Thursday

APAKAH PERJALANAN ANTAR RUANG WAKTU ITU MUNGKIN?

Berbicara ruang waktu dan segala kemungkinannya pada masa yang akan datang adalah salah satu topik yang paling menarik selama berabad abad di kalangan para ilmuwan, terutama ketika Albert Einstein menjelaskan beberapa paradox. Hari ini beberapa kalangan ilmuwan fisikawan melakukan beberapa penelitian dan meyakini bahwa perjalanan ruang waktu itu sangat mungkin dilakukan dimasa depan berkat teknologi.
ilustration by pexels
BAGAIMANA PERJALANAN RUANG WAKTU DILAKUKAN DIMASA DEPAN?
Ada tiga jenis ruang waktu, yakni Masa lalu, masa kini dan masa nanti, namun menurut Profesor fisika dan matematika menjelaskan hanya perjalanan waktu menuju masa depan yang paling mungkin dilakukan oleh manusia, bukan ke masa lalu.




Caranya telah ditunjukan oleh Albert Einstein lebih seratus tahun yang lalu: Kita harus membuat mesin yang memiliki kecepatan cahaya karena dengan kecepatan cahaya waktu akan melambat. Caranya sebuah pesawat diluncurkan keruang angkasa dengan kecepatan cahaya lalu dibelokan menuju bumi dengan kecepatan yang sama, maka penumpang pesawat tersebut akan berada di bumi masa depan, terdengar seperti sebuah paradox namun ilmu pasti telah memastikan hal ini benar benar nyata bukan sebuah lelucon para fisikawan. Namun apa yang terjadi ketika anda melakukan hal tersebut dan ternyata telah berada di masa depan?



KETIKA ANDA BERADA DIMASA DEPAN APA ARTINYA BAGI ANDA?

Artinya anda meninggalkan masa lalu sebelum waktunya, kedengarannya seperti melawan hukum alam dengan bantuan teknologi. Pada saat anda telah berada dimasa depan anda telah mengetahui konsekwensi ini:

  • Anda meninggalkan semua yang anda miliki dimasa lalu karena semua orang sebaya dengan anda telah menjadi tua atau bahkan telah meninggal dunia, anda harus memulai semuanya dari nol pada ruang-waktu yang seharusnya anda tidak berada didalamnya dimana segala kebiasaan, segala aspek kehidupan telah berubah berbeda dari sebelumnya. Anda harus menyesuaikan diri, mengapa?
  • Karena setelah anda berada dimasa depan anda tidak bisa kembali lagi kemasa lalu, anda benar benar kesepian berada di zaman yang bukan masa anda, anda meninggalkan keluarga anda, jika anak anak anda masih hidup usianya telah sama atau bahkan lebih tua dari anda. Sulit menyimpulkan apa yang telah anda lewati: Anda telah membuang atau memotong waktu milik anda untuk mendapatkan waktu lain yang tidak diperuntukan untuk anda?
  • Pekerjaan dan keahlian zaman anda dimasa lalu mungkin telah berbeda dengan kehalian zaman masa depan, kemampuan anda beradaptasi terhadapnya harus benar benar diperhitungkan, jika saluran menuju masa depan hanyalah perjalanan "one way ticket" tanpa jalan pulang kembali ke masa lalu anda, itu benar benar tidak ada gunanya anda lakukan. Anda hanya tidak bisa mengirimkan informasi apa apa kemasa lalu, namun anda dapat menuliskan pesan kemasa didepan anda dan seterusnya.
KONSEKWENSI PERJALANAN WAKTU
Dengan asumsi teknologi telah sampai kepada kemajuan itu, dan perjalanan kemasa depan dilakukan oleh banyak orang, maka anda mungkin tidak akan terlalu kesepian. Akan tetapi jika anda adalah orang pertama dan dijadikan kelinci percobaan perjalanan ruang waktu, dan hanya dilakukan sendirian, sama saja anda dilemparkan kemasa depan kenegeri asing dengan kemajuan yang tidak pernah anda lihat, sedangkan anda adalah manusia kuno sebagai objek penelitian. Jika masa depan kemudian menemukan lobang lobang cacing waktu (seperti pernah disinggung oleh Albert Einstein) dan menetapkan koordinat setiap perjalanan ruang waktu sehingga perjalan kembali kemasa lalu dapat dilakukan, mungkin anda dapat dikembalikan kemasa lalu oleh teknologi masa depan. Akan tetapi kemudian kehidupan ini muncul paradox: Bagaimana jika seseorang dari masa depan mampu kembali kemasa lalu dan merobah jalannya sejarah? Lebih spesifik jika saya mampu kembali ke masa lalu sewaktu orang tua saya masih pacaran dan kebetulan seorang penjahat sadis dari masa depan juga sedang menuju kemasa lalu kemudian membunuh orang tua saya, apa yang terjadi kepada saya jika saya kembali kemasa depan, apakah saya menjadi tiada? Lalu bagaimana sejarah dan ingatan manusia berjalan? Bukankah saya ada karena pernikahan dan perkawinan kedua orang tua saya dimasa lalu?


Tentu saja semuanya bisa saja terjadi bercermin dari masa lalu dan masa kini kehidupan kita manusia, karena pencapaian teknologi telah sampai kepada menciptakan mesin ruang waktu, akan ada perusahaan perusahaan pembuat mesin tersebut dan individu yang melakukan investasi menciptakan mesin mesin baru yang lebih baik, beberapa kelompok orang bisa saja melakukan bisnis iligel dengan mengirimkan banyak orang orang ke masa depan, dan orang orang masa depan bisa saja melakukan blokade migrasi terhadap para pendatang masa lalu dengan teknologi yang lebih maju yang mereka miliki.
ilustration by pexels
Hukum alam telah berlaku dan manusia bisa saja mengacaukannya dengan kemampuan melakukan perjalanan antar ruang dan waktu, kita belum bisa membayangkan waktu yang chaos yang dapat diakibatkan oleh teknologi ini, ataukah ada prosedur kemungkinan lain yang belum dapat kita bayangkan?

Kita yang percaya kepada takdir yang telah tersusun kokoh dan tidak mungkin tergoyahkan oleh kemampuan manusia bisa saja keliru, manusia pada akhirnya sampai kepada kemampuan menentukan dan mengatasi  takdir takdir kecil untuk menaklukan takdir takdir yang lebih besar. Kita memang tidak tahu, tetapi kita tahu kehidupan terus berubah, berkembang dan menjadi semakin maju. Kita mengatasi banyak hal namun banyak hal lain yang lebih rumit datang dan kita terus mengatasinya, kita tahu tidak ada yang abadi dikehidupan ini kecuali perubahan itu sendiri dan kita akan terus melakukannya hingga perjalanan antar bintang membuat manusia mampu mencapai tepian alam semesta...


Untuk masa sekarang: seindah apapun masa lalu dan semenarik apapun masa depan, namun masa kini adalah masa yang paling BERBAHAGIA. Kita hanya perlu hidup di masa kita, berperan dan memberikan sumbangsih untuk dunia.




Kami hanya mencoba menjelaskan dan meluruskan cerita dalam hidup

RESPONSIVE THEME

RESPONSIVE THEME
This theme is working 90% more speed on mobile