Sunday

SEPERTI APA WUJUD DAN RUANG SIMPAN HAPE MASA DEPAN?

kamu mungkin membayangkan: semakin tipis perangkatnya dan, semakin besar ruang penyimpanannya karena aplikasi aplikasi semakin membutuhkan ruang simpan besar, sudah gak zaman punya hape yang internalnya cuma menyediakan ruang simpan 8-16 GB begitu mungkin yang kamu pikirkan. Dan kecenderungan itu memang sepertinya terlihat sekarang terutama ponsel ponsel kelas atas terutama iPhone sampai menyediakan model 256GB ruang penyimpanan internal, apakah itu ada hubungannya dengan pemakaian daya battery? Sedikit banyak ya akan berpengaruh karena semakin banyak aplikasi yang donlot kedalam perangkat, maka akan semakin banyak pula aplikasi yang mungkin berjalan di latar belakang, dan bohong kalau tidak mempengaruhi pemakaian daya battery. Dan harganya bukan hanya itu: Semakin besar kapasitas ruang simpan sebuah gagdet maka semakin mahal pula harga harganya. Semakin banyak godaan untuk mendonlot dan menyimpan aplikasi, menyimpan photo, video dll.

Jadi alasan mengapa kamu butuh ruang simpan besar pada hapemu agar kepalamu tidak mumet terus menerus akibat hape lag karena kekurangan ruang untuk menjalankan aplikasi antara lain adalah:

1. Aplikasi terus minta di update, misalnya Facebook yang dulu ukuran tidak tidak lebih hanya 50MB di iPhone, kini telah jadi bongsor dan menjadi 255MB berapa kali lipatkah itu? Dan update itu wajib bagi aplikasi aplikasi apapun dimasa sekarang, gunanya untuk meningkatkan kemampuan aplikasi itu sendiri dan juga buat menambal sistem keamanan aplikasi. Dan aplikasi mau tidak mau memang harus diupdate untuk "menyesuaikan diri" terhadap perubahan environmental berupa perubahan regulasi, informasi, peningkatan platform perangkat dan lain lain. Seperti efek domino, satu hal berubah yang lain akan terikut.

2. Kamu butuh ruang simpan buat menyimpan photo, aplikasi kamera yang semakin canggih dan mendekati kualitas kamera DSLR nyata sekali menaikan besaran file sebuah photo menjadi hingga 8-12MB, kalau kamu jepret jepret rata rata sehari 2-3 photo satu bulan kamu akan memerlukan ruang simpan sebesar lebih kurang 750MB belum lagi kalau kamu mengambil video.

3. Beberapa model Hape Android memiliki opsi ruang simpan external yang bisa menjadi tempat penyimpanan photo dan video, akan tetapi tidak selamanya bisa dijadikan ruang simpan aplikasi, lagi pula ruang simpan external seperti kartu sdCard itu memakan daya tahan battery lebih banyak daripada ruang simpan internal yang terintegrasi langsung ke hape kamu.

Namun muncul pertanyaan: Sampai kapan besaran ruang penyimpanan akan meningkat terus menerus? Apakah tidak ada cara lain untuk mengatasi ruang simpan dan menghadapi aplikasi yang semakin pintar namun juga semakin membesar ukurannya?

Ternyata ada cara lain. Saya pribadi percaya ruang simpan fisik seperti sekarang masih akan menjadi alternative hingga beberapa tahun kedepan, namun seiring waktu salah satu ruang simpan virtual akan akan menggantikan peranan ruang simpan fisik diperangkat. Sistem penyimpanan cloud juga semakin maju dan canggih, bahkan sangat mungkin menjadi alternative yang nyata sebagai pengganti ruang simpan fisik tersebut. Mengapa? Dan apa alasannya?

Cloud storage tadinya terbatas hanya sebagai tempat menyimpan dokumen dan photo secara online bagi orang awam, namun ruang simpan "di awan" ini kini semakin terintegrasi dengan perangkat bisnis perusahaan dimana mereka menyimpan informasi domain, data, filem dan lagu lagu streaming? Mengapa hal itu semakin menjadi mudah dari waktu ke waktu? Kamu dapat tidur nyenyak di ruma sementara photo photo, lagu lagu dan videomu tersimpan aman di cloud dan hanya kamu yang memegang "kunci" untuk membukanya. Dan tentu saja cloud dalam waktu dekat akan menjadi ruang simpan aplikasi, walaupun hari ini masih terbatas sebagai ruang simpan back up saja, namun kedepannya cloud akan mampu berperan sebagai ruang simpan memori perangkat dan mampu menjalankan aplikasi tanpa batas!

Namun syarat utamanya adalah kecepatan internet! Ketika artikel ini ditulis jaringan 4G telah menjadi hal umum di dunia, internet super cepat akan terwujud dalam waktu dekat karena perusahaan perusahaan teknologi seperti google, facebook, Apple membutuhkannya, Wozniak percaya kelak anak anak dari generasi masa depan akan melupakan internet, bukan karena internet itu tidak ada, akan tetapi karena internet itu telah ada dimana mana. Pada gelas, pada dinding, pada pakaian dan kamar mandi. Orang dapat mengusap dinding untuk mencari informasi. Kecepatan internet akan berperan pada aplikasi yang akan dijalankan melalui sebuah gagdet. Jadi menurutnya, saking internet telah menjadi hal sangat lumrah, anak anak generasi masa depan lupa bahwa internet yang sangat lambat sekalipun dizaman kita ini sangat mahal harganya.

Alasan mengapa Sistem Penyimpanan Cloud akan dapat menjalankan aplikasi dan atau bahkan bisa menggatikan ruang simpan konvensional pada perangkat gagdet diantaranya adalah:

1. Penyedia internet menguasai sistem penyimpanan cloud dan teknik distribusinya. Kelak sebuah ponsel tidak perlu lagi sebongsor sekarang, karena pada perangkat itu hanya akan terpasang semacam receiver ringkas yang menerima feedback dari internet dan server pemancar, gagdet gagdet ini hampir tidak memerlukan hardware ruang simpan lagi karena itu ketebalannya akan berkurang drastis, bisa jadi hanya setipis kertas yang dapat dilipat lipat.

2. Semua sistem bisnis terintegrasi sedemikian rupa: Jasa cloud akan memiliki teknologi informasi dan dapat menjalankan aplikasi yang akan dihubungkan keperangkat gagdet, akses aplikasi akan diserahkan kepada pemilik gagdet melalui jaringan dengan sistem remote super cepat.

3. Semua dokumen akan tersimpan di cloud yang dikelola oleh berbagai merek perusahaan, simpan photo di cloud, simpan video dan lagu di cloud, simpan dokumen di cloud.

4. Membuka aplikasi, dokumen, photo, membaca berita, berkirim email dan lain lain melalui gadget terasa ringan dan enteng karena gagdet memiliki sistem "piping" langsung ke locker masing masing di cloud berdasarkan ID pengguna.

Saya berharap traffik akses tidak menjadi kendala dengan adanya regulasi internal dan standard internasional dari perusahaan gagdet "di awan" ini.

No comments:

RESPONSIVE THEME

RESPONSIVE THEME
This theme is working 90% more speed on mobile