Tuesday

untuk orang Indonesia: PILIH iPad Air atau SAMSUNG GALAXY NOTE 10.1EDISI 2014?

Pada kesempatan di hari raya ini terlebih dahulu saya ucapkan SELAMAT HARI RAYA IDULFITRI 2014
"MOHON MAAF" LAHIR DAN BATIN YA..
iPad Air vs Samsung Galaxy Note 10.1 2014 edition

Dua gagdet yang saya jadikan judul diatas adalah masih merupakan gagdet high end atau primadonanya pencinta gadet 2013-2014. Namun bagi pengguna khususnya Indonesia mana yang lebih 'cool' alias keren?
1. Berplatform iOS 7.1.2 iPad Air adalah tablet besutan Apple dengan berarsitektur 64bit prosessornya A7, walau hanya dengan RAM 1GB iPad sangat powerful tidak lag ketika bermain game berat 3D. hanya saja jika kamu membeli yang 16 GB, kamu akan kesulitan menambah ruang simpan, kecuali jika kamu pandai menggunakan Cloud Store iCloud, onedrive, dropbox dst. Sayangnya kecepatan internet di IIndonesia tergolong paling lelet alias paling lambat sedunia, jadi ketika kamu menyimpan filem di dropbox misalnya, kamu akan kesulitan memutarnya dengan lancar karena harus melewati "siksaan" buffering yang mengesalkan. Jadi kesimpulannya iPad Air hebat, cantik karena casingnya yang metal asli, layarnya yang rertina display dan kecepatannya. Tapi untuk kecepatan browsing dan mengakses ruang simpan cloud kamu butuh kecepatan internet, Indonesia tidak cocok bagi pengguna cloud yang menyimpan filem dan kemudian memutarnya di iPad. Tentu saja dengan memiliki ruang simpan di "awan" alias Cloud Store kamu memiliki ruang simpan yang nyaris tidak terbatas leganya. Tapi untuk menggunakannya kamu idealnya harus tinggal di Korea Selatan, Swiss, Amerika serikat atau Singapore, bukan di Indonesia, Vietnam, Laos atau India yang masih sangat terkenal super lelet internetnya.
2. Samsung Galaxy Note 10.1 2014 edition.
Berbasiskan platform Android KitKat (setelah upgrade) Tablet besutan Samsung ini hebat, layarnya bahkan melampaui kerapatan dan ketajaman ipad air dengan retina displaynya yang legendaris itu, kalau kamu memandang layarnya tidak akan ada kelihatan objek bergerigi di tepi tepinya. Benar benar real seperti yang kemampuan retina mata manusia mampu melihatnya. Tentu saja jarang tablet dibawah 4 jutaaan memiliki ini, itulah sebabnya baik iPad Air maupun Samsung note 10.1 2014 disebut sebagai tablet paling premium pada saat ini disamping tablet dan ponsel ponsel high end lainnya. Tablet ini sudah berprosessor exynos dengan kecepatan 1.9 GHZ, RAM 3GB. Berbeda dengan iPad Air walaupun dilengkapi dengan kartu selular, iPad tidak bisa buat nelpon. Galaxy Note 10.1 2014 ini punya kemampuan buat menelpon layaknya ponsel biasa. Lalu jika iPad Air tidak punya opsi ruang tambahan, Galaxy note 10.1 edisi 2014 ini dapat ditambahkan dengan ruang simpan tambahan berupa kartu SD (micro SD Card) hingga 125GB. Jadi jika kamu ingin menyimpan dokumen, Filem dan lagu lagu, bisa langsung menyimpannya pada kartu micro SD dan menyimpan filem lama di Dropbox yang atau ruang simpan cloud yang tersedia gratis 52GB. Kamu tidak perlu mengaksesnya melalui ruang simpan di "awan" atau Cloud Store, bukan? Tinggal copy paste dari PC atau donlot langsung dari internet filemnya via Wi-Fi ke ruang simpan tambahan micro SD Card.

3. Kesimpulan. pengguna luar negeri terutama Amerika, Korea selatan dan negara negara maju lainnya tidak akan terlalu memusingkan ruang simpan cloud karena akses internet mereka yang cepat,       beberapa waktu lalu pada kesempatan di Singapore saya mencoba mengakses filem dari DrpBox dan memutarnya di iPad, internet disana mampu memutar filem tanpa kendala menggunakan paket internet SingTel (kartu selular), akan tetapi bagi pengguna di beberapa negara Asia termasuk Indonesia, ketika mencoba mengakses filem atau movie dari ruang simpan cloud, akan tersiksa oleh "buffering" yang lamaaaaa....
Tentu saja tidak masalah misalnya kalau cuma mau akses photo dan dokumen office yang selalu disimpan di cloud. Kedua perangkat atau gagdet diatas setara kecepatannya. 

Jadi Samsung Galaxy Note 10.1 edisi 2014 adalah pilihan yang cukup bagus dibanding iPad Air untuk orang Asia dengan kecepatan internet relatif masih lambat...
Akan tetapi saya membeli iPad Air bukan karena pertimbangan itu, semata mata karena senang dengan tampilan premiumnya dan juga trade mark Applenya (sedikit gokil, bukan?)

No comments:

RESPONSIVE THEME

RESPONSIVE THEME
This theme is working 90% more speed on mobile