Sunday

APAKAH 4 HAL INI TINDAKAN YANG PALING SULIT KAMU LAKUKAN DALAM HIDUP?

Tindakan yang paling mungkin paling sulit kita lakukan dalam hidup, namun mungkin sangat berguna dan bermanfaat untuk kebahagiaan hidupmu adalah:

1. MEMINTA MAAF
Meminta maaf memang tidak semudah diniatkan didalam hati ketika kita harus melaksanakannya. Pernah melakukan kesalahan yang pada awalnya kita merasa benar dan tidak perlu meminta maaf? Manusia memang selalu dilengkapi dengan ego didalam jiwanya, ego ini penting karena dia adalah "fitur" dalam kehidupan biologis kita sebagai makhluk hidup, bahkan hewanpun harus memiliknya. Namun, jika ego ini tidak kita kendalikan dengan benar, dia akan menjadi bumerang yang dapat menghancurkan berbagai rencana hidup kita. Bayangkan karena kamu tidak mau meminta maaf, lalu kekasihmu pergi meninggalkanmu, begitu juga ketika kamu tidak mau memaafkannya karena ego dia akan berlalu meninggalkan dirimu, padahal kamu masih mencintainya.

Meminta maaf adalah bagaimana kamu dapat mengendalikan ego, menerima dirimu dan menerima orang orang yang kamu cintai apa adanya. Salah satu mengapa orang gagal meraih kebahagiaan didalam hidup ini adalah karena mereka gagal meminta dan memberi maaf kepada orang lain karena ego. Itulah mengapa ajaran moral dalam setiap agama menyertakan "meminta dan memberi maaf" sebagai prioritas untuk mendapat cita Ilahi.

Kita tidak perlu gengsi untuk meminta maaf, walau pada awalnya kita telah ngotot merasa benar, kita tidak perlu malu mengakui kesalahan tersebut. Hanya orang berfikiran picik yang merasa selalu benar, padahal sebagai manusia yang terus berevolusi dalam kehidupan ini kita masih jauh dari sempurna.

2. BERKATA BENAR TANPA BOHONG

Berkata benar tanpa bohong terdengar simple dan mudah, namun kalangan ahli psikologis mengakui, dalam interaksi kepada sesama makhluk hidup termasuk manusia kadang berbohong atau membesar besarkan fakta dalam bercerita. Ini terjadi karena ego manusia dan hewan adalah tidak mau "kalah hebat' dengan orang lain. Bahkan chimpense berbohong pada saat membagi makanan kepada kelompoknya dengan memberikan gerakan kode bahwa makanan yang dia bagikan "hanya sejumlah itu".

Kita keliru kompleksitas kehidupan semata milik manusia, kita mewarisinya dari seluruh genom kehidupan dimasa lalu. Ajaran agama dan ajaran etika mencoba memperbaiki hal ini dipuncak rantai kecerdasan dimana manusia telah berada diatasnya: tidak berkata (berkomunikasi) bohong. Berkata apa adanya adalah hal paling sederhana yang sebenarnya bisa kita lakukan, tetapi kita tidak melalukannya karena kita menjadi pencandu kebohongan pada saat berkata dan bercerita, seperti kita menjadi pencandu sensasi pada saat merokok, minum bir atau menghisap madat. Kita tahu itu tidak benar tapi kita tetap melakukannya.

Dengan membiasakan diri berkata tidak benar kita akan kehilangan integritas diri, kehilangan kepercayaan orang lain terhadap kejujuran kita. Masuk akal jika kemudian rejeki kita menjadi "seret". Jika anda ingin segala urusan hidup ini menjadi lancar berhentilah berbohong dan selalulah berkata yang benar seperti ajaran para nabi nabi.

3. SELALU JUJUR

Menjadi seorang jujur tidaklah sulit, tetapi kenyataannya banyak manusia kemudian menjadi tidak jujur, menggunakan trik dan berbagai tipu muslihat untuk mendapatkan posisi, penghasilan dan pekerjaan. Disegala zaman korupsi, kolusi dan sekongkol adalah hal yang paling sering terdengar seperti sebuah penyakit yang tidak henti hentinya menyerang kejantung kehidupan umat manusia. 

Untuk masuk pekerjaan, orang "menghubung orang dalam". Jika perlu menyuap orang berkedudukan, begitu juga jika ingin mendapatkan promosi jabatan, kadang orang tidak segan segan menyuap, melacurkan diri dan sebagainya dalam segala bentuk yang paling halus hingga yang paling kasar. Semua orang ingin mengatakan bahwa hal itu normal saja. Lalu kejujuran seolah olah hanya dimiliki oleh orang lugu dan bodoh dimana hasil nyata kejujuran hanya bisa didapatkan setelah orang meninggal dunia.

Ini menyedihkan, bukan perihal "jujur atau kejujuran" itu yang salah dan tidak ada manfaatnya, akan tetapi penyakit ketidak jujuran ini sudah terlalu parah sehingga mampu menular kepada orang jujur.

Namun percayalah secara personal jika kamu jujur kamu akan menjadi orang terpercaya, kamu akan terlihat berbeda dan hanya sedikit manusia langka yang dapat dipercayai diatas dunia ini. Kejujuran pada akhirnya akan mengalahkan kecurangan, perusahaan akan melihat mereka hanya orang tidak jujur dan curang, dan melihat anda sebagai seorang jujur dan bertanggung jawab. Bisnis pada akhirnya akan lebih berpeluang tumbuh besar bersama pekerja pekerja yang jujur. Negara tidak akan besar jika para pejabatnya berjiwa kurop, bodoh dan berkuasa hanya karena hasil rangkaian mata rantai suap menyuap. Negara akan menjadi kuat dan besar jika para pejabatnya jujur, bersih dan berdedikasi.

4. MEMEGANG TEGUH DAN MENJALANKAN KEYAKINAN.

Ini juga sebenarnya mudah dilakukan ketimbang pergi berperang atau berenang menyebarangi lautan, bukan? Jika anda seorang beragama, anda mengantuk ketika mendengarkan khotbah di mesjid, di gereja atau di vihara vihara. Hasil survey menyatakan: lebih separoh jemaat digereja mengantuk ketika mendengarkan khutbah pada saat ibadah. Begitu juga yang terjadi pada saat umat islam solat Jumat di mesjid. Persamaan persamaan terjadi pada setiap agama yang sama sama "menyalahkan" setan penggoda tidak senang melihat manusia pergi beribadah. Namun sebenarnya adalah sifat manusia yang "pembosan" yang cenderung tidak mendengarkan apa apa yang pernah disampaikan berulang ulang ditempat ibadah. Hal ini juga berlaku ditempat kerja pada saat briefing, pekerja terlihat "jutek" dan tidak bersemangat mendengarkan briefing yang selalu diulang ulang.

Namun jangan pernah menganggap hal yang diulang ulang tidak bermanfaat, hidup ini sendiri terdiri dari ulangan ulangan setiap harinya, dan untaian waktu pada saat pengulangan seperti ini cukup menjadi alasan bagi makhluk hidup untuk diberi batasan usia, 60 - 80 tahun. Memegang keyakinan akan membuat anda menjadi kuat dan menjadi mantap dalam menjalani hidup. Yakinlah anda telah diciptakan beda dan perbedaan itu membuat anda menjadi unik dan menarik...
 

No comments:

RESPONSIVE THEME

RESPONSIVE THEME
This theme is working 90% more speed on mobile