Saturday

BEBERAPA PEKERJAAN PC/LAPTOP YANG DAPAT DILAKUKAN DI IPAD.

Pertama penulis menyarankan anda melengkapi iPad dengan eksternal bluetooth, walau tidak menutup kemungkinan seseorang bisa saja memanfaatkan  virtual sentuh bawaan, namun percayalah, melakukan pengetikan untuk pekerjaan jauh lebih serius dibanding sekedar mengetik untuk sms dan chatting. Saya tidak menafikan skill unik seseorang ketika melakpengetikan sebagai seni.
Ada beberapa pekerjaan yang biasanya kita lakukan di PC atau komputer: Mengolah, memuat dan mengedit dokumen dalam bentuk lembar spreadsheet. Kalau kita bicara soal lembar spreadsheet yang terbayang adalah Microsoft Excel, seorang akuntan mengolah dan mengedit lembar berisikian laporan keuangan, bagian bisnis membuat statistik perusahaan. Lembar spreadsheet ini paling banyak dipakai karena dilengkapi dengan nilai dan formula matimatis. Bukan berarti kita mengecilkan arti lembar kerja seperti word dan presentasi, dimana word tentu saja tidak sekedar berguna untuk menulis surat "undangan" dan lembar presentsi bukan sekedar buat melakukan presentasi di ruang meeting atau kelas. Ketiga lembar kerja ini dipaket menjadi satu kesatuan di dalam aplikasi office seperti Microsoft office, lalu bagaimana caranya membuat lembar lembar kerja seperti demikian di iPad? 
Mudah! Pertama iPad menggunakan sebuah platform yang mempunyai aplikasi penopang yang sangat banyak, masuklah ke App Store yang ada di halaman utama layar atau screen iPad kamu, ketikan "office" dikotak pencarian sebelah kanan atas layar iPad kamu akan muncul beberapa aplikasi perkantoran termasuk Microsoft Office 365. Naun langkah pertama yang sebaiknya kamu ambil adalah mengunduh (mendownload) salah satu aplikasi cloud, saya menyarankan anda mencoba Google Drive milik Google dan Skydrivemilik Microsoft.

PERKANTORAN
  1. GOOGLE DRIVE. Google Drive adalah jasa penyimpanan cloud (awan) yang paling banyak dan paling lengkap (paling tidak menurut penulis). Google Drive ini dilengkapi dengan google document yang dapat digunakan untuk mengolah, mengedit dan menyimpan data yang telah kita oeh tadi kedalam Google Drive. Dokumen tidak perlu disimpan didalam perangkat iPad, jika sewaktu waktu kita membutuhkannya kita dapat mengaksesnya dimana saja. Anda dapat mengunduh Google drive App Store iOS di iPad. Untuk pertama mungkin anda diminta memasukan email gmail sebagai akun, setelah itu anda mulai dapat menggunakan Google Drive ini. Tampilan Google drive seperti gambar, dapat diatur dengan membuat Folder Folder sesuai dengan isi dokumen, perhatikan pada sebelah kanan atas terdapat tanda plus (+) yng bila disentuh akan memunculkan lembar lembar kerja yagn jika anda pilih "Dokumen Baru" maka akan muncul lembar kerja yang berfungsi sebagai Microsoft Word, namun jika anda memilih "Spreadsheet Baru" maka yang akan tampil adalah lembar Microsof Excel. Jika kita bandingkan dengan Microsof office 365, sepertinya Microsot meniru cara Google.
  2. SKYDRIVE. Skydrive adalah aplikasi besutan Microsoft. Sama seperti Google Drive, berfungsi sebagai jasa cloud storage (Ruang simpan di awan). Oleh karena Microsoft yang mengasuhnya Skydrive sangat kompitabel dengan aplikasi perkantoran Mirosoft Office terutama kode Excel atau spreadsheetnya. Tidak akan ada kesalahan ketika kita mengeditnya di komputer Desktop, PC maupun laptop. Apalagi office 365 juga tersedia di iPad secara gratis. Sayangnya fitur buat tablet dan telepon genggam ini masih sangat mendasar, misalnya saya kesulitan ketika mencari cara membuat scroll atau "freeze cell" pada aplikasi perkantoran milik Microsoft ini, namun sudah terpasang lengkap di Quick Office besutan Google yang sama sama buat mobile.
Apa gunanya kedua Cloud storage diatas? Dengan kedua jasa cloud tersebut disamping berguna untuk menyimpan dan mengedit data, aplikasi ini bsisa berfungsi sebagai tempat share dokumen rahasia untuk sesama pemegang usaha bisnis yang berisikan data keuangan, gaji, statistik hingga gambar. Beberapa orang dapat diberikan akses terhadap beberapa dokumen tertentu yang lain tidak, sebagai admin dan pemilik usaha anda dapat mengatur settingnya.

BLOGGING
Blogging yang dimaksud tentu saja bukan hanya sekedar ngeblog di blogger, masih banyak site blog lain yang dapat kita gunakan, misalnya wordpress. Akan tetapi kebetulan penulis sedang menggunakan Blogger besutan google buat ngeblog dan mengeposkan tulisan ini, maka kita jadikan saja ngeblog via blogger sebagai contohnya. Anda dapat
Ngeblog dapat kita lakukan dimana saja, ditaman, di ruang tamu, dikamar tidur hingga di dapur dan di cafe. Ngeblog di Blogger menggunakan iPad dapat dilakukan dengan mudah apalagi jika blog anda telah terpasang di PC, anda tinggal menulis, menginsert gambar pendukung, mengedit ulang dan mempublishnya via iPad.
Menyimpan gambar dapat dilakukan di Google drive sebelum di tambahkan ke iPad atau kedalam kamera scroll dengan demikian sewaktu anda membutuhkannya untuk di posting melalui blog, anda dapat mengambilnya dengan segera.

MENGEDIT GAMBAR
Bukan hanya mengolah dan mengedit gambar photo photo melalui Adobe Photoshop touch yang telah tersedia di layanan App Store, iPad juga dapat digunakan mengedit gambar gambar yang bersifat peresentasi teknis seperti AutoCad atau AutoDesk. Beberapa aplikasi gambar serupa telah tersedia di App Store bahkan bisa digunakan untuk "mengcreate" gambar, dengan fitur sentuh yang user friendly. Terutama untuk mengedit gambar autoCad yang telah anda simpan di cloud jika sewaktu waktu anda butuhkan, iPad dan Tablet android sangatlah membantu.

No comments:

RESPONSIVE THEME

RESPONSIVE THEME
This theme is working 90% more speed on mobile