Wednesday

APAKAH DUNIA PENDIDIKAN AKAN BERUBAH SETELAH IMPLAN OTAK BERHASIL DICIPTAKAN ?

"Dunia akan kiamat, dan pasti akan kiamat" ungkapan kebingungan orang awam pada saat menyaksikan kemajuan sains dan teknologi yang  dimata sebagian orang seolah tidak lagi terkendali" (AdelinaSasa)

Ya memang, gebrakan teknologi selalu mengejutkan kita, bayangkan beberapa penemuan perlahan tapi pasti telah merubah pandangan kita terhadap dunia. Bukan hanya kecepatan perkembangannya yang melampaui kecepatan evolusi pertumbuhan manusia secara biologis tetapi gebrakannya yang mengenterupsi kepercayaan lama kita terhadap beberapa aspek nilai dan kehidupan. Jika manusia, hewan dan tanaman di percaya telah berevolusi hingga ribuan tahun, teknologi adalah wujud dari perpanjangan evolusi peradaban manusia. Siapa mengira robot akan memiliki kecerdasan buatan yang mampu menyamai manusia dalam hal berpikir, kemandirian, empati dan perasaan emosional? Lalu bagaimana dengan manusia itu sendiri?

Kita terlihat tetap berkembang dalam hukum penciptaan semenjak awal kita diciptakan, berubah namun begitu lambat. Namun hari ini kita mulai menemukan solusi untuk mempercepat perubahan agar bertahan hidup dijagat raya ini. Beberapa perubahan yang mungkin dapat terjadi adalah:

  1. Pendidikan, sejak zaman 5000 tahun sebelum masehi matode pendidikan tidak banyak berubah, anak anak pergi kesekolah, masuk kedalam kelas dan belajar menghadap ke papan tulis atau di zaman sekarang monitor dengan guru berada didepan kelas. Dimasa depan anak anak akan belajar sendiri berkat bimbingan komputer. Dulu orang berkata kalau mau belajar jangan melalui Google, faktanya beberapa orang sukses belajar melalui google seperti belajar bahasa, koding hingga ketrampilan teknik mesin. Dan Google, maupun mesin Web lainnya semakin jauh berkembang hingga tidak terbayangkan pencapaiannya. Beberapa web learning berbasis AI telah menghasilkan program pintar yang sungguh mencengangkan. Ini adalah karya manusia, sebuah cara perpanjangan tangan dunia pendidikan yang tidak bisa diabaikan lagi. Tidak ada orang yang seharusnya alergi terhadap segala perubahan. Dan itu adalah hukum alam yang tidak mungkin dilawan, arus dan kecenderungannya tidak mungkin dilawan lagi. Namun peran keluarga dalam mengendalikan anak anak tetap penting dilakukan semenjak mereka berusia dini.
  2. Terdapat ide "menginjeksikan" ketrampilan dan pengatahuan kedalam otak anak didik dengan beaya disesuaikan dengan postur otak dan talenta anak didik.  Kedengarannya seperti memberikan ilmu pengatahuan secara instan. Kemungkinan ini hanya akan semakin menguatkan dugaan kita, bahwa manusia tidaklah berbeda dengan mesin mesin biologis alam lainnya yang bisa di edit secara genetika dan diperbaiki secara medis lalu di tingkatkan kemampuannya melalui campur tangan teknologi.
  3. Penemuan terbaru dari Ilmuwan adalah implan memori buatan yang mampu meningkatkan daya ingat manusia hingga 30% di Universitas California benar benar menjadi pertanda kearah itu. Mereka menyebutnya dengan "memory prosthesis" dan di implankan kedalam otak 20 orang sukarelawan. Percobaan ini dilakukan oleh Ilmuwan dari ikatan Neuroscience. Kedua puluh sukarelawan pertama diberikan electrode untuk mengobati epilepsi mereka, sehingga percobaan ini tidak memerlukan prosedure yang lain. Percobaan dilakukan dua tahap: Pertama team itu mengumpulkan data aktivitas otak sukarelawan yang akan mereka pelajari, lalu mereka mensimulasikan implan pada area otak yang sama yang ditarget pada saat test memory yang sebenarnya. 
Jadi, dalam beberapa puluh tahun kedepan dunia akan berubah sangat revolusioner daripada pada saat sekarang, mungkin anda bertanya untuk apa? Sebagaimana keluhan orang awam yang bingung oleh kemajuan tidak terkendali dari sains dan teknologi dengan ungkapan mereka yang klasik: "bahwa itu adalah pertanda kiamat"

Dan pada kenyataannya seperti yang diungkapkan oleh Abert Einstein: Tidak ada yang abadi di dunia, kecuali perubahan itu sendiri cukup beralasan. Kita akan membutuhkan pengatahuan secara instan tanpa mengurangi nilai dan kualitas pengatahuan tersebut, kita hanya menambah kecepatannya dan memanfaatkan kemudahannya. Pada hari kita berhadapan dengan kenyataan bahwa sumber daya bumi telah semakin terbatas, dan pada hari perjalanan ruang angkasa harus dilakukan memberikan pengatahuan, ketrampilan dan sains kedalam otak anak didik secara instan semestinya bukan hal yang aneh lagi tetapi memang dibutuhkan...

2 comments:

irvanhermawanto said...

Memang dunia ini akan kiamat,
semua yang terjadi jika dihubungkan ke arah akhir dunia pasti bakal kesana mulu larinya,
kalo pendapat saya sendiri dengan kemajuan ini artinya manusia memang mencoba terus melakukan hal-hal yang mustahil dilakukan.
Semoga saja hasil yang diperoleh para peneliti di dunia ini dapat memberikan manfaat bagi kehidupan manusia.

Sasa said...

Ya....dan pro kontra tidak akan bisa dihindari kita ambil postifnya saja

RESPONSIVE THEME

RESPONSIVE THEME
This theme is working 90% more speed on mobile