Sunday

HUBUNGAN BERBAHAYA ANTARA GAGDET SEKEN DAN KEAMANAN ACCOUNT

Email anda bisa jatuh ketangan orang lain.
Pernahkah anda terpikir hari ini telah tiba dimana ketika sebuah akun di network menjadi penting? Akun anda bisa berbentuk ID jejaring sosial, Akun perbankan, Akun toko online, akun website dll. Seolah akun menjadi perpanjangan tangan kita ke dunia maya yang semakin kuat pengaruhnya ke dunia nyata. Mengapa itu penting? Bayangkan, sebuah akun medsos bisa menjadi horor bagi pemiliknya apabila telah diretas dan disalah gunakan oleh peretas. Apalagi akun perbankan yang notabene berhubungan dengan transaksi keuangan atau akun website dan toko online yang menghasilkan uang untuk menopang hidup di kehidupan nyata. Semua itu tiba tiba menjadi begitu nyata, anda bisa hidup tanpa semua itu tapi anda tidak akan bisa berkembang lebih maju tanpa memanfaatkan fasilitas online yang sudah diterima oleh hampir setiap negara dan kebanyakan orang diseluruh dunia ini: Sistem Online.

GAGDET: PONSEL, TABLET DAN PC
Untuk terhubung ke dunia online zaman ini di dunia telah tercipta gagdet gagdet umum: Ponsel, tablet dan PC. Orang dengan mudah melakukan transaksi, pembayaran, transfer keuangan hingga mengelola toko online melalui gagdet gagdet ini. Namun untuk dapat melakukan aktivitas diatas anda harus memiliki akun akun seperti: ID perbankan, ID website, ID sosmed seperti Facebook, Tweeter, Instagram dll.



Dan untuk memiliki akun akun tersebut anda harus memiliki sebuah akun email, atau nomor telepon.

EMAIL
Banyak client email tersedia di website, dari Google Email, Yahoo email, Outlook hingga email email mobile yang ditawarkan didalam play store Android yang dapat anda donlot dari hape. Dari sebuah email terdaftar anda bisa membuat akun akun medsos, akun perbankan, akun blogger atau website. Bahkan sebelum anda dapat mengoperasikan sebuah hape anda harus memasukan sebuah email untuk mendaftarkan sebuah ID atau akun agar anda dapat menjalankan beberapa aplikasi di dalam ponsel atau hape anda. Lalu nomor kartu ponsel yang disediakan oleh berbagai operator seperti simpati, XL, 3 dll dapat juga dijadikan sebagai alternative untuk mendapatkan sebuah akun agar dapat mengakses medsos, akan tetapi umumnya sebuah email yang terdaftar lebih diterima oleh kebanyakan aplikasi di dalam ponsel.

KEAMANAN SEBUAH ID ATAU DAN AKUN AKUN MEDSOS.
Keduanya berkaitan sangat erat. Misalnya jika anda mau membuat akun facebook anda mendaftarkan sebuah ID email agar dapat mengakses facebook, tentu saja anda juga bisa mendaftarkan nomor hape untuk membuat sebuah akun facebook. Dari sinilah persoalannya berawal, karena hingga hari ini banyak orang tidak begitu mengerti betapa pentingnya sebuah akun di zaman sekarang ini. Pada saat akun facebook anda diretas karena passwordnya di curi, anda dapat kembali ke ID email yang anda daftarkan sewaktu membuat akun facebook dan menelusuri cara pemulihan akun anda melalui email tersebut. Namun seorang peretas biasanya tidak mau berhenti sekedar "mencuri" password facebook, mereka akan mencari ID email yang telah anda daftarkan untuk membuat facebook tersebut dengan berbagai cara, jika email tersebut telah dikuasai dan peretas menemukan akun facebook anda sangat berharga untuk target kejahatan, maka akun facebook yang telah diambil alih akan sangat sulit untuk dipulihkan. Ini adalah hukum alam.

HUBUNGAN HAPE, TABLET DAN PC SEKEN DENGAN KEMANAN AKUN PEMILIKNYA
Disini persoalannya sama: Banyak orang meremehkan ID emailnya atau ID email orang lain yang mungkin masih belum bersih di "sapu" dari dalam perangkat mereka pada saat dijual atau pada saat seseorang membeli sebuah gagdet seken, misalnya membeli hape seken.

MEMBELI GAGDET SEKEN:
Kalau anda berniat membeli sebuah hape, tablet atau PC seken pastikan tidak ada ID orang lain yang masih "menempel" didalam perangkat tersebut. Sedikit butuh kejelian: Misalnya pada saat membeli hape samsung buka settingan, jangan hanya karena ID gmail anda bisa dimasukan anda berfikir itu sudah tidak ada problem, pastikan juga akun samsung sudah bersih dari ID pemilik pertamanya, karena jika akun samsung atau samsung account masih milik penjual pertamanya, anda tidak akan bisa merobahnya tanpa menghapus akun pemilik tersebut dan ketika anda mencobanya akun tersebut akan meminta password yang tentu saja tidak dapat anda ketahui kecuali diberitahu oleh pemilik pertamanya. Namanya barang seken, bisa saja penjualnya sudah berpindah pindah tangan dan berada dikota lain.
 Tentu saja berbeda dengan ID iCloud pada ponsel Apple yakni iPhone yang terintegrasi untuk mengunci seluruh aplikasi di iPhone, hape samsung masih bisa dipergunakan walau tanpa akun samsung, namun jika seseorang memiliki sedikit pengatahuan menggunakan otoritas akun samsungnya untuk ngerjain hape seken yang anda beli, ada kemungkinan hape anda di"track" secara illigel misalnya oleh pemilik akun pertama yang masih bisa mengendalikan akunnya secara remote, walau kemungkinan ini kecil, anda harus mempertimbangkan bahwa sebuah gagdet yang telah berada ditangan anda seluruhnya bersih dari akun akun asing dan gagdet yang telah anda beli hanya berisi akun akun pribadi anda. Apakah anda setuju dengan gambaran bahaya yang saya jelaskan tadi? Seharusnya anda setuju karena akun anda adalah perpanjangan tangan anda pada saat dipergunakan untuk berinteraksi dengan dunia luar di dunia website.

MENJUAL KEMBALI GAGDET JANGAN SAMPAI JADI PACUNDANG
Kasus ini kebalikan kasus yang saya sebutkan diatas. Jika anda memutuskan menjual  kembali hape yang telah anda pakai maka risiko kerugian anda jauh lebih besar daripada anda membeli hape seken, karena jika anda mengabaikan saran saya agar benar benar membersihkan akun akun anda terlebih dahulu. Kadang tidak cukup hanya dengan memformat sebuah perangkat, jika anda telah memasukan sebuah akun untuk samsung account, sebuah akun tertinggal mungkin saja anda terlupa menyetujui seluruh persyaratan anda membiarkan back up bekerja di hape anda pada saat anda memformatnya padahal gagdet anda akan anda jual. Jika terjadi banyak hal yang tertinggal atau dipulihkan kedalam hape anda, termasuk photo photo dan video pribadi yang tidak seharusnya dilihat oleh orang lain, namun jika itu tidak penting bagi anda maka anda tidak boleh lupa bahwa akun samsung, akun xiomi dan akun iCloud terkait erat dengan sebuah ID email yang telah anda daftarkan untuk membuat akun akun didalam gagdet yang telah anda jual. Sipembeli akan kesulitan merobah akun samsung yang dia beli dan mencoba membersihkan atau "menyingkirkan" akun anda yang masih menempel di gagdetnya. Itu tidak mudah dia harus memasukan passwordnya dan password itu tentu saja hanya anda sebagai pemilik pertamanya yang mengetahuinya. Dan ketika anda membeli gagdet baru yang bukan samsung mungkin anda berfikir anda tidak sedang mendapatkan masalah apa apa. Akan tetapi ketika email anda menampilkan notifikasi: "Ada upaya masuk dari perangkat lain" mungkin anda mengabaikannya. Dan orang "malang" yang telah membeli hape seken melalui toko seken itu mengutak atik atau berusaha "melepaskan" ikatan akun anda dari perangkat yang baru saja dia beli dari sebuah toko seken. Akhirnya dia sampai kepada opsi google, mencari caranya, dan dia melihat akun email anda di akun samsung yang ingin dia ganti dengan akun miliknya sendiri akhirnya dia sampai kepada pilihan sulit: Untuk membuka password dia harus menguasai email yang anda buat.

Jadi dia melakukan banyak opsi yang diberikan oleh google: Menebak tanggal, bulan dan tahun email yang kamu buat, pada saat tebakannya benar, email anda berhasi dia retas! Dia merubah passwor kamu sebelum menyingkirkannya, atau dia mengeksploitasi dan menguasai email anda jika ada keuntungan yang dia ambil, apakah anda bisa menyalahkan dia?

Karena email adalah modal pertama untuk mengakses berbagai aplikasi online, dia akhirnya dapat menguasai akun Facebook, akun instagram bahkan akun keuangan anda dan merobah seluruh passwordnya, lalu apa yang akan terjadi? Anda pacundang yang kehilangan segalanya. Tidak perlu seorang hacker sungguhan untuk melakukan ini, hanya oleh seorang pembeli yang sedang "teraniaya" karena anda lupa menghapus salah satu akun pada saat memutuskan menjual gagdet anda ke toko seken. Tentu saja saya tidak menyalahkan apabila hape tersebut sebenarnya di curi atau hilang lalu dijual oleh orang lain ke toko seken. Intinya ada risiko tersembunyi pada saat anda menjual dan membeli hape hape seken.

TOKO TOKO SEKEN
Teman saya pegiat online hack pernah mengatakan kepada saya: Di dalam toko seken itu tersimpan seribu cerita yang tersembunyi didalam hape hape, dan tablet seken darimana semua itu berasal, dari tangan siapa, semua itu menarik untuk di ketahui. Melaluinya kita dapat menggali cerita cerita yang terkadang menakjubkan dan mengherankan. Dunia maya penuh dengan kisah kisah aneh. Pada saat dia tidak sengaja melihat sebuah akun facebook dia heran, akun facebook dengan seorang wanita cantik yang aktif, padahal pemilik akun sebenarnya adalah seorang lelaki. Kisah kisah penuh dengan intrik psikologis yang menggelikan, menyedihkan dan menakutkan.

Saya menyarankan agar sebuah toko seken memiliki pengatahuan menjual hape demi keamanan konsumen. Memastikan disamping fisik mulus juga harus memastikan bahwa semua akun penjual barang bekas telah di hapus dari dalam perangkat sebelum menjualnya kembali. Ini penting jika anda ingin melanjutkan bisnis gagdet seken berteknologi dalam jangka panjang, bisnis ini masih sangat menjanjikan di Indonesia.

1 comment:

Review adi pradana said...

Bener bgt nih, kalau mau hp seken pastikan id akun yg lama sdh bersih terhapuskan

RESPONSIVE THEME

RESPONSIVE THEME
This theme is working 90% more speed on mobile