Thursday

2017: ANTARA ANDROID DAN iOS PERSAINGAN ABADI TAK BERKESUDAHAN

Sesungguhnya Android dan iOS adalah dua lawan dan sekaligus kompetitor yang seimbang, saling menyakiti, saling memberi ruang dan tanpa disadari mereka memang dibutuhkan oleh dunia.

Perbedaan kedua jenis sistem operasi mobile jelas bagi kamu pencinta gagdet, pabrikan dunia seperti Samsung, Xiomi, Sony, LG, Nokia, Blackberry hingga pabrikan lokal seperti Advan, axioo, evercross dan Mito berada di barisan Android, hampir setiap negara di dunia yang memproduksi ponsel mengusung sistem operasi Android, Sistem Android di adopsi dimana mana karena sistem milik Google itu terbuka dan bebas dipakai.
Uniknya Nokia yang dulu memiliki sistem operasi mereka sendiri yang bernama Symbian dan blackberry yang memiliki sistem operasi RIM akhirnya menyerah oleh keperkasaan sistem operasi Android. Samsung mencoba membuat sistem operasi mereka yang mereka namakan Tizen namun nampaknya gagal eksis di atas dunia fana ini dan tetap takluk di bawah kaki sang raksasa Android. Sekilas kehadiran Android yang masih muda ini memang telah ditakdirkan untuk menguasai sistem operasi mobile dunia.

Akan tetapi ada satu sistem operasi yang lahir hampir bersamaan dengan Android dan memiliki kekuatan yang cukup menakutkan yakni iOS. Sistem operasi mobile iOS ini berbeda dengan sistem operasi mobile Android yang terbuka, sebaliknya semua sistem kode iOS tertutup dan terkunci rapat, tidak sembarang orang dapat mengedit dan memodifikasinya. Inilah satu satunya sistem yang dapat berdiri sama besar dan kuatnya dengan sistem operasi Android, karena sifatnya tertutup dan tidak terbuka iOS mampu menjadi sebuah sistem operasi mobile yang paling premium dan ekslusif di dunia, dalam hal ini dia mengalahkan sistem operasi Android. Dan berbeda dengan Android yang diadopsi oleh hampir segala mereka ponsel, iOS hanya digunakan satu pabrikan ponsel dengan merek premium Apple dan Apple adalah pencipta sistem operasi iOS. Tidak ada negara lain yang diakui sebagai pabrikan ponsel Apple iOS, selain Amerika, khususnya Kanada.


1. Versi Android dari masa kemasa

versi 1.1 dengan sebutan Android Alpha dirilis pada tgl 23 September 2008
versi 1.5 dengan sebutan Bender dirilis pada tgl 30 Feb 2009
versi 1.6 dengan sebutan cupcake dirilis tanggal 15 Sep 2009
versi 2.0 dengan sebutan eclair dirilis pada 9 Desember 2009
versi 2.2 dengan sebuta Froyo dirilis pada tanggal 20 Mei 2010
versi 2.3 dengan sebutan Gingerbread dirilis pada tanggal 6 Desember 2010
versi 3.0 dengan sebutan honeycomb dirilis pada tanggal 22 Februari 2011
versi 4.0 dengan sebutan Ice Cream Sandwich 19 Oktober 2011
versi 4.3 dengan sebutan Jelly bean dirilis tahun 2013
versi 4.4 dengan sebutan KitKat dirilis masih ditahun 2013
versi 5.0 dengan sebutan Lolypop dirilis tahun 2014
versi 6.0 dengan sebutan Marshamallow dirilis tahun 2015
versi 7.0 dengan sebutan nougat dirilis tahun 2016
versi 8.0 dengan sebutan Oreo dirilis pada bulan Mei 2017

Jadi sudah banyak sekali versi versi Android dari masa kemasa ya... Lalu bagaimana dengan iOS?

2. Versi iOS dari masa kemasa

Versi OSX iOS lebih sederhana dalam penamaannya:
iOS 1.0 dan iOS 2.0 dirilis pertama kali pada tahun 2007
iOS 3.0 dirilis pada tahun 2008
iOS 4.0 dirilis pada tahun 2010
iOS 5.0 dirilis pada tahun 2011
iOS 6.0 dirilis pada tahun 2012
iOS 7.0 dirilis pada tahun 2013
iOS 8.0 dirilis pada tahun 2014
iOS 9.0 dirilis pada tahun 2015
iOS 10 dirilis pada tahun 2016
iOS 11 dirilis pada tahun 2017

PERBEDAAN SISTEM OPERASI MOBILE ANDROID DAN iOS
Android terbuka, iOS tertutup. Android dipakai oleh banyak dan aneka pabrikan handphone sedangkan iOS hanya dipergunakan oleh satu pabrikan ponsel yang bernama Apple. Banyak orang beranggapan Android lebih rentan masalah kemanan sedangkan iOS lebih kuat dari sisi pengamanan.

KELEMAHAN
Kelemahan lain sistem Android adalah memiliki sistem pengembangan aplikasi yang lebih terfokus kepada sesi ponselnya saja sedangkan tablet hanya menggunakan aplikasi aplikasi ponsel, kurangnya aplikasi yang dibuat untuk Tablet membuat tablet Android tidak dapat berjalan optimal padahal dari sisi perangkat keras sebuah tablet Android sebenarnya tidak kalah premium dengan sebuah iPad. Anda tidak dapat berharap mempergunakan aplikasi grafik menggambar seperti adobe photoshop secara optimal layaknya di ipad, sungguh disayangkan pada layar tablet android yang besar dan lega hanya menjalankan aplikasi aplikasi yang diperuntukan untuk ponsel Android saja. Beberapa aplikasi serupa terdapat pada iPad yang juga dapat di paang pada Android adalah aplikasi menambahkan substitle percakapan MOVIESTORY pada filem, pada Android terasa sulit sekali menuliskan substiltenya sebaliknya pada iPad hal tersebut dapat dilakukan sangat mudah, stabil dan mulus.
ikustrasi
Ketidak-konsistenan aplikasi yang dibuat khusus untuk tablet Android ini membuatnya sulit untuk direkomendasikan sebagai tablet pilihan untuk bekerja atau menopang pekerjaan produksi. Untuk hal ini saya lebih merekomendasikan pemakaian iPad dengan sistem iOSnya.

Namun untuk browsing Chrome dapat berfungsi hampir seperti sebuah browser yang setara dengan Dekstop pada tablet Android, kelebihan inilah yang membuat saya tetap membeli tablet Android, yakni untuk melakukan penulisan pada blog saya mengaksesnya melalui browser Chrome.

Pada saat melakukan penulisan saya dapat mengakses CPanel blogger layaknya pada PC dan desktop. Sehingga saya dapat melakukan setting, merobah tampilan atau theme blog, mengedit kode HTML, XML dan memasukan script jika perlu, sepertinya saya tidak menemukan kendala pada saat melakukan ini.

Saya tidak mengatakan bahwa saya tidak dapat melakukan hal yang sama pada iPad, akan tetapi menimbang bahwa Chrome adalah buatan Google, saya percaya aplikasi browser yang satu ini memang telah di optimalkan untuk tablet Android tablet Android

Kita hanyalah konsumen, user. Kita mempunyai pilihan yang dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan. Jika kamu hanya butuh bermain game, browsing dan tidak terlalu perduli dengan aplikasi perkantoran, kamu bisa memilih tablet Android. Sebaliknya jika sisi produktivitas yang ingin ditutamakan, maka iPad jauh lebih perkasa karena telah di topang oleh environment aplikasi yang sangat konsisten. Sedangkan Tablet Android dengan menyesal saya katakan: Tablet tablet ini memang sangat hebat dari segi hardware, namun sayangnya tablet tablet ini tidak memiliki aplikasi aplikasi Android kelas tablet yang konsisten yang dapat digunakan oleh sebuah tablet Android. Kebanyakan aplikasi yang dijalankan ditablet adalah aplikasi yang juga dijalankan di ponsel Android.  Sebaliknya sebuah iPad memiliki aplikasi sendiri yang tidak akan cocok bila dipakai oleh sebuah iPhone dan sebaliknya aplikasi yang berjalan di iPhone tidak akan dapat bekerja optimal jika dijalankan di iPad..






JIKA KAMU MENYUKAI TULISAN INI, SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR, TERIMAKASIH SALAM KENAL :)

No comments:

RESPONSIVE THEME

RESPONSIVE THEME
This theme is working 90% more speed on mobile