihak penguasa, namun telah memperhitungkan risiko yang akan mereka terima. Lagi pula biasanya orang yang menyerang penguasa biasanya adalah orang yang sudah memiliki nama besar, punya tujuan tertentu dan tidak memikirkan diri mereka sendiri, saya ragu setiap orang akan menjadi demikian.

ANDA HARUS YAKIN BAHWA ANDA TELAH MENULIS YANG BENAR DENGAN BENAR

Kalau ketiga hal diatas yang terjadi itu namanya hukum sebab akibat yang biasa berlaku kepada hampir setiap orang, ingat saya katakan "hampir kepada setiap orang" jadi tidak semua orang seperti demikian, masih banyak hal yang mungkin terjadi diluar prediksi kita.

Akan tetapi jika anda telah menulis dengan benar diwaktu yang tepat dan postingan tersebut telah ditempatkan ditempat yang benar namun anda tetap menerima hujatan, makian, olok olok, anda tidak harus berkecil hati, apalagi sampai terpukul dan kambuh maagnya. Jika anda merasa yakin anda telah menyampaikan atau menyuguhkan hal yang benar kepada pemirsa yang benar, maka itu bisa dijadikan sebagai feedback yang menarik, anda pernah mendengar istilah "gimmick"? Seorang artis seperti Raffi Ahmad yang sudah menikah dekat dengan Ayu Ting Ting yang juga seorang artis prempuan namun sudah menjadi janda, mengakibatkan mereka mendapatkan hujatan oleh warga netizen, namun apakah mereka jatuh tersungkur? Tidak! Justeru mereka berdua tambah terkenal, bukan? 

Itu dikarenakan komentar komentar "jahat" ini telah mengundang panasaran para pemirsa lain yang belum begitu mengenal kedua artis ini. Adakalanya membiarkan komentar komentar seperti itu bermanfaat untuk menaikan bukan hanya nama besar tetapi juga penghasilan. Penulis seperti Jonru Ginting yang pada saat ini sedang dalam tahanan polisi bahkan di caci maki oleh komentar komentar dari pihak yang sangat tidak menyukainya namun tulisannya tidak pernah sepi dari pembaca, namanya sempat di konotasikan dengan Jonru = tukang fitnah. Apakah dia sakit hati dan patah arang? Tidak, dia bahkan dengan pintar memanfaatkan label jonru si tukang fitnah yang diberikan oleh lawan lawannya dengan saluran artikel yang berjudul kira kira: "Marilah kita menjonru gintingkan lawan" dan para pemirsa semakin panasaran ingin tahu apa yang dia tulis.

Dan, kometar komentar pedas ditujukan kepada Raffi Ahmad dan Ayu Ting Ting, yang satu dituduh berselingkuh, yang lain dituduh merebut suami orang, jonru ginting di hujat lebih dalam dengan hujatan politik, agama, dan juga ujaran kebencian. Alih alih mematikan aktivitas mereka, komentar komentar itu justeru menjadikan mereka terlihat kontroversial dan menimbulkan panasaran yang dalam dikalangan masyarakat pembaca. Label mereka menjadi jelas: Raffi dan Ayu bukan hanya membuat drama di rumah rumah produksi yang membayar mereka, tetapi juga mampu menampilkan drama ditengah tengah orang orang diluar panggung hiburan. Jonru, kini menjadi lebih besar sosok ketokohannya ketimbang tulisan tulisannya.

JADI APA YANG HARUS ANDA LAKUKAN JIKA MENDAPATKAN SERANGAN KOMENTAR JAHAT PADA POSTINGAN ANDA?

Anda hanya perlu melihat, biarkan orang lain membalas komentar komentar itu. Sekarang biarkan saja kolom komentar anda menjadi forum berbalas komentar, mesin pencarian akan memonitor kegiatan dikolom komentar, semakin seru semakin menarik, kolom komentar di website atau blog anda berubah menjadi sebuah forum diskusi. Berapa komentator mungkin akan berusaha mencari tahu siapa anda dengan melihat profile diri anda dan hal itu bisa membuat mereka merobah presepsi tentang diri anda. Teknik ini sangat mudah anda lakukan.

Namun sekali lagi perlu di ingat ya gaes, postingan berisi komen komen positif adalah jalan lurus menuju ketingkat yang lebih tinggi pagerank blogger, jikapun kita harus mendapat serangan setelah kita berusaha menulis dan memberikan konten yang terbaik, kita sebaiknya menanggapi setiap komen dengan memberikan penjelasan yang logis dan memberikan tanggapan yang baik. Tidak ada pemirsa yang semuanya sependapat dengan kita, kita harus menghargai pendapat orang lain Jika ada sepuluh komen positif lalu disertai dengan satu kometar negetive, itu sudah sangat sempurna, jika komen komen dengan komen komen 50:50 untuk positif dan negetif itu tampak buruk, tapi bisa menuai kontroversi, dan kontroversi bisa meningkatkan kunjungan walaupun kedepannya akan memberikan dampak negetive terhadap blog anda.

Jadi berusahalah bermain dengan sebaik baiknya, mengetahui apa tujuan dan misi kita pada saat membuat blog akan sangat baik dalam menghadapi setiap serangan.

Dan ingat, darimanapun datangnya pihak penghujat, baik dari pengguna real maupun mesin bisasanya akan menghasilkan akibat yang sama kontroversial dan 

No comments:

RESPONSIVE THEME

RESPONSIVE THEME
This theme is working 90% more speed on mobile