Saturday

4 USAHA INI SEBENARNYA TIDAK TERLALU MEMBUTUHKAN MODAL UANG

Anda masih bekerja di perusahaan orang? Teruslah bekerja jika anda masih merasa nyaman dengan penghasilan itu, akan tetapi anda juga harus mempersiapkan masa depan anda pada saat sudah tidak bekerja lagi. Sebelum saya membahas tentang usaha yang sebenarnya tidak membutuh uang dalam artian jumlah besar untuk memulai dan menjalankan sebuah usaha, sebaiknya kita melihat terlebih dahulu mengapa orang gagal dan kesalahan apa yang mereka lakukan sehingga usahanya alih alih berjalan sesuai harapan malahan menderita kerugian dan kegagalan.

Jangan berfikir bahwa modal uang adalah segalanya
Umum sekali orang berfikir tanpa modal  mereka tidak bisa menjalankan sebuah usaha, jarang sekali orang berfikir bahwa menjalankan usaha itu adalah seni dan lebih membutuhkan ketrampilan, kegigihan dan keyakinan ketimbang sekedar modal. Jika orang mengeluh saya tidak punya modal yang mereka maksud secara psikologis lebih kepada "saya tidak siap" karena sesungguhnya uang bukanlah segala galanya.



Kita mengamati beberapa orang yang akan menjalankan sebuah usaha dan mereka memiliki modal, akan tetapi setelah beberapa bulan usahanya nampak semakin kecil lalu bangkrut, alasan mereka: Modal orang lain terlalu kuat jadi mereka kalah bersaing. Tahukan maksud kami, mereka sebenarnya tidak siap? Sebuah usaha dimulai dengan perencanaan, pengetahuan akan bidang usaha yang akan dijalankan, analisa yang akurat, dan bagaimana usaha itu kelak anda jalankan dan yang teakhir baru modal. Kami menempatkan modal dalam urutan terakhir, bukan urutan pertama, terserah apa yang sedang berada didalam benak anda ketika berfikir: Modal adalah uang, dan itu harus ada terlebih dahulu. Kami katakan kepada anda: Terserah anda, kami sedang mencoba mengerti mengapa anda begitu mengagungkan modal uang ketimbang memupuk "semangat wirausaha" terlebih dahulu didalam diri anda.

Malas bergerak. Ketika usaha telah dimulai dan sedang berjalan, anda masih sering terlambat bangun pagi? Tidak memprioritaskan mengerjakan segala sesuatu oleh diri anda sendiri? Memperkerjakan orang boleh anda perimbangkan ketika hal itu memang menguntungkan strategi usaha. Malas bergerak berhubungan dengan kolega bisnis atau usaha yang terkait dengan dengan anda hanya karena mereka menjengkelkan? Tidak jangan anda lakukan itu, itu adalah seni menghadapi orang, menghadapi mitra bisnis, dan menghadapi pelanggan. Ingat mereka adalah denyutan nadi dan darah dari usaha yang sedang anda jalankan. Tanpa merka anda tidak akan pernah memiliki usaha dalam bentuk apapun.

Boros, gaya hidup lebih tinggi dari standar
Usaha membutuhkan pengorbanan waktu, perasaan dan tenaga, dan pada saat menjalankan sebuah usaha anda juga harus berhemat, dengan berhemat anda dapat mengurangi kerugian karena berhemat itu hukumnya wajib untuk mengelola pemasukan menjadi sebuah tabungan. Musuh terbesar dari menghemat adalah keborosan dan itu biasanya terpicu dari gaya hidup, misalnya ketika anda melihat pemasukan telah ada dan mampu membeli barang barang yang tidak terlalu penting anda membelinya itu namanya boros. Kalau anda masih bisa bepergian dengan sepeda mengapa anda harus membeli sepeda motor? Karena harga sepeda motor jauh lebih mahal daripada harga sebuah sepeda biasa. Sepeda motor tidak akan menaikan rating dan keuntungan usaha atau yang sedang anda jalankan, tidak juga akan merobah pandangan orang menjadi lebih baik terhadap diri anda. Kebanyakan gengsi seseorang itu hanyalah sebuah ungkapan "GR" alias gede rasa belaka.

Orang yang gagal pasti telah terlihat dari awal: Membuka usaha dengan gegap gempita, mempamerkan kehebatannya di medsos, menuliskan status status dengan pesan kebanggan diri. Dapat diramalkan orang orang ini akan berakhir dengan kegagalan, kecuali kalau mereka cepat menyadari kesalahan mereka sebelum jatuh terlalu dalam.

Beberapa usaha sebenarnya tidak membutuhkan modal seperti yang orang bayangkan. Contoh model usaha dibawah ini:

1. PEDAGANG: MODEL USAHA WARUNG.
Awalnya mereka berjualan dirumah dan dikemudian hari mereka memiliki Toko untuk menjual barang barang. Para pedagang Cina memiliki tradisi yang kuat sebagai pedagang, sifat mereka yang hemat dan disiplin adalah modal yang nyaris telah tertanam dalam genetika mereka (hanya istilah kami) kunci sukses mereka adalah kemitraan yang telah terbentuk secara tradisional: Jika seorang bapak memiliki toko kemungkinan besar anaknya juga akan memiliki toko, ini kemitraan keluarga, mereka juga memiliki kemitraan diantara sesama mereka.
Kedai saudara di kampung, jasa menjual barang

Bagaimana menjual barang tanpa modal? Itu pilihan anda, anda dapat belajar bagaimana caranya mempengaruhi orang lain, namun modal sebenarnya adalah kujujuran yang datangnya dari dalam diri anda sendiri. Anda dapat meminta dan meyakinkan seorang pemodal agar mempercayakan barang mereka untuk dijual dengan bagi hasil, ingat kami tidak sedang menyarankan anda menjadi seorang sales keliling. Jika anda sudah terlihat memiliki sebuah warung untuk berjualan dan ternyata jualan anda tergolong laku dengan terlihat bertahan sepanjang waktu yang sulit, anda punya kesempatan besar menjual barang orang lain dengan mendapatkan komisi. Sebuah warung kecil dapat dimanfaatkan untuk berjualan dan anda bisa menawarkan atau menyarankan tetangga anda membuat kue dan menjualnya di warung anda, bukan hanya kue anda dapat meminta mereka menitipkan telur, hasil kebun sehingga isi warung anda nampak bervariasi. Tekankan kepada mereka bahwa bisnis adalah bisnis dan bagaimana mereka diuntungkan dengan kehadiran warung anda. Jika warung anda telah maju, anda dapat mempertimbangkan membuka kios atau toko dengan memohon peminjaman modal. Tidak jarang toko toko besar akan mencoba membantu warung warung seperti yang anda miliki di kota kota, menjadi kemitraan yang strategis: Anda dapat menjual lebih banyak barang, lebih beraneka dan pihak toko dapat memperluas jangkauan pasar penjualan mereka melalui anda.
ilustrasi toko di kampung menjual jasa barang retail
Bagaimana caranya? Ya dengan mencari kepercayaan. Kepercayaan akan terlihat dari banyaknya orang berbelanja di warung atau toko anda, tanpa anda sadari anda telah membangun 'trade mark" usaha anda sendiri. Kepercayaan itu akan menyebarkan nama baik anda dan usaha anda, akan ada banyak pihak yang berminat menjalin kemitraan dengan anda. Itu yang saya namakan usaha model Warung. Coba anda pikirkan kembali, sebenarnya apakah perlu anda membeli semua barang barang itu dengan uang anda sendiri dan lalu menjualnya? Itu model cara yang telah usang.

2. BERTANI
Bertani adalah salah satu pilihan usaha yang baik. Hari ini orang seperti malas bertani, tapi lihatlah dipasar: pasar buah buahan dan sayuran adalah salah satu tempat paling ramai di dunia. Sangat mudah untuk terlihat rajin dengan rajin bekerja di ladang dan dikebun namun bertani dengan mendapatkan penghasilan uang yang lumayan itu membutuhkan teknik, pengatahuan dan informasi. Dan pengatahuan bukanlah barang yang langka atau sulit anda dapatkan di zaman sekarang ini. Anda dapat memutuskan akan menjadi petani apa dengan melakukan survei kepasaran. Jika anda kesulitan melakukan komunikasi anda dapat meminta pertolongan kerabat, teman dan mereka yang lebih tahu tentang pemasaran hasil pertanian anda, bertani juga sebenarnya adalah berbisnis. Dan modal sesungguhnya dari bertani bukanlah uang tapi tekad dan perencanaan. Anda dapat meminjam lahan jika tidak memiliki tanah dan meminta bantuan keluarga untuk bibit tanaman yang anda targetkan. Kecuali memang tidak ada penghuni manusia di atas perukaan bumi ini barulah anda dapat dikatakan sebagai orang yang bekerja sendiri tanpa pertolongan dan bantuan orang lain. Usaha itu adalah bagaimana caranya anda meyakinkan orang lain bahwa itu akan berhasil dan menguntungkan, tidak terkecuali usaha pertanian, anda tetap butuh kemitraan paling kasarnya adalah: walaupun anda seorang petani anda tetap perlu orang yang membeli hasil pertanian itu, anda membutuhkan orang lain, anda tetap harus melihat pemasaran.

3. JASA
Jasa transport, jasa pembayaran online, jasa angkutan barang masih bisa menjadi pilihan yang baik. Namun jasa pembayaran, pinjam simpan uang lebih membutuhkan kepercayaan ketimbang modal uang. Anda bisa memulainya dari orang orang terdekat yang telah percaya kepada anda, dari sana anda mulai membangun kepercayaan yang berharga sebagai asset yang tidak ternilai besarnya. Anda bisa survey kecil kecilan, siapa yang butuh jasa pembayaran listrik daripada ngantri? Jasa beli tiket kapal dan pesawat, jasa membeli kebutuhan sehari hari rumah tangga bagi yang membutuhkannya, jasa antar jemput pekerja dan anak anak sekolah. Tentu saja anda harus mengumpulkan semua layanan itu dalam satu tangan anda agar dapat menghasilkan lebih banyak pemasukan, termsuk menjual pulsa. Jika anda bergerak dibidang usaha kecil dan anda hanya memilih satu atau dua layanan jasa, anda akan kalah dengan mereka yang memiliki lebih banyak dan lebih bervariasi layanan jasanya. Anda janga berfikir mendirikan sebuah biro layanan travel cukup hanya menyediakan jasa penjualan tiket angkutan udara dan laut tanpa kehalian mempromosikan wisata dan teknik penjualan paket wisata yang menarik. Membuat hal menarik, menjual produk jasa perjalanan yang berbeda adalah kunci kesuksesan sebuah biro perjalan umum.

4. WEBSITE, NGEBLOG DAN JUALAN ONLINE
Terakhir jika anda hobi bersilancar mengapa tidak mulai mencoba membuat website atau ngeblog? Usaha ini hanya membutuhkan perangkat internet seperti komputer, laptop, tablet atau bahkan hanya sebuah smartphone. Anda dapat menawarkan barang dagangan orang lain dan mendapatkan komisi. Jika anda memiliki pengatahuan ngeblog seperti kami, anda dapat memonetesi blog anda melalui google adsense dan mendapatkan komisi bayaran uang. Atau jika blog anda telah punya nama anda dapat berafiliasi langsung dengan para pemasang iklan.
Gambar Blog penulis
Apa itu google adsense dan mengapa google membayar kita? Karena ketika kita telah memiliki sebuah blog dan mendaftakannya di google andsense maka google akan menyangkan iklan iklan di blog kita dan kita akan mendapatkan bayaran apabila iklan tersebut di klik oleh pengunjung, bayaran akan diterima pemilik blog apabila jumlahnya telah mencapai $100. Untuk diterima di google adsense tentu saja kita harus mengikuti beberapa persyaratan khusus. Jumlah pengunjung blog yang banyak akan mendatangkan penghasilan yang banyak pula. Iklan tidak boleh diklik sendiri karena google dengan mudah mengatahuinya, bila anda melakukannnya bisa berakibat anda akan di "ban" atau dikeluarkan dari google adsense publisher.

Dengan cara inilah kita menikmati usaha bagi hasil dari tayangan iklan.
Untuk menjadi seorang blogger anda tidak perlu keluar uang modal banyak, kalaupun tidak punya PC, laptop dan tablet anda bisa menggunakan ponsel. Kalaupun tidak punya juga anda bisa meminjam laptop lama saudara, teman atau adik dan mulailah membuat sebuah blog! Tentu saja anda masih perlu membeli qouta internet, namun tidak terlalu besar. Saya sendiri kalau mau ngeblog pasti pergi ke mall yang ada tempat ngopi murah namun hospotnya memiliki jaringan yang kuat dan gratis.
Anda juga dapat berafiliasi dengan perusahaan penayangan produk iklan dengan menerima bayaran dari hasil review produk, menayangkan dan menjual kembali produk proudk tersebut di halaman website atau blog anda. Walaupun penghasilan blog masih tidak banyak, saya tetap bersyukur saat melihat setiap hari sen sen demi sen masuk kedalam akun adsense saya, dengan asumsi jika ini terus berlanjut suatu hari tentu akan memberikan pemasukan yang lebih besar lagi. Dan masih ada kesempatan anda mengikuti kontes tulisan dan lalu mendapatkan hadiah. Saya sangat senang jika anda bisa melakukannya melebihi saya.

Ayo berusaha sekarang, jangan menunggu lagi, karena dengan sebuah usaha kita dapat membantu dengan memperkerjakan orang lain! Memiliki usaha dan memperkerjakan orang lain melebihi mulianya daripada hanya sekedar bekerja dengan orang lain disebuah perusahaan. Karena dengan memiliki sebuah usaha walaupun kecil kita bukan hanya membantu satu orang tetapi banyak orang, satu orang yang bekerja dengan anda mungkin memiliki keluarga yang harus dia tanggung dari penghasilannya bekerja dengan anda.

JIKA KAMU MENYUKAI TULISAN INI, SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR, TERIMAKASIH SALAM KENAL :)

2 comments:

adi pradana said...

Yuk ngeblog yuk. Semangaaaaat....

Anonymous said...

semangat

RESPONSIVE THEME

RESPONSIVE THEME
This theme is working 90% more speed on mobile