Thursday

7 PROFESI DAN PEKERJAAN INI TIDAK PERNAH ADA 10 TAHUN YANG LALU

Dunia sudah berubah ya..mungkin beberapa pekerjaan yang pernah kita impikan sepuluh tahun yang lalu ternyata kini sudah tiada. Dan yang lebih mengguncang lagi dalam beberapa puluh tahun ke depan profesi dan pekerjaan yang terkait migas mungkin tidak akan di impikan lagi oleh anak anak kita pada generasi mendatang. Lihatlah koran yang dahulu dibaca setiap hari di teras rumah oleh orang tua dan mungkin kita juga, mulai hilang perlahan berganti dengan gagdet mobile namun dengan kemampuan menyajikan informasi yang jauh lebih cepat dan berlimpah ketimbang hanya lembaran lembaran koran. Hari ini pula bioteknologi, robot dan automatisasi semakin berkembang, kelak anak cucu kita mungkin akan melakukan pekrjaan yang jauh dari pekerjaan manusia.

Dunia pendidikan anak anak sekarang menurut para ahli mulai - dan semakin mendekati apa yang sebelumnya belum pernah dialami oleh kemanusiaan.

Pekerjaan pekerjaan apa saja yang 10 tahun lalu belum ada namun kini menjadi kenyataan?



1. Pengembang aplikasi.
Pekerjaan ini muncul hanya setelah iPhone muncul di tahun 2007 lalu Android muncul pula setelahnya. Kini lebih separoh anak muda penghuni bumi memiliki sebuah ponsel pintar, yang membuat pekerjaan pengembang aplikasi menjadi booming di pasar aplikasi seperti iOS dan Android. Diperkirakan sekarang lebih 6 juta aplikasi telah bercokol di kedua pasar aplikasi tersebut, dan membuat pekerjaan pengembang menjadi ada dan tidak jarang membuat para pembuat aplikasi menjadi kaya raya.

2. Menajer Medsos
Wew, aneh ya..tetapi pada tahun 2007 kebanyakan platform medsos belum lagi tercipta dan tentu saja tidak diperlukan seorang yang berprofesi atau memiliki jabatan sebagai manajer medsos pada saat itu, lah orang medsosnya saja belum ada...he he he

Namun, hari ini ketika facebook telah memiliki 2 milyar pengguna diseluruh permukaan bumi, dan platform medsos lainnya seperti twitter dan Instagram telah memiliki pasar yang sangat luas dengan merek yang menguasai pasar konsumen untuk bisnis, terjadilah berbagai kegiatan di medsos, akhirnya para manager medsos menjadi professional dan di bayar setara dengan manager perusahaan migas zaman sepuluh tahun yang lalu. Jadi sekarang kita sadar betapa jauhnya dunia telah berubah!

3. Sopir taksi uber.
Apaan lagi ini? Generasi muda tidak akan menanyakannya. Namun aplikasi sopir berbasis panggilan (karena handphone yang apalagi sekarang sudah ada chatnya jadi barang murah) pertama sekali ditemukan pada tahun 2009, jadi belum ada pada tahun 2007 bukan?

Hari ini Uber telah menjadi bisnis Start Up yang paling berharga di dunia dengan asumsi 1 juta kenderaan yang beroperasi di 75 negara dengan 50.000 orang sopir yang direkrut setiap bulannya. Wow!

4. Engineer mobil tanpa sopir.
Mobil yang mampu menyetir tanpa sopir manusia bisa jadi akan merubah banyak aturan dan hal dunia sopir dimasa depan khususnya pada saat Uber mulai menerapkannya di tahun 2016 yang lalu, dan hal itu ternyata telah melahirkan profesi dan pekerjaan yang samasekali baru bagi manusia.

Karena mobil tanpa sopir itu membutuhkan tenaga ahli para engineers, mekanik dan ahli software yang bekerja untuk kenderaan jenis itu dan pekerjaan ini pasti akan terus berkembang dimasa depan. Akibatnya? Tidak mustahil pekerjaan sopir manusia akan lenyap dimasa depan apabila mobil pintar ini kelak benar benar dapat diandalkan bahkan melebihi manusia itu sendiri.

5. Pembuat konten Youtube
Wah ini sudah biasa saat ini, bahkan saya mulai mencobanya, barangkali kamu kamu juga ya? Jadi berterimakasihlah kepada youtube dan platform berbagi video lainnya yang membuat kita bisa menekuni bidang vlogging bahkan membuat pekerjaan ini sebagai karir dan mata pencaharian kita!

Kebanyakan bintang bintang youtube yang sukses akan sukses juga meraup  jutaan rupiah uang melalui iklan, medsos dan sponsor. Sepuluh tahun yang lalu? boro boro pekerjaan ini tidak ada orang yang memikirkan ataupun membayangkannya di tahun 2007 dulu. Sekarang anak presiden saja meraup uang sebagai vlogger.

6. Operator pesawat Drone
Sepuluh tahun yang lalu orang tidak terpikir kalau ada pesawat drone, hari ini pesawat mainan "drone" sudah menjadi sangat lumrah, bahkan sampai kepelosok desa tanah air kita ada anak anak yang memiliki drone. Namun pekerjaan seorang oeprator drone secara spesifik mulai tumbuh dengan kepentingan dari pihak militer dibelakangnya. Dan sekarang sudah mulai merambah kedunia bisnis swasta yang membutuhkan pekerja yang dapat smereka latih sebagai pilot pilot pesawat tanpa awak ini. Pilot pilot yang hanya duduk di hadapan layar di kantor kantor perusahaan.

7. Tenaga ahli cloud.
Wew, apalagi ini?????? Ini tidak pernah terdengar sepuluh tahun lalu, ada penyimpanan dokumen diatas awan!!! Namun walau sepuluh tahun lalu belum ada pekerjaan dan profesi ini, pada tahun 2006 pada sebuah konfrensi Google, mereka mulai melontarkan gagasan ini. Dan kini menjadi kenyataan. Jasa computing menyimpan data di cloud pada tahun 2013 sungguh menakjubkan sehingga membutuhkan para tenaga ahli cloud dan kebutuhannya meningkat hingga 1,700% Gila bukan?

Hari ini dunia bisnis menggunakan jasa cloud, apakah itu email, back up data, pekerjaan remote atau bahkan memanage pusat panggilan. Dengan berkembangnya jasa cloud juga menyebabkan terciptanya profesi lain yang terkait yakni jasa sekuritas atau keamanan data yang membutuhkan para tenaga ahli keamanan, sehingga melahirkan peraturan yang disepakati dan di standarisasi agar data tersimpan aman 

2 comments:

Punakawanku said...

Kayaknya blogher juga gak ada di jaman dulu gan. Hahaha

Ivlay Fus said...

Ya ya...cuma nulis lewat diary buku warna pink wkkkk

RESPONSIVE THEME

RESPONSIVE THEME
This theme is working 90% more speed on mobile